Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ngringin, Desa Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bukan hanya sekedar waduk, Embung Tambakboyo menjadi salah satu wisata alam alternatif bagi warga Jogja dan sekitarnya. Embung sendiri dalam bahasa lokal berarti waduk, dam, atau bendungan dengan fungsi yang sama. Untuk bendungan kali ini, fungsinya sebagai daerah resapan air dan sekaligus memenuhi kebutuhan air warga di sekitaran nya.

Selain itu, di masa yang akan datang juga digunakan sebagai cadangan air PDAM jika kondisi cuaca mengalami kemarau berkepanjangan. Dibangun pada tahun 2003, Embung yang berlokasi di Sleman ini baru selesai 5 tahun kemudian, yakni pada tahun 2008. Luasnya sekitar 7,8 hektar dan mampu menampung air sebanyak 400.000 meter kubik.

Ternyata, warga sekitar tidak hanya memandang bendungan ini dengan fungsi utamanya, melainkan juga digunakan sebagai sarana rekreasi keluarga atau pribadi. Bukan tanpa alasan, banyak hal menarik yang memang menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung. Apalagi lokasinya yang strategis sehingga banyak pengunjung yang mampir ketika melintas di sekitar lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Embung Tambakboyo

Daya Tarik Embung Tambakboyo Sleman
Image Credit: Google Maps Zhafran Wicaksono

Sebagian besar pengunjung Embung Tambakboyo didominasi oleh mahasiswa dan warga sekitar dari kalangan keluarga dengan membawa anak dan istrinya. Cukup beralasan memang, karena daya tariknya tidak jauh dari hal-hal berikut!

1. Wisata Murah Meriah

Bagi yang memiliki budget pas-pasan atau sedang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya ketika berlibur, pilihan terbaik adalah mengunjungi bendungan yang ada di Jogja ini. Setiap pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk sama sekali alis gratis. Bagi warga dengan kondisi ekonomi sederhana, objek wisata seperti ini merupakan daya tarik utamanya.

Terlebih, mereka dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di dalamnya, baik aktivitas seru ataupun aktivitas santai. Sebagian mahasiswa yang berkunjung bahkan menggunakan lokasi ini untuk mengerjakan tugas sambil bersantai. Ada juga yang menggunakannya sebagai objek penelitian jika tugasnya masih berhubungan.

2. Pemandangan Indah Alam Sekitar

Tidak dapat di pungkiri bahwa Embung Tambakboyo memiliki pemandangan indah yang tidak kalah menarik dengan objek wisata alam lainnya, bahkan yang memerlukan biaya mahal sekalipun. Vegetasi hijau di sekitar bendungan menjadi daya tarik tersendiri, terdiri dari semak, rumput, dan pepohonan rindang.

Arus bendungan terkadang tenang, sekilas tampak jalanan beraspal. Sesekali, permukaan air terlihat memiliki guratan seperti ombak kecil yang menandakan angin sedang berhembus kencang. Jika cuaca cerah dan mendukung, wisatawan dapat melihat gagahnya Gunung Merapi. Meskipun terlihat dari kejauhan, indahnya kubah gunung masih jelas terlihat.

3. Udara Sejuk dan Asri

Beberapa titik di lokasi Embung Tambakboyo memang terlihat gersang ketika musim kemarau. Tetapi hal itu tidak menghilangkan kesan udaranya yang sejuk dengan pemandangan asri di beberapa titik. Gundukan tanah yang menyerupai bukit kecil menambah kesan bahwa wisatawan sedang berlibur di perbukitan.

Kesejukan dan kesan asri tidak lepas dari suburnya pepohonan yang ada di sekitar lokasi. Ketika rumput terlihat gersang di musim kemarau, pohon ini masih bertahan dengan warna alami hijaunya. Polusi udara dari kendaraan bermotor yang melintas di sekitar lokasi pun seolah tidak berdaya mencemari kawasan bendungan.

4. Lokasinya Strategis

Daya tarik Embung Tambakboyo yang terakhir tidak lepas dari lokasinya yang strategis. Lebih tepatnya, objek wisata keluarga di Jogja ini terletak di perbatasan tiga desa, yakni Condongcatur, Maguwoharjo dan Wedomartani. Selain itu, jaraknya pun dekat dengan beberapa kampus ternama di Jogja. Tidak heran jika di awal tadi dijelaskan bahwa Embung ini banyak dikunjungi mahasiswa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Embung Tambakboyo Sleman
Image Credit: Google Maps Dwi Suci Hartini

Apabila anda tertarik mengunjungi objek wisata murah ini, silahkan menuju ke Dusun Tambakboyo, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Jarak Embung Tambakboyo dari pusat kota Jogja sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh maksimal 30 menit. Jika anda datang dari arah kampus UPN Veteran, hanya butuh perjalanan 2 kilometer ke arah utara.

