20 Tempat Wisata di Nusa Penida Terbaru & Paling Hits

Wisata Nusa Penida Bali

Inilah rekomendasi tempat wisata populer di Nusa Penida, Bali. Destinasi wisata alam terbaru, eksotis dan paling hits yang menarik untuk Anda jelajahi saat liburan.

Bali merupakan salah satu tempat liburan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat yang begitu mengagumkan yang wajib untuk dikunjungi saat sedang memutuskan untuk mengisi waktu liburan di Pulau Dewata, salah satunya yakni Nusa Penida.

Letak dari Nusa Penida ada di sebelah tenggara Pulau Bali. Banyak sekali yang disuguhkan karena keadaan geografis pulau yang begitu indah ini. Mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, hingga panorama perairannya yang sangat menarik perhatian para wisatawan.

Terlebih lagi, Anda akan menemukan banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi di Nusa Penida. Bahkan, tempat wisata ini tidak kalah memukaunya dengan tempat-tempat liburan lain yang terdapat di pulau utamanya. Berikut daftar tempat wisata yang terkenal di Nusa Penida yang layak Anda kunjungi saat liburan.

1. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong

Image Credit: Twitter.com @carolinevaniaa

Salah satu tempat paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal di Nusa Penida adalah Angel’s Billabong. Tempat ini terkenal karena panorama yang begitu mempesona.

Saat Anda pertama kali mengunjungi destinasi wisata ini, tentunya pemandangan bahari yang begitu menawan dari batu karang hingga airnya yang jernih bisa membuat badan ingin sekali berenang di dalamnya. Dengan warna air laut dan batu karang yang berpadu menciptakan suasana eksotik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: JSakti, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

2. Pantai Atuh

Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Banyaknya pilihan pantai yang begitu eksotis bisa Anda dapatkan dengan mudah di Pulau Dewata, salah satunya yakni di Pantai Atuh yang berada di Nusa Penida. Dengan hamparan pasir putih kekuningan dan birunya lautan, tentunya panorama ini akan membuat Anda terpukau bila ke destinasi wisata ini.

Setelah menuruni bukit daerah pantai, Anda dapat melihat panorama pesisir yang begitu mempesona. Pantai ini terkenal dengan kesunyiannya, hanya suara ombak yang bergemuruh saja yang mungkin bisa Anda dengar. Selain sangat sunyi, pantai ini juga sangat bersih dari sampah-sampah yang berserakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

3. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri

Image Credit: Instagram.com @balianwater

Salah satu tempat religi untuk pemeluk agama Hindu, yakni Pura Goa Giri Putri yang memiliki banyak sekali sejarah di baliknya. Pura ini terletak di daerah Banjar Karangsari. Keunikan dari tempat ibadah ini adalah lokasinya yang berada di dalam goa.

Saat berada di pintu masuk, Anda akan melihat sebuah goa dengan lubang yang cukup sempit untuk dimasuk banyak orang. Namun setelah menelusuri mulut goa untuk menuju ke intinya, Anda pastinya akan terpukau akan keindahan di dalam goa tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suana, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

4. Mata Air Tembeling

Mata Air Tembeling

Image Credit: Facebook.com @lovenusapenida

Nusa Penida merupakan surganya wahana alami yang dimiliki oleh Bali. Anda tidak akan kesulitan menemukan beberapa wahana alam yang begitu indah seperti halnya Mata Air Tembeling yang ada di Desa Batumadeg.

BACA:  15 Tempat Wisata di Karangasem (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Air mata ini memiliki diameter yang cukup lebar sekitar 5 hingga 6 meter, sangat cocok bagi Anda yang ingin sekali menikmati kesegaran airnya dengan cara berenang. Mata air di sini terbagi menjadi 2 bagian, yakni khusus laki-laki dan satunya untuk perempuan. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda tertukar apabila ingin berendam di kolam mata air ini.

Lokasi: Desa Batu Madeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

5. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan

Image Credit: Shutterstock.com @leo_nik

Salah satu pantai favorit di kalangan para wisatawan asing maupun lokal yang memberikan nuansa eksotiknya yakni Pantai Suwehan. Berada di Desa Tanglad, pantai ini sangat mudah untuk ditemukan terutama bagi para pelancong yang pertama kali menjelajah Nusa Penida.

Pantai Suwehan memiliki daya tarik dari pemandangan laut biru yang dipadu dengan hamparan pasir putih yang begitu halus di kaki. Selain itu, Anda juga akan mendapati sebuah batu karang berbentuk segitiga yang sangat besar yang menjadi ikon dari wisata pantai ini.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

6. Smoke Beach

Smoke Beach

Image Credit: Google Maps (Trip.Nusa.Penida)

Salah satu pantai yang menyuguhkan selain hamparan pasir putih adalah Smoke Beach. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing karena tabrakan ombak dan karang yang cukup tinggi. Bahkan ketinggian ombak tersebut hingga mencapai 10 meter.

