22 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Kampar

Kampar adalah kabupaten di provinsi Riau yang di dalamnya tersimpan banyak kekayaan wisata. Kabupaten tersebut juga sangat populer  di kalangan wisatawan jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Tak dapat dipungkiri jika keindahan kabupaten Kampar mampu membius wisatawan. Maka tidak mengherankan jika sebagian besar wisatawan tak hanya berasal dari daerah Kampar.

Mulai dari pantai, puncak, hingga candi, semuanya bisa Anda nikmati dengan mudah. Keindahan yang ditawarkan berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya karena Kampar memiliki suasana alam yang sangat khas. Pemandangan pulaunya yang eksotis pasti akan membuat Anda terkagum. Beberapa wisata yang ada di kabupaten ini memang cukup didominasi oleh pulau dan juga teluk.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang bingung memilih tempat untuk mengisi waktu liburan, pilih saja beberapa destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Kampar. Berikut ini akan ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Kampar yang wajib Anda kunjungi. Namun, jangan lupa untuk mengajak orang-orang tersayang agar liburan Anda semakin mengesankan.

1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Image Credit: Batiqa.com

Bagi yang paham sejarah pastinya tidak asing dengan nama candi ini. Menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi, Muara Takus merupakan bangunan tembok kokoh. Di samping-sampingnya juga terdapat beberapa candi seperti Palangkan, Bungsu, Mahligai Stupa, dan beberapa candi-candi lainnya.

Jika Anda memang mencari tempat wisata bersejarah maka sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat satu ini. Pemandangan alam di sekitar candi yang sangat asri juga akan semakin menambah pesona yang ditawarkan oleh Candi Muara Takus. Meskipun bangunan candi sudah cukup tua, Anda masih bisa melihat ukiran pada dindingnya dengan cukup jelas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar, Riau.

2. Puncak Kompe

Puncak Kompe

Image Credit: Google Maps (Zhui Messi)

Sedang mencari wisata alam kekinian dan cocok untuk weekend? Puncak Kompe jawabannya. Panorama seindah Raja Ampat membuatnya populer sampai tingkat internasional. Pulau-pulau kecil inilah menyerupai dengan kepulauan di Raja Ampat. Maka tidak heran jika menjadi sangat populer.

Tahun 2017 resmi dibuka dan dipromosikan melalui media sosial. Wisatawan khususnya anak muda berlibur untuk berburu foto. Spot foto seperti payung warna-warni, ayunan, gardu panjang, balon udara, dan masih banyak lagi. Para wisatawan mengunggahnya di sosial media dan hal tersebut membantu promosi wisata ini. Tertarik untuk merasakan Raja Ampat ala Pulau Kompe?

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

3. Teluk Jering

Teluk Jering

Image Credit: Riau.go.id

Pemandangan alam berupa tepi sungai yang didominasi oleh pasir halus ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata favorit Anda. Teluk Jering memang tidak terlalu luas tetapi Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona. Ditambah lagi airnya yang cukup jernih bisa Anda manfaatkan untuk mandi atau sekadar bermain air biasa.

Jika Anda ingin berkeliling terdapat beberapa perahu yang khusus disewakan untuk para pengunjung. Nantinya, jika Anda berkeliling menggunakan perahu bisa menikmati pemandangan tumbuhan hijau segar yang berada di pinggiran pantai. Suasana segar dengan sepoi angin juga semakin mendukung. Anda bisa merencanakan piknik kecil apabila mengunjungi tempat ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Cinta Teluk Jering, Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

4. Lubang Kolam Kampar

Lubang Kolam Kampar

Image Credit: Facebook.com @bagindoian.piliang

Menyukai wisata penuh misteri berkunjunglah ke Lubang Kolam Kampar. Berdasarkan sejarah dibangun tahun 1929 Masehi. Bangunan yang dulunya penghubung utama Riau dan Sumatera Barat kini sudah tidak dipakai lagi. Jalan menuju bangunan ini menyimpan misteri yang membuat para wisatawan menjadi penasaran.

Gundukan tanah dan rerumputan menutupi sebagian badan jalan. Sisi jalan makin curam karena tidak memiliki batas pengaman. Karena hal tersebut para wisatawan melewatinya dibuat merinding. Tidak adanya penerangan, dinding lembab, suara kelelawar dan permukaan jalan yang basah saat musim hujan menambah kesan horor. Bagaimana ingin merasakan sensasi horror di tempat ini?

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang-Payakumbuh, Merangin, Kec. Kuok, Kab. Kampar, Riau.

5. Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang Bangkinang

Image Credit: Travelingyuk.com

Bagi Anda yang suka menguji adrenalin, maka sangat disarankan untuk mengunjungi Bukit Naang Bangkinang. Selain menawarkan pemandangan alam yang mempesona, ada beberapa atraksi seru yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Hal ini cukup menarik karena sebelumnya tidak ada destinasi bukit yang juga menawarkan beberapa atraksi seru.

BACA:  12 Tempat Makan Enak di Batam Favorit Wisatawan

Atraksi seru tersebut diantaranya adalah Air Softgen, Flying Fox, Jembatan Gantung, Arena TV, dan masih banyak lagi. Terdapat informasi batasan usia yang boleh mencoba atraksi-atraksi tersebut sehingga tidak semua usia bisa merasakannya. Namun, untuk anak kecil sudah disediakan wahana waterboom yang aman dan menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Bangkinang Petapahan, Pasir Sialang, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

6. Rimbang Baling

Rimbang Baling

Image Credit: Google Maps (Zuki Rama)

Suaka margasatwa berlokasi di kabupaten Kampar. Suaka margasatwa ini terdiri dari 2 bukit bernama Rimbang dan Baling. Suaka margasatwa ini merupakan tempat tinggal flora dan fauna khas Sumatera. Flora dan fauna seperti harimau sumatera, bunga rafflesia, dan lainnya.

Menuju lokasi dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari kota Pekanbaru menggunakan kendaraan. Tahun 2019 suaka ini meraih penghargaan sebagai destinasi wisata favorit. Daya tarik wisata ini berupa air terjun batu dinding, pemancingan, perkemahan, dan lain-lain. Tersedia juga homestay untuk wisatawan yang menginap.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Lama, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

7. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo

Image Credit: Merahputih.com

Berbeda dengan sungai-sungai lainnya, Sungai Gulamo memiliki pemandangan alam yang sangat mengikat. Warna airnya yang didominasi oleh kesan hijau menjadikan tempat ini banyak disandingkan dengan destinasi wisata Green Canyon. Tentunya warna hijau tersebut bukan didapatkan karena banyaknya lumut atau kotoran, melainkan karena pepohonan di sekitarnya.

Deretan batu yang mengelilingi sungai ini semakin menambah keindahan Gulamo dan menjadikannya sebagai sungai yang unik. Nantinya, pihak pengelola wisata akan menyediakan persewaan perahu yang bisa Anda gunakan untuk menyusuri keindahan sungai satu ini. perahu tersebut bisa menampung beberapa orang sehingga Anda tidak perlu menaikinya sendirian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang-Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

8. Sungai Hijau

Sungai Hijau

Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Berlokasi di desa Salo sungai ini menjadi destinasi favorit. Pemberian nama hijau bukan karena airnya yang berwarna hijau tetapi pohon dan aliran sungai bening dan kehijauan di tempat ini. Pemandangan diperoleh dari penampakan ganggang dan lumut dalam air. Memiliki kedalaman 30-150 cm.

Di butuhkan waktu sekitar 70 menit dari arah Pekanbaru. Memiliki dua jalur akses yang memudahkan para wisatawan. Menawarkan penyewaan pelampung dan tikar dengan harga terjangkau. Selain sungai terdapat jembatan gantung yang diminati pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkinang, Salo, Kec. Kampar, Kab. Kampar, Riau.

9. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas

Image Credit: Riau.go.id

Air terjun tertinggi di Sumatera Tengah ini terlihat sangat cantik dan megah. Memiliki ketinggian 150m membuat debit airnya tidak terlalu tinggi. Bahkan banyak pengunjung yang bermain air ataupun mandi di bawah gemuruh air terjun satu ini. Mereka semua tidak merasa takut karena memang debit airnya tidak terlalu besar. Yang terpenting tidak boleh berada di bagian tengah.

Selain itu, para wisatawan juga banyak yang mengadakan camping di sekitar wilayah air terjun ini. Mereka melakukannya demi menyaksikan pemandangan matahari terbit ketika dini hari. Pada saat momen tersebut,  banyak pengunjung yang akan mengabadikan momen menggunakan kamera pribadi mereka dan menambah koleksi foto instagramable.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

10. Pulau Cinta

Pulau Cinta

Image Credit: Facebook.com (Muhammad Ali)

Lokasi di tepi sungai Kampar ramai dikunjungi wisatawan di musim liburan. Waktu perjalanan 25 menit dan jarak 12 km dari bandara internasional Sultan Syarif Kasim II. Memasuki lokasi disambut oleh tulisan arab yang memberi kesan religi. Tulisan tersebut berisi asmaul husna.

Area parker seluas 15 hektar memberi kenyamanan pada wisatawan. Pemandangan pantai pasir putih menambah keindahan wisata ini. Wisatawan dapat bermain dan berenang. Terdapat pula wahana air yang memuaskan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

11. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina

Image Credit: Riaumagz.com

Desa Buluh Cina merupakan salah satu daerah di Kampar yang memiliki pesona alam tak ada duanya. Anda bisa menyaksikan beberapa jenis flora dan fauna menawan yang bisa menjadi objek edukasi maupun fotografi. Ada juga area camping jika Anda memang ingin berlama-lama menikmati keindahan desa ini. Selain itu, pihak wisata juga menyediakan persewaan tenda.

BACA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tak hanya itu, desa ini bahkan memiliki 7 danau dengan pesona yang berbeda-beda. ada juga area pemancingan dan persewaan perahu untuk para wisatawan yang ingin menyusuri keindahan danau-danau tersebut. Bahkan, pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan spot-spot foto menarik yang bisa menambah koleksi foto instagramable Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

12. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan

Image Credit: Facebook.com @soal-riau

Keasrian dan keindahan mampu memikat wisatawan yang berlibur disini. Berlokasi di desa Tanjung dengan jarak 123 km dari arah Pekanbaru. Menggunakan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Mudahnya akses menuju lokasi karena jalan sudah beraspal.

Ketinggian air terjun mencapai 50 meter dan curah air semakin tinggi saat musim hujan. Kedalaman sekitar 1 meter aman untuk berenang dan mandi. Hal tersebut membuat aktivitas berenang dan mandi menjadi menyenangkan. Wisatawan dapat pula berswafoto dan berkemah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

13. Ulu Kasok

Ulu Kasok

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Tempat wisata Ulu Kasok memang terbilang baru di daerah Kampar, tetapi sudah banyak menarik perhatian para pengunjung. Di dalam tempat wisata ini terdapat 3 hal yang menarik, yakni pulau, air terjun, dan juga puncak. Keunikan pulau yang ada di Ulu Kasok semakin di dukung oleh  adanya jembatan terbuat dari kayu yang mengitarinya dengan sempurna.

Banyak wisatawan yang menganggap tempat ini sebagai Raja Ampat versi Kampar. Hal tersebut karena pemandangan yang ditawarkan memang sangat indah dan menyerupai Raja Ampat. Anda bisa mengitari pulau yang ada di dalamnya dengan menyewa speedboat lewat petugas pengelola wisata. Jangan lupa juga untuk mengambil foto di sekitar air terjun yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

14. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok

Image Credit: Twitter.com @tb_emyu

Tahun 2017 rumah adat ini masuk dalam list penilaian “Warisan Budaya tak Benda” tingkat nasional. Penilaian tersebut ditinjau dari budaya, seni dan adat istiadat. Nama lain dari rumah adat ini adalah pencalang. Rumah adat masyarakat Kampar terkenal akan bentuknya yang unik.

Atapnya berbentuk lengkungan ke arah atas. Selain itu bentuknya sedikit runcing dan lentik. Bagian kaki dinding memiliki bentuk perahu. Tangga kayu yang berjumlah ganjil melambangkan 5 rukun Islam. Bentuk lentik pada atap rumah dianggap sebagai penghormatan manusia kepada Tuhan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kuok, Kab. Kampar, Riau.

15. Puncak Mahligai Indah

Puncak Mahligai Indah

Image Credit: Nyero.id

Kampar memang memiliki beberapa wisata puncak yang sangat menarik untuk dikunjungi. sebelum naik ke puncak, Anda bisa menikmati deretan pepohonan hijau yang sangat asri dan menyejukkan. Bahkan, di bagian bawah tersebut juga disediakan spot foto yang sangat sayang jika tidak dicoba. Anda bisa mencoba semua spot foto secara gratis sepuasnya.

Dari puncak tersebut Anda bisa mengintip keindahan gugusan pulau yang masih tersisa di kabupaten Kampar. Ada juga penampakan bendungan PLTA yang bisa menjadi pemandangan menarik untuk Anda lihat. Udara yang sejuk beserta semilir angin akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Apalagi ketika Anda sedang merasa lelah setelah seminggu bekerja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

16. Hutan Pinus Kampar

Hutan Pinus Kampar

Image Credit: Google Maps (Dedek Budi)

Bermula dari inisiatif para pemuda dalam kelompok Sadar Wisata. Kelompok ini dikenal sebagai Pokdarwis. Awalnya tempat ini penuh dengan sampai dedaunan. Lalu diubah menjadi tempat wisata bersih dan terawat oleh kelompok tersebut.

Suasana wisata yang mendukung sering menjadikan tempat ini untuk berkemah. Fasilitas yang disediakan hammock, ayunan, kursi panjang, dan masih banyak lagi. Fasilitas lengkap di tempat ini mendukung dijadikan tempat berfoto. Baik itu berfoto bersama teman maupun konsep foto pre wedding.

BACA:  22 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

17. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan

Image Credit: Mediacenter.riau.go.id

Selain Puncak Mahligai Indah, Kampar juga memiliki puncak Pukatan yang menawarkan keindahan berbeda. Jika pada puncak sebelumnya Anda bisa menikmati keindahan alam lewat tempat yang cukup sempit, kali ini dengan puncak Pukatan Anda bisa menikmati keindahan alam dengan beristirahat di gardu luas berbagan kayu yang sangat nyaman.

Rute perjalanan yang akan Anda tempuh untuk dapat mencapai puncak memang cukup melelahkan. Medannya relatif curam dan terjal sehingga Anda perlu ekstra hati-hati jika ingin menuju puncaknya. Namun, jika Anda sudah sampai pada puncaknya, semua rasa lelah akan terbayar dengan sempurna.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang-Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

18. Stanum Bangkinang

Stanum Bangkinang

Image Credit: Google Maps (Nicholas Renaldo)

Tempat wisata sempat eksis di tahun 1990-an kini mulai diminati wisatawan lagi. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Bangunan yang sudah tua diperbaiki dan diperindah. Hal tersebut membuat wisatawan mengunjunginya lagi. Fasilitas juga mulai ditambah di tempat ini.

Obyek wisata yaitu bungallow, kolam renang untuk anak sampai dewasa, taman bermain skateboard, kafe dan resto. Selain menyajikan makananlezat kafe dan resto di tempat ini dapat difungsikan tempat acara. Nantinya pacuan kuda akan ditambahkan sebagai obyek wisata di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

19. Taman Agro Nadiin

Taman Agro Nadiin

Image Credit: Google Maps (Dedek Iskandar)

Nuansa alami dan penuh hiasan menarik wisatawan untuk berkunjung. Jarak sekitar 34 km dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket terjangkau membuat tempat ini ramai akan wisatawan. Tak lupa wahana bervariasi yang dimilikinya.

Wahana tersebut mulai dari rumah terbalik, rumah barbie, rumah kurcaci dan masih banyak lagi. Selain itu wisata air seperti water boom memuaskan untuk bermain air dan berenang. Wisata berkuda yang dikembangkan menjadi nilai tambah tempat ini. Area lahan yang luas membuat wisatawan merasakan sensasi berkuda yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuapan, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

20. Waduk Koto Panjang

Waduk Koto Panjang

Image Credit: Google Maps (Renita Clara)

Selain Puncak Kompe, Waduk Koto Panjang juga memiliki panorama seperti Raja Ampat. Dilihat dari ketinggian wisata ini mirip dengan Raja Ampat. Karena pulau-pulau kecil yang dimilikinya dan airnya yang berwarna toska. Bermula dari masyarakat secara swadaya mengelola dan menjadikannya sebagai tempat wisata.

Selain tempat wisata waduk ini menjadi sumber air menggerakan turbin pada PLTA. Daya yang dimiliki sekitar 3×38 megawatt. Dibangun tahun 1993 atas kerjasama Jepang dan Indonesia. Selain menjadi waduk dapat dilihat keramba ikan berjejer rapi yang merupakan sumber penghasilan warga setempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pekanbaru-Bangkinang, Tanjung Alai, Kec. Bangkiang, Kab. Kampar, Riau.

21. Taman Bunga Eceng Gondok

Taman Bunga Eceng Gondok

Image Credit: Instagram.com @pesonakampar_riau

Bermula dari postingan Instagram menjadi viral dipadati wisatawan. Hamparan bunga berwarna ungu dan hijau menjadi paduan cantik diabadikan di sosial media. Berawal dari kubangan air bekas galian penambang yang biasa berubah ketika jutaan tanaman eceng gondok tumbuh di seluruh area kolam. Warna ungu cerah menambah kecantikan dari taman ini.

Eceng gondok tanaman yang dibasmi dianggap gulma. Tapi disini diperebutkan untuk dijadikan objek foto. Kolam seluas 1 hektar kini populer di media sosial berkat anak-anak muda yang mempostingnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

22. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jembatan Water Front City Bangkinang

Image Credit: Bekawan.com

Keindahan jembatan satu ini benar-benar akan membius Anda untuk berlama-lama berada di sekitarnya. Jembatan yang posisinya menjorok hingga 100 meter ini menawarkan keindahan suasana senja yang sangat romantis. Anda bisa duduk di sekitar jembatan sambil menunggu matahari terbenam bersama orang tercinta.

Menjelang malam, jembatan ini akan dipenuhi dengan deretan lampu kerlap-kerlip yang sangat mempesona. Anda pasti akan merasa takjub apabila berada di bawah jembatan langsung. Pada bagian bawah jembatan terdapat sungai bersih yang terawat sehingga tidak akan menguarkan bau tak sedap. Bagi Anda yang hobi fotografi, akan mendapatkan banyak koleksi foto baru.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Lawas, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kampar yang sangat rekomended untuk Anda kunjungi. Setiap tempat wisata tersebut memiliki keistimewaannya masing-masing. Rute perjalanan yang akan Anda nikmati juga menjadi salah satu pengalaman menarik yang tidak akan pernah terlupakan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih tempat wisata yang paling cocok dan diinginkan.