Candi Prambanan, Candi Megah & Terbesar di Asia Tenggara yang Melegenda

Candi Prambanan

Candi Prambanan, candi hindu yang melegenda dengan kisah cinta Abadi. Peninggalan sejarah termegah dan terbesar di Asia Tenggara, kekayaan budaya Indonesia diakui UNESCO.

Lokasi: Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman.
Map: Cek Lokasi

Candi Prambanan merupakan salah satu peninggalan pada zaman hindu. Bangunan tersebut juga sangat indah dan bahkan banyak orang yang menyebutnya sebagai salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Selain itu, candi ini juga menyimpan cerita sejarah yang sangat menarik.

Saat ini, candi ini dijadikan sebagai destinasi wisata. Tidak heran apabila masyarakat ingin berlibur di bangunan tersebut karena pemandangannya yang sangat indah dan memiliki nilai sejarah yang dapat dipelajari. Pemerintahan setempat juga mendukung tempat ini untuk dijadikan tempat wisata dan selalu memperhatikan kondisi dari bangunan tersebut.

Banyak informasi yang dapat digali dari salah satu peninggalan sejarah yang tak ternilai ini. Berikut beberapa informasi yang harus Anda ketahui tentang Candi Prambanan.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Prambanan

Daya Tarik Candi Prambanan

Image Credit: Facebook.com @kurmaamuda

Sebagai destinasi wisata yang cukup dikenal oleh banyak orang, tempat wisata ini tentu saja memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Candi Termegah ini.

1. Memiliki Nilai Sejarah yang Sangat Kental

Candi ini memiliki cerita sejarah yang cukup menarik. Candi ini dibuat atas dasar permintaan Rara Jonggrang yang ingin dibuatkan seribu candi dengan waktu yang cukup singkat yaitu satu malam. Permintaan ini ditujukan kepada Bandung Bandawasa yang ingin melamar Rara Jonggrang.

Bandung Bandawasa ternyata mampu menyelesaikan permintaan lamaran tersebut. Namun usahanya digagalkan oleh Rara Jonggrang. Mengetahui hal tersebut Bandung Bandawasa marah dan mengutuk wanita tersebut menjadi arca terakhir candi tersebut. Kemudian muncullah arca tersebut yang rupanya menyerupai sosok perempuan.

Kisah tersebut sangat menarik dan banyak orang yang ingin mengetahui secara langsung bukti fisik dari cerita tersebut. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang ingin berlibur ke tempat ini. Kisah cinta Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa sangat melegenda dan dikenal hingga saat ini.

2. Pemandangan yang Sangat Indah

Pemandangan dari tempat wisata ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Anda akan diperlihatkan seribu candi yang megah yang memiliki pesona keindahannya yang berbeda-beda. Tempat wisata ini juga cukup luas sehingga Anda mungkin membutuhkan waktu seharian untuk menjelajahi tempat ini.

Daya Tarik dari Candi Prambanan

Image Credit: Facebook.com @jogjaku

3. Pagelaran Menarik

Banyak sekali acara yang diadakan di tempat wisata ini. Pada hari tertentu Anda dapat melihat pagelaran tari yang diperankan oleh penari tradisional yang sudah memiliki sepak terjang yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa melihat acara Prambanan Jazz Festival yang selalu diadakan tiap tahunnya. Acara ini sangat bergengsi di kalangan anak muda.

BACA:  Taman Sari Jogja, Pesona Keindahan Istana Air & Mitos yang Membaluti

Alamat & Rute Menuju Lokasi Candi Prambanan

Alamat Candi Prambanan

Image Credit: Google Maps (Shahril Affandi Radzali)

Tempat wisata ini cukup mudah untuk ditemukan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari jalan raya Jogja – Solo. Kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa Anda gunakan untuk menuju ke lokasi tersebut. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju tempat wisata tersebut.

Jika Anda menuju ke candi ini menggunakan bus maka caranya tidak akan terlalu sulit. Anda dapat menggunakan bus dengan rute perjalanan Jogja – Solo. Bus tersebut akan melewati Candi Prambanan sehingga Anda dapat meminta untuk turun di candi tersebut apabila sudah tiba.

