Pantai Senggigi, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lombok Barat

Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi salah satu wisata pantai yang populer dikunjungi wisatawan di Lombok Barat. Pantai berpasir yang eksotis menawarkan keindahan alam yang masih alami.

Lokasi: Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat.
Map: Cek Lokasi

Lombok merupakan pulau utama yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang tersaji di dalamnya. Salah satunya yaitu Pantai Senggigi Lombok. Pantai tersebut menyimpan berbagai keunikan tersendiri yang membuatnya layak untuk didatangi.

Pesona Pulau Lombok sebenarnya tidak jauh dengan Pulau Bali sehingga banyak yang menyamakannya dengan Pulau Dewata tersebut. Pulau tersebut memiliki berbagai destinasi baik wisata bahari ataupun yang lain. Pantai eksotis ini sendiri banyak yang menjuluki sebagai Pantai Kuta-nya Lombok.

Pantai tersebut memang hampir mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. Meskipun tidak seluas Pantai Kuta, Pantai Senggigi memiliki panorama dan bentang alam yang hampir sama dengan pantai yang ada di pulau sampingnya tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Senggigi

Daya Tarik Pantai Senggigi

Image Credit: Twitter.com @fraulein_ira

1. Pesona Pasir Putih yang Indah

Pantai yang ada di sebelah barat Pulau Lombok tersebut memiliki pasir yang berwarna putih. Pasir yang ada di pantai tersebut juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat bersahabat dengan kaki. Merasakan pasir pantai ini dengan kaki telanjang memang menjadi suatu sensasi tersendiri.

2. Air Laut yang Jernih dan Perairan yang Dangkal

Pantai ini memiliki air yang begitu jernih hingga para wisatawan mampu melihat dengan jelas dasar lautnya. Banyak pengunjung yang memanfaatkan kejernihan air laut ini untuk bermain-main, berfoto-foto, dan menyelam.

Selain itu, dasar laut yang ada di dekat pantai tersebut juga terhitung dangkal. Beberapa meter dari bibir pantai, memiliki karang-karang dan dasar yang tidak terlalu dalam. Bentukan alam ini seolah menyatu dengan airnya yang bening sehingga membuat daya tarik tersendiri dari Pantai Senggigi ini.

Pengelola tempat ini memanfaatkan kedua hal tersebut untuk menciptakan sebuah wisata yang berbeda. Wisata ini tidak dapat dijumpai di berbagai pantai-pantai lainnya. Wisata tersebut adalah snorkeling atau penyelaman di bawah permukaan air hingga mencapai dasar laut.

Dengan kedangkalan laut sekitar tempat wisata ini, fasilitas untuk snorkeling seolah menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba oleh pengunjung. Mencoba hal tersebut dapat membuat wisatawan memiliki sebuah pengalaman yang berbeda dengan kunjungan ke destinasi wisata lainnya.

3. Pemandangan Eksotis Berpadu dengan Garis Pantai Cukup Panjang

Pantai Senggigi ini memiliki panorama alam yang luar biasa. Di sekitar pantai ditumbuhi dengan banyak pepohonan yang membuat suasana semakin nyaman. Hempasan angin menerpa dedaunan pohon membuat nyiur melambai-lambai. Nuansa yang dihasilkan pun menjadi lebih damai nan syahdu.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pemandangan tersebut menyatu dengan beberapa keindahan lainnya dari pantai itu. Keindahan alamnya berpadu dengan air laut yang jernih nan elok serta pasirnya yang lembut dan putih. Mengunjungi pantai ini dapat memberikan ketenangan hati bagi para pengunjungnya.

4. Ombak yang Bersahabat Bagi Peselancar Pemula

Bagi Anda yang tertarik dengan surfing atau selancar, pantai ini dapat menjadi pilihan destinasi yang akan dikunjungi. Pasalnya, pantai unggulan Pulau Lombok ini memiliki ombak laut yang cukup kuat namun tidak terlalu besar.

Banyak peselancar yang mencoba menaklukkan ombak yang ada di pantai tersebut. Tidak hanya peselancar dari dalam negeri, namun juga mereka yang berasal dari mancanegara. Ombak yang ada di tempat ini memang menjadi salah satu favorit peselancar-peselancar di seluruh dunia.

