18 Wisata Pantai di Lombok

Pulau Lombok, sebuah pulau yang merupakan bagian dari wilayah Nusa Tenggara Barat ini bisa disebut sebagai “tandingannya Pulau Bali”. Betapa tidak, pulau ini bak surganya keindahan alam. Setiap tempat wisata di pulau ini memiliki panorama yang membuat takjub mata memandang.

Di samping panorama yang elok, tempat-tempat wisata di pulau ini masih sangat bersih dan terjaga. Tempat wisata terutama pantai, airnya masih berwarna biru jernih menyapu hamparan pasir yang bersih.

Wisata di pulau ini mulai terkenal sejak tahun 2000an. Orang-orang beramai-ramai mengunjungi berbagai tempat di Pulau Lombok dengan berbekal keinginan yang beragam. Berikut merupakan 18 wisata pantai di Lombok yang wajib Kamu coba.

1. Pantai Sungkun

Pantai Sungkun

Lokasi: Sungkun, Ekas Buana, Jerowaru, Pemongkong, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisata pantai yang pertama adalah Pantai Sungkun. Orang-orang mungkin lebih mengenal pantai ini dengan nama “Pantai Kura-kura”. Disebut dengan Pantai Kura-kura karena memiliki ciri khas unik yakni sebuah pulau di ujung pantai yang berbentuk hewan kura-kura.

Bagi Kamu yang suka berselancar, ombak di pantai ini cocok untuk dijadikan arena berselancar. Namun, perlu diperhatikan bahwa ombaknya juga cukup besar, sehingga sebaiknya Kamu tidak berselancar terlalu ke tengah laut.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Lokasi: Selong Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Dilombok.com

Pernahkah Kamu berkunjung ke pantai yang berbentuk unik? Jika belum, Pantai Selong Belanak ini wajib Kamu coba. Pantai ini memiliki bentuk yang indah dan unik, yakni berbentuk bulan sabit. Sungguh pemandangan yang sangat cocok untuk Kamu abadikan di media sosial.

Kamu juga bisa mengambil gambar dari atas bukit-bukit yang ada di sekitar pantai. Selain berbentuk unik, pasir di pantai ini masih sangat bersih karena belum terlalu banyak dikunjungi.  Penting untuk menjaga kebersihan jika Kamu berkunjung ke pantai ini.

3. Pantai Tebing

Pantai Tebing

Lokasi: Jl. Raya Bayan, Dusun Luk, Rempek, Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Wego.co.id

Pantai Tebing adalah pantai yang berhiaskan tebing-tebing yang terukir secara  alami. Ukiran pada tebing ini menyerupai pilar-pilar coklat yang menempel satu sama lain. Pemandangan seperti ini tidak biasa ditemui di pantai-pantai lain, sehingga Kamu yang berkunjung ke tempat ini terbilang beruntung.

Pahatan alami tebing-tebing ini konon terbentuk akibat letusan gunung yang menciptakan maha karya alami yang tiada duanya. Di pantai ini, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pantai dengan melakukan kegiatan memancing.

4. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi

Lokasi: Serokah, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Ayokelombok.com

Jika pantai pada umumnya memiliki pasir berwarna putih ataupun coklat, maka Pantai Tangsi memiliki pasir yang berwarna merah muda. Pantai ini kemudian disebut juga dengan Pantai Pink karena warna pasirnya tersebut.

Pantai ini terletak agak jauh dari kota sehingga suasana pantainya masih terbilang bersih. Di tempat ini Kamu bisa menikmati pantai sembari bermalam di tempat. Pantai ini menyediakan penginapan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari.

5. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung

Lokasi: Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Pulau Lombok memang tidak ada habis-habisnya menyuguhkan keunikan di setiap sudut tempat. Kali ini, pesona Pantai Batu Payung mampu membuat Kamu terpukau. Pasalnya, pantai ini memiliki satu fenomena unik yakni sebuah batu yang berukuran besar di atasnya serta berukuran kecil di bawahnya. Bentuk batu ini membuat siapa saja bisa berdiri di bawahnya bagaikan dipayungi batu. Maka dari itulah pantai ini ikut dinamakan dengan Pantai Batu Payung.

Namun begitu, pada pertengahan tahun 2019 fenomena batu berbentuk payung ini terkikis dan roboh karena faktor alam. Seringnya batu ini terkena kikisan air sehingga menimbulkan retakan-retakan yang kian lama kian melebar di sepanjang batu. Akhirnya batu tersebut runtuh tak bersisa.

6. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Lokasi: Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Superadventure.co.id

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan keeksotisannya. Pantai ini bisa bertanding indahnya dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memanjakan mata.

Kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang seyogyanya dapat dilakukan pada saat wisata pantai. Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti menyelam, bermain pasir, snorkeling, berselancar dan lain sebagainya.

7. Pantai Nambung

Pantai Nambung

Lokasi: Jl. Raya Sekotong, Pengantap, Buwun Emas, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Wisata di pantai ini juga menampilkan keindahan pantai yang menawan. Pantai ini menyuguhkan fasilitas-fasilitas seperti pemandangan air terjun dekat pantai, batu karang, tebing-tebing, serta hamparan rerumputan yang tertata rapi di sepanjang garis pantai.

Namun begitu, Kamu hanya bisa menikmati pemandangan-pemandangannya saja dengan berswafoto. Kamu  tidak dapat melakukan kegiatan air seperti di pantai lainnya karena ombak di pantai ini cukup besar dan berbahaya untuk melakukan kegiatan air.

8. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Lokasi: Pengembur, Sengkol, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Nizarnizar.com

Pantai ini sepertinya lebih menarik bagi wisatawan asing dibandingkan dengan turis lokal. Hal ini dikarenakan wisatawan asing lebih menyukai tempat-tempat wisata di Indonesia yang belum terjamah dibandingkan dengan yang sering dikunjungi banyak orang. Tempat wisata yang sering dikunjungi oleh banyak orang biasanya sudah tercemar dari segi kebersihan.

Akses menuju pantai ini juga tidak terbilang mudah. Selain jalannya yang kurang begitu bagus, biaya untuk sampai ke pantai ini pun terbilang mahal. Namun begitu, keindahan pantai ini sanggup membayar lelah dan kocek yang Kamu keluarkan untuk sampai ke tempat ini.

9. Pantai Mawun

Pantai Mawun

Lokasi: Jl. Mawun, Tumpak, Kec. Pujut, Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Limakaki.com

Pantai Mawun juga merupakan salah satu pantai yang masih terbilang sepi pengunjung. Akan tetapi, karena masih terbilang sepi pengunjung ini Pantai Mawun dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia.  Hamparan pasirnya begitu putih dan lembut menyentuh kaki.

Selain itu, yang membuat pantai ini terkenal dengan keindahannya adalah adanya sebuah bukit yang dapat berganti warna dari waktu ke waktu. Hal ini sebetulnya bukan diakibatkan oleh fenomena yang luar biasa, akan tetapi penampakan warna keseluruhan bukitnya yang menjadikan luar biasa.

10. Desert Point

Desert Point

Lokasi: Batu Putih, Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Pinterest.com

Kamu orang yang gemar berselancar? Kamu wajib berselancar di Desert Point. Di Desert Point ini, Kamu bisa melakukan berbagai macam atraksi selancar yang mengasyikkan. Ombak di Desert Point ini terbilang buas dan menantang para peselancar untuk menaklukkannya.

Untuk dapat menikmati asyiknya berselancar di Desert Point ini, Kamu harus memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Pasalnya, tempat wisata ini hanya memiliki ombak-ombak yang menantang pada bulan-bulan tertentu saja.

11. Pantai Surga

Pantai Surga

Lokasi: Ekas, Kec. Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Korinatour.co.id

Kata-kata “surga dunia” mungkin bukanlah suatu bualan saja. Dengan adanya pantai surga ini, orang-orang mungkin akan percaya adanya surga dunia. Pantai Surga ini terhampar luas membentuk lekuk huruf U di sepanjang bibir pantai. Ini dikarenakan adanya bukit hijau yang berada di tengah-tengah pantai sehingga membentuk lekukan tersebut.

Daya tarik yang ditunjukkan oleh Pantai Surga ini adalah pasir putihnya yang terhampar begitu luas. Pengunjung juga dapat melakukan beberapa wisata air yang seru. Jika Kamu ingin melakukan kegiatan air, ada baiknya mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berkunjung karena pantai ini memiliki waktu-waktu tertentu yang cocok untuk bermain air.

12. Pantai Seger

Pantai Seger

Lokasi: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Republika.co.id

Dari sekian banyak wisata pantai di Lombok, pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki ciri khas budaya tersendiri. Jadi, pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya disuguhkan oleh keindahan pantainya saja, tetapi juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan budaya masyarakat setempat yang menarik.

Budaya ini bertemakan Putri Mandalika. Putri Mandalika merupakan kepercayaan masyarakat setempat sebagai tokoh terkenal yang bereinkarnasi menjadi hewan berbentuk cacing kecil di laut. Maka dari itu, di pantai ini sering diadakan upacara ritual mencari cacing-cacing di laut lalu kemudian memasaknya dan memakannya. Di pantai ini juga terdapat monumen patung sang putri yang dirawat oleh masyarakat setempat.

13. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Lokasi: Seriwe, Pemongkong, Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Lombokmandalika.co.id

Kamu sudah bisa menebak suasana pantai ini saat mendengar namanya. Pantai Cemara ini memang dikelilingi pohon-pohon cemara. Hal inilah yang menambah daya tarik wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya di sini.

Selain itu, kelebihan dari pantai ini adalah pasirnya yang sangat halus dan berwarna putih bersih. Kamu tidak perlu khawatir melukai kaki karena menginjak pasir yang keras. Di sini, Kamu tidak akan menemukan pasir-pasir yang kasar tersebut.

14. Pantai Kuta

Pantai Kuta

Lokasi: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Piknikdong.com

Pantai Kuta ini merupakan tempat dimana sang putri menjatuhkan dirinya dari atas bukit ke laut karena kejaran dari calon suami yang dijodohkan dengannya. Bukit ini yang kemudian juga dinamakan dengan Bukit Mandalika.

Keindahan Pantai Kuta ini tidak kalah dengan pantai dengan nama yang sama yang ada di Pulau Bali. Pantai ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang sempurna. Pasir putih yang terhampar luas, ombak yang bergulung rendah, serta bukit-bukit yang mengelilingi sisi pantai.

15. Pantai Semeti

Pantai Semeti

Lokasi: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Ayokelombok.com

Pemandangan di Pantai Semeti ini akan membawa Kamu seperti berada di film-film fiksi. Pemandangan pantai ini meliputi batu-batu karang yang berdiri kokoh nan indah bak pahatan-pahatan cantik yang alami. Pasir pantainya pun memiliki gradasinya sendiri dari mulai yang paling halus hingga yang paling kasar.

Perlu diingat bahwa untuk berkunjung ke pantai ini, Kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pasalnya, karena pantai ini tersembunyi dari penglihatan,  jadi hampir tidak ada satupun pedagang yang berjualan di tempat ini.

16. Pantai Elaq-Elaq

Pantai Elaq-Elaq

Lokasi: Sekotong Barat, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Menggapaikeindahan.blogspot.com

Kamu yang berlibur ke tempat ini akan menemukan beberapa hal yang luar biasa dari pantai yang satu ini. Pertama,  jika kamu memperhatikan air laut dan pantainya maka Kamu akan menemukan jernihnya air bagaikan cermin nan luas sejauh mata memandang. Saking jernihnya, sampai-sampai Kamu bisa melihat dasar air serta terumbu karang yang ada.

Kedua, keunikan pantainya. Dinamakan dengan Pantai Elaq-Elaq karena terdapat sebuah tanjung di ujung pantai yang berbentuk seperti lidah. Kata “lidah” ini dalam bahasa Lombok berarti “Elaq-elaq”.

17. Pantai Ekas

Pantai Ekas

Lokasi: Saung Bambu Racik, Pemongkong, Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Tripadvisor.ca

Kamu penyuka drama korea pasti pernah menyaksikan adegan dimana pemeran wanita dan pemeran prianya berlibur ke sebuah pantai yang terdapat pondok-pondok kecil di sekelilingnya. Pantai Ekas bisa bersaing dengan pantai dengan pantai tersebut. Pantai Ekas juga memiliki pondok-pondok yang dapat disinggahi. Kamu juga dapat bermalam di pondok tersebut bersama keluarga dan kerabat.

Pantai ini cocok untuk hunting panorama matahari terbenam. Ketika matahari hampir mencapai titik peraduannya, warna hangat kemerahan dari matahari akan terpantul ke hamparan pasir dan air laut yang menyapu bibir pantai. Pemandangan ini adalah pemandangan yang tidak terlupakan.

18. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam

Lokasi: Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. – Image Credit by Wowlombok.blogspot.com

Masih dengan drama korea yang baru-baru ini memikat hati para pemirsanya. Terdapat episode dimana ada pantai yang terselubung yang perlu perjuangan untuk mencapainya. Dengan mengambil salah satu batu yang ada di pantai itu, orang-orang percaya bahwa batu itu akan membawa mereka kembali ke pantai itu.

Pantai Tanjung Bloam ini hampir bisa mendeskripsikan pantai yang sama dengan yang ada di drama tersebut. Pantai Tanjung Bloam berada di antara tebing-tebing yang menjulang tinggi serta perbukitan yang berwarna hijau. Kamu tidak akan kecewa untuk menghabiskan waktumu di pantai ini.

Itulah ulasan mengenai 18 tempat wisata pantai yang ada di Pulau Lombok. Keindahan pantai-pantai di pulau ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, jika tengah merencanakan liburan, pastikan pulau Lombok masuk dalam daftar list liburan kamu.