Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau; Map: Cek Lokasi

Begitu banyak tempat wisata di daerah Kampar, seperti Taman Agro, Puncak, Hutan Pinus, Air Terjun dan lain sebagainya. Akan tetapi yang menarik untuk dibahas karena panorama alamnya eksotik, cantik dan penuh tantangan adalah Air Terjun Batu Tilam. Tempat ini masih sangat alami, tidak ada polusi udara dan air yang tercemar sehingga begitu terjaga kelestarian alamnya.

Sebagaimana air terjun, keindahan utamanya adalah dari air yang jatuh dari atas tebing. Setiap objek wisata seperti ini mempunyai ciri khas masing-masing. Ada beberapa yang memiliki bentuk seperti lereng yang mengalir melewati bebatuan, ada juga yang langsung jatuh ke bawah membentuk sudut 90 derajat. Kali ini, air terjun yang kita bahas adalah yang memiliki sudut 90 derajat.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut akan memiliki kenangan tersendiri dan kesan yang mendalam, karena berbagai daya tarik yang ada di sana membuat liburan tidak sia-sia. Selain itu, perjalanan menuju lokasi dan berbagai aktivitas menarik yang dilakukan, dapat memberikan kesan mendalam serta tidak mudah untuk dilupakan. Berikut beberapa hal yang ada di Air Terjun Batu Tilam sebagai referensi buat anda!

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Batu Tilam

Daya Tarik Air Terjun Batu Tilam
Image Credit: Instagram vico j_

Selalu menjadi parameter utama dari sebuah tempat wisata, yaitu memiliki berbagai hal menarik yang ada di tempat tersebut. Pasalnya, hal mendasar yang mendorong wisatawan untuk berkunjung adalah adanya berbagai hal yang membuat rasa penasaran bagi mereka. Berikut beberapa daya tarik yang ada di Air Terjun Batu Tilam untuk mengobati rasa penasaran dan menambah keyakinan wisatawan agar berkunjung ke tempat tersebut!

1. Pemandangan Alam Air Terjun Batu Tilam

Saat mata lelah sering melihat bangunan menjulang tinggi, ketika telinga selalu mendengarkan kebisingan kendaraan, dan berbagai aktivitas monoton lainnya, di saat itulah butuh refreshing. Salah satu cara untuk mencari penyegaran adalah melihat pemandangan alam yang indah, melihat dan mendengarkan gemercik air terjun yang jatuh dari ketinggian.

Air Terjun Batu Tilam merupakan tempat dengan destinasi alam yang cantik dan tidak mudah untuk dilupakan. Saat perjalanan menuju lokasi, keindahan sudah mulai tampak terlihat, pepohonan hijau yang menghiasi bukit dengan beratapkan langit biru yang syahdu. Udara sejuk dan segar, diiringi suara gemercik air terjun yang memanjakan telinga. Suasana seperti itulah salah satu cara untuk mengobati rutinitas yang monoton.

2. Mempunyai Beberapa Tingkatan

Pada umumnya, wisata alam air terjun biasanya hanya memiliki satu atau beberapa tempat saja, namun air terjun ini memiliki puluhan tingkatan yang saling berdekatan dengan berbagai ukuran. Ada yang ukurannya diatas sepuluh meter hingga berukuran diatas seratus meter. Dari berbagai ukuran tersebut, sumber airnya dari satu tempat, yaitu pegunungan, maka air yang ada di sana masih alami, bersih dan jernih serta menyegarkan.

3. Tebing Cantik dan Eksotik

Sungguh indah Air Terjun Batu Tilam, keindahannya hampir tidak bisa diungkapkan dengan rangkaian kata. Air terjun ini memiliki tebing cantik dan eksotik, bahkan kecantikannya membuat wisatawan terkesima dan selalu mengambil gambar untuk diabadikan. Kontur tebing yang tidak merata justru menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tempat tersebut semakin menarik karena pada beberapa tempat, seperti di mulut gua, sudah didirikan gazebo dan jembatan dari kayu yang menghubungkan antara satu tempat ke tempat lainnya. Dengan demikian, wisatawan bisa lebih aman dan nyaman saat melihat keindahan air terjun melalui mulut gua tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun batu Tilam
Image Credit: Google Maps Susilo Atmaji

Lokasi objek wisata ini berada di Provinsi Riau, namun berbatasan dengan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. Jika ingin berkunjung, alamat lengkapnya terletak di Desa Kebun Tinggi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Tempat wisata alam ini bisa ditempuh dari dua arah, tergantung dari arah mana anda datang.

Dari arah Pekanbaru menuju Kabupaten Kampar membutuhkan waktu sekitar 90 menit dan perjalanan relatif lancar, karena sepanjang jalan yang dilalui sudah beraspal. Setelah dari Kabupaten Kampar menuju Desa Kebun Tinggi, perjalanan memakan waktu sekitar empat jam. Hal ini dikarenakan jalan yang dilalui sebagian besar belum beraspal, masih tanah dan banyak bebatuan serta berbagai lubang.