Untuk menikmati fenomena alam tersebut, terkadang para wisatawan akan berdiri di tepi batu karangnya untuk menunggu ombak yang akan datang. Akan tetapi, sangat disarankan untuk selalu berhati-hati saat Anda ingin menikmati deburan ombaknya.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

7. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning

Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Tidak kalah dengan dengan Amerika yang memiliki Golden Bridge, Nusa Penida juga memiliki jembatan yang paling indah yakni Jembatan Kuning. Banyak orang yang datang ke jembatan yang menghubungkan Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan hanya untuk berfoto saja.

Latar belakang yang sangat menarik juga bisa Anda dapatkan saat ingin mengabadikan momen di Jembatan Kuning ini. Anda akan langsung dibawa dalam sebuah nuansa perairan yang banyak digunakan oleh para nelayan ataupun beberapa kapal kargo yang selalu berlalu-lalang di bawahnya.

Lokasi: Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

8. Seganing Waterfall

Seganing Waterfall

Image Credit: Instagram.com @samjlac

Apabila Anda sedang berada di Desa Bunga Mekar, sangat dianjurkan untuk pergi menikmati keindahan dari Air Terjun Seganing. Akan tetapi, untuk menuju ke tempat wisata ini, pengunjung harus melakukan sebuah perjalanan yang terbilang cukup ekstrim. Letaknya berada di tepi tebing yang cukup terjal dan licin bila cuaca sedang hujan.

Setelah menaklukkan semua medan yang begitu mendebarkan, Anda akan dibawa ke dalam suasana air terjun yang begitu indah dengan bukit-bukit yang bertingkat. Karena berada di kawasan pesisir, Anda juga bisa menikmati birunya lautan yang ada di sana.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

9. Manta Point

Manta Point

Image Credit: Twitter.com @balibreizh

Apabila Anda seorang yang sangat gemar dalam olahraga menyelam, Manta Point adalah tempat yang tidak boleh hilang dari daftar tempat liburan yang harus dikunjungi. Sebagai pusat snorkling di Nusa Penida, tempat ini menjadi sebagai objek wisata yang paling banyak orang kunjungi.

BACA:  15 Air Terjun di Bali yang Paling Hits Buat Rekreasi

Saat menyelam di tempat ini, Anda akan secara langsung ditemani ikan pari Manta yang sangat ikonik. Selain itu, biota laut lainnya juga bisa ditemui seperti gurita, ikan pari titik biru, belut moray, kepiting porselain, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

10. Temple Point

Temple Point

Image Credit: Twitter.com @grandhyattbali

Salah satu spot diving lainnya yang banyak para wisatawan kunjungi untuk mengisi waktu liburan mereka ada di Temple Point. Di sini Anda akan jarang sekali menemukan hewan-hewan laut yang menggemaskan ataupun terumbu karang yang begitu cantik, akan tetapi patung-patung budha yang berada di dasar laut.

Patung-patung tersebut merupakan sebuah peninggalan bersejarah dan telah berada di dalam air lebih dari 100 tahun. Bahkan, di antara patung-patung tersebut sudah ditumbuhi lumut. Saat Anda sedang menyelam di kawasan ini, sebaiknya harus berhati-hati sebab arusnya cukup kencang.

Lokasi: Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

11. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Image Credit: Facebook.com @nusa-penida-travelo

Salah satu tempat wisata yang direkomendasikan apabila Anda sedikit bosan dengan liburan bernuansa laut adalah Bukit Teletubbies. Berada di Desa Tangglad, destinasi wisata ini telah memikat banyak sekali para pelancong baik itu lokal maupun asing untuk datang ke sini.

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah yakni barisan bukit-bukit berwarna hijau yang saling berjajar layaknya di film anak Teletubbies. Sebaiknya bawa perlengkapan pribadi seperti payung ataupun tenda, sebab akan sangat panas di siang hari.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

12. Crystal Bay Beach

Crystal Bay Beach

Image Credit: Instagram.com @faur.cosmin.w

Pantai yang telah banyak menarik perhatian orang-orang saat berkunjung ke Bali adalah Crystal Bay. Dengan ombak yang cukup tenang dan ditambah dengan sejuknya angin, tentu saja membuat para pengunjung yang singgah di tempat ini akan semakin betah.

Selain itu, pasir putih dan juga birunya air laut membuat pemandangan di destinasi wisata ini menjadi semakin menawan. Dilengkapi juga sunset yang sangat cantik akan menjadi sebuah paket lengkap untuk menikmati panorama alam yang mengagumkan dalam satu tempat.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

13. Pasih Uug

Pasih Uug

Image Credit: Twitter.com @visitbali_id

Pasih Uug atau lebih dikenal dengan Broken Beach merupakan sebuah pesisir yang menjadi salah satu ikon dari Nusa Penida. Apabila Anda melihatnya dari ketinggian, nampak seperti kolam yang dikelilingi bukit yang sangat tinggi.