Apabila Anda dari luar kota dan menggunakan pesawat maka gunakanlah pesawat yang akan turun di Bandara Adi Sumarmo Solo. Sesampainya di Bandara tersebut maka Anda dapat menggunakan taksi untuk menuju ke lokasi candi ini.

Jika menggunakan kendaraan pribadi maka berangkatlah dari pusat kota Jogja agar lebih mudah. Anda dapat langsung menuju jalan raya Jogja – Solo. Berkendaralah menuju ke arah timur hingga menemukan traffic light. Kemudian beloklah ke kiri dan Anda akan menemukan candi tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Prambanan

Harga Tiket Candi Prambanan

Image Credit: Instagram.com @prambananpark

Pihak pengelola tempat wisata ini memberlakukan tarif untuk masuk ke tempat wisata ini. Harganya cukup mahal. Bagi wisatawan Indonesia akan dikenakan tarif sekitar Rp 40.000,00. Sedangkan untuk turis asing akan dikenakan tarif sekitar Rp 400.000,00 atau 25 USD.

Anda juga perlu membayar di beberapa fasilitas umum yang disediakan. Salah satunya adalah parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua sekitar Rp 3.000,00 dan kendaraan roda empat sekitar Rp 10.000,00. Tingkat keamanannya juga cukup terjamin sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Candi Prambanan

Kegiatan di Candi Prambanan

Image Credit: Facebook.com @twcmediaa

1. Membeli Souvenir

Anda dapat menemukan banyak toko oleh-oleh di area Candi Prambanan. Berbagai souvenir khas daerah tersebut dapat Anda beli disini. Harganya relatif murah sehingga Anda dapat membeli barang sebanyak mungkin untuk dijadikan cindera mata. Souvenir yang dapat Anda temukan seperti gantungan kunci, kaos, miniatur candi, gelang, dan lain-lain.

Anda juga dapat pergi ke toko-toko selain souvenir yang dapat dengan mudah ditemukan di area ini. Anda dapat mengunjungi warung makan atau pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman khas daerah tersebut yang sangat lezat.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Jogja Favorit Wisatawan

2. Mengenal Sejarah Candi Prambanan

Tentu saja Anda bisa mendapatkan berbagai pengetahuan seputar sejarah tentang candi tersebut ketika berlibur ke tempat ini. Anda dapat melihat secara langsung semua peninggalan dari candi tersebut. Bahkan Anda juga bisa melihat secara langsung peninggalan yang menceritakan kisah cinta Roro jonggrang dan Bandung Bandawasa.

3. Belajar di Museum

Tak jauh dari lokasi candi maka Anda dapat menemukan sebuah museum yang bangunannya masih kental dengan adat jawa. Di tempat tersebut, Anda dapat mempelajari sejarah Candi Prambanan lebih lanjut dari buku-buku yang telah disediakan. Anda juga dapat bertanya kepada para tetua yang telah lama mengenal cerita candi tersebut.

4. Menyaksikan Pagelaran Tari

Jika Anda berlibur pada musim kemarau maka Anda dapat melihat sebuah pagelaran tari yang sangat menarik. Nama dari pagelaran tersebut adalah Sendratari Ramayana. Biasanya acara ini dapat Anda temukan pada saat malam hari sekitar jam 20.00-22.00 WIB. Pementasan ini diadakan di panggung terbuka trimurti bila tidak hujan.

Dengan menyaksikan pagelaran ini maka Anda juga dapat membantu mendukung kelestarian dari budaya ini mengingat seniman-seniman Indonesia yang membawa budaya daerah sudah cukup sulit untuk ditemukan. Anda juga dapat mengajak anak-anak Anda untuk mengenalkan budaya tersebut agar dapat diteruskan oleh kalangan muda.

5. Merasakan Pengalaman Melihat Film 4D

Walaupun dikenal sebagai tempat wisata yang kental dengan nilai sejarahnya, Anda masih bisa menemukan wahana dengan teknologi canggih seperti film 4D ini. Anda cukup membayar sekitar Rp 35.000,00 sekali nonton. Anda akan diberi kacamata 4D untuk dapat menyaksikan kualitas film yang sangat memanjakan mata.

