37 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

22 Tempat Wisata di Palembang

Mendengar nama Palembang membuat kita ingat dengan kuliner khas yang dimilikinya yakni Pempek. Rasa yang gurih dari ikan dan olahan bumbu rempah yang pas membuat siapa saja suka menjadikannya sebagai camilan. Tetapi tidak hanya itu, Palembang menawarkan keragaman lainnya seperti wisata, keindahan alam yang ada di wilayahnya serta berbagai keunikan yang ditemukan.

Palembang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan sangat patut Anda dieksplor. Berikut ulasan 37 tempat wisata di Palembang yang wajib Anda kunjungi saat berada di kota Pempek ini.

1. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang

Image Credit by Skyscrapercity.com

Fantasy Island Palembang merupakan tempat wisata yang terbilang baru dan menawarkan konsep yang menyenangkan. Terutama untuk anak-anak kecil dengan aneka permainan lengkap. Harga tiket yang ditentukan juga terjangkau sehingga cocok untuk rekreasi keluarga.

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menemukan kolam dengan kedalaman 50 cm saja untuk balita. Ada juga permainan gokart atau kereta gantung. Lokasinya berada di Jalan Prameswara, karya Jaya, Kertapati.

Lokasi: Jl. Prameswara, Karya Jaya, Kec. Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Image Credit by Pesonawisataindonesia.com

Destinasi wisata berikutnya adalah Pulau kemaro. Tempat wisata ini memang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara. Di lokasi ini, para wisatawan bisa mengunjungi sebuah vihara terutama untuk yang beragama Budha.

Ada kisah legenda percintaan antara seorang putri dan juga pangeran dari China yang benar-benar melekat pada tempat ini. Ada juga pagoda 9 lantai yang dibangun di tahun 2006 silam. Lokasinya berada di Sei Selayur, Kalidoni 1 Ilir. Kurang lebih 5 km dari pusat kota.

Lokasi: Palembang, Sumatera Selatan.

3. Kambang Iwak Family Park

Kambang Iwak Family Park

Image Credit by Travellericonicrunaway.blogspot.com

Tempat wisata yang ada di Palembang berikutnya adalah Kambang Iwak Family Park. Danau di pusat kota ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Ada pepohonan yang rindang yang memberi kesejukan saat di pagi hari. Pemandangan malam hari juga terlihat makin berwarna dengan air mancur yang menggoda.

Tempat wisata ini berada di Jalan Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil. Banyak wisatawan yang datang terutama di akhir pekan. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen liburan disini.

Lokasi: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

4. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Image Credit by Kitogalo.com

Menjadi satu-satunya wisata hutan di Palembang, tempat ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya yang indah. Meskipun luas area sekitar 50 hektare, objek wisata alam ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Ada jembatan kayu, perahu, atraksi gajah hingga taman.

Lokasi Hutan Punti Kayu berada di Jalan Kol. Burlian, Karya Baru. Tempat wisata yang rindang dan cocok untuk mereka yang ingin mendapat suasana sejuk. Datanglah bersama keluarga agar memiliki quality time saat liburan.

Lokasi: Jl. Kol. Burlian KM 6.5, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan.

5. Kolam Renang Lumban Tirta

Kolam Renang Lumban Tirta

Image Credit by Antarafoto.com

Berikutnya datang dari kolam renang lumban tirta. Bagi wisatawan yang ingin berenang dengan tarif yang hemat, tempat ini menjadi pilihan tepat. Kolam renang lumban tirta ini merupakan aset pemerintah yang buka setiap hari.

Wisatawan bisa datang dari jam 08.300 hingga 17.00 dengan tarif yang terjangkau. Hanya Rp. 15.000 saja per orang. Lokasinya berada di Jalan Pom Kampus 9 Lorok pakjo, Ilir Barat.

Lokasi: Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan.

6. Museum Negeri Balaputra Dewa

Museum Negeri Balaputra Dewa

Image Credit: Sites.google.com

Ketika mengunjungi Museum Negeri Balaputra Dewa, kamu mungkin menyadari jika tampilan rumah limasnya tidaklah asing terlihat. Benar, pasalnya museum ini memang digambarkan pada uang bernilai 10 ribuan lama.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1830 dan terbuat dari kayu ini, berlokasi di Museum Negeri Sumatera atau Museum Balaputra Dewa. Uniknya, ternyata bangunan ini disebutkan sempat berpindah beberapa kali.

