Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau; Map: Cek Lokasi

Kebun Binatang Kasang Kulim adalah salah satu tempat yang cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Tempat wisata cantik ini tidak pernah sepi pengunjung, akan selalu padat ketika musim liburan tiba. Bagaimana tidak, destinasi wisata yang juga dikenal dengan Kasang Kulim Zoo ini merupakan satu-satunya yang ada di Pekanbaru.

Pengunjung yang datang sebagian besar dari instansi sekolah, tujuannya untuk mengenalkan hewan kepada murid secara langsung. Tentunya yang dimaksud adalah instansi sekolah dari tingkat PAUD, TK, dan SD. Meski demikian, banyak juga ditemui sekelompok keluarga besar atau keluarga kecil yang berkeliling melihat tingkah lucu satwa.

Edukasi seperti ini memang perlu dilakukan, jadi anak-anak tidak hanya melihat hewan dari gambar maupun foto. Mereka dapat melihat langsung binatang dari dekat, bahkan ada beberapa jenis yang diperbolehkan berinteraksi langsung dengan pengunjung. Kebun Binatang Kasang Kulim dibangun diatas lahan seluas 10 hektar, tentu ada banyak sekali koleksi satwa di dalamnya.

Daya Tarik Kebun Binatang Kasang Kulim

Daya Tarik Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Gunawan Gunawan

Alasan Kasang Kulim Zoo atau KKZ selalu padat pengunjung bukan hanya karena menjadi satu satunya di Pekanbaru. Penyebab lainnya adalah dari daya tarik yang dimiliki, bagi warga Pekanbaru memang tidak dapat membandingkannya dengan tempat lain. Berikut kami ulasan beberapa poin mengenai daya tarik Kebun Binatang Kasang Kulim!

1. Koleksi Satwa Lengkap

Tidak sulit menemukan berbagai jenis satwa di sini, karena bisa dikatakan sangat lengkap. Dari satwa liar seperti harimau, ular, dan buaya, wisatawan dapat menyaksikannya langsung di sini. Pastinya untuk setiap satwa liar diamankan di dalam kandang sehingga tidak membahayakan pengunjung.

Meski demikian, jarak kandang dengan tempat dimana pengunjung menyaksikannya tidak terlalu jauh, jadi masih cukup jelas terlihat. Untuk satwa jinaknya lebih dekat lagi jaraknya, bahkan ada beberapa hewan yang boleh dipegang selama pemandu Kebun Binatang Kasang Kulim mengizinkannya. Diantara banyaknya satwa, paling menarik perhatian adalah Siamang.

Hewan yang termasuk primata ini memiliki tingkah pola yang lucu. Kadang tingkah lakunya usil yang membuat pengunjung merasa terhibur. Sebagai contoh adalah melempar makanan jika dirinya tidak suka dengan wisatawan yang melihat. Sementara untuk koleksi satwa lainnya dari jenis unggas, seperti burung elang, merak, dan burung kasuari.

2. Suasana Asri dan Udara Sejuk

Perlu diketahui, tidak semua kebun binatang memiliki suasana asri dan menyejukkan. Sebagian besar hanya di titik tertentu yang dipenuhi dengan pohon perdu, sebagian lagi terasa panas ketika cuaca terik. Tidak demikian dengan Kebun Binatang Kasang Kulim, yang mana hampir semua bagian dipenuhi pohon dan tanaman berbunga cantik.

Adanya pohon ini menjadikan suasana semakin asri dan memiliki udara sejuk meskipun lokasinya tidak jauh dari perkotaan. Wisatawan yang berkunjung pun merasa betah dan tidak gerah. Sebagaimana di kebun binatang, aktivitas utamanya adalah berkeliling lokasi menyaksikan semua koleksi hewannya. Aktivitas ini membutuhkan energi, jadi sedikit membuat gerah.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Doni

3. Tersedia Berbagai Wahana Menarik

Daya tarik Kebun Binatang Kasang Kulim berikutnya datang dari wahana yang disediakan. Untuk kali ini hampir mirip dengan kebun binatang ditempat lain, dimana pengunjung mendapatkan fasilitas berupa wahana menarik. Misalnya tunggang kuda yang cukup seru bagi anak-anak, atau tunggang gajah jika ingin lebih ekstrem.

Wahana lain yang ditemukan di sini adalah area playground sederhana, seperti ayunan, panjat jaring, dan perosotan. ada satu yang mungkin tidak ditemukan ditempat lain, yakni adanya kolam renang di dalam lokasi kebun binatang. Dengan banyaknya wahana ini, maka objek wisata kali ini lebih tepat jika dikunjungi ramai-ramai.

4. Tata Kelola yang Rapi

Dilihat dari tata kelola nya yang cukup rapi, wajar saja jika hal ini termasuk daya tarik Kebun Binatang Kasang Kulim. Setiap satwa ditempatkan di dalam kandang masing-masing sesuai dengan kategori. Satwa liar berkumpul di kawasan yang sama, demikian pula dengan satwa yang jinak. Di sini juga tersedia satwa air yang diletakkan di dalam kolam khusus.

Pengunjung yang datang ke sini tidak merasa kebingungan untuk membedakan apakah satwa yang dilihat termasuk buas atau jinak. Terlebih setiap hewan di masukkan di dalam kandang yang dibuat semirip mungkin dengan habitatnya. Misalkan kumpulan monyet yang dilengkapi dengan pohon dan kolam air sebagai pembatas nya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Daryl

Kebun Binatang Kasang Kulim berada di lokasi yang strategis, berbatasan dengan Pekanbaru. Meskipun secara administratif masuk kedalam Kabupaten Kampar, namun jaraknya lebih dekat dari Pekanbaru, hanya sekitar 15 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 25 menit. Alamat lengkapnya di Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Apabila datang dari Pekanbaru, rute yang paling cepat yaitu menuju ke Jalan jenderal Sudirman. Lurus terus mengikuti jalur utama ini hingga menuju ke Jalan Kaharudin Nasution. Silahkan belok kanan ke arah Jalan Kubang Raya setelah menemukan pertigaan. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Pekanbaru – Sungai Pagar.

