Pulau Cinta Teluk Jering salah satu objek wisata populer di Kabupaten Kampar yang layak dikunjungi. Destinasi tepi sungai yang menawarkan pesona alam menawan dan berbagai olahraga air untuk liburan yang seru.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau; Map: Cek Lokasi

Pulau yang terletak tidak jauh dari berbagai fasilitas penting di Provinsi Riau ini mempunyai sekian banyak hal bagi siapapun yang akan berwisata ke sana. Keberadaan pulau ini menambah daftar objek wisata pilihan yang bisa menemani wisatawan ketika berkunjung ke daerah tersebut. Berbagai aktivitas bisa dilakukan karena dukungan wahana yang bisa dikatakan lengkap.

Akses menuju ke sana pun juga terbilang mudah dan sangat cepat. Letaknya tidak terlalu jauh dari bandara kebanggaan masyarakat provinsi itu. Jaraknya dari ibukota provinsi tersebut juga terbilang dekat sehingga lokasi ini memang begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak melakukan rekreasi.

Liburan di Pulau Cinta Teluk Jering dijamin akan membuat waktu yang dihabiskan menjadi semakin indah terutama bila dihabiskan bersama dengan keluarga ataupun kerabat lainnya. Singgah ke sana bersama dengan teman-teman juga dapat membuat sebuah pengalaman berharga yang tidak mudah dilupakan. Destinasi ini menjadi pilihan yang pas untuk menjernihkan pikiran dari berbagai hal negatif yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Cinta Teluk Jering

Daya Tarik Pulau Cinta Teluk Jering
Image Credit: Google Maps (Angga Anantataqwa)

1. Hamparan Pasir Putihnya yang Indah

Ini merupakan keelokan tersendiri dari pulau yang ada di bagian barat Indonesia tersebut. Di sana pengunjung bisa menemukan lokasi yang dipenuhi dengan pasir yang terhampar luas bak padang gurun mungil. Namun, di sekitarnya terdapat rerumputan yang tumbuh sehingga menambah kesan estetik tempat tersebut.

Rumput yang tumbuh di sana terlihat begitu hijau nan subur hidup di datarannya. Hal ini juga dapat menjadi titik spesial untuk mengambil foto atau melakukan kegiatan apapun. Pada area sekitarnya pun juga bisa ditemukan fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Setidaknya terdapat restoran ataupun tempat-tempat untuk berdiam diri menikmati panorama yang disajikan.

Menghabiskan waktu di sana bisa membuat momen berlibur menjadi lebih sempurna. Pulau tersebut disebut sebagai pulau cinta, bukan tanpa alasan. Objek wisata ini memang sangat cocok dipakai oleh pasangan yang sedang kasmaran menghabiskan waktu bersama. Ikatan cinta keduanya akan menjadi lebih indah tatkala mengunjungi tempat ini dengan segala keindahannya.

2. Menengok Bunga Cinta Pulau Jering

Area yang tidak kalah populer dari objek wisata tersebut adalah taman bunganya yang nampak begitu menakjubkan. Pemandangan pada kawasan tersebut hampir mirip seperti taman bunga yang ada di negara Belanda. Meskipun Bunga yang tumbuh tidak berjenis Tulip, seperti halnya bunga di negara tersebut. Akan tetapi, susunannya yang rapi dan teratur membuatnya tidak berbeda jauh.

Taman tersebut juga menjadi ikon tersendiri dari indahnya destinasi wisata Pulau Jering. Turis yang singgah bisa menjadikannya sebuah objek yang pas untuk foto yang diambil. Mengabadikan momen di sana memang akan membuat kenangan berlibur menjadi lebih mengesankan dan juga tak terlupakan.

Sesuatu yang membuatnya unik adalah warna bunganya. Taman di sana menampilkan bunga-bunga yang berwarna ungu. Hampir setiap waktu bunga tersebut bisa menemani wisatawan yang datang. Pihak pengelola menyatakan bahwa tumbuhan tersebut memang subur menghiasi area tersebut dan sangat jarang terjadinya kerusakan karena memang dirawat dengan baik dan layak.

Daya Tarik Pulau Cinta
Image Credit: Google Maps (Heru Maindikali)

3. Menyusuri Eksotiknya Sungai

Objek wisata tersebut mempunyai aliran sungai yang mengalir sepanjangnya. Aliran sungai yang mengalir malah cukup deras sehingga dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal. Pihak pengelola membuat wisata arung jeram menggunakan aliran sungai yang deras tersebut. Itulah sebabnya di tempat itu banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Pada area sekitar sungai tersebut juga terdapat bentangan alam yang begitu unik dan luar biasa. Hal tersebut yang dimaksud adalah sebuah hamparan pasir putih yang cukup luas. Dengan begitu, suasana yang diperoleh mirip seperti kondisi yang ada di pantai. Keunikan tersebutlah yang membuat pulau itu semakin menarik untuk dikunjungi.

Terdapat alternatif untuk menghabiskan waktu lainnya yang disediakan oleh pengelola dengan memanfaatkan bentangan alam yang ada. Terdapat wisata seperti halnya wisata bahari di lautan pada umumnya, yaitu banana boat hingga perahu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pulau Cinta Teluk Jering

Alamat Pulau Cinta
Image Credit: Google Maps (Adi Gilang)

Objek wisata Pulau Cinta ini terletak tidak jauh dari Ibukota Provinsi Riau, yaitu Pekanbaru. Jarak kedua titik itu terpaut kurang dari 15 kilometer. Akses ke sananya pun juga cukup dekat karena hanya terpaut kurang lebih 17 kilometer dari Bandara Sultan Syarif Kasim II yang sudah berkelas Internasional.

