Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Kadiran, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau; Map: Cek Lokasi

Dari banyaknya objek wisata yang ada di Indonesia saat ini, kita akan membahas salah satu tempat yang memiliki konsep lengkap. Agrowisata Tenayan Raya adalah yang dimaksud degan konsep edukasi dan permainan. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kota, namun suasana asri pedesaan sangat terasa di sini.

Melihat dari perpaduan konsep wisata alam, wisata edukasi, dan permainan, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun sebagian besar dari instansi sekolah, namun ada juga beberapa dari keluarga kecil. Kebahagiaan mereka terpancar ketika melakukan aktivitas seru, terutama untuk anak-anak yang memang suka aktivitas outbound.

Pekanbaru, Riau, itulah lokasi wisata yang akan kita bahas kali ini dengan segala daya tariknya. Memang tidak banyak ditemui objek wisata alam di sana dibandingkan dengan kota atau provinsi lain. Tetapi dalam hal konsep pariwisatanya, Pekanbaru tidak boleh dipandang sebelah mata, salah satunya adalah agrowisata.

Daya Tarik yang Dimiliki Agrowisata Tenayan Raya

Daya Tarik Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps Haris Dianto

Dengan luas lahan lebih dari 1,5 hektar, Agrowisata Tenayan Raya mempunyai banyak daya tarik yang membuat alasan pantas dikunjungi. Sebelum berangkat ke lokasi, ada baiknya anda simak ulasan lengkap berikut!

1. Edukasi Perkebunan

Pastinya kita pernah mendengar mengenai siklus hidup tanaman ketika di sekolah. Untuk anak-anak juga demikian, mereka tentu sudah mengenal baik bahwa sayur atau buah yang mereka makan merupakan hasil perkebunan yang sebelumnya harus ditanam, dipupuk, dan sebelum akhirnya di panen untuk dinikmati.

Di sini, mereka tidak hanya mendapatkan teori, melainkan langsung praktik di lapagan. Mulai dari cara menanam bibit, menyiangi, cara memberikan pupuk yang benar, semua diajarkan di sini. Menariknya, ada sesi panen yang sudah disiapkan pengelola Agrowisata Tenayan Raya, jadi mereka pun langsung belajar bagaimana memetik buah atau sayur yang tidak boleh sembarangan.

Berbagai jenis buah dan sayur tersedia di sini, masing-masing memiliki teknik berkebun yang berbeda. Biasanya dilihat dari karakteristik tanah dan jarak antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh dari sayuran, ada kangkung, bayam, kubis, dan brokoli. Sedangkan untuk buah-buahan ditemukan jambu, kelengkeng, dan apel.

2. Edukasi Peternakan

Selain mendapatkan pendidikan mengenai dunia perkebunan, pengunjung Agrowisata Tenayan Raya mendapatkan edukasi mengenai peternakan. Kebanyakan yang ada termasuk hewan ternak, mulai dari sapi, kambing, dan bahkan peternakan lebah. Bukan hanya melihat, pengunjung diperbolehkan memberi makan dan bahkan memerah susu sapi jika beruntung.

Selain hewan ternak, di sini juga ada perikanan yang diletakkan di dalam penangkaran khusus. Setiap lokasi peternakan memiliki lahan cukup luas, jadi pengunjung bebas berkeliling melihat hewan yang ada di dalam kandang atau ikan di kolam. Meskipun tidak dapat langsung mengikuti proses ternak dari awal, pengunjung bisa membantu petugas ketika panen.

Daya Tarik Dimiliki Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps RdnMK Official

3. Wahana Permainan

Daya tarik Agrowisata Tenayan Raya berikutnya yakni tersedia berbagai wahana permainan. Inilah tadi yang dikatakan bahwa objek wisata di Pekanbaru ini memiliki konsep yang lengkap. Wahana permainan di sini lebih banyak ditemui diluar ruangan atau istilahnya adalah outbound, ada flying fox, panahan, ATV, dan kolam renang.

Wahana playground tersedia di sini meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Anak-anak diharapkan suka dengan permainan sederhana yang mampu merangsang perkembangan saraf motorik. Adapun area playground menyediakan permainan jungkat-jungkit, rumah perosotan, dan ayunan. Di salah satu lokasi terdapat sebuah bangunan yang mirip rumah Hobbit, sayangnya pengunjung tidak boleh memasukinya.

4. Suasana Asri Pedesaan

Lokasinya yang dekat dengan perkotaan tidak serta-merta membuat polusi udara berkumpul di Agrowisata Tenayan Raya. Pasalnya, semua titik lokasi ditanami pohon rindang yang kebanyakan dari pohon cemara. Jalan setapak yang dilalui terlihat hijau menyegarkan. Bukan hanya dari pohon cemara, namun juga dari tanaman hias yang membatasi jalan.

Sesekali, ada tanaman yang bunganya merekah terlihat begitu cantik. Warna-warni nya semakin memberikan kesan sejuk, suasana asri pedesaan pun didapatkan di sini. Apalagi tata kelola nya terlihat sangat baik dan terkesan rapi. Siapa pun yang datang, mereka pasti betah berlama-lama, baik piknik santai atau berkeliling taman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps Tono Suhartono

Alamat Agrowisata Tenayan Raya berada di Jalan Kadiran, Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Dikatakan tadi tidak jauh dari pusat kota, tepatnya sekitar 12 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu kurang dari 30 menit. Akses jalannya sangat baik meskipun di beberapa titik sering terjadi kemacetan di jam tertentu.

Dari Pekanbaru, silahkan menuju ke Jalan Wonorejo dan melewati Jalan Jenderal Sudirman. Lurus terus ikuti jalan utama kemudian putar balik menuju ke Jalan Datuk Setia Maharaja. Titik tujuan berikutnya yakni menuju ke Jalan Parit Indah, di sinilah kemungkinan kondisi macet karena padatnya kendaraan.