Daya Tarik dari Pantai Senggigi

Image Credit: Facebook.com @artis.lara

5. Pesona Pura Batu Bolong

Tidak jauh dari Pantai Senggigi, terdapat sebuah pura yang memiliki keunikan tersendiri. Pura tersebut bernama Batu Bolong. Pengunjung dapat mendatangi pura ini dengan perjalanan hanya sekitar 5 menit saja dari pantai dengan berjalan kaki.

Pura Batu Bolong merupakan salah satu ikon wisata yang ada di Pulau Lombok. Pura ini berada di atas sebuah batu yang menjorok ke lautan. Batu tersebut berlubang akibat abrasi laut. Dengan karakteristik batunya yang berlubang tersebut, pura ini diberi nama demikian.

Batuan yang menopang pura tersebut merupakan teluk yang terbuat dari batuan lava andesit-basal. Lava tersebut berasal dari kawasan Taman Nasional Rinjani yang ada di Lombok.

Di dalam pura terdapat beberapa patung yang mencerminkan sinar-sinar Hyang Widhi. Beberapa patung tersebut diantaranya yaitu Rama, Laksana, Subali, Sugriwa, dan ada juga patung Naga.

6. Bukit-Bukit Sekitar Pantai Bak Benteng yang Melindunginya

Di sekitar pantai dapat terlihat beberapa bukit yang terhampar. Perbukitan tersebut akan nampak indah jika dilihat dari tempat yang cukup jauh. Keberadaan bukit tersebut seolah menjadikan pantai ini terlihat semakin eksotis. Bukit-bukit tersebut ditumbuhi dengan pepohonan yang asri membuatnya nampak segar untuk dipandang.

7. Sapi dan Perkebunan Kelapa Sekitar Pantai

Para wisatawan dapat menjelajahi pantai ini lebih jauh lagi. Jika pengunjung berjalan tepat ke arah utara, maka dapat ditemui sebuah perkebunan kelapa yang tersusun memanjang. Perkebunan kelapa ini seolah membuat pantai yang elok ini semakin indah dan layak untuk menjadi salah satu daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

Di perkebunan kelapa tersebut juga dapat ditemui banyak sapi yang berkeliaran. Mereka nampak sedang memakan rumput-rumput yang tumbuh di bawah pohon kelapa. Sapi-sapi tersebut merupakan milik warga sekitar. Banyak yang memelihara sapi di sekitar kawasan tempat wisata ini.

BACA:  18 Tempat Wisata di Mataram Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Rute Pantai Senggigi

Image Credit: Facebook.com @iloveindonesiaku

Pantai ini terletak di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini berada tidak terlalu jauh dari Kota Mataram. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Mataram untuk mencapai pantai elok nan eksotis tersebut. Tempat ini berjarak 50 kilometer dari Bandara Internasional Lombok.

Jika pengunjung ingin menggunakan angkutan umum dari Kota Mataram, maka harus mengambil angkutan dengan rute Sweta – Ampenan. Setelah sampai, maka mengambil lagi angkutan dengan rute Ampenan – Senggigi. Jika sudah sampai, maka hanya perlu jalan kaki beberapa saat saja untuk sampai ke pantai tersebut.

Bagi wisatawan yang sebelumnya berada di Pulau Bali, maka dapat menggunakan perahu cepat atau fast-boat untuk sampai ke destinasi ini. Fast-boat tersebut menyeberangi Selat Lombok dari Padang Bai untuk sampai ke Pantai Senggigi. Rute perahu cepat tersebut adalah Bali-Senggigi-Bali.

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Harga tiket untuk memasuki destinasi ini yaitu Rp. 15.000. Harga tersebut terbilang sangat murah mengingat begitu banyak keindahan dari panorama alam yang akan dinikmati.

Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir jika menggunakan kendaraan sendiri untuk sampai ke tempat ini. Tarif tersebut diluar dari tiket masuk yang telah dibeli. Tarif parkir untuk mobil berkisar Rp. 10.000 saja dan jika pengunjung menggunakan bus maka akan dikenakan biaya sejumlah Rp. 20.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Senggigi

Kegiatan di Pantai Senggigi

Image Credit: Instagram.com @demenjalan_

1. Snorkeling

Wisata ini menjadi sebuah ikon tersendiri untuk tempat ini. Pantai Senggigi memang terkenal dengan wisata snorkeling atau menyelam ke dalam laut. Hal ini sesuai dengan bentuk alam yang ada di pantai ini. Banyak karang yang tumbuh setelah bibir pantai sehingga membuatnya cukup dangkal dan sangat cocok untuk digunakan snorkeling.

