15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Blora? Temukan Beragam Tempat Wisata Terbaik di Blora, Jawa Tengah. Objek Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan.

Blora, sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Kabupaten Blora memang bukan daerah tujuan wisata terkenal seperti Yogyakarta. Namun bukan berarti Blora tidak memiliki objek wisata yang mempesona. Ada banyak destinasi wisata di Blora yang bisa menjadi tujuan saat Anda berkunjung.

Kabupaten Blora sendiri berada di perbatasan antara wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Blora juga memiliki berbagai ciri khas. Salah satu yang terkenal dari Blora adalah hasil kerajinan jatinya yang diakui berkualitas sangat baik. Blora juga dikenal dengan budaya barongannya yang terus dilestarikan hingga kini.

Jika Anda sedang berada di Blora, ada banyak destinasi wisata yang memesona layak dan harus Anda kunjungi. Mulai dari objek wisata alami hingga buatan bisa Anda temukan. Berikut deretan tempat wisata terbaik di Blora yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. Waduk Bentolo

Waduk Bentolo

Image Credit: Allindonesiatourism.com

Waduk ini awalnya digunakan sebagai pembangkit listrik dan sarana irigasi. Selain dua fungsi itu, Waduk Bentolo ini juga menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat Blora untuk menghabiskan waktu berlibur.

Pemandangan di sekitar waduk yang sangat asri karena dikelilingi oleh pohon-pohon rindang menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Disini Anda bisa menepi sejenak dari aktivitas yang melelahkan.

Lokasi: Desa Tinapan, Kec. Todanan, Kab. Blora.

2. Air Terjun Masohan

Air Terjun Masohan

Image Credit: Instagram.com @fuadhasyim20

Blora memiliki potensi wisata tersembunyi yang sangat jika dilewatkan. Salah satunya adalah air terjun Masohan ini. Untuk mencapai objek wisata ini memang membutuhkan sedikit perjuangan karena letaknya yang cukup tersembunyi.

Disini, Anda bisa menikmati pesona aliran sungai yang jatuh dari tebing, yang meskipun tidak begitu tinggi, namun tetap sangat mempesona. Pemandangan di sekitarnya masih asri dengan udara yang juga masih segar. Selain keindahan pemandangan dan kesegaran air terjunnya, daya tarik lain objek wisata ini adalah cerita legenda yang berkembang tentang air terjun Masohan.

Lokasi: Kec. Jiken, Kab. Blora.

3. Kracakan Watu Gong

Kracakan Watu Gong

Image Credit: Cakrawalatour.com

Kawasan wisata Kracakan Watu Gong ini cukup unik karena hanya bisa ditemukan di musim kemarau saja. Kawasan ini terbentuk dari batuan padas yang dalam bahasa setempat disebut ‘kracak’. Sedangkan Gong diambil karena di kawasan ini terdapat batu yang bentuknya menyerupai gong.

Saat musim kemarau tiba, air dari Sungai Bengawan Solo yang mengalir melewati kracak menjadikannya menyerupai Niagara namun dalam versi mini. Alirannya pun terbilang kecil, tidak seperti air terjun Niagara yang sesungguhnya. Objek wisata musiman ini hanya terjadi di musim kemarau dan hanya di daerah yang dilewati oleh aliran Sungai Bengawan Solo.

BACA:  12 Tempat Kuliner Malam di Semarang Yang Enak & Murah

Lokasi: Kapuan, Kec. Cepu, Kab. Blora.

4. Goa Terawang

Goa Terawang

Image Credit: Wikipedia.org

Siapa bilang untuk bisa melihat fenomena cahaya dari surga hanya bisa dilihat di Yogyakarta saja? Anda bisa juga melihatnya di Blora, tepatnya di Goa Terawang ini. Destinasi ini bahkan tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam saja, namun juga para fotografer yang ingin memburu tangkapan gambar fenomena menakjubkan di goa ini.

Goa Terawang sendiri adalah sebuah goa memanjang yang terdiri atas 5 goa yang saling menyambung. Pada bagian langit-langit goa terdapat lubang alami dengan lebar bervariasi. Dari lubang inilah nama terawang diambil.

Sementara itu, fenomena yang paling dicari disini adalah fenomena masuknya sinar matahari dari celah-celah di bagian dinding dan atap goa. Karena masuknya cahaya di tengah kegelapan ini, maka akan muncul siluet cahaya yang sangat cantik, seperti sinar yang turun dari surga.

Lokasi: Kedungwungu, Kec. Todanan, Kab. Blora.

5. Gunung Cengklik

Gunung Cengklik

Image Credit: Facebook.com @Gunung-Cengklik-Bicak-Todanan-Blora

Kalau Anda suka berfoto di tempat wisata dari ketinggian, Gunung Cengklik ini bisa menjadi pilihan terbaik. Disini Anda bisa menikmati pemandangan Kabupaten Blora dari ketinggian melalui gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola. Dari gardu pandang ini Anda juga bisa sekaligus mengabadikan foto dengan latar belakangan pemandangan Blora dari ketinggian.