Setelah menemukan perempatan jalan, arahkan kendaraan ke kanan menuju ke Jalan H Usman. Di sepanjang jalan ini terdapat rambu petunjuk yang mengarah ke lokasi, silahkan anda ikuti. Penduduk di sini terkenal ramah, jadi tidak perlu sungkan bertanya langsung jika anda masih bingung.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang

Harga Tiket Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Gerald Rian Pratama

Mengunjungi Kebun Binatang Kasang Kulim dijamin tidak menghabiskan gaji bulanan anda. Pasalnya, harga tiket untuk satu orang pengunjung relatif murah. Untuk dewasa dikenakan 20.000 rupiah, sedangkan anak-anak hanya 10.000 rupiah. Dengan tiket masuk ini, anda bebas menyaksikan semua koleksi satwa yang dimiliki, namun tidak untuk parkir dan wahana yang disediakan.

Untuk retribusi parkir sendiri dikenakan 5.000 rupiah jika datang dengan sepeda motor. Apabila membawa mobil, tiket parkir yang berlaku yakni 10.000 rupiah. Secara keseluruhan masih cukup murah dibandingkan dengan pengalaman seru melihat berbagai binatang di dalamnya.

Tambahan biaya yang mugkin dikeluarkan yaitu ketika memanfaatkan wahana dan beberapa fasilitas. Tidak mahal juga, untuk masing-masing wahana hanya dikenakan tarif 10.000 hingga 20.000 rupiah. Beberapa wahana mungkin diatas harga tersebut, namun dipastikan masih terjangkau. Kebun binatang ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 waktu setempat.

Aktivitas yang Menarik di Kebun Binatang Kasang Kulim

Aktivitas Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Gemi Komah

Adanya wahana yang disediakan semakin melengkapi aktivitas yang dapat dilakukan di Kebun Binatang Kasang Kulim. Bagi anda yang belum pernah mengunjungi objek wisata keluarga seperti ini, kegiatan berikut mungkin dapat dijadikan inspirasi!

1. Berkeliling Mengenal Hewan Lebih Dekat

Menjadi aktivitas utama, berkeliling kebun binatang wajib dilakukan setiap wisatawan yang datang. Mengenal hewan langsung bertatap muka jauh lebih mudah diingat bagi anak-anak. Orang tua tinggal mengarahkan dengan memberitahukan langsung setiap nama hewan yang saat itu dilihat. Lokasinya yang luas dengan koleksi binatang lengkap membuat aktivitas ini semakin menyenangkan.

2. Berenang dengan Nuansa Unik

Kolam renang yang ada di Kebun Binatang Kasang Kulim memang cukup unik. Pasalnya, jarang ditemui kebun binatang yang memiliki kolam renang sebagai daya tarik utamanya. Meskipun terlihat sederhana, namun ada yang berbeda karena masih jelas terdengar suara hewan yang kebanyakan dari burung berkicau.

3. Piknik Santai Bersama Keluarga

Menggelar tikar sambil menikmati makanan juga cocok dilakukan di sini. Apalagi pengelola tidak melarang pengunjung yang datang untuk membawa makanan dari rumah. Ada beberapa tanah lapang untuk aktivitas ini. Jaraknya tidak terlalu jauh dari beberapa kandang hewan, jadi masih bisa melihat tingkahnya sambil bersantai.

Aktivitas Menarik di Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Reyff Hardy

4. Tunggang Kuda atau Gajah

Aktivitas di Kebun Binatang Kasang Kulim berikutnya adalah tunggang kuda. Cukup menarik tentunya karena pengunjung dibawa berkeliling sambil menunggangi kuda sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Jika ingin lebih menantang, pilihan terbaik adalah tunggang gajah. Sayangnya, aktivitas ini tidak dapat dilakukan setiap saat, ada jam tertentu supaya hewan tunggangan bisa istirahat.

5. Naik Bebek Kayuh

Selain kolam renang, di sini juga ada kolam yang dibuat khusus untuk wahana air. Salah satu wahana yang dimaksud adalah bebek kayuh. Wahana ini memanfaatkan kendaraan air yang telah dimodifikasi dan dibentuk mirip bebek. Sambil mengayuh perlahan, suasana asri dan udara sejuk di Kebun Binatang Kasang Kulim pun sangat terasa.

6. Berburu Spot Foto

Zaman teknologi digital saat ini menuntut sebagian orang untuk membuat konten yang menarik di media sosial. Banyaknya koleksi binatang sepertinya cocok dijadikan objek foto yang menarik. Jika beruntung, ada beberapa satwa liar yang boleh diajak foto bersama, tentu jika ada dan diizinkan petugas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Binatang Kasang Kulim
Image Credit: Google Maps Edi Sutoto

Dalam hal fasilitas, pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim lebih mengerti akan kebutuhan wisatawan. Area parkir nya cukup luas, ada toilet juga dengan jumlah yang lumayan banyak. Di beberapa lokasi strategis dilengkapi dengan bangku dan juga gazebo. Meskipun diperbolehkan membawa makanan sendiri, namun tetap disediakan warung makan.

Demikian sedikit informasi mengenai objek wisata keluarga di Kampar yang menyediakan berbagai koleksi binatang. Apabila anda menyimak semua ulasan diatas, tentu akan memiliki pendapat yang sama, bahwa Kebun Binatang Kasang Kulim layak dikunjungi dan menjadi destinasi wisata utama untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.