Lokasi: Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

7. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang

Image Credit: Pegipegi.com

Selagi singgah di kota Palembang, jangan lupa menyempatkan diri berkunjung ke Masjid Agung. Masjid yang didirikan oleh Sultan Mahmud Badarussin I ini, kemudian dijadikan sebagai masjid nasional sekaligus menjadi cagar budaya yang wajib dilestarikan. Bentuk masjidnya pun cukup unik, lantaran memadukan antara tiga kebudayaan menjadi satu kesatuan yang tampak megah.

Tiga kebudayaan tersebut meliputi Indonesia, Eropa, dan juga China. Gaya arsitektur China disematkan pada bagian atapnya yang serupa dengan kelenteng, serta ujung menaranya yang tampak mengerucut bak tumpeng. Sedangkan gaya arsitektur Eropanya, ditampilkan pada bagian pintu gerbang masjid yang tampak kokoh nan besar. Ketika dilihat saat malam hari, bangunan ini pun tampak cantik dengan hiasan aneka lampu penerangan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

8. Taman Kembang Iwak Besak

Taman Kembang Iwak Besak

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pada awalnya, taman cantik dengan luas sekitar 5 ha ini, dibangun bagi para keturunan Belanda yang hendak berolahraga. Sebagai penghias untuk mempercantik tampilan, taman ini pun dilengkapi dengan danau di bagian tengahnya. Selain sebagai penghias, danau tersebut difungsikan sebagai tempat menampung air hujan agar tidak terjadi banjir.

Sadar jika Taman Kembang Iwak Besak disebut sebagai wisata populer, pihak pengelola pun terus memperbarui taman dengan menambahkan sejumlah fasilitas bagi para pengunjungnya. Beberapa fasilitas tambahan tersebut meliputi taman bermain untuk anak, keran air langsung minum, tempat bersantai sembari menikmati keindahan taman, dan tidak lupa hotspot gratis untuk akses internet lancar.

Lokasi: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

9. Kampung Arab Palembang

Kampung Arab Palembang

Image Credit: Ampera.co.id

Berkunjung ke kota Palembang, terasa kurang afsol jika belum mengunjungi kampung unik bernama Kampung Arab Palembang. Ketika berkunjung kesana, wisatawan akan melihat beberapa bangunan ala tempo dulu masih terjaga dengan baik dan terawat.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer

Menurut informasi yang didapatkan, bangunan tersebut telah berusia lebih dari 200 tahun lamanya.  Bahkan saat menelusuri kampung tersebut, wisatawan dapat merasakan nuansa ala Timur Tengah yang cukup kental.

Lokasi: Munawar, Lrg. Al Haddad No.13, 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Kota Palembang.

10. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Image Credit by Wikipedia.org

Setelah menikmati beberapa tempat wisata andalan, waktunya untuk berkunjung ke museum agar bisa mendapatkan wisata sejarah. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II adalah peninggalan dari sejarah kerajaan Palembang Darussalam. Memiliki konstruksi tangga yang berkelok, wisatawan bisa melihat koleksi benda bersejarah di dalamnya.

Lokasi museum berada di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin 19 Ilir, Bukit Kecil. Tempat wisata yang cocok untuk anak-anak atau para siswa siswi untuk study tour.

Lokasi: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

11. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Image Credit by Pegipegi.com

Benteng juga bisa menjadi tempat wisata karena merupakan salah satu bagian dari sejarah. Namanya adalah Benteng Kuto Besak yang memiliki usia lebih dari dua abad. Menjadi bagian dari bangunan keraton Palembang. Benteng ini dibangun menggunakan cara unik yatu perekat bahan materialnya menggunakan putih telur.

Lokasi benteng berada di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin 19 Ilir, Bukit Kecil. Benteng ini juga tak jauh dari lokasi museum. Wisatawan bisa mengunjungi beberapa peninggalan sejarah di sektiar benteng.

Lokasi: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

12. Palembang Bird Park

Palembang Bird Park

Image Credit by Jejakpiknik.com

Berlibur mendengar kicauan burung dan juga berinteraksi secara langsung bisa menjadi aktivitas menyenangkan. Para wisatawan bisa memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Palembang Bird Park ini memberi kesan berlibur yang seru untuk si kecil. Ada banyak jenis burung di lokasi wisata dan patut dikenalkan pada anak-anak.

Mereka akan senang mengenal berbagai macam jenis burung. Lokasinya berada di jalan Gubernur H.A Bastari, Jakabaring. Palembang Bird Park mudah diakses dan menjadi tempat wisata nyaman untuk keluarga.

Lokasi: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Palembang, Sumatera Selatan.

13. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Image Credit by Srivijaya.id

Tak akan lengkap rasanya jika datang ke Palembang tetapi tidak menyempatkan diri ke Jembatan Ampera. Ada kemegahan jembatan dan juga luasnya sungai musi yang begitu ikonik. Jembatan yang bersejarah ini ada di atas sungai musi dan merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan yang sudah dibangun di tahun 1962.

Jembatan ini ada di Jalan Lintas Timur Palembang. Jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan juga Seberang ilir yang terpisah karena Sungai Musi. Sebaiknya berkunjung di malam hari karena membuat para wisatawan bisa menikmati keindahannya.

Lokasi: Pusat Kota Palembang, Sumatera Selatan.

14. The Amanzi Waterpark Citragrand City

The Amanzi Waterpark Citragrand City

Image Credit by Cag.co.id

Namanya adalah The Amanzi Waterpark dan menaidi destinasi andalan untuk banyak orang. Sebab, disini para wisatawan bisa mendapatkan banyak permainan seru dan menyenangkan. Ada wahana Zimba dan juga Cora Pool. Ada juga The Falls yang merupakan seluncuran sepanjang 90 meter serta ketinggian 14 meter. Ada Kilimmanjaro Tower, kolam arus River Nile sepanjang 500 meter dan masih banyak lagi.

Permainan seru dan menyenangkan ini bisa dinikmati di The Amanzi Waterpark Citragrand City. Lokasinya berada di Jalan Tembus Alang-Alang lebar KM. 12 Talang Kelapa. Objek Wisata di Palembang yang recommended untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Alang-Alang KM 12 Blok D No. 38, Talang Kelapa, Kec. Alang-Alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan.

15. Pelabuhan Tanjung Api-Api

Pelabuhan Tanjung Api-Api

Image Credit: Kataomed.com

Berbicara mengenai pelabuhan, hal pertama yang terbayang di pikiran yaitu lokasinya yang berada di daerah pantai dan dipenuhi dengan perahu nelayan. Namun Pelabuhan Tanjung Api Api tampak sedikit berbeda, lantaran dari kejauhan tampak seperti ada sebuah garis batas antara daratan dan lautan.

Bahkan dapat dikatakan jika pelabuhan tersebut, lebih mirip dengan sebuah danau luas dan dihias dengan pepohonan bakau yang menyejukkan mata.

Lokasi: Rimau Sungsang, Kec. Banyu Asin II, Kab. Banyu Asin.

16. Masjid Lawang Kidul

Masjid Lawang Kidul

Image Credit: Twitter.com @Pesonasriwijaya

Selama berkunjung ke Sungai Musi, silahkan sedikit bergeser ke tempat bersejarah bernama Masjid Lawang Kidul. Bukan hanya sebagai tempat beribadah semata, pasalnya bangunan ini menjadi saksi bisu bagaimana perkembangan agama Islam di Palembang.

Disebut sebagai saksi bisu, lantaran bangunan ini telah dibangun sejak tahun 1310 H atau sekitar 1890 M. Meski disebut bangunan kuno, masjid ini tetap berdiri kokoh dan terlihat bersih dan terawat.

