18 Tempat Wisata di Pekanbaru

Jika kamu berada di Sumatera terutama di Kota Pekanbaru, maka penting untuk mengetahui beberapa tempat wisata yang ada di sana supaya dapat kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga. Ada berbagai macam destinasi wisata yang ada di Pekanbaru mulai dari wisata alam, religi, budaya, hingga edukasi.

Banyaknya keragaman destinasi wisata tersebut menjadikan Pekanbaru banyak dikunjungi oleh wisatawan karena penasaran dengan destinasi wisata lain yang ada di kota ini. Jika kamu bepergian ke kota ini, maka wajib untuk mengetahui beberapa lokasi wisata untuk bisa dikunjungi nantinya.

Destinasi wisata yang ada di Pekanbaru menawarkan banyak keindahan dan pesona alam yang berbeda. Walaupun begitu, tetap saja semua destinasi wisata akan memberikan rasa senang untuk para pengunjungnya. Di bawah ini beberapa Tempat Wisata di Pekanbaru yang menarik.

1. Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari

Lokasi: Limbungan, Kec. Rumbai, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Danau Buatan Lembah Sari terletak di Desa Limbungan. Desa ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota. Danau buatan ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan sejuk sehingga kamu akan merasa tenang dan puas jika berkunjung ke sana.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai bendungan irigasi. Namun, lama kelamaan berubah menjadi destinasi wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Disini, kamu dapat melakukan kegiatan seperti piknik dengan keluarga, menaiki perahu dayung, naik sepeda air, dan masih banyak lagi.

2. Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Lokasi: Kab. Kampar, Siak dan Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Okezone.com

Destinasi wisata yang ada di Pekanbaru berikutnya adalah Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim. Hutan raya ini sering dikunjungi wisatawan sehingga selalu ramai setiap harinya. Hutan raya yang cantik ini menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau, dan sejuk disertai dengan pepohonan yang menjulang tinggi ke atas.

Banyak wisatawan yang pergi ke Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim bersama keluarga untuk menikmati pemandangan, melepas penat, jalan-jalan, dan menenangkan pikiran. Disini juga terdapat beberapa wahana permainan sehingga kamu tidak akan merasa bosan ketika berada di sana. Hutan raya berlokasi sekitar 23 km dari pusat kota.

3. Riau Fantasi

Riau Fantasi

Lokasi: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau. – Image Credit by Blog.reddoorz.com

Terdapat destinasi wisata air yang cukup populer di Kota Pekanbaru yang bernama Riau Fantasi. Tempat wisata ini menjadi pilihan favorit banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak. Disini, terdapat banyak wahana permainan yang bisa di coba seperti wave blaster, kora-kora, komedi putar, sky tower, kereta mini, dan masih banyak lagi.

Ada juga fasilitas yang disediakan di Riau Fantasi seperti mushola, wifii, gazebo, tempat makan, dan toilet. Untuk kamu yang ingin ke Riau Fantasi, hanya perlu waktu selama 45 menit dari pusat kota untuk bisa ke sana. Biaya masuknya sekitar Rp 60.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp 70.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

4. Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur

Lokasi: Jl. Hangtuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Simas.kemenag.go.id

Selain destinasi alam, ada juga wisata religi yang ada di Pekanbaru yaitu Masjid Agung An-Nur. Masjid ini termasuk salah satu tempat ibadah termegah dan tercantik yang ada di Kota Pekanbaru. Masjid Agung An-Nur memiliki gaya dan konsep ala India, Melayu, Turki, dan Arab sehingga bangunannya tampak cantik, megah, dan eksotis.

Jika kamu mengunjungi Masjid Agung An-Nur pada malam hari, maka akan tampak banyak cahaya lampu yang berada di sekitar tersebut. Di depan masjid juga terdapat kolam kecil sehingga cahaya lampu akan memantul ke permukaan air.

5. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding

Lokasi: Tanjung Belit, Kiri Hilir, Kampar, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Kelanariau.blogspot.com

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Air Terjun Batu Dinding. Tempat wisata ini berada di kawasan Kampar Kiri. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang suka menjelajah dan berinteraksi dengan alam.

Air Terjun Batu Dinding memiliki pesona alam yang indah dan alami. Ditambah air yang turun dari air terjun sangat segar dan jernih sehingga kamu bisa bermain air dan berenang dengan aman. Objek wisata ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya sehingga kamu tidak perlu repot-repot pergi jauh untuk mencari tempat liburan lagi.

6. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura

Lokasi: Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Brosispku.com

Di Pekanbaru, terdapat desa wisata yang cukup terkenal bernama Desa Wisata Okura. Pada awalnya, desa ini merupakan sebuah kelurahan, namun pemerintah setempat mengembangkan kelurahan ini menjadi desa wisata yang menarik banyak pengunjung.

Disini, kamu dapat melihat pemandangan asri yang ada di desa wisata tersebut. Hawa yang sejuk dan menyegarkan siap menyambutmu ketika menginjakkan kaki di Desa Wisata Okura. Destinasi wisata ini cocok dijadikan sebagai wisata keluarga.

7. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Aksaraumri.blogspot.com

Selain destinasi wisata alam dan religi, ada juga wisata edukasi yang dihadirkan di Kota Pekanbaru. Wisata edukasi tersebut adalah Museum Sang Nila Utama. Museum ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama memiliki beberapa benda seni dan budaya. Contohnya adalah pakaian adat, alat musik tradisional, senjata adat, dan permainan yang sering dimainkan pada zaman dahulu. Hal tersebut akan membuat kamu semakin mengenal dengan budaya Indonesia dan ingin menjaga kelestariannya.

8. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim

Lokasi: ubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau. – Image Credit by Portalwisata.co.id

Objek wisata yang terkenal di Kota Pekanbaru lainnya adalah Kebun Binatang Sang Kulim. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi terutama oleh orang-orang yang sudah berkeluarga. Namun ada juga turis asing yang suka berlibur ke kebun binatang ini.

Kebun Binatang yang memiliki luas sekitar 10 ha ini memiliki beberapa jenis hewan yang dapat ditemukan disana seperti monyet, gajah, landak burung, dan masih banyak lagi. Kebun Binatang Sang Kulim juga menawarkan beberapa wahana permainan anak sehingga anak tidak akan merasa bosan di kebun binatang.

9. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Lokasi: Taman Alam Mayang, Jl. Imam Munandar, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Ksmtour.com

Ketika akhir pekan, kamu dapat mencoba untuk pergi ke destinasi wisata Taman Rekreasi Alam Mayang. Disana akan ada banyak pengunjung yang menikmati waktu liburan dengan keluarga mereka. Taman Rekreasi Alam Mayang memiliki konsep wisata di alam bebas atau terbuka sehingga sangat cocok dikunjungi dengan keluarga.

Taman wisata ini dikelilingi oleh perbukitan sehingga panorama alam yang ada di sana sangat alami, hijau, dan segar. Jika hobi memancing, kamu dapat menyalurkan bakatmu tersebut di kolam yang sudah disediakan khusus bagi orang yang mau memancing. Taman Rekreasi Alam Mayang juga memiliki beberapa wahana seperti outbound, flying fox, bola air raksasa, dan masih banyak lagi.

10. Sungai Kampar

Sungai Kampar

Lokasi: Muara Dilam, Kunto Darussalam, Kab. Rokan Hulu, Riau. – Image Credit by Detik.com

Tidak hanya pantai dan danau saja yang bisa dijadikan objek wisata air. Ternyata sungai juga bisa dijadikan sebagai Objek Wisata di Pekanbaru. Di Sungai Kampar, kamu dapat melakukan aktivitas seperti berselancar. Tentu saja ini hal yang unik karena tidak semua sungai dapat dijadikan tempat berselancar.

Namun, kamu juga harus berhati-hati karena katanya di Sungai Kampar terdapat buaya dan ular. Walaupun sebagian besar buaya ditemukan di bagian hulu sungai, namun apa salahnya jika tetap berhati-hati.

11. Balai Adat Riau

Balai Adat Riau

Lokasi: Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Flickr.com

Jika kamu ingin lebih mendalami dan belajar tentang kebudayaan Riau. Maka mengunjungi Balai Adat Riau menjadi pilihan yang tepat untuk di coba. Balai Adat Riau menawarkan suasana tradisional dan kental akan sejarah.

Balai Adat Riau sering dijadikan sebagai tempat pertunjukkan budaya sehingga dapat melestarikannya hingga tidak punah. Kamu juga dapat menemukan beberapa ciri khas yang dimiliki oleh adat Melayu Riau sehingga dapat menambah pengetahuan.

12. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas

Lokasi: Batu Sasak, Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau. – Image Credit by Pariwisata.riau.go.id

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Air Terjun Batang Kapuas. Tempat wisata ini berada di Lubuk Bigau, Riau. Air Terjun Batang Kapas memiliki jarak sekitar 135 km dari pusat kota sehingga perlu waktu tempuh sekitar 3 jam untuk bisa berada di destinasi isata tersebut.

Untuk bisa mencapai lokasi destinasi wisata Air Terjun Batang Kapas tidak mudah. Diperlukan kekuatan ekstra dan perjuangan karena area yang dilalui cukup sulit. Namun, jika sudah berhasil melewati itu semua, kamu akan merasa takjub karena keindahan destinasi wisata alam ini.

13. Bukit Warna-Warni

Bukit Warna-Warni

Lokasi: Danau Khayangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Marischkaprudence.blogspot.com

Destinasi wisata ini cukup unik karena tempatnya yang keren dan terkenal di kalangan anak muda. Bukit ini biasanya disebut dengan Bukit Pelangi. Disini, kamu akan disuguhkan pemandangan bukit yang jika tampak jauh akan terlihat berwarna-warni.

Uniknya, warna yang ada dalam bukit tersebut bisa berubah setiap hari. Bukit Warna-warni sangat cocok dijadikan spot foto yang aestetik dan gaul. Namun, kamu harus berhati-hati jika berkunjung pada musim hujan, karena kondisi tanah destinasi wisata tersebut belum terlalu stabil sehingga tanah bisa longsor.

14. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Pekanbaru, Riau. – Image Credit by Riauberbagi.blogspot.com

Perpustakaan di Pekanbaru yang satu ini berbeda dengan perpustakaan pada umumnya. Disini, tempat perpustakaan dijadikan destinasi wisata modern sekaligus memberi ilmu pengetahuan. Desain Perpustakaan Soeman H.S sangat unik, megah, dan elegan sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan tempat sambil membaca buku yang ada di sana.

Disini, banyak arsip sejarah dan beberapa jenis buku lainnya yang menarik untuk dibaca. Kamu dapat bersantai sambil menikmati bacaan yang telah dipilih. Selain itu, kamu juga bisa datang ke lantai atas untuk bisa menikmati keindahan pemandangan Kota Pekanbaru.

15. Teluk Jering

Teluk Jering

Lokasi: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau. – Image Credit by Riau.go.id

Teluk Jering merupakan sebuah nama desa yang bisa ditempuh sekitar 45 menit dari pusat kota. Desa ini sangat unik dan menarik karena mempunyai pasir putih yang mirip sekali dengan pasir pantai. Hal tersebut tentu membuat banyak orang penasaran sehingga berdatangan ke Teluk Jering.

Selain adanya pasir putih, di Teluk Jering juga terdapat hamparan rumput yang hijau dan tertata rapi. Suasanya yang ada di desa ini sangat menyenangkan, asri, dan sejuk. Kamu dapat mengunjungi destinasi wisata ini dengan keluarga ataupun teman.

16. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai

Lokasi: Lubuk Jambi, Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau. – Image Credit by Tribunnews.com

Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Kuantan Singingi. Air Terjun Guruh Gemurai sedikit berbeda dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Perbedaanya adalah air terjun ini menyuguhkan dua aliran air sehingga menghasilkan suara gemuruh yang cantik dan merdu.

Di bawah air terjun juga terdapat kolam untuk menampung air yang jatuh sehingga banyak wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini untuk  berenang atau sekedar bermain air.

17. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Lokasi: Kampung Dalam, Siak, Kab. Siak, Riau. – Image Credit by Wikipedia.org

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu peninggalan dari Kesultanan Siak yang dulunya merupakan kerajaan terbesar di daerah Riau. Lokasi Istana Siak Sri Indrapura berada di pusat kota sehingga banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat kemegahan istana.

Wisatawan juga bisa sambil belajar saat liburan ke sini. Banyak pembelajaran penting yang bisa didapatkan ketika mengunjungi Istana Sri Indrapura.

18. Pulau Cinta

Pulau Cinta Pekanbaru

Lokasi: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau. – Image Credit by Desariau.com

Pulau Cinta berbeda dengan pulau lainnya. Disini, Pulau Cinta berupa hamparan pasir putih yang sangat lembut ketika diinjak. Pasir tersebut berada di pinggir sungai sehingga tampak unik.

Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti bermain water sport, naik perahu, berenang, bahkan sekedar jalan-jalan santai.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Pekanbaru yang bisa jadi bahan referensi untuk dikunjungi. Kamu dapat menikmati masa liburanmu dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut.