10 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Kampar

Kampar adalah kabupaten di provinsi Riau yang di dalamnya tersimpan banyak kekayaan wisata. Kabupaten tersebut juga sangat populer  di kalangan wisatawan jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Tak dapat dipungkiri jika keindahan kabupaten Kampar mampu membius wisatawan. Maka tidak mengherankan jika sebagian besar wisatawan tak hanya berasal dari daerah Kampar.

Mulai dari pantai, puncak, hingga candi, semuanya bisa Anda nikmati dengan mudah. Keindahan yang ditawarkan berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya karena Kampar memiliki suasana alam yang sangat khas. Pemandangan pulaunya yang eksotis pasti akan membuat Anda terkagum. Beberapa wisata yang ada di kabupaten ini memang cukup didominasi oleh pulau dan juga teluk.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang bingung memilih tempat untuk mengisi waktu liburan, pilih saja beberapa destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Kampar. Berikut ini akan ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Kampar yang wajib Anda kunjungi. Namun, jangan lupa untuk mengajak orang-orang tersayang agar liburan Anda semakin mengesankan.

1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Lokasi: Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar. – Image Credit by Batiqa.com

Bagi yang paham sejarah pastinya tidak asing dengan nama candi ini. Menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi, Muara Takus merupakan bangunan tembok kokoh. Di samping-sampingnya juga terdapat beberapa candi seperti Palangkan, Bungsu, Mahligai Stupa, dan beberapa candi-candi lainnya.

Jika Anda memang mencari tempat wisata bersejarah maka sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat satu ini. Pemandangan alam di sekitar candi yang sangat asri juga akan semakin menambah pesona yang ditawarkan oleh Candi Muara Takus. Meskipun bangunan candi sudah cukup tua, Anda masih bisa melihat ukiran pada dindingnya dengan cukup jelas.

2. Teluk Jering

Teluk Jering

Lokasi: Pantai Cinta Teluk Jering, Teluk Kenidai, Tambang, Kec. Tambang, Kab. Kampar. – Image Credit by Riau.go.id

Pemandangan alam berupa tepi sungai yang didominasi oleh pasir halus ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata favorit Anda. Teluk Jering memang tidak terlalu luas tetapi Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona. Ditambah lagi airnya yang cukup jernih bisa Anda manfaatkan untuk mandi atau sekadar bermain air biasa.

BACA:  12 Wisata Pantai di Batam Paling Recommended

Jika Anda ingin berkeliling terdapat beberapa perahu yang khusus disewakan untuk para pengunjung. Nantinya, jika Anda berkeliling menggunakan perahu bisa menikmati pemandangan tumbuhan hijau segar yang berada di pinggiran pantai. Suasana segar dengan sepoi angin juga semakin mendukung. Anda bisa merencanakan piknik kecil apabila mengunjungi tempat ini.

3. Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang Bangkinang

Lokasi: Jl. Lintas Bangkinang Petapahan, Pasir Sialang, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bagi Anda yang suka menguji adrenalin, maka sangat disarankan untuk mengunjungi Bukit Naang Bangkinang. Selain menawarkan pemandangan alam yang mempesona, ada beberapa atraksi seru yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Hal ini cukup menarik karena sebelumnya tidak ada destinasi bukit yang juga menawarkan beberapa atraksi seru.

Atraksi seru tersebut diantaranya adalah Air Softgen, Flying Fox, Jembatan Gantung, Arena TV, dan masih banyak lagi. Terdapat informasi batasan usia yang boleh mencoba atraksi-atraksi tersebut sehingga tidak semua usia bisa merasakannya. Namun, untuk anak kecil sudah disediakan wahana waterboom yang aman dan menyenangkan.

4. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo

Lokasi: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar. – Image Credit by Merahputih.com

Berbeda dengan sungai-sungai lainnya, Sungai Gulamo memiliki pemandangan alam yang sangat mengikat. Warna airnya yang didominasi oleh kesan hijau menjadikan tempat ini banyak disandingkan dengan destinasi wisata Green Canyon. Tentunya warna hijau tersebut bukan didapatkan karena banyaknya lumut atau kotoran, melainkan karena pepohonan di sekitarnya.

Deretan batu yang mengelilingi sungai ini semakin menambah keindahan Gulamo dan menjadikannya sebagai sungai yang unik. Nantinya, pihak pengelola wisata akan menyediakan persewaan perahu yang bisa Anda gunakan untuk menyusuri keindahan sungai satu ini. perahu tersebut bisa menampung beberapa orang sehingga Anda tidak perlu menaikinya sendirian.

BACA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

5. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas

Lokasi: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar. – Image Credit by Riau.go.id

Air terjun tertinggi di Sumatera Tengah ini terlihat sangat cantik dan megah. Memiliki ketinggian 150m membuat debit airnya tidak terlalu tinggi. Bahkan banyak pengunjung yang bermain air ataupun mandi di bawah gemuruh air terjun satu ini. Mereka semua tidak merasa takut karena memang debit airnya tidak terlalu besar. Yang terpenting tidak boleh berada di bagian tengah.

Selain itu, para wisatawan juga banyak yang mengadakan camping di sekitar wilayah air terjun ini. Mereka melakukannya demi menyaksikan pemandangan matahari terbit ketika dini hari. Pada saat momen tersebut,  banyak pengunjung yang akan mengabadikan momen menggunakan kamera pribadi mereka dan menambah koleksi foto instagramable.

6. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina

Lokasi: Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar. – Image Credit by Riaumagz.com

Desa Buluh Cina merupakan salah satu daerah di Kampar yang memiliki pesona alam tak ada duanya. Anda bisa menyaksikan beberapa jenis flora dan fauna menawan yang bisa menjadi objek edukasi maupun fotografi. Ada juga area camping jika Anda memang ingin berlama-lama menikmati keindahan desa ini. Selain itu, pihak wisata juga menyediakan persewaan tenda.

Tak hanya itu, desa ini bahkan memiliki 7 danau dengan pesona yang berbeda-beda. ada juga area pemancingan dan persewaan perahu untuk para wisatawan yang ingin menyusuri keindahan danau-danau tersebut. Bahkan, pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan spot-spot foto menarik yang bisa menambah koleksi foto instagramable Anda.

7. Ulu Kasok

Ulu Kasok

Lokasi: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Tempat wisata Ulu Kasok memang terbilang baru di daerah Kampar, tetapi sudah banyak menarik perhatian para pengunjung. Di dalam tempat wisata ini terdapat 3 hal yang menarik, yakni pulau, air terjun, dan juga puncak. Keunikan pulau yang ada di Ulu Kasok semakin di dukung oleh  adanya jembatan terbuat dari kayu yang mengitarinya dengan sempurna.

BACA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Banyak wisatawan yang menganggap tempat ini sebagai Raja Ampat versi Kampar. Hal tersebut karena pemandangan yang ditawarkan memang sangat indah dan menyerupai Raja Ampat. Anda bisa mengitari pulau yang ada di dalamnya dengan menyewa speedboat lewat petugas pengelola wisata. Jangan lupa juga untuk mengambil foto di sekitar air terjun yang mempesona.

8. Puncak Mahligai Indah

Puncak Mahligai Indah

Lokasi: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar. – Image Credit by Nyero.id

Kampar memang memiliki beberapa wisata puncak yang sangat menarik untuk dikunjungi. sebelum naik ke puncak, Anda bisa menikmati deretan pepohonan hijau yang sangat asri dan menyejukkan. Bahkan, di bagian bawah tersebut juga disediakan spot foto yang sangat sayang jika tidak dicoba. Anda bisa mencoba semua spot foto secara gratis sepuasnya.

Dari puncak tersebut Anda bisa mengintip keindahan gugusan pulau yang masih tersisa di kabupaten Kampar. Ada juga penampakan bendungan PLTA yang bisa menjadi pemandangan menarik untuk Anda lihat. Udara yang sejuk beserta semilir angin akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Apalagi ketika Anda sedang merasa lelah setelah seminggu bekerja.

9. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan

Lokasi: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar. – Image Credit by Mediacenter.riau.go.id

Selain Puncak Mahligai Indah, Kampar juga memiliki puncak Pukatan yang menawarkan keindahan berbeda. Jika pada puncak sebelumnya Anda bisa menikmati keindahan alam lewat tempat yang cukup sempit, kali ini dengan puncak Pukatan Anda bisa menikmati keindahan alam dengan beristirahat di gardu luas berbagan kayu yang sangat nyaman.

Rute perjalanan yang akan Anda tempuh untuk dapat mencapai puncak memang cukup melelahkan. Medannya relatif curam dan terjal sehingga Anda perlu ekstra hati-hati jika ingin menuju puncaknya. Namun, jika Anda sudah sampai pada puncaknya, semua rasa lelah akan terbayar dengan sempurna.

 10. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jembatan Water Front City Bangkinang

Lokasi: Pulau Lawas, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar. – Image Credit by Bekawan.com

Keindahan jembatan satu ini benar-benar akan membius Anda untuk berlama-lama berada di sekitarnya. Jembatan yang posisinya menjorok hingga 100 meter ini menawarkan keindahan suasana senja yang sangat romantis. Anda bisa duduk di sekitar jembatan sambil menunggu matahari terbenam bersama orang tercinta.

Menjelang malam, jembatan ini akan dipenuhi dengan deretan lampu kerlap-kerlip yang sangat mempesona. Anda pasti akan merasa takjub apabila berada di bawah jembatan langsung. Pada bagian bawah jembatan terdapat sungai bersih yang terawat sehingga tidak akan menguarkan bau tak sedap. Bagi Anda yang hobi fotografi, akan mendapatkan banyak koleksi foto baru.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kampar yang sangat rekomended untuk Anda kunjungi. Setiap tempat wisata tersebut memiliki keistimewaannya masing-masing. Rute perjalanan yang akan Anda nikmati juga menjadi salah satu pengalaman menarik yang tidak akan pernah terlupakan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih tempat wisata yang paling cocok dan diinginkan.