Jalan lain untuk menuju ke Air Terjun Batu Tilam adalah dari Kota Payakumbuh, Sumatra Barat yang menuju ke Desa Kebun Tinggi. Jalur ini jarak tempuh nya relatif singkat, yakni hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan, sedangkan jalan yang dilalui sudah beraspal. Jalur mana pun yang dilalui, tempat wisata ini bisa diakses Google maps. Bagi wisatawan yang masih ragu ketika dalam perjalanan, silahkan menggunakan aplikasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Batu Tilam
Image Credit: Instagram hasrinaldi

Meski jalan yang dilalui berliku dan penuh tantangan, namun saat di lokasi tiket masuknya tidak mahal. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal hanya sebesar Rp 5.000 per orang. Berbeda dengan wisatawan dari Mancanegara, harga tiket masuknya Rp. 15.000 per orang.

Selain biaya masuk, ada lagi biaya untuk retribusi parkir sepeda motor, yakni sebesar Rp 3.000. Lain halnya dengan parkir mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000. Area parkir cukup luas, keamanan dan kenyamanan kendaraan terjamin, karena ada petugas yang menjaga lokasi parkir tersebut.

Aktivitas yang Menarik di Air Terjun Batu Tilam

Aktivitas di Air Terjun Batu Tilam
Image Credit: Instagram sanak_adventure2022

Saat berada di lokasi Air Terjun Batu Tilam, banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Objek wisata ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menyegarkan kondisi fisik maupun psikis. Beberapa aktivitas yang menarik saat berada di lokasi wisata alam tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Berenang di Kolam Air Terjun

Jarak tempuh yang cukup jauh membuat kondisi gerah, lemas dan tidak ada gairah. Namun saat pandangan mata melihat kolam air terjun, berenang merupakan jawaban tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab, hembusan angin dari tebing dengan membawa percikan air, udara sejuk dan segar. Selain itu, mendarat nya air bersih dan jernih dari ketinggian membuat tubuh tidak tertahankan untuk berenang.

2. Camping Seru

Air Terjun Batu Tilam juga sangat cocok dan menarik untuk digunakan camping. Hal ini dikarenakan tersedianya camping ground untuk mendirikan tenda masih sangat luas. Selain itu, suasana alam di sana bisa dirasakan dengan syahdu dan khusyuk. Terdengar suara teriakan manja hewan siamang atau kera berlengan panjang dan berbagai suara burung begitu indah menggema.

3. Mengabadikan Momen dengan Berfoto Selfie

Begitu banyak daya tariknya, ditambah dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa di lakukan di sana. Tentu sangat disayangkan jika semua itu terlewatkan begitu saja tanpa ada dokumentasi. Berfoto dibawah air terjun cantik dengan percikan air dan latar belakang tebing yang tinggi, serta pepohonan yang menjulang membuat pandangan terlihat sangat menakjubkan dan harus didokumentasikan.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Batu Tilam
Image Credit: Google Maps B-M Budal Mblasak

4. Piknik Bersama Keluarga

Apabila kondisi diri kurang piknik, saat keluarga ingin mencari tempat berlibur, Air Terjun Batu Tilam adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi. Sebab, panorama alam yang indah dan tebing tinggi cantik dan eksotik bisa menambah hubungan yang harmonis bersama keluarga.

Selain itu, udara yang bersih tanpa polusi dan suasana sejuk juga membuat suasana semakin akrab. Siapkan peralatan piknik agar tidak ada yang ketinggalan atau kekurangan saat berada di lokasi. Tempat ini jauh dari pemukiman warga sehingga bisa dipastikan anda tidak ma melakukan perjalanan jauh hanya untuk melengkapi kurangnya peralatan.

5. Menjelajahi Air Terjun Batu Tilam

Aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan di tempat tersebut adalah menjelajah. Selain memiliki keindahan pada air terjun beserta alam sekitarnya, jalan berliku dan penuh tantangan tersebut sangat menarik untuk di telusuri. Ditambah dengan berbagai celotehan hewan yang saling bersahutan, semakin menambah semangat dan antusias dalam mengeksplorasi Air Terjun Batu Tilam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Batu Tilam
Image Credit: Instagram vico j_

Berbagai hal menarik yang ada di lokasi wisata, jika tidak dilengkapi dengan fasilitas penunjang, maka tempat tersebut bisa mengurangi minat wisatawan yang akan berkunjung. Oleh karena itu, pengelola menyediakan beberapa fasilitas untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan. Beberapa fasilitas diantaranya yaitu Gazebo, tempat ini didirikan dari kayu yang kuat di sekitar air terjun, tepatnya di depan mulut gua.

Fasilitas berikutnya adalah tempat sampah yang tersebar di beberapa titik. Agar kelestarian dan kebersihan alam tetap terjaga, maka wisatawan harus membuang sampah pada tempatnya. Ada juga kamar mandi umum yang bisa digunakan bagi wisatawan yang ingin buang hajat.

Tempat parkir dengan kapasitas sekitar 30 kendaraan juga sudah tersedia di sana. Selain itu, ada juga tempat untuk sholat bagi wisatawan yang ingin melakukan ibadah. Saat perut terasa lapar akibat terlalu banyak beraktivitas dan stok makanan menipis atau habis, di tempat ini juga tersedia warung makan yang menyediakan berbagai macam menu andalan.

Berlibur di Air Terjun cantik di Kampar memang sungguh asyik dan menarik. Pasalnya, terdapat beberapa daya tarik yang diberikan. Selain itu, harga tiket masuknya murah dan banyak aktivitas menarik bisa dilakukan. Apalagi jika perjalanan menuju lokasi tersebut memberikan kesan tersendiri dan tidak mudah hilang dalam ingatan, karena perjalanan yang dilalui seperti berpetualang.