Ada beberapa spot yang disediakan di kawasan Gunung Cengklik ini. Berkunjung ke objek wisata ini yang paling tepat adalah sore hari saat matahari menjelang terbenam. Untuk bisa masuk ke objel wisata ini pun Anda tidak akan dikenakan tarif yang mahal. Cukup membayar Rp 5.000 dan Anda bisa menikmati daya tarik Gunung Ceklik.

Lokasi: Bicak, Kec. Todanan, Kab. Blora.

6. Bukit Kunci

Bukit Kunci

Image Credit: Twitter.com @info_blora

Beberapa waktu belakangan, Blora juga sedang mengembangkan beberapa wisata kekinian, salah satunya adalah Bukit Kunci ini. Disini Anda bisa menikmati lanskap Kabupaten Blora dari ketinggian. Disediakan beberapa gardu pandang agar pengunjung bisa menikmati pemandangan Kabupaten Blora dari ketinggian.

Dari atas gardu pandang ini Anda bisa melihat lanskap persawahan, perbukitan dan hutan yang membentang sejauh mata memandang. Gardu pandang yang dijadikan sebagai titian untuk melihat pemandangan pun dibuat sangat menarik. Waktu berkunjung paling tepat ke Bukit Kunci adalah saat pagi hari.

Lokasi: Bangoan, Kec. Jiken, Kab. Blora.

7. Bukit Pencu

Bukit Pencu

Image Credit: Jihannina.blogspot.com

Satu lagi objek wisata kekinian yang bisa coba Anda kunjungi saat ke Blora. Bukit Pencu ini adalah objek wisata yang juga bisa Anda andalkan untuk menikmati pemandangan Blora dari ketinggian. Berbeda dengan objek-objek wisata sebelumnya, untuk mencapai Bukit Pencu ini aksesnya cukup sulit dan menantang.

BACA:  20 Tempat Wisata di Ambarawa Semarang yang Paling Hits

Meskipun ditempuh dengan medan yang sulit, namun setelah sampai disana, Anda tidak akan kecewa. Dari atas Bukit Pencu ini Anda bisa melihat lanskap persawahan, bukit kapur dan hutan jati yang membentang hijau di hadapan Anda. Dari Bukit Pencu ini juga Anda bisa menikmati pemandangan sunrise terbaik di Blora.

Lokasi: Gandu, Kec. Bogorejo, Kab. Blora.

8. Gunung Manggir

Gunung Manggir

Image Credit: Travelaksi.com

Terletak di ketinggian 250 meter di atas permukaan laut, Gunung Manggir ini memang tidak setinggi gunung-gunung lain yang terkenal di Jawa. Namun lokasi ini juga menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat Blora.

Lokasinya berada di perbukitan kapur yang cukup tinggi. Dari atas perbukitan kapur ini Anda bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Selain itu, di kawasan Gunung Manggir juga terdapat beberapa goa yang sayang jika tidak Anda kunjungi.

Lokasi: Ngumbul, Kec. Todanan, Kab. Blora.

9. Sungai Kalinanas

Sungai Kalinanas

Image Credit: Yukpigi.com

Sungai Kalinanas ini menjadi salah satu destinasi wisata di Blora yang populer. Keunikan dan eksotisme sungai ini menjadikannya tak pernah sepi pengunjung. Sungai Kalinanas ini sebenarnya adalah sungai purba yang diapit oleh dinding dari batuan kapur. Nah, dinding yang mengapit sungai inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Sungai Kalinanas.

Bentuk dindingnya sangat unik dan tidak biasa. Formasi dinding ini terbentuk akibat terkikis aliran air sungai yang sudah berlangsung selama ratusan juta tahun yang lalu. Selain dinding yang mengapit sungai yang membuatnya instagenik, daya tarik lain dari sungai Kalinanas ini adalah airnya yang masih jernih.

Lokasi: Kalinanas, Kec. Japah, Kab. Blora.

10. Kunduran Distrik Fresh (KDR) Park

Kunduran Distrik Fresh (KDR) Park

Image Credit: Blorakab.go.id

Anda para traveller mungkin mengenal De Djawatan Benculuk yang terkenal di Banyuwangi. Nah, Blora juga punya, yaitu KDR Park. Di kawasan ini Anda juga bisa melihat pepohonan besar yang teduh dan dibalut oleh tumbuhan merambat yang membuatnya nampak sangat eksotis. Lokasinya memang cukup jauh, yaitu di ujung barat Kabupaten Blora.

