Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Stonehenge Merapi merupakan salah satu obyek wisata di Sleman, Jogja yang menyuguhkan replika peninggalan bersejarah, dan menjadi situs warisan dunia. Susunan batunya tersusun serupa dengan aslinya, dan dilengkapi oleh rerumputan yang hijau, menambah tempat ini menjadi lebih bagus. Para wisatawan yang datang dapat bersua foto ria menikmati destinasi wisata tersebut.

Taman batu terkenal dengan pengunjungnya yang selalu ramai memadati obyek wisata satu ini, yang menawarkan banyak daya tariknya. Kawasan wisata yang memiliki keindahan pemandangan berupa replika peninggalan bersejarah tersebut sungguhlah cantik, menawan, dan tentunya begitu sangat mempesona bagi setiap pengunjung yang datang kesana.

Tak hanya replika bersejarah saja, Stonehenge Merapi juga menawarkan berbagai fasilitasnya seperti tempat parkir hingga spot foto yang dapat anda gunakan untuk berfoto ketika anda datang kesini. Semua fasilitas yang telah disediakan dirawat, dan terjaga dengan baik oleh para pengelola obyek wisata. Sehingga anda dapat menikmati liburan anda menjadi semakin nyaman dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Stonehenge Merapi

Daya Tarik Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps Sulhan Erdiansyah Marhama

Stonenge Merapi adalah suatu tempat wisata yang terletak di Pulau Jawa yang setiap harinya dikunjungi oleh para wisatawan sekitar, berbagai daerah hingga negara. Obyek wisata ini menjadi satu dengan beberapa destinasi favorit di sekitar Yogyakarta. Banyak para pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan replika bersejarah yang dilengkapi dengan rerumputan hijaunya yang begitu indah.

1. Susunan Batu Raksasa

Stonehenge Merapi ini memiliki destinasi favoritnya berupa susunan batu raksasa dengan keunikannya yang begitu indah. Batu raksasa itu tersusun rapi, menjulang keatas itu, mempunyai bentuk menarik, dan memberikan kesan purbakala bagi para pengunjung yang memperhatikan.

Batu itu dapat berdiri tegak sendiri, atau mayoritas bentuknya seperti gerbang dengan bentuknya yang tersusun secara horizontal dan vertikal oleh dua penyangganya. Serta hamparan alas rerumputan berwarna hijau ini semakin menambah menarik. Susunan batu tersebut serupa dengan Stonehenge yang berada diluar negeri atau tepatnya di negara Inggris.

Tak khayal jika itu, menjadi salah satu bagian dari daya tarik yang ada di Taman Batu Merapi. Sehingga tak heran, jika banyak orang mengabadikan momen berwisata atau berliburnya kesana.

2. Lokasinya Berada di Daerah Rawan dengan Erupsi

Lokasi obyek wisata Stonehenge Merapi Jogja berada di sebuah desa yang bernama Petung. Erupsi Merapi yang terjadi di tahun 2010 itu telah menghancurkan daerah desa ini. Oleh sebab itu, warga sekitar di desa ini berpindah ke daerah lainnya. Dengan mata pencaharian sebagai seorang yang sebagian besarnya adalah berkebun akan tergganggu jika terjadi erupsi.

Kemudian, masyarakat desa petung ini mempunyai ide untuk membangun desa itu sebagai tempat pemberdayaan desa. Melalui kawasan wisata itu, kini Stonehenge menjadi destinasi wisata favorit bagi para pengunjung. Sehingga tak heran jika banyak orang yang datang memanfaatkannya untuk bersua foto ria.

3. Menikmati Pemandangan Alam

Wisata taman batu ini terkenal dengan hamparan rerumputan berwarna hijau, yang dapat menambah suasana alam menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi para wisatawan yang datang kesana. Pemandangan alamnya berupa hamparan rumput hijau dilengkapi dengan batuan raksasa yang instagramble semakin membuat masyarakat kekinian.

