Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau; Map: Cek Lokasi

Kelebihan dari wisata alam adalah mampu membuat pikiran lebih jernih karena keindahannya. Di Riau, terdapat satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi, namanya Puncak Kompe di Kampar. Objek wisata ini bahkan disebut sebagai Raja Ampat nya Riau karena keindahannya yang hampir mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua Barat.

Karena panorama alam inilah yang menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke lokasi. Apalagi jika jalan menuju ke lokasi tidaklah sulit karena aksesnya mudah dengan jalan yang cukup baik. Sebagian besar pengunjung yang datang memiliki tujuan utama untuk menikmati pesona alamnya. Sebagian lagi mempunyai tujuan untuk menghiasi media sosial dengan memanfaatkan spot foto yang ada di objek wisata cantik ini.

Sesuai dengan namanya, objek wisata alam kali ini berada di puncak perbukitan. Jalan yang harus dilalui tergolong mudah, berbeda dengan bukit lain pada umumnya. Dari atas bukit, pengunjung bisa menyaksikan danau luas yang di tengahnya terdapat banyak pulau. Bentuk dari pulau kecil yang tidak beraturan tersebut justru menambah nilai eksotis tersendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Kompe

Daya Tarik Puncak Kompe
Image Credit: Google Maps Marc R. Thalmann

Apa yang membuat Puncak Kompe selalu diminati banyak wisatawan? Jawabannya tentu dari daya tarik yang diberikan. Dalam hal wisata alam, daya tarik yang dimaksud kebanyakan masih berhubungan dengan keindahannya. Supaya lebih meyakinkan, silahkan simak beberapa daya tarik berikut ini!

1. Panorama Alami Puncak Kompe

Jelas sudah bahwa daya tarik pertama adalah dari panorama alam yang ada di lokasi. Dari atas puncak, anda bisa melihat indahnya gugusan pulau yang ada di Danau PLTA Koto Panjang. Seperti yang diketahui, danau tersebut memang sengaja dibuat untuk menghasilkan listrik yang dikelola oleh PLTA setempat.

Adanya pulau yang dimaksud terbentuk secara alami karena sebelumnya lokasi tersebut berupa daratan luas. Keindahannya semakin luar biasa dengan birunya air yang menghiasi. Apalagi jika warna biru dari air danau seolah menyatu dengan hijaunya pohon yang menghiasi pulau. Jika cuaca cerah, langit biru yang memantul di permukaan air danau turut menambah pesonanya.

Danau yang menjadi pemandangan utama dari puncak ini dikelilingi oleh perbukitan. Kontur bukit yang tidak merata semakin membuat objek wisata ini terlihat begitu elok. Jika dilihat dari kejauhan, tampak danau tersebut seperti sebuah peta yang sangat indah.

2. Suasana Asri Khas Perbukitan

Selain datang karena alasan keindahannya, cukup banyak pengunjung yang datang dengan tujuan untuk menikmati suasana asri di lokasi. Bagaimana tidak, setiap sudut Puncak Kompe Kampar ditumbuhi pepohonan rindang nan hijau. Sejauh mata memandang, pasti ditemukan warna hijau dari daun pohon tersebut.

Suasana semakin asri karena lokasinya jauh dari perkotaan sehingga jauh pula dari lalu lalang kendaran bermotor. Selain itu, masih belum ada pabrik di dekat lokasi, dimana merupakan sumber utama polusi udara. Dengan demikian, bukan hanya asri yang didapat, melainkan juga kesejukan dan kemurnian udaranya.

3. Sebagai Tempat Menyaksikan Sunset

Seperti yang dikatakan sebelumnya, lokasi Puncak Kompe berada di atas perbukitan. Tentu saja lokasinya lebih tinggi dari dataran rendah sehingga apapun bisa dilihat ketika berada di puncak bukit. Anda juga bisa menyaksikan panorama alam dari matahari tenggelam yang dijamin indah.

Cantiknya cahaya yang perlahan meredup dapat anda saksikan dengan jelas. Hal ini dikarenakan tidak adanya penghalang ketika melihatnya. Kalaupun ada, penghalang hanya berupa bukit yang mengelilingi danau dan sekitarnya sehingga pesona sunset bisa dinikmati lebih lama. Terlebih, ada beberapa garu pandang yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan ketinggian lebih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Kompe
Image Credit: Instagram May Ramadhani

Jarak Puncak Kompe dari Pekanbaru sekitar 90 kilometer dengan waktu tempuh rata-rata 2,5 jam. Alamat lengkapnya berada di Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, akses jalan sudah cukup baik dengan kebanyakan berupa aspal.

Rute yang bisa diambil yakni dengan menggunakan Pekanbaru City Park sebagai patokan utama. Dari titik tersebut, arahkan kendaraan menuju ke Jl. Sumatera, ambil arah kanan ketika menemukan pertigaan. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jl. Gajah Mada hingga tiba di Jl. Jendral Sudirman. Terus lurus hingga menemukan pertigaan yang ada di Jl. Nangka, kemudian ambil arah kiri.