Meskipun lokasinya jauh, Anda tidak akan kecewa saat datang ke objek wisata ini. Disini juga disediakan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak dan fasilitas rekreasi keluarga. Selain itu juga disediakan beberapa spot menarik yang bisa Anda jadikan sebagai tempat berfoto. Karena lokasinya yang ramah anak-anak objek wisata ini sering dijadikan lokasi untuk outbond.

Lokasi: Sambiroto, Kec. Kunduran, Kab. Blora.

11. Wisata Kereta Uap Cepu

Wisata Kereta Uap Cepu

Image Credit: Phinemo.com

Objek selanjutnya ini tidak hanya menyenangkan namun juga bisa menambah wawasan, terutama tentang perkeretaapian. Heritage Loco Tour ini merupakan destinasi wisata edukasi yang sangat direkomendasikan. Meskipun baru diluncurkan tahun 2018 lalu, objek wisata ini sudah menarik minat banyak pengunjung.

Pengunjung akan dibawa melakukan perjalanan melintasi kawasan hutan jati KPH dengan menggunakan kereta yang ditarik lokomotif tua. Ada dua pilihan kereta yang disediakan, yaitu kereta uap dan kereta diesel. Berwisata atas kereta yang ditarik lokomotif tua ini akan memberikan Anda pengalaman wisata yang berbeda.

BACA:  17 Tempat Wisata di Purbalingga Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Ngelo, Kec. Cepu, Kab. Blora.

12. Wisata Cemoro 7

Wisata Cemoro 7

Image Credit: Instagram.com @rioridho5

Blora masih menyimpan banyak potensi wisata yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah wisata Cemoro 7 ini. Objek wisata ini sebenarnya berupa kawasan hutan wisata, namun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Meskipun sudah dijadikan kawasan wisata, namun karena masih merupakan hutan, maka pengelolaan objek wisata ini juga menerapkan konsep go green.

Di dalam kawasan wisata Cemoro 7 ini sudah tersedia beragam fasilitas penunjang aktivitas yang seru dan menyenangkan. Sebut saja misalnya hammock, ayunan pohon dan masih banyak lagi lainnya. Area-area tersebut juga menjadi spot favorit yang dijadikan tempat berfoto oleh para pengunjung.

Lokasi: Tunjungan, Kec. Tunjungan, Kab. Blora.

13. Museum Mahameru

Museum Mahameru

Image Credit: Wisatajateng.com

Jika Anda mencari destinasi wisata yang bisa sekaligus menjadi tempat belajar, maka Museum Mahameru bisa menjadi pilihan terbaik. Disini Anda bisa berwisata sambil belajar melalui berbagai peninggalan sejarah yang disimpan di dalam museum. Salah satu benda peninggalan sejarah yang paling menonjol di museum ini adalah koleksi fosil.

Meskipun koleksi benda-benda sejarah yang ada di Museum Mahameru ini tidak sebanyak museum lain yang lebih besar, namun tetap bisa menjadi sumber belajar, terutama untuk anak-anak. Benda-benda bersejarah yang disimpan disini adalah benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan makhluk hidup dan siklus terbentuknya.

Lokasi: Jenar, Kedungjenar, Kec. Blora, Kab. Blora.

14. Bukit Kemuning

Bukit Kemuning

Image Credit: Blorakab.go.id

Bukit Kemuning adalah objek wisata lain di Blora yang tidak boleh dilewatkan. Daya tarik destinasi wisata ini adalah berupa taman terbuka yang sudah ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Menariknya, tanaman yang ditanam di bukit ini dibentuk dengan sedemikian rupa agar bisa membentuk kata-kata.

Tak hanya taman yang dibentuk menjadi kata-kata saja, di kawasan wisata ini juga disediakan berbagai fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Mulai dari ayunan, rumah pohon, kolam ikan, hingga cafe dan tempat karaoke. Dengan semua fasilitas yang tersedia ini, Bukit Kemuning bisa menjadi destinasi untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi: Todanan, Kec. Todanan, Kab. Blora.

15. Water Splash Blora

Water Splash Blora

Image Credit: Ihategreenjello.com

Destinasi wisata di Blora terakhir yang bisa menjadi referensi liburan Anda adalah Water Splash Blora. Tempat wisata ini merupakan destinasi wahana permainan air yang cukup lengkap di Blora. Terdapat berbagai wahana air yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak disini.

Selain wahana permainan air, di area wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas pendukung. Mulai dari area bermain anak-anak, patung-patung binatang hingga perpustakaan. Cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Lokasi: Tempelan, Kec. Blora, Kab. Blora.

Itulah beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi saat Anda berada di Blora. Meskipun bukan termasuk kota tujuan wisata, bukan berarti Blora tidak memiliki objek wisata menarik. Daftar di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik yang bisa Anda pilih untuk kunjungi.