Mengunjungi tempat ini dirasa kurang lengkap jika tidak menjajal snorkeling. Anda akan menikmati indahnya batu karang dan kenampakan bawah laut lainnya yang ada di dasar. Banyak ditemukan penyewaan-penyewaan untuk alat-alat snorkeling di pantai ini.

Biaya untuk melakukan snorkeling hanya berkisar ratusan ribu saja. Itu merupakan paket lengkap semua peralatannya. Pengunjung tidak akan kecewa membayar sejumlah uang tersebut ketika melihat batuan karang yang masih alami dan asri di bawah laut.

2. Berwisata Kano, Banana Boat dan Lainnya

Tempat ini menawarkan wisata yang lain tidak hanya snorkeling saja. Di sini, pengunjung dapat merasakan sensasi bermain kano atau perahu kecil serta banana boat. Mencoba itu semua dapat membuat pengunjung merasakan sensasi lain dari Pantai Senggigi ini.

BACA:  18 Wisata Pantai di Lombok Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Harga yang harus dibayar jika ingin menggunakan kano dan banana boat hanya berkisar kurang lebih Rp. 50.000 saja. Pengunjung dapat menikmati tempat ini dengan menjajal wisata tersebut sehingga liburan terasa lebih nikmat.

3. Berselancar

Sudah diketahui bahwa tempat ini memiliki ombak yang cukup disenangi oleh para peselancar. Oleh karena itu, jika Anda suka berselancar maka kegiatan liburan Anda ke pantai ini menjadi lebih seru dan menyenangkan.

5. Menikmati Tenggelamnya Sang Surya

Seperti halnya pantai-pantai lainnya, fenoma terbenamnya matahari menjadi lebih indah untuk dilihat dari tempat ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan matahari tenggelam di tempat ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Senggigi

Penginapan di Pantai Senggigi

Image Credit: Agoda.com

1. Puri Mas Boutique Resort and Spa

Penginapan mewah dengan fasilitas mumpuni ini sangat dekat dengan Pantai Senggigi Lombok. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menginap yang luar biasa dengan berbagai hal yang ditawarkan seperti AC, dan kolam renang. Harga sewanya pun sepadan dengan fasilitasnya.

2. Cozy Cottages Lombok

Tempat ini terbilang murah untuk fasilitas yang bisa didapatkan seperti AC hingga kolam renang. Pengunjung hanya memerlukan uang ratusan ribu saja untuk mendapatkan kamar di tempat yang nyaman ini.

3. The Villas by Puri Mas Boutique Resort

Penginapan ini tergolong mewah dan berkelas. Tempat ini berjarak kurang dari 1 kilometer dari pantai. Pengungjung dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari restoran hingga kolam renang.

4. OYO 2864 Mangsit Garden Residence

Penginapan minimalis ini terhitung sangat murah dengan kondisi yang tetap nyaman untuk ditempati. Fasilitasnya terdiri dari AC hingga wifi.

5. Norton Homestay

Penginapan kelas menengah ini terlihat sangat nyaman dan cukup mewah dengan fasilitas seperti AC, restoran, hingga kolam renang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas di Pantai Senggigi

Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Destinasi wisata terkenal di Pulau Lombok ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Terdapat area parkir untuk memudahkan wisatawan meletakkan kendaraan mereka dengan aman selagi menikmati keindahan pantai.

Selain itu, terdapat toilet-toilet yang dapat dipakai oleh pengunjung pantai. Terdapat pula banyak sekali penyewaan alat-alat untuk snorkeling, selancar, hingga berfoto. Banyak didapati tempat-tempat makan di Kawasan pantai ini. Pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan jika datang ke sini.

Pulau Lombok menyimpan berbagai keindahan. Pantai Senggigi di pesisir barat Lombok menjadi salah satu dari berjuta pesona alam tersebut. Pantai ini menampilkan keindahan ciptaan Tuhan di tanah rinjani tersebut. Keelokannya menjadikan tempat tersebut layak untuk dikunjungi.