Apabila Anda ingin menikmati segarnya airnya, sebaiknya urungkan niat tersebut. Sebab tidak ada akses atau jalan untuk membantu Anda menuju kolam tersebut. Kebanyakan yang datang ke sini hanya untuk menikmati pemandangan yang begitu mempesona.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

14. Pura Paluang

Pura Paluang

Image Credit: Twitter.com @balicheaptours

Pura Paluang adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, terutama bagi yang memeluk agama Hindu. Anda akan menemukan keunikan tersendiri saat mendatangi tempat ini.

Pada umumnya ‘pelinggi’ yang terdapat pada sebuah pura berbentuk seperti candi atau semacamnya, namun di sini sangatlah berbeda yakni mobil. Bahkan pura dengan pelinggi mobil ini hanya terdapat di sini saja dan tidak bisa Anda lihat di pura manapun.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Bali yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

15. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan

Image Credit: Google Maps (Mahibul Hasan)

Salah satu air terjun yang paling hits di Nusa Penida adalah Peguyangan. Curug ini bisa Anda temukan di Dusun Antapan yang bisa di akses secara mudah. Selain itu, lokasi yang langsung berhadapan dengan laut merupakan salah satu dari daya tariknya.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus rela berjalan menuruni anak tangga yang berada di lereng tebing. Pastinya akan sangat memacu adrenalin saat sedang berusaha menuruni lereng tersebut, sebab kemiringan yang harus dilalui hingga 80 derajat.

Lokasi: Batukandik, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

16. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking

Image Credit: Instagram.com @sipenjelajah

Pantai Kelingking adalah pantai yang tersembunyi di Nusa Penida dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Untuk menuju tempat ini, Anda harus memutar kemudi ke arah Desa Bunga Mekar.

Pemandangan yang masih asri bisa Anda rasakan di sini sebab masih belum terlalu dijamah orang. Saking sepinya, Anda akan merasa seperti terdampar di sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Hamparan pasir putih yang begitu bersih akan menambah suasana menghabiskan waktu di tempat ini.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

17. Pantai Banah

Pantai Banah

Image Credit: Facebook.com @agus.febry.54

Pantai Banah merupakan salah satu tempat yang disarankan apabila sedang mencari lokasi untuk menambah koleksi album foto Anda. Pantai ini memiliki panorama yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Pantai Banah yang berlokasi di Desa Batumadeg ini memiliki ikon berupa sebuah tebing kecil dengan tinggi 200 meter dan berongga. Sehingga banyak orang yang mengambil foto tebing tersebut sebab unik daripada yang lain.

Lokasi: Batumadeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

18. Gala-Gala Underground House

Gala-Gala Underground House

Image Credit: Google Maps (Wayang Suartini)

Bila ingin menambah suasana liburan, coba kunjungi rumah bawah tanah yang cukup terkenal di Nusa Penida. Anda akan disuguhi dengan sebuah ruangan seluas 500 meter persegi dengan pembagian ruangan yang cukup banyak.

Pasalnya, rumah ini dibangun oleh seorang petapa yang hanya menggunakan peralatan sederhana selama 15 tahun. Pada saat mengunjungi tempat ini, sebaiknya untuk memasuki ruangannya, cukup dengan rombongan kecil saja.

Lokasi: Jungutbatu, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

19. Rumah Pohon Batu Molenteng

Rumah Pohon Batu Molenteng

Image Credit: Instagram.com @yoexplore

Rumah pohon merupakan salah satu destinasi yang saat ini sedang naik daun di antara tempat-tempat lainnya. Batu Molenteng merupakan salah satunya yang menyuguhkan rumah yang berada di atas ketinggian sebuah pohon.

Dengan menghadap ke arah pantai yang begitu tenang, membuat rumah pohon ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan untuk berfoto bersama rekan-rekannya. Terlebih lagi, Anda bisa menginap di tempat ini dengan harga sewa Rp 300.000 per malam, namun dengan fasilitas yang seadanya saja.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

20. Malibu Point

Malibu Point

Image Credit: thenusapenida.com

Bila ingin menikmati keindahan bawah laut yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain, sebaiknya kunjungi Malibu Point. Sangat cocok bagi Anda yang gemar menyelam untuk mencari ikan-ikan kecil yang lucu.

Banyak sekali biota laut yang bisa Anda temukan di sini. Baik dari terumbu karang hingga ikan-ikan yang cukup bervariasi, seperti hiu karang, ikan pelangi, dan sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa karang besar yang bisa menjadi salah satu daya tariknya.

Lokasi: Suana, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Itulah beberapa destinasi wisata terbaik di Nusa Peninda, Bali yang menarik untuk Anda kunjungi. Dengan keindahan yang dimiliki pulau tersebut, tentunya waktu liburan Anda akan terasa semakin menyenangkan. Langsung saja kunjungi destinasi wisata tersebut untuk memperoleh keindahan yang belum Anda peroleh di tempat lain.