Untuk menuju ke sana, maka dari Pekanbaru pengunjung perlu mengikuti jalur ke arah teluk jering. Papan penunjuk arah jalan bisa ditemukan dengan mudah dan diikuti. Sesaat sebelum sampai, maka harus melewati jembatan kecil penghubung kedua pulau tersebut. Jika sudah melewatinya, maka secara teknis telah tiba di sana.

Tidak ada biaya spesifik yang harus dikeluarkan oleh siapapun yang hendak singgah ke sana. Hal itu lantaran tempat ini memang sudah semestinya terbuka untuk umum dan tidak boleh dikomersialisasikan oleh pihak manapun.

Meskipun begitu, terdapat beberapa tarif yang harus dikeluarkan oleh pengunjung jika hendak menikmati berbagai wahana yang ada di sana. Pengunjung tidak perlu khawatir karena biaya dari semua wahana tersebut terbilang standar dan tidak terlalu mahal.

Namun, yang harus dibayar oleh wisatawan adalah tarif parkir untuk membuat kendaraan yang dibawa menjadi lebih aman. Tarif untuk kendaraan roda dua hanya dipatok kurang lebih 5000 rupiah saja. Namun, untuk kendaraan roda empat, yakni mobil, harus mengeluarkan biaya sekitar 10.000 rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Cinta

Aktivitas di Pulau Cinta
Image Credit: Google Maps (Khairy Khairy)

1. Berenang di Sungai

Sejuknya sungai di sana ternyata bisa dipakai untuk melakukan aktivitas tersebut. Pengunjung tidak perlu risau ketika berenang di sungai, karena semuanya telah dikelola dengan baik oleh pihak pengelola.

Aturan yang cukup ketat harus dilalui oleh wisatawan yang hendak berenang. Jika aliran sungai nampak begitu deras, maka tentunya ini tidak diperkenankan. Namun, pada titik tertentu juga jelas tidak diperbolehkan untuk wisatawan berenang.

2. Menjajal Wisata yang Tersedia

Banyak kegiatan wisata yang pastinya sangat menyenangkan untuk dilakukan di sana. Pada penjelasan sebelumnya, pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti bermain perahu hingga banana boat. Masing-masing wahana tersebut mempunyai tarif sebesar sepuluh dan dua puluh ribu rupiah untuk satu orangnya.

Sementara itu, ada juga permainan donut boat yang dibandrol dengan tarif 20.000 rupiah setiap pengunjungnya. Bermain semua wahana tersebut tidak akan membuat turis yang berlibur menjadi bosan. Hal itu lantaran hampir semuanya dilakukan tidak di pantai, melainkan pada aliran sungainya.

Jika ingin lebih memacu adrenalin, pengunjung bisa saja menyewa ATV bahkan sepeda motor trail atau cross di sana. Untuk mendapatkan akses ATV, wisatawan harus membayar Rp 50.000 setiap 20 menitnya. Sementara itu, jika pengunjung ingin menaiki motor cross bisa dengan membayar biaya kurang lebih Rp 40.000 saja untuk setiap 20 menitnya.

3. Menikmati Panorama Bentangan Alamnya

Berkunjung di sana memang akan memberikan sebuah pemandangan yang mempesona banyak orang. Objek yang sudah sangat populer ini tidak hanya dapat dinikmati dengan melakukan beragam kegiatan aktif yang lain, namun dengan menelusuri setiap lokasi di sana dan sekadar berdiam diri menikmati alamnya juga salah satu hal menarik untuk dilakukan.

Terdapat beberapa sarana yang bisa dinikmati oleh pengunjung berkaitan dengan aktivitas ini. Ada gazebo yang tersebar di seluruh titik. Meskipun perlu mengeluarkan biaya sebesar kurang lebih 25.000 rupiah, namun pengunjung bisa menikmatinya selama yang dimau. Tidak ada batasan waktu tertentu. Pada hamparan pasir tepi sungai juga ada payung besar yang disewakan dengan tarif yang sama.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Cinta

Penginapan Pulau Cinta
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Almadinah Bangkinang

Penginapan yang satu ini berada di kawasan Kampar yang merupakan lokasi di mana orang-orang bisa menemukan objek wisata tersebut. Selain itu, harga yang dipatok untuk menginap per malamnya di sana yakni sebesar kurang dari Rp 300.000. Dengan harga sebesar itu, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas wifi dan kamar ber-AC. Ada juga restoran di sana.

2. Vila Nadin Bermartabat

Meskipun memiliki nama yang terkesan mewah, namun tempat ini disewakan cukup murah setiap kamar per malamnya. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya kurang dari Rp 500.000 saja untuk mendapatkan fasilitas seperti wifi, AC, hingga tempat parkirnya yang cukup luas.

3. Kampung Wisata Tigadara Hotel & Resort

Tempat inap berkelas menengah ke atas ini menawarkan beragam hal yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Terdapat AC, kolam renang, hingga jaringan wifi yang bisa dinikmati oleh para tamu. Bermalam di sana perlu mengeluarkan biaya lebih dari 500.000 rupiah.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Cinta Teluk Jering Kampar

Fasilitas Pulau Cinta
Image Credit: Google Maps (Dani Jahari Saragih)

Banyak sarana yang telah dibangun untuk membekali objek ini menjadi tempat yang begitu sempurna sebagai tujuan wisata. Ada lahan parkir yang memadai, berbagai wahana permainan yang bisa digunakan, hingga tempat makan untuk menjamin wisatawan dari rasa lapar.

Berekreasi di Pulau Cinta Teluk Jering tersebut bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dalam hidup. Dengan beragam hal yang ditawarkan, objek tersebut memang cocok untuk dipakai menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat dengan menaiki beberapa wahana yang ditawarkan.