Terus lurus hingga menemukan Bundaran Tugu Songket Melayu yang berada di Jl. Lintas Sumatera. Tidak jauh dari titik tersebut, anda akan menemukan Jl. SM Amin dan Jl. Raya Pekanbaru – Bangkinang. Ikuti terus jalan raya hingga anda menemukan Agrowisata Lembah Aman. Lokasi tujuan tidak jauh lagi, tepatnya berada di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Puncak Kompe
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

Harga tiket masuk Puncak Kompe lumayan mahal jika dibandingkan dengan objek wisata alam lainnya. Wajar saja karena banyak hal menarik yang bisa anda temui di sana. Baik anak maupun dewasa, biaya retribusi yang harus dikeluarkan adalah sebesar 15.000 rupiah. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa menikmati semua fasilitas spot foto yang disediakan.

Selain harga tiket masuk perorangan, ada lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan parkir kendaraan bermotor. Untuk motor atau roda dua dikenakan tarif parkir sebesar 5.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil biayanya dua kali lipat, yakni sebesar 10.000 rupiah. Selain kedua biaya tersebut, tidak ada lagi biaya lain kecuali untuk wisata kuliner.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Puncak Kompe

Aktivitas Puncak Kompe
Image Credit: Instagram Anak Nongkrong Pekanbaru

Puncak Kompe mejadi semakin hits karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Sebagian besar masih berhubungan dengan panorama alam. Namun bukan berarti tidak ada kegiatan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut kami ulas sedikit aktivitas seru yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi lokasi!

1. Menikmati Keindahan Alam Puncak Kompe

Setiap pengunjung yang datang ke lokasi kebanyakan ingin menyaksikan panorama alam yang diberikan, bahkan mungkin semua wisatawan. Bagaimana tidak, gugusan pulau sangat menarik perhatian dengan ukuran yang bervariasi. Setidaknya, puluhan pulau besar dan kecil menghiasi objek wisata alam cantik ini.

Pengunjung yang berada di puncak juga dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang ada di sekitar danau. Pohon yang ada di puncak bukit juga turut menghiasi keindahannya sehingga semakin sempurna. Tidak lupa adanya bebatuan yang tersebar di beberapa titik. Meskipun tidak banyak, keberadaannya mampu menambah nilai eksotis bagi pengunjung.

2. Berburu Spot Foto Cantik

Aktivitas yang tidak kalah menarik adalah dengan berburu spot foto di Puncak Kompe Kampar. Sambil menikmati pesona alam, aktivitas ini juga wajib dilakukan. Apalagi jika pengelola menyediakan berbagai spot foto dengan view panorama alam. Beberapa spot andalan yaitu perahu, balon udara dan payung gantung.

Selain itu, adanya gardu pandang dan ayunan juga melengkapi spot foto yang ada. Pengunjung bisa bersantai dengan ayunan atau duduk di gardu pandang sambil berpose untuk mendapatkan hasil jepretan indah. Dikarenakan padatnya pengunjung, anda harus rela antre untuk menikmati fasilitas ini.

Aktivitas Menarik Puncak Kompe
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

3. Menjadi Saksi Keindahan Sunset

Pada poin daya tarik diatas, telah dijelaskan bahwa Puncak Kompe merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari tenggelam. Pengunjung yang datang ke lokasi juga melakukan aktivitas ini dengan menjadi saksi panorama alam yang terjadi setiap hari. Keindahannya tidak kalah dengan gugusan pulau yang ada di danau.

Perlahan tetapi pasti, sinar kuning terang perlahan menjadi orange seakan pamit undur diri. Lokasi objek wisata yang tinggi sangat memungkinkan untuk melihatnya lebih jelas. Hanya saja anda tidak bisa menemukan titik fatamorgana karena terhalang oleh bukit yang ada di sekitarnya. Meski demikian, keindahannya layak untuk diimpikan dan dirindukan setiap saat.

4. Wisata Kuliner

Aktivitas berikutnya yang umum dilakukan ketika mengunjungi Puncak Kompe yakni wisata kuliner. Terdapat berbagai warung yang ada di sekitar lokasi yang menjual berbagai makanan sederhana dan istimewa. Sebagian besar menyediakan menu makanan khas Kampar, sebagian lagi dengan menu makanan modern.

Selain makanan, di setiap warung juga menyediakan menu minuman bagi yang ingin melepas dahaga. Tidak menutup kemungkinan juga bagi mereka yang merasa kedinginan untuk memesan kopi atau teh hangat. Maklum saja karena lokasi wisata ini berada di atas perbukitan dengan cuaca yang terkadang dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Kompe
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

Dalam hal fasilitas, Puncak Kompe telah menyediakan beberapa yang penting untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Sebagai contoh adalah Mushola kecil yang dibangun di samping tebing. Pengunjung yang ingin memanfaatkannya harus sedikit melalui jembatan mini yang tentunya aman.

Ada lagi fasilitas lain yang anda temukan di sana, yaitu toilet untuk keperluan bersih diri. Lokasinya tidak jauh dari Mushola karena biasanya juga digunakan untuk tempat wudhu. Fasilitas lain yaitu warung makan yang telah dijelaskan sebelumnya, kemudian ada lahan parkir luas yang dapat menampung ratusan kendaraan bermotor.

Keindahan dan keelokan Puncak cantik ini memang tidak ada duanya. Apabila kebetulan anda berada di dekat lokasi, jangan pernah lewatkan untuk mampir jika anda penasaran. Namun sebelumnya, pastikan menyiapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen terindah ketika liburan.