Hal itulah dapat menjadi salah satu daya tarik dari obyek wisata satu ini. Jadi tak heran, manakala destinasi ini menjadi obyek yang paling wajib dikunjungi dan menjadi tempat favorit bagi masyarakat dari berbagai daerah maupun mancanegara.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat dan Rute Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps Wecax Haryo

Stonehenge Merapi adalah salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Yogyakarta, yang selalu ramai dan dipadati oleh para wisatawan. Lokasinya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Akses menuju lokasi ini sangat mudah karena telah disediakan banyak papan petunjuk arah yang menuntun anda menuju destinasi wisata tersebut.

Waktu tempuh perjalanan itu dapat berubah menjadi lebih lama dari perkiraan, manakala akses jalan menuju kesana terjadi kemacetan. Biasanya terjadi saat musim liburan yakni antara Juli hingga September atau hari libur nasional, jumlah wisatawan yang datang akan meningkat. Hal itulah yang mengakibatkan jalanan menuju obyek wisata tersebut menjadi ramai dan padat.

Rute menuju lokasi tersebut dapat ditempuh dari pusat kota Yogyakarta dengan menuju arah ke jalan kaliurang. Sesampainya disana anda akan menemui sebuah pertigaan yang menuju ke arah kaliadem, kemudian anda perlu untuk belok ke kanan. Setelah itu terapat pertigaan kembali untuk menuju ke destinasi wisata merapi golf atau biasa disebut lost world castle.

Lokasi obyek wisata merapi golf itu berdekatan dengan Stonehenge Merapi Jogja. Sesampainya disana anda dapat menikmati pemandangannya yang indah dengan susunan batu yang begitu eksotis dilengkapi oleh alas rerumputan berwarna hijau. Dapat membuat sensasi liburan atau rekreasi anda menjadi lebih instagramble.

Para pengunjung yang datang dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk mencapai lokasi tujuan. Destinasi wisata dengan pemandangan indah berupa susunan batu besarnya tersebut dapat memanjakan mata siapa saja yang datang melihatnya kesana. Sehingga banyak wisatawan yang datang memanfaatkan waktu libur untuk berwisata atau berekreasi ke obyek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Stonehenge Merapi Jogja
Image Credit: Google Maps Dian Haryono

Saat anda memasuki obyek wisata tentunya anda akan dikenakan biaya tiket masuk, begitupula ketika anda memasuki kawasan wisata ini anda juga membayar tarif masuk sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh para pengelola. Setiap pengunjung yang datang dikenakan besaran biaya sebesar Rp 10.000 per orangnya.

Serta biaya sebesar Rp 150.000 bagi anda yang ingin melakukan foto prewedding. Bagi para pengunjung yang membawa sebuah kendaraan pribadi baik motor maupun mobil akan dikenakan biaya parkir dengan besaran yang berbeda. Untuk tarif motor sendiri biaya parkir sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk biaya parkir mobil dengan besaran biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Setelah membayar semua tiket masuk dan biaya parkir anda dapat menikmati pemandangan dari Stonehenge Jogja dengan leluasa mengeksplor, dan melihat pemandangan indahnya yang instagramble. Sehingga banyak orang memanfaatkan waktu berlibur atau rekreasi kesini, sebab menyuguhkan destinasi yang begitu bagus dengan biaya masuk yang cukup terjangkau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Stonehenge Merapi

Aktivitas Menarik Stonehenge Merapi
Image Credit: Google Maps Fajar Muttaqin

1. Menikmati Keindahan Suasana Alam Stonehenge

Sebagai salah satu obyek wisata terkenal dan favorit, Stonehenge menyuguhkan panorama keindahan dengan latar belakang berupa batuan raksasanya yang menjulang tinggi dengan alas dari hamparan rumput berwarna hijau yang begitu mempesona dan menarik wisatawan. Suasana alam berupa pepohonan yang rindang membawa anda menjadi lebih tenang.

Serta tiap hembusan anginnya yang segar menambah keasyikan ketika berada disana. Dengan menikmati keindahan suasana alam tersebut dapat membuat anda menjadi lebih rileks dan tenang.