Anda bebas berkunjung menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, karena lokasi wisata ini banyak dilalui kendaraan umum. Tetapi alangkah baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi supaya tidak oper angkutan. Dimana pun arah anda datang, gunakan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran sebagai patokan utama.

Dari kampus tersebut, ambil jalur utara yang menuju ke arah Condong Catur. Pastikan melewati Ring Road UPN dan lanjutkan perjalanan hingga bertemu perempatan pertama. Dari perempatan, lurus saja hingga masuk ke kompleks perumahan. Sebagai penanda bahwa anda berada di jalur yang tepat, jalanan aspal jalan raya bakal berubah menjadi paving blok.

Silahkan lurus sampai bertemu papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi Embung Tambakboyo. Jaraknya sekitar 200 meter dan berada di sebelah kanan jalan raya. Jalannya agak menurun, namun masih aman karena tidak terlalu tajam. Jika menemukan portal, di situlah lokasi wisata tujuan berada.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Embung Tambakboyo Sleman
Image Credit: Google Maps Darmadi Pramono

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, objek wisata ini murah meriah dan tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengaksesnya. Artinya, setiap pengunjung bebas masuk ke lokasi wisata. Meski demikian, ada biaya yang wajib dibayarkan jika datang menggunakan kendaraan pribadi. Sebut saja untuk mobil dengan biaya parkir sebesar 3.000 rupiah, motor 2.000, dan sepeda 1.000 rupiah.

Semua biaya tersebut sangat murah dibandingkan dengan pengalaman liburan yang berkesan. Apalagi Embung Tambakboyo dibuka setiap hari selama 24 jam, jadi anda bebas datang kapan saja dan tidak harus menunggu hari libur. Tetapi jika ingin suasana ramai dan melihat berbagai aktivitas yang dilakukan wisatawan lain, sebaiknya datang di hari sabtu atau minggu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Embung Tambakboyo

Aktivitas Embung Tambakboyo Sleman
Image Credit: Google Maps Auliya Nusyura Al Islami

Sedikit tambahan informasi, Embung ini menampung dua aliran sungai sekaligus, yaitu Sungai Buntung dan Sungai Tambak Bayan. Meskipun terkesan sebagai liburan sederhana, faktanya banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan selama di lokasi.

1. Memancing Santai Menguji Kesabaran

Sebagaimana bendungan di tempat lain, Embung Tambakboyo pun cocok dijadikan aktivitas memancing. Banyak pengunjung yang melakukan aktivitas ini sembari bersantai dan menikmati sejuknya udara yang menyegarkan. Terdapat berbagai jenis ikan air tawar, seperti mujair, nila, lele, bawal, gabus, dan beberapa ikan lainnya.

Lokasi memancing nya pun lumayan strategis, sebagian bersandar di pagar bendungan, sebagian lagi berada di atas tanah beralaskan rumput, dan ada pula yang duduk santai di pinggiran batu bendungan. Dimana pun posisi memancing, aktivitas ini layak dilakukan, terutama bagi mereka yang hobi. Perlu diketahui, tidak ada tempat penyewaan peralatan pancing di lokasi, jadi pastikan anda membawanya sendiri dari rumah.

2. Piknik Santai Bersama Keluarga

Degan suasana asri dan nyaman, Embung Tambakboyo cocok dijadikan sarana piknik santai bersama keluarga. Beralaskan tikar sederhana, pengunjung biasanya menggelarnya diatas rerumputan. Lokasinya pun nyaman, tepat di pinggir bendungan dengan pemandangan aliran air yang tidak terlalu deras.

Sekedar bersantai sambil berdiri atau duduk bersandar pun cocok. Piknik menjadi aktivitas penting bagi yang memiliki keluarga karena dapat menghilangkan penat dan terlepas dari kesibukan sehari-hari. Bagi mahasiswa atau pengunjung dari kalangan pemuda, biasanya mereka menggunakan kendaraannya sambil duduk santai menikmati suasana.

