Provinsi Riau terdiri dari berbagai kepulauan dengan ragam keindahannya. Bagi anda para pelancong, mungkin tidak asing dengan salah satu kota di Kabupaten Kampar, yaitu Bangkinang. Banyak spot wisata yang bisa dikunjungi di satu kota tersebut. Semua tidak boleh dilewatkan, baik berupa pesona alam atau permainan serunya. Destinasi wisata di Bangkinang cukup bervariasi, ada yang berupa bukit, danau, pegunungan, dan panorama alam lainnya.

Memang tidak akan pernah habisnya jika membahas objek wisata yang ada di Indonesia. Banyak sekali yang perlu dikunjungi dan dinikmati keindahan alamnya. Hanya dari satu kota saja, seperti Bangkinang, anda bisa menemukan puluhan spot menarik untuk mengisi waktu liburan. Satu atau dua hari dipastikan tidak bisa mengunjungi semua tempat yang ada. Apalagi pemandangan alam yang disajikan seolah tidak memperbolehkan anda untuk beranjak dari tempat. Begitu pula dengan permainan yang pasti disukai anak-anak, anda perlu berbagai alasan untuk mengajaknya pulang.

Bangkinang adalah ibukota dari Kabupaten Kampar, jadi jangan heran jika objek wisata yang ada sudah dikelola baik oleh pemerintah. Kalaupun tidak, warga setempat bekerja sama untuk mengurusnya. Berbagai fasilitas bisa anda temukan di titik lokasi, jadi jangan khawatir akan masalah fasilitas yang tidak memadai. Penasaran dengan tempat wisata populer di Bangkinang Kampar? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Green Canyon Gulamo

Green Canyon Gulamo
Image Credit: Google Maps Farhan Siak

Anda pernah melihat keindahan Grand Canyon yang ada di Colorado Amerika Serikat? Seperti itulah keindahan dari green canyon gulamo yang ada di kabupaten Kampar. Air sungai mengalir tenang diantara tebing menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi anda bisa melakukan aktivitas seru seperti body rafting menyusuri keindahan alam di sekitarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jembatan, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

2. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Mungkin anda sering mengunjungi air terjun, namun sepertinya jarang menemui seperti yang ada di Air Terjun Batang Kapas. Pertama dari ketinggian yang menjadi daya tarik utamanya, yakni sekitar 150 meter. Kedua dari debit air, tidak cukup deras sehingga banyak wisatawan yang bermain air di kolamnya.

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan di sana adalah camping di sekitar air terjun. Kebanyakan wisatawan yang menginap bertujuan untuk melihat keindahan matahari terbit. Jika anda tertarik berkunjung ke destinasi alam ini, silahkan langsung datang ke lokasi di Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

3. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan
Image Credit: Google Maps Khairul Amin

Di Desa Tanjung, anda juga bisa menemukan sebuah Air terjun indah dengan segala keunikan nya, namanya Air Terjun Panisan. Dikatakan unik karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan atau undakan. Setiap undakan memilki ketinggian masing-masing, undakan pertama dengan tinggi 30 meter, disusul dengan undakan kedua 25 meter, dan yang terakhir 7 meter.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

4. Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang Bangkinang
Image Credit: Google Maps HADI PURWANTO

Bukan hanya pesona alam yang disajikan jika anda berkunjung ke Bukit Naang. Selain menikmati keindahan suasana dan ketenangan air danau yang hampir tidak mengalir, anda juga bisa melakukan aktivitas seru yang juga menjadi daya tariknya. Kegiatan tersebut tidak lain adalah flying fox, dimana ketinggiannya mencapai 22 meter. Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti outbound atau playground bagi anak-anak.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Bangkinang Petapahan, Pasir Sialang, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

5. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan
Image Credit: Google Maps Djulian Cool

Kaum millennial wajib mengunjungi tempat wisata hits berupa Puncak Pukatan. Spot ini menyajikan keindahan alam mempesona yang dilihat dari ketinggian. Terdapat spot foto menarik berupa gardu dengan background hamparan sungai dan pepohonan. Ada juga ayunan yang tersedia jika anda ingin duduk santai menikmati suasana. Lokasinya berada di Jalan Bangkinang – Payakumbuh, Desa Batu Bersurat, butuh perjuangan untuk tiba di Puncak Pukatan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang-Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

6. Puncak Mahligai Indah

Puncak Mahligai Indah
Image Credit: Instagram Gading Santosa

Ada lagi spot yang harus anda kunjungi dari kategori perbukitan, namanya Puncak Mahligai Indah. Bukan hanya namanya yang indah, melainkan pesona alam yang ada di lokasi. Objek ini seringkali dikunjungi wisatawan dari pasangan pemuda yang mengabadikan momen liburan. Umumnya, mereka menggunakan gardu pandang yang ada di lokasi dengan background panorama hutan dan danau. Selain itu, ada juga rumah pohon yang juga cocok dijadikan spot foto menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

7. Puncak Kompe

Puncak Kompe
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

Puncak Kompe tidak kalah menarik dengan beberapa puncak atau perbukitan yang telah disebutkan. Seperti halnya puncak pada umumnya, anda bisa berfoto dengan panorama alam menakjubkan. Namun kali ini cukup berbeda, salah satu objek wisata di Bangkinang ini menyajikan pesona alam berupa kepulauan mini. Setidaknya itulah gambaran singkat karena danau sebagai background foto diatas Puncak Kompe berupa danau yang terdapat banyak daratan kecil di dalamnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

