Pulau Kemaro, delta kecil yang unik di Sungai Musi, Palembang. Pulau yang sarat legenda menawarkan pengalaman wisata sejarah dan religi yang menarik untuk dieksplor untuk petualangan liburan yang berkesan.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Ketika liburan ataupun weekend telah tiba, siapa sih yang tidak ingin berkelana untuk sejenak melepas penat? Nah, bagi Anda yang ingin berlibur, cobalah untuk menjelajahi wilayah Palembang. Palembang merupakan bagian dari Pulau Sumatera bagian selatan. Palembang terkenal dengan berbagai kekayaan yang dimiliki dan juga memiliki tempat-tempat terkenal yang menjadi ikon dari kota ini.

Pulau Kemaro merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata yang wajib sekali untuk dikunjungi. Alasan Anda harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke pulau ini yaitu tidak lain dan tidak bukan ada hal menarik yang terdapat di pulau ini. Pulau ini menyuguhkan wisata religiusitas atau keagamaan dan juga wisata sejarah.

Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan lebih tentang agama Buddha maupun Islam, maka jangan lupa untuk mampir ke Pulau Kemaro ini. Pulau ini dinamakan Kemaro karena keadaannya yang selalu kering meski berada di tengah-tengah Sungai Musi. Maka pulau ini pun terkenal karena kemaraunya sehingga dinamakan dengan Kemaro.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kemaro

Daya Tarik Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @wimardy

Mengapa Pulau Kemaro direkomendasikan untuk liburan kali ini? Tentunya pertanyaan seperti ini akan terbayang-bayang dibenak Anda, bukan? Nah, pulau ini direkomendasikan untuk Anda tentu karena memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya mempunyai nilai lebih di mata para wisatawan. Berikut ini beberapa daya tarik di pulau ini yang wajib untuk Anda ketahui.

1. Bangunan Pagoda

Daya Tarik yang paling menonjol dari pulau ini yaitu sebuah bangunan bernama pagoda. Pagoda merupakan sebuah tempat suci bagi umat yang beragama Buddha. Meski pada awalnya pagoda hanya ada di negara Myanmar, namun di daerah pulau ini pun Anda dapat menemukan pagoda. Pagoda di daerah ini pun memiliki seni arsitektur yang cukup menawan.

Pagoda ini dibangun dengan susunan lantai yang berjumlah 9 dan menjulang tinggi ke atas. Sedangkan untuk dinding pagoda menceritakan legenda pulau ini. Selain itu, di samping pagoda juga terdapat tempat peribadatan berupa Klenteng Hok Tjing Rio. Klenteng ini juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Klenteng Kuan Im. Pagoda ini terletak di tengah-tengah Pulau Kemaro.

Nah, bagian teratas dari pagoda ini juga dimanfaatkan sebagai sarana ibadah umat Buddha. Maka dari itu pagoda ini selalu ramai dikunjungi ketika hari raya Imlek maupun hari raya umat Buddha lainnya.

Jika di sebelah pagoda ini terdapat tempat ibadah, maka di depan pagoda ini juga terdapat makam Tan Bu An dan Siti Fatimah. Tan Bu An dan Siti Fatimah inilah yang menjadi tokoh utama dalam legenda pulau ini. Bagi para wisatawan yang menyukai sejarah, tentu tempat ini bisa menjadi wisata yang mengedukasi Anda dengan berbagai bangunan bersejarah di sekitarnya.

2. Kampung Air

Daya tarik pulau ini selain dari bangunan pagoda yaitu adanya kampung air. Kampung air di pulau ini baru saja dirilis atau dibangun. Nah, pelopor dari pembangunan kampung air ini yaitu Bank Indonesia melalui programnya yang bernama CSR. Meski masih dalam tahap pembangunan, akan tetapi kampung air ini selalu mengalami perkembangan yang lebih baik.