Terus ikuti sepanjang jalan ini, lalu temukan Jalan Pesantren sekitar 2 kilometer. Tujuan terakhir yaitu menemukan Jalan Kadiran, lanjutkan dengan mengikuti papan petunjuk. Lokasi Agrowisata Tenayan Raya berada di kanan jalan, silahkan cari tempat parkir dan gerbang masuk.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps G & G brothers

Berkunjung ke sini dijamin tidak menghabiskan banyak budget, ini dikarenakan harga tiket masuknya yang murah. Untuk satu orang pengunjung, mereka hanya mengeluarkan biaya 10.000 rupiah. Harga tersebut masih belum termasuk menikmati wahana permainan di dalamnya. Sebagian besar permainan di banderol 10.000, tidak terlalu mahal tentunya.

Apabila ingin hemat, Agrowisata Tenayan Raya menyediakan paket untuk anak-anak yang lengkap dengan wahana, cukup membayar 50.000 rupiah. Biaya lain yang dibutuhkan untuk parkir kendaraan bermotor. Siapkan 3.000 rupiah jika anda membawa sepeda motor, 5.000 untuk mobil, dan 20.000 bagi yang membawa bus. Jam operasional nya dibuka mulai Sabtu hingga Kamis di jam 08.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Aktivitas yang Menarik di Agrowisata Tenayan Raya

Aktivitas Menarik Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps Meutia Rafit

Setelah mengetahui daya tarik dan juga lokasinya, saatnya anda mengetahui aktivitas apa saja yang dapat dilakukan selama di Agrowisata Tenayan Raya. Mengingat objek wisata alam ini lebih diperuntukkan untuk anak-anak, maka penting sekali mengetahui kegiatan di dalamnya.

1. Memberi Makan Hewan Ternak

Meskipun terlihat sederhana, memberi makan hewan ternak ternyata cukup menyenangkan. Bukan hanya untuk anak-anak, bahkan usia dewasa pun suka dengan aktivitas ini. Tidak perlu membawa makanan hewan sendiri, pengelola telah menyediakan makanan sesuai dengan jenis hewannya.

Rumput untuk kambing dan terkadang diberikan untuk sapi, sedangkan buah dan sayur untuk kelinci. Memberi makan hewan di Agrowisata Tenayan Raya memang dilakukan selama hewan berada di kandang. Ini untuk menjamin keamanan pengunjung, terutama untuk anak-anak yang terkadang memiliki rasa takut.

2. Memetik Buah dan Sayur

Adanya area perkebunan di sini memungkinkan pengunjung untuk bisa memetik atau memanen hasilnya. Memetik buah dan sayur banyak disukai anak-anak karena cukup seru. Aktivitas ini tidak dilakukan sendirian, melainkan ada pemandu yang mengawasi dan sekaligus memberikan arahan bagaimana cara panen yang benar.

Menariknya, pengunjung yang memanen dapat membawa pulang hasilnya untuk dinikmati di rumah. Tentunya tidak gratis, karena ada harga yang harus di bayar per kilo nya. Meskipun begitu, untuk harganya sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan harga pasar.

3. Memancing Ikan di Kolam

Aktivitas di Agrowisata Tenayan Raya berikutnya adalah memancing ikan di kolam. Tidak perlu hobi bagi anak-anak untuk melakukan aktivitas ini. Siapa pun mereka, entah itu baru pertama kali ini, memancing pasti dianggap menyenangkan. Terlebih untuk kolam pancing di sini cukup luas dengan berbagai jenis ikan di dalamnya.

Aktivitas Menarik di Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps Raju Wardhana

4. Berenang

Masih seputar aktivitas yang cocok bagi anak-anak, mereka dapat berenang di sini. Kolam renang nya tidak terlalu luas, namun tetap mampu melengkapi aktivitas yang ada di Agrowisata Tenayan Raya. Serunya melihat kegiatan anak-anak memang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Untuk aktivitas ini, sebaiknya lakukan di pagi atau sore hari ketika cuaca sejuk.

5. Mencoba Tantangan Flying Fox

Dari semua aktivitas yang telah disebutkan flying fox pastinya lebih menarik dilakukan bagi anak-anak. Hanya saja untuk kali ini tidak semua anak berani, ada kalanya mereka merasa takut. Sebenarnya wajar, karena mereka harus meluncur dari ketinggian. Namun untuk melatih keberanian, ada baiknya jika anda memberikan dukungan kepada mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Google Maps RdnMK Official

Fasilitas di Agrowisata Tenayan Raya tergolong lengkap, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebut saja untuk toilet, ada beberapa lokasi yang ditemukan di sini. Untuk area parkir dipastikan luas dan kondisinya pun aman karena ada petugas jaga. Jika lapar, langsung saja menuju ke warung dengan konsep unik terapung.

Tidak jauh dari lokasi warung, anda menemukan bangunan rapi dan nyaman, yaitu mushola. Fasilitas lain yang ditemukan diantaranya adalah taman cantik yang dilengkapi bangku dan gazebo yang mirip dengan pondok kecil. Semua fasilitas disediakan untuk kenyamanan wisatawan dan sekaligus sebagai bukti keseriusan pengelola.

Tidak ada ruginya mengunjungi objek wisata kali ini, mengingat banyak daya tarik dan harga tiketnya yang murah. Selain itu, aktivitas yang dilakukan pun sangat banyak dan pastinya disukai anak-anak. Dengan konsep wisata yang lengkap, Agrowisata Tenayan Raya sepertinya layak dijadikan kunjungan berikutnya.