8. Ulu Kasok

Ulu Kasok
Image Credit: Google Maps Azzri Aja

Bukan hanya satu daya tarik, setidaknya saat ini ada tiga spot yang bisa anda kunjungi dalam satu lokasi di Ulu Kasok. Banyak yang mengatakan bawah tempat wisata ini mirip dengan Raja Ampat, dimana ada sebuah danau yang terdapat banyak pulau di tengahnya. Selain itu, ada juga pesona yang tidak kalah menarik dari dua tempat lainnya, yakni Puncak Ulu Kasok dai air terjunnya. Semua spot masih berada dalam satu lokasi dan jaraknya tidak terlalu jauh. Jadi anda bisa mengunjungi semuanya tanpa perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

9. Sungai Hijau

Sungai Hijau
Image Credit: Google Maps robi sumarso

Tempat wisata yang juga tidak boleh dilewatkan yakni Sungai Hijau. Pastinya banyak nama serupa yang bis anda temukan di beberapa tempat, namun keindahannya tentu berbeda. Warna hijau yang dihasilkan bukan dari airnya, namun karena pantulan dari pepohonan yang ad di sekitar. Air dari danau ini cukup jernih, bahkan sangat jernih. Oleh sebab itulah dapat memantulkan atau membiaskan warna hijau dari pohon sekitarnya. Jika anda ingin beramai-ramai dengan pengunjung lain, silahkan datang ke lokasi Desa Salo, Kecamatan Salo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkinang, Salo, Kec. Kampar, Kab. Kampar, Riau.

10. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina
Image Credit: Google Maps Heru Maindikali

Ada apa di sebuah Desa Buluh Cina? Bukan hanya sebuah desa tentunya, melainkan banyak spot wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi liburan. Ada sebuah danau yang dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas, seperti memancing dan naik perahu. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tersedia banyak penginapan dengan berbagai fasilitas.

Pastinya bukan hanya sebuah danau, anda juga bisa menikmati panorama alam hutan dengan banyaknya satwa yang hidup di sana. Desa Buluh Cina termasuk salah satu tempat wisata yang populer di Bangkinang yang wajib anda kunjungi bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

11. Pantai Cinta Teluk Jering

Pantai Cinta Teluk Jering
Image Credit: Google Maps Arcturus Archie

Ada keunikan dari namanya yang disematkan, tentunya anda mengira bahwa objek wisata ini berada di pinggir laut bukan? Memang tidak salah jika menganggap demikian, karena pantai pada umumnya merupakan perbatasan laut degan daratan. Akan tetapi berbeda dengan yang ada Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai ini, karena lokasinya berada di sebuah danau.

Meski demikian, keindahan alam yang disajikan tidak kalah menarik dengan pantai pada umumnya. Anda bisa melihat keindahan air danau yang mirip dengan laut karena memang cukup luas. Memang tidak ada ombak, namun itu justru memberikan keuntungan tersendiri, dimana anda bebas bermain air dan pasir tanpa adanya ancaman bahaya. Apalagi banyak fasilitas yang bisa anda manfaatkan, seperti payung pantai untuk berteduh dan menaiki perahu motor.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

12. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jembatan Water Front City Bangkinang
Image Credit: Instagram SEPUTAR KAMPAR

Fungsi utamanya memang sebagai penghubung, tepatnya menghubungkan antara Kota Bangkinang dengan Kampung Godang. Namun keunikan Jembatan Water Front City ini menjadikan wisatawan tertarik dengan keindahannya. Megah, itulah mungkin satu kata yang keluar ketika anda baru pertama kali melihatnya.

Apalagi jika datang di malam hari, bangunan jembatan yang juga sebagai tempat hits di Bangkinang ini sangat indah dengan berbagai warna lampu yang menghiasi. Tidak banyak aktivitas yang dilakukan kecuali untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto diatas jembatan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Lawas, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

13. Suaka Margasatwa Rimbang Baling

Suaka Margasatwa Rimbang Baling
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Apa daya tarik dari Suaka Margasatwa Rimbang Baling? Pertama tentunya satwa yang dilindungi. Banyak hewan yang bisa anda temukan di lokasi, antara lain harimau, rusa, kijang, dan masih banyak lainnya. Selain dari satwa, tentunya anda bisa menikmati pemandangan hutan lebat yang cukup indah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Lama, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

14. Kolam Eceng Gondok

Kolam Eceng Gondok
Image Credit: Instagram PesonaKampar_Riau

Mungkin anda tidak menyangka bahwa tanaman enceng gondok juga mempunyai daya tarik tersendiri. Jika hanya satu tau dua, memang tidak ada yang menarik. Akan tetapi bagaimana jika tanaman air tersebut tumbuh di satu lahan? Kolam Eceng Gondok yang ada di Jalan Raya Pekanbaru – Bangkinang, Desa Rimba Panjang ini wajib anda kunjungi jika ingin menikmati suasa tenang dan indah. Warna dari bunga enceng gondok menjadi daya tarik utamanya, yakni putih dan ungu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

15. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus
Image Credit: Google Maps Eu Jin Ang

Menilik sejarah sambil berwisata sekali-kali bisa dilakukan untuk menambah wawasan. Silahkan berkunjung ke Candi Muara Takus yang ada di Kecamatan XIII Koto Kampar. Luas bangunan ini sekitar 74 meter persegi, tidak membutuhkan banyak waktu untuk melihat beberapa Candi yang ada. Adapun Candi yang terkenal diantaranya adalah Candi Tua, Candi Palangkan, dan Candi Bungsu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar, Riau.

Apakah daftar objek wisata di Bangkinang Kampar diatas sudah cukup membuat anda ingin segera berkunjung ke lokasi? Sebenarnya masih ada beberapa lainnya yang juga menyajikan panorama alam indah. Tentu semakin membutuhkan banyak waktu jika anda mengunjungi semua spot yang ada.