3. Olahraga Santai Menyehatkan

Setiap pinggiran atau bagian tepi Embung Tambakboyo dibatasi dengan pagar dan jalan berupa paving blok. Fasilitas jalan ini sering digunakan pengunjung untuk olahraga santai, diantaranya adalah joging dan bersepeda santai. Jarak lintasannya lumayan, sekitar 1,7 kilometer dengan nuansa hijau di sekelilingnya.

Sebagian besar pengunjung yang berolahraga santai melakukannya di pagi atau sore hari. Ditemani cahaya matahari yang baru muncul dan melakukan tugasnya, olahraga tentunya semakin menyehatkan. Jika cuaca mendukung, di pagi hari biasanya terdapat kabut tipis yang menyelimuti lokasi. Demikian pula ketika olahraga sore hari, dimana cahaya matahari perlahan hilang menciptakan suasana syahdu.

Aktivitas Lain Embung Tambakboyo Sleman
Image Credit: Google Maps Agus Rakhmat Suharseno

4. Berburu Spot Foto

Bukan tidak mungkin Embung Tambakboyo dijadikan sebagai objek wisata alam menarik. Wisatawan bahkan menggunakannya sebagai foto pre wedding, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Keindahan alam dan suasana rindang di sekitar lokasi memang tidak bisa diabaikan begitu saja, apalagi terdapat latar belakang Gunung Merapi yang mempesona.

Setiap liburan tanpa kenang-kenangan dipastikan sia-sia. Pasalnya, tidak ada bukti bahwa anda pernah mengunjungi lokasi. Terlebih, di zaman digital ini anda dapat membagikannya di media sosial. Bukan hanya untuk pamer, namun juga untuk menyimpannya supaya lebih aman dan sewaktu-waktu dapat dikenang dengan mudah.

5. Berburu Kuliner di Sekitar Embung Tambakboyo

Ramainya pengunjung Embung Tambakboyo memberikan inisiatif bagi warga sekitar untuk mendirikan warung sederhana di sekitar lokasi. Bahkan ada café di lokasi wisata ini, sehingga anda dapat memilih dimana menghabiskan waktu untuk menikmati sajian makanan lezat. Diantara warung tersebut memiliki menu yang lumayan lengkap dari makanan dan minumannya.

Keberadaan warung ini membuat banyak wisatawan yang berburu kuliner. Meskipun sebagian besar menyajikan menu sederhana, namun tetap layak dinikmati untuk sekelas objek wisata gratis. Soal harga jangan khawatir, dipastikan masih standar objek wisata yang bahkan resmi dikelola instansi atau pemerintah.

6. Menikmati Pemandangan Alam

Selain berfoto, aktivitas yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Embung Tambakboyo adalah menikmati pesona alamnya. Wajib, mungkin itulah hukumnya bagi sebagian pengunjung yang datang. Bahkan sebagian besar mereka yang datang bertujuan untuk menikmati pemandangan di sekitar Embung.

Hijaunya pohon, semak yang tumbuh subur, dan rumput di beberapa titik menjadikan suasananya semakin indah. Apalagi adanya Gunung Merapi sebagai pemandangan utama yang dapat dilihat meskipun dari kejauhan. Pemandangan lain yang mungkin tidak ditemukan di objek wisata lain adalah aliran air yang melintas di pintu bendungan, terlihat sangat deras dengan suara bergemuruh yang menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Embung Tambakboyo Sleman
Image Credit: Google Maps Astina Aryadi

Menjadi salah satu objek wisata sederhana bukan berarti tanpa fasilitas. Bahkan fasilitas Embung Tambakboyo boleh dikatakan lengkap dan hampir sama dengan fasilitas di beberapa objek wisata lainnya.

Sebagai contoh adalah tempat parkir yang luas dan aman, toilet untuk bersih diri, dan juga jalur lintasan untuk olahraga. Di sekitar lokasi juga terdapat mushola, serta deretan warung yang menjual berbagai olahan makanan nikmat.

Apabila anda tertarik setelah menyimak ulasan yang diberikan, disarankan berkunjung di pagi atau sore hari. Pemandangan di kedua waktu tersebut lumayan asri, serta cuaca nya sejuk dan nyaman. Selain itu, pastikan anda menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena beberapa waktu lalu, keindahan Embung Tambakboyo tercoreng dengan tumpukan sampah di beberapa titik.