Disebut kampung air karena memang ada perkampungan di atas sungai. Untuk memikat hati para wisatawan, maka rumah-rumah warga di kampung ini juga dicat warna-warni sehingga menjadikan kampung ini lebih menarik. Selain itu juga terdapat menara berwarna merah di kampung ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Kemaro

Alamat Pulau Kemaro
Image Credit: Google Maps (Supianto Tjoa)

Bagi para wisatawan yang akan berwisata di Pulau Kemaro, maka harus mengetahui lokasi pulau ini berada. Pulau ini terletak di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaannya pun tidak terlalu jauh dengan jarak tempuh sekitar 6 km dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin.

Untuk aksesibilitas menuju pulau ini maka para wisatawan dapat menempuh jalur perairan yaitu melalui Dermaga Benteng Kuto Besak. Karena letak pulau ini berada di tengah-tengah Sungai Musi, maka para wisatawan harus menyewa perahu untuk bisa sampai di pulau ini. Eits, Anda tidak perlu khawatir karena perahu ini akan mengantarkan pulang dan pergi para wisatawan.

Biaya sewa perahu ini pun tidak terlalu mahal yaitu dengan kisaran harga Rp 50.000 sampai dengan harga Rp 70.000 saja. Dengan estimasi waktu yang akan dihabiskan untuk sampai tujuan yaitu sekitar 30 menit.

Jika berlibur pasti para wisatawan sudah siap sedia untuk finansial yang dibutuhkan ketika liburan. Ketika para wisatawan memutuskan untuk berwisata ke Pulau Kemaro maka Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

Alias untuk masuk ke pulau ini gratis tanpa biaya sepeser pun. Anda hanya perlu membayar untuk biaya sewa perahu saja. Sangat murah dan ramah, bukan?

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kemaro

Aktivitas di Pulau Kemaro
Image Credit: Google Maps (Danang keren)

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke suatu tempat, sudah tentu ada kegiatan menarik yang akan dilakukan di tempat tersebut. Begitu juga dengan keberadaan Pulau Kemaro yang tentunya memiliki beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Di antara kegiatan tersebut yaitu:

1. Perayaan Cap Go Meh

Sudah bukan menjadi hal yang asing jika di tempat ini dirayakan Cap Go Meh. Pasalnya tempat ini memiliki pagoda yang merupakan pusat spiritual agama Buddha. Banyak orang berbondong-bondong untuk mendatangi tempat ini ketika perayaan tiba karena anggapan masyarakat bahwa tempat ini sakral.

Perayaan Cap Go Meh ini biasanya ditandai dengan adanya berbagai lampion dan lilin di sepanjang Sungai Musi. Perayaan Cap Go Meh ini biasanya dilakukan dengan berdoa bersama dan juga pelepasan burung sebagai ajang untuk bersilaturahmi.

2. Ziarah ke Pagoda

Pagoda merupakan ikon dari pulau ini dan juga keberadaannya yang dianggap sakral oleh masyarakat menjadikan tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Para pengunjung merupakan peziarah yang akan berdoa di pagoda ini. Mayoritas peziarah pun dari masyarakat berbagai wilayah dan masih memiliki garis keturunan Tionghoa.

3. Berkunjung ke Delta

Selain bangunan pagoda yang menarik dikunjungi, adanya delta di pulau ini pun tak kalah menariknya. Terlebih dengan adanya Pohon Cinta Abadi yang terletak di delta ini. berbagai mitos pun beredar mengenai adanya pohon ini. banyak yang mengatakan bahwa jika mengukir nama Anda dan pasangan kelak akan langgeng sampai ke pelaminan.

Aktivitas Menarik di Pulau Kemaro
Image Credit: Google Maps (Yakup Toni)

4. Berjalan-Jalan dan Berfoto

Poin terpenting dari kunjungan ke beberapa tempat yaitu jalan-jalan. Jalan-jalan ini menjadi hal yang menarik dilakukan di pulau ini. Para wisatawan dapat menjelajahi Pulau Kemaro ini sembari mencari spot foto yang cocok untuk berswafoto dengan partner Anda yang tentunya instagramable.

