Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Plaosan, Desa Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Dengan adanya Kampung Flory Sleman, tentu tidak hanya membuat banyak para wisatawan yang merasa senang karena memiliki tujuan berlibur yang baru, tapi juga membuat senang masyarakat sekitar karena diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan.

Objek wisata yang satu ini terbukti cukup banyak digemari dan populer, khususnya di daerah Sleman itu sendiri. Banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke kampung ini. Terdapat banyak sekali keseruan yang bisa Anda temukan ketika berada di tempat ini.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin berkunjung ke tempat tersebut, maka perlu membaca ulasan di bawah ini. Karena berikut akan dijelaskan secara lebih lengkap mengenai apa saja daya tarik yang ditawarkan oleh Kampung Flory, fasilitas yang tersedia, rute, harga tiket dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Flory

Daya Tarik Kampung Flory Sleman
Image Credit: Google Maps Nabhan Hidayat

1. Panorama Kampung Perkebunan

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Kampung Flory yaitu panorama kampung perkebunan yang begitu indah. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan wisata kampung yang memang tengah populer di Indonesia. Ada berbagai macam konsep kreatif dan juga unik.

Sebagian besar dari wisata kampung yang ada di Indonesia tersebut memang mengusung tema edukasi yang di dalamnya juga menghibur wisatawan. Seperti salah satunya yaitu kampung kurcaci yang ada di Purbalingga.

Namun sekalipun begitu tak jarang pula tempat wisata yang mengusung konsep wisata kampung kekinian dengan mengandalkan spot foto yang menarik, seperti contohnya kampung selfie yang ada di Medan ataupun kampung 3D yang ada di kota Blitar. Tak mau ketinggalan dengan kota-kota lainnya, Kota Sleman pun juga menciptakan wisata kampungnya sendiri.

Wisata kampung yang diusung oleh kota tersebut yaitu mengandalkan sektor pertanian, perkebunan dan juga perikanan dan dikenal dengan nama Kampung Flory. Saat Anda berkunjung ke tempat ini nantinya Anda akan menemukan pemandangan perkebunan yang begitu indah.

Ada banyak sekali buah serta tanaman hias yang terhampar di tempat tersebut. Tempat ini menyajikan pemandangan yang memang begitu indah dan membuat Anda merasa fresh seketika dengan memandang tanaman hijau yang menyegarkan.

2. Wisata Edukasi

Kampung Flory juga merupakan tempat wisata edukasi yang sangat cocok bagi Anda untuk berlibur dan menambah wawasan. Mulanya kampung ini telah diresmikan sejak tahun 2002 oleh seorang warga yang kemudian membentuk sebuah CV bernama Mitra Tani. Perusahaan tersebut memberikan suplai bibit tanaman yang berkualitas dengan memakai sistem kloning.

Kemudian lambat laun perusahaan Mitra Tani tersebut mulai memiliki ide untuk menciptakan sebuah wisata kampung. Yang mana di sini sebagian besar warga sekitar bergerak di bidang pembibitan buah unggul dan juga tanaman hias.

Setelah beberapa lama akhirnya ide untuk menciptakan wisata kampung tersebut pun terbentuk dan diberi nama wisata Kampung Flory. Oleh karena itulah, destinasi wisata ini memiliki daya tarik berupa agrowisata yang sangatlah kaya. Di tempat ini nantinya Anda tidak hanya bisa berlibur saja, melainkan juga dapat menambah ilmu mengenai jenis-jenis tanaman dan buah-buahan unggul.

Daya Tarik Dimiliki Kampung Flory Sleman
Image Credit: Instagram Teguh Suprayogi

3. Terdapat Tiga Zona Menarik

Tempat hits yang berada di Kabupaten Sleman ini memiliki tiga zona menarik yang layak untuk Anda kunjungi. Menempati lahan yang memiliki luasan area mencapai 4 hektar dan dibagi ke dalam tiga zona yang berbeda. Untuk zona pertama bernama taruna tani.

Di sanalah disediakan berbagai macam tanaman hias yang indah dan menarik, wisata kuliner serta tanaman buah unggul. Untuk zona kedua dari Kampung Flory memiliki nama Dewi flory. Di zona kedua ini Anda akan menemukan penginapan pagi para wisatawan yang ingin bermalam.

Homestay yang terdapat di zona kedua memang terbilang cukup terjangkau untuk Anda yang ingin bermalam. Sedangkan untuk zona terakhir yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini yaitu bernama zona agro buah. Bagi Anda yang suka dengan buah-buahan dan ingin memetiknya dari pohon secara langsung, maka bisa mengunjungi zona agro buah tersebut.

4. Kuliner Murah

Berkunjung ke Kampung Flory ini Anda tidak perlu takut kelaparan dan juga tidak harus membawa bekal. Karena memang di sana telah tersedia banyak warung makan yang menjual aneka makanan bagi para wisatawan yang merasa lapar.

Sajian minuman dan makanan tradisional akan bisa Anda temukan di warung-warung tersebut. Ada banyak sekali menu yang bisa dipilih. Seperti contohnya ikan tawar, lele, wader, udang dan lain sebagainya. Untuk harga makanannya pun Anda tidak perlu khawatir, karena memang harga yang dipatok sangatlah terjangkau.