6. Bersepeda

Area candi yang sangat begitu luas membuat jalan di tempat tersebut sangat cukup untuk memuat banyak orang untuk berlalu lalang. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kemudahan ini untuk bersepeda. Apabila Anda tidak membawa sepeda maka dapat menyewanya dengan harga sekitar Rp 20.000,00.

7. Memanah

Salah satu olahraga yang cukup menarik untuk dicoba adalah panahan. Anda juga dapat melakukan olahraga tersebut di candi ini. Anda cukup membayar Rp 20.000 untuk 12 kali memanah. Harga yang cukup murah untuk merasakan pengalaman memanah di tempat yang bersejarah ini. Anda juga akan dipandu apabila masih belum bisa melakukannya.

8. Mengunjungi Taman Bermain

Terdapat taman bermain yang dapat Anda kunjungi saat merasa bosan. Biasanya area ini digunakan untuk keluarga. Banyak anak-anak kecil yang senang bermain di tempat ini. Ada beberapa wahana umum seperti ayunan, jungkat-jungkit, gazebo, dan lain-lain. Walaupun tempat ini tidak terlalu spesial, masih banyak wisatawan yang betah di taman tersebut.

BACA:  Pantai Drini, Objek Wisata Pantai Nan Eksotis di Gunung Kidul

9. Hunting Foto

Kegiatan ini sudah sepatutnya harus Anda lakukan ketika berlibur di tempat wisata bersejarah ini. Banyak spot yang dapat Anda ambil dan abadikan dalam sebuah foto. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang sering memotret di tempat ini baik untuk kebutuhan professional ataupun untuk kebutuhan pribadi.

10. Memberi Makan Rusa

Salah satu hal yang cukup unik di tempat wisata ini adalah rusa. Sangat langka sekali menemukan hewan terutama rusa di tempat yang dikenal memiliki banyak sejarah seperti di candi ini. Pihak pengelola menawarkan kepada pengunjung untuk dapat memberi makan rusa tersebut. Cukup membayar Rp 2.000,00 Anda dapat memberi makan rusa tersebut.

11. Menikmati Sunset

Momen matahari tenggelam memang menjadi sebuah hal yang paling dicari-cari oleh para wisatawan. Akan sangat menarik apabila melihat sunset di salah satu candi terindah di dunia ini. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menunggu momen ini untuk menyaksikan secara langsung keindahan sunset dari Candi Prambanan.

12. Melihat Prambanan Jazz Festival

Festival musik bergengsi ini tentu saja sudah diketahui oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Ketika event ini diadakan maka Anda akan melihat sebuah pertunjukan musik jazz dari musisi-musisi jazz ternama Indonesia ataupun manca negara. Pertunjukkan ini sangat terkenal dan banyak orang yang sangat menantikannya setiap tahun.

Pada saat acara ini di adakan maka Anda dapat menyaksikan pertunjukkan music selama beberapa hari. Biasanya acaranya akan diadakan selama 2 sampai 3 hari. Selain itu, Anda juga dapat menikmati stand-stand jajanan yang ada selama acara ini berlangsung. Acara ini biasanya digelar mulai dari siang sampai malam hari.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Prambanan

Fasilitas di Candi Prambanan

Image Credit: Google Maps (Rendie De Jong)

Fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola di tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat Anda temukan seperti mushola, food court, gazebo, toilet, area parkir yang luas, golf cart, dan lain-lain. Anda juga dapat memanfaatkan jasa guide apabila tidak mengenal dengan daerah ini.

Kualitas dan pelayanan dari tempat wisata Candi Prambanan ini juga sudah cukup baik. Pihak pengelola dan pemerintahan setempat sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar tempat wisata ini dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para wisatawan mengingat tidak hanya wisatawan domestik saja yang berkunjung.

Beberapa informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai acuan atau referensi apabila ingin berlibur ke candi terindah ini. Sangat menyenangkan liburan di tempat yang memiliki banyak sejarah seperti ini. Oleh karena itu, Anda harus berkunjung ke tempat bersejarah ini. Bermain sambil belajar di Candi Prambanan adalah opsi terbaik untuk liburan keluarga.