5. Wisata Sejarah

Seperti sudah dijelaskan di awal bahwa pulau ini terdapat pagoda dengan berbagai tempat keagamaan yang menarik untuk dikunjungi. Dari adanya kunjungan ini maka dapat menambah wawasan para wisatawan sekaligus sebagai sarana wisata berbasis edukasi tentunya.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau Kemaro

Penginapan Terdekat Pulau Kemaro
Image Credit: Traveloka.com

1. The 101 Palembang Rajawali

Rekomendasi penginapan pertama yaitu The 101 Palembang Rajawali yang mempunyai jarak sekitar 5,96 km dari pulau ini. Dengan jarak yang lumayan dekat ini maka Anda bisa menyewa dengan harga Rp 2.000.000 saja per malam untuk satu kamar.

Dengan harga yang cukup wow maka bagi Anda yang menyewa penginapan ini akan mendapatkan fasilitas dengan pelayanan yang sebanding pula. Di antara fasilitasnya yaitu parkir mobil yang luas, wifi yang kencang, restoran, room service dan juga cleaning service. Kebersihan dari hotel ini pun tidak pernah mengecewakan.

Untuk makanan pun juga sangat nikmat. Untuk memesan kamar hotel ini, Anda bisa melakukan via online maupun offline.

2. The Excelton Hotel

Penginapan kedua yang direkomendasikan kepada Anda yaitu The Excelton Hotel. Hotel ini sudah mendapatkan peringkat bintang lima. Memiliki jarak dengan pulau ini sekitar 9,62 km. Meski agak jauh, namun harga yang ditawarkan lumayan. Yaitu untuk satu kamar per malam hanya dengan biaya Rp 738.000 saja. Sangat murah, bukan?

Berbicara tentang fasilitas dari hotel ini di antaranya yaitu wifi, restoran, room service, cleaning service, dan juga kolam renang. Sehingga bagi Anda yang ingin menginap dan paginya berenang, maka tempat ini cocok bagi Anda.

3. Wyndham Opi Hotel Palembang

Rekomendasi terakhir ini yaitu Wyndham Opi Hotel Palembang yang sudah bintang lima. Dan memiliki jarak 6,97 km dari pulau ini. Tidak terlalu jauh, bukan? Untuk biaya sewa hotel ini yaitu Rp 689.350 per kamar dalam satu malam.

Untuk fasilitas hotel ini juga tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya yaitu parkir mobil, wifi, restoran, room service, cleaning service. Fasilitas yang sangat lengkap, kan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Kemaro

Fasilitas di Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @inodonii

Setelah mengetahui seluk beluk Pulau Kemaro, maka apa saja sih fasilitas yang disediakan pulau ini? Nah, di antara berbagai fasilitas itu di antaranya yaitu perahu. Perahu di pulau ini sangat berfungsi untuk mengantarkan para wisatawan agar sampai di tempat tujuan. Maka dari itu masyarakat setempat berinisiatif untuk menyewakan perahu dengan taraf harga yang ramah di kantong.

Selain adanya perahu, tentu ada dermaga sebagai titik awal keberangkatan sebelum menaiki perahu. Seperti dijelaskan di awal tentang adanya dermaga yang tentunya sangat dibutuhkan oleh para wisatawan. Dermaga yang tersedia kini mulai sering beroperasi. Hal ini tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat setempat.

Fasilitas selanjutnya yaitu aksesibilitas berupa jalanan yang sudah mulai diperbaiki. Sehingga ketika jalan yang Anda tapaki sudah baik, maka para wisatawan yang berkeliling Pulau Kemaro pun akan merasa nyaman tanpa adanya gangguan.

Ketika Anda sudah puas berkeliling dan menjelajahi pulau ini, maka satu hal yang tidak boleh ditinggalkan yaitu buah tangan. Sebelum pulang, maka jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli buah tangan maupun cinderamata bagi orang-orang yang Anda sayangi. Berbagai cinderamata dan juga buah tangan khas daerah setempat ini pun dijual dengan harga yang sangat bersahabat tentunya.

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Kemaro yang dapat dipaparkan bagi Anda. Jangan lupa untuk segera mengagendakan wisata ke pulau ini. Tentunya wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda. So, ajak teman-temanmu, keluarga, saudara, maupun kerapat untuk berlibur di pulau ini. Kehadiran Anda pastinya ditunggu dan akan sangat berarti!