Berwisata kuliner di sini memiliki keunggulan tersendiri. Nantinya Anda akan menikmati hidangan tradisional tersebut sambil melihat kolam ikan yang memiliki air begitu jernih. Di sana juga tersedia terapi ikan bagi pengunjung yang ingin merilekskan diri mereka dengan berendam kaki dan dikerubuti oleh ikan hias kecil dalam jumlah banyak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Flory Sleman
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

Kampung Flory ini berada di Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke tempat tersebut, maka sebaiknya datang pada pukul 9 pagi. Dan jam tutup wisata ini yaitu pada pukul 10 malam.

Tempat ini berada pada jarak kurang lebih 6 km dari monumen Jogja Kembali. Jika Anda berkendara dari monumen tersebut menuju ke kawasan wisata, maka waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit.

Rute menuju tempat ini sudah sangat memadai sehingga Anda bisa memakai kendaraan roda empat ataupun roda dua. Bagi Anda yang masih bingung mengenai di mana lokasi tepatnya Kampung Flory Sleman ini berada, maka bisa menggunakan bantuan Google Maps. Dengan itu nantinya Anda akan lebih mudah menemukan lokasi tempat wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Kampung Flory Sleman
Image Credit: Google Maps Cornelius Sugito

Jika tempat wisata lainnya akan dikenakan harga tiket masuk, maka tidak begitu dengan destinasi hits yang ada di Yogyakarta. Di sini Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Nantinya Anda hanya perlu untuk membayar biaya parkir saja.

Bagi Anda yang ingin menginap merasakan keseruan tempat ini, maka akan dikenakan biaya untuk bermalam di homestay yang ada di Kampung Flory Sleman tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kampung Flory

Aktivitas Kampung Flory Sleman
Image Credit: Google Maps AFIF

1. Outbound

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda telah berkunjung ke Kampung Flory. Salah satunya yaitu Anda bisa melakukan outbound di tempat tersebut. Fasilitas pendukung yang dimiliki oleh tempat wisata ini yaitu berupa wahana outbound.

Tersedia lokasi ketangkasan yang mana siap untuk dipakai bagi siapapun yang ingin menggelar kegiatan outbond. Baik itu untuk instansi yang tengah berlibur ataupun bagi kelompok atau pun komunitas.

2. Menikmati Sajian Kuliner

Seperti yang telah diulas di atas, bahwasanya di tempat ini terdapat banyak sekali warung makanan yang menjual aneka menu tradisional. Bagi Anda yang sangat gemar sekali menyantap kuliner tradisional, maka sangat tepat jika berkunjung ke Kampung Flory.

Di sana Anda bisa menemukan berbagai macam menu yang lezat. Dan menariknya lagi, harga dari menu tersebut sangatlah terjangkau. Menikmati pemandangan indah sambil menyantap kuliner khas Yogyakarta merupakan ide yang sangat menarik.

aktivitas Seru Kampung Flory Sleman
Image Credit: Google Maps server scada

3. Memetik Buah Segar

Aktivitas yang satu ini sangat mungkin untuk dilakukan ketika Anda berkunjung ke zona agro buah. Di zona tersebut nantinya Anda bisa menikmati buah-buahan segar dan langsung memetiknya dari pohon. Mendapatkan buah segar langsung dari pohon tentunya bukan hal yang mudah. Terlebih bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan.

Karena seperti kita tahu, buah-buahan yang ada di supermarket tentunya sudah tidak terlalu segar. Tentunya hal itu berbeda dengan ketika Anda berada di Kampung Flory. Karena di sini Anda bisa memetik buah-buahan tersebut langsung dari pohonnya.

4. Berburu Foto

Tentunya liburan tidak akan terasa lengkap jika tidak berburu foto. Di kawasan wisata yang memiliki pemandangan indah ini tentu akan sangat mendukung bagi Anda yang ingin berburu foto. Terdapat banyak spot menarik dan alami yang bisa Anda jadikan background.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kampung Flory Sleman
Image Credit: Instagram Teguh Suprayogi

Seperti halnya tempat lainnya, di Kampung Flory ini juga telah disediakan banyak sekali fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut sengaja disediakan untuk menunjang kenyamanan dari para pengunjung.

Beberapa fasilitas telah disebutkan di atas. Seperti contohnya warung makan, wahana outbound dan homestay bagi para wisatawan yang berencana untuk menginap. Selain itu terdapat Juga fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh Anda ketika berkunjung ke sana.

Fasilitas tersebut antara lain seperti area parkir yang luas dan aman, mushola bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah, kolam terapi ikan dan juga toilet umum.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Kampung Flory di Sleman yang perlu untuk Anda ketahui. Saat Anda tengah berkunjung ke Yogyakarta, maka tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu berlibur ke kampung tersebut. Di tempat inilah nantinya Anda akan memperoleh pengalaman sekaligus pengetahuan baru mengenai perkebunan dan perikanan.