Selain itu, anda juga dapat menghilangkan kejenuhan atau hiruk pikuk di perkotaan. Sehingga tak heran jika menikmati keindahan taman batu merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika anda tengah berada di Jogja.

2. Berburu Foto Keren

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi suatu tempat yaitu berfoto-foto. Keindahan Stonehenge yang begitu mempesona, dan instagramble sangat sayang bila tidak mengabadikannya. Apalagi spot foto dari batuan raksasanya yang begitu eksotis, dan suasana begitu bagus dan indah sangat cocok untuk digunakan background foto liburan Anda.

Spot foto utama di Stonehenge Merapi berupa bebatuannya dengan ketinggian batuannya yaitu 4 meter. Namun terdapat beberapa batu yang memiliki ketinggian hingga mencapai 7 sampai 8 meter. Batu raksasa dengan ketinggian yang sangat tinggi tersebut merupakan salah satu spot foto yang disenangi oleh para wisatawan.

Kawasan wisata yang memiliki luas sebesar 200 meter tersebut, mempunyai jarak dengan gunung berapi aktif bernama gunung merapi sekitar 5 km. Jadi tak heran manakala pemandangan gunung ditambah dengan bebatuan yang dilengkapi hamparan rumput berwarna hijau menjadikan foto yang anda ambil menjadi lebih bagus.

Oleh karena itu, banyak dari wisatawan mengambil foto dari obyek wisata satu ini. Serta tidak heran jika hal berburu foto di Stonehenge Merapi adalah salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan ketika disana.

3. Foto Prewedding

Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika di Stonehenge Merapi yaitu melakukan foto prewedding. Pemandangan alam di obyek wisata berupa bebatuan yang unik dan suasana alam yang begitu cantik dan mempesona, seakan menambah keindahannya. Sehingga banyak dari wisatawan yang datang melakukan foto prewedding di taman batu tersebut.

Latar belakang yang unik dapat menjadikan konsep foto prewedding terlihat romantis, dan cocok untuk digunakannya. Bagi anda yang ingin melakukan foto prewedding anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 150.000. Biaya tersebut cukup terjangkau bagi kalangan wisatawan yang hendak melakukan foto prewedding.

Dengan biaya tersebut anda mendapatkan foto yang cukup bagus dengan latar belakangnya yang begitu bagus. Tak heran jika kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan menarik yang banyak disenangi oleh wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Stonehenge Merapi Jogja
Image Credit: Google Maps Linda Dwi Astuti

Sebagai salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Jawa Tengah, tentunya keberadaan akan fasilitas penunjang kebutuhan para wisatawan sangatlah penting. Oleh karena itu, pengelola Stonehenge menyediakan berbagai fasilitas yang dapat anda gunakan agar nantinya para pengunjung yang datang dapat menikmati liburan atau berwisata semakin nyaman dan berkesan.

Fasilitas yang dapat menunjang aktivitas wisatawan ketika berada di Stonehenge yaitu Spot foto instagramble dan lain sebagainya. Semua fasilitas yang disediakan tersebut menyuguhkan kenyamanannya. Agar para wisatawan dapat tetap tenang, nyaman dan menikmati fasilitas penunjang kegiatan tersebut.

Sedangkan fasilitas pendukung yang disediakan pengelola seperti tempat parkir, tempat beribadah, tempat makan, warung atau kios-kios dan tempat penginapan yang mudah untuk ditemukan di sekitar kawasan wisata ini. Jadi para pengunjung kawasan pantai ini dapat menikmati perjalanan wisata atau berliburnya di kawasan ini dengan lebih nyaman dan berkesan.

Itulah beberapa daya tarik, alamat dan rute menuju kawasan Stonehenge Merapi Jogja. Serta harga tiket masuk dan berbagai fasilitas tersedia dengan cukup lengkap. Sehingga wisatawan dapat berlibur dan menikmati destinasi wisata ini dengan lebih menyenangkan.