Lokasi: Lorong Masjid Lawang Kidul, Lawang Kidul, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

17. Tangga 2001

Tangga 2001

Image Credit: Pegipegi.com

Baru saja diresmikan pada tahun 2018 lalu, tangga 2001 ini berlokasi di sekitar lereng Gunung Dempo. Nama yang diberikan hanyalah pemanis semata, pasalnya jumlah tangga yang ada hanya berkisar ratusan saja. Dimana tangga tersebut tampak membelah hamparan perkebunan teh hingga mencapai ketinggian tertentu.

Ketika berada di puncaknya, kamu bsia melihat pemandangan Gunung Dempo lebih dekat sekaligus mencoba wahana sepeda gantung.

Lokasi: Dempo Makmur, Kec. Pagaralam, Kota Pagar Alam.

18. Tugu Belido

Tugu Belido

Image Credit: Srivijaya.id

Lokasinya yang berada di tepian Sungai Musi dan berhadapan langsung dengan Jembatan Ampera, membuat tugu ikan Belido ini tampak menarik perhatian. Pasalnya tugu Belido bukanlah sembarang tugu, melainkan dijadikan sebagai ikon baru khusus untuk wisata yang ada di Palembang. Sedangkan ikan Belido sendiri, merupakan hewan yang banyak ditemukan di Sungai Musi meski kini sudah semakin langka.

BACA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

19. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang

Image Credit by Anekatempatwisata.com

Menjadi tempat wisata religi dan disebut dengan Masjid Cheng Ho Palembang. Tempat ini memang menawarkan keunikan tersendiri. Ada perpaduan antara budaya yang berbeda dan dilengkapi dengan gaya arsitektur yang unik. Masjid ini bisa mengombinasikan beberapa unsur budaya secara harmonis dalam desain arsitekturnya.

Ada unsur budaya dari Nusantara, China dan Arab yang berpadu serta menghasilkan design yang berbeda serta menarik. Wisatawan bisa beribadah sholat dan menikmati bagaimana arsitektur masjid ini. Lokasinya berada di 15 Ulu, Seberang Ulu.

Lokasi: 5 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan.

20. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Image Credit by Wikipedia.org

Taman ini memang menyediakan beberapa benda purbakala yang merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Ada peralatan kayu, arca, tombak dan juga payung. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ini cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Tempatnya berada di Karang Anyar, Gandus, kota Palembang. Tempat wisata yang bisa dikungjuni saat liburan bersama anak-anak. Tak sedikit sekolah yang mengadakan study tour ke tempat ini.

Lokasi: Jl. Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

21. Bayt Al-Quran Raksasa

Bayt Al-Quran Raksasa

Image Credit by Nulis.co.id

Datang ke Palembang memang akan membuat hari libur makin menyenangkan. Mereka yang ingin mengetahui tempat wisata religi yang unik bisa datang ke pondok pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang. Ada alquran raksasa disana yang menyita kekaguman dari para pengunjung. Uniknya, setiap lembar alquran ini terbuat daari lembaran kayu trembesi dengan ayat yang dipahat.

Lokasinya berada di Jalan Mohaman Amin Gandus Kota Palembang. Tak sedikit wisatawan yang datang atau sowan untuk mengetahui kondisi pondok pesantren dan juga melihat alquran raksasa ini. Anda bisa berkunjung dengan si kecil untuk mengenalkannya tentang agama Islam lebih dekat.

Lokasi: Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

22. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang

Image Credit by Wikipedia.org

Bukit Siguntang ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata. Sampai sekarang bukit ini masih menjadi tempat yang cukup sakral. Masyarakat disana menjadikannya untuk berziarah ke makam-makam para bangsawan Palembang.

Letak Bukit Siguntang ini sekitar 3 km dari Sungai Musi ke arah utara. Letak ini merupakan suah bukit kecil yang tingginya sekitar 30 meter diatas permukaan laut. Bukit ini juga biasa dijadikan sebagai tempat bertapa ketika Kerajaan Sriwijaya masih berjaya dahulu kala.

Lokasi: Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan.

23. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Image Credit by Rumahrosohomestay.com

Tempat wisata yang cukup sejuk berikutnya adalah air terjun bidadari. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Tepinya ada pohon-pohon rindang yang membentuk goa dan meneduhkan siapa saja yang datang. Ada akar-akar pohon yang bergantungan dan menambah sisi unik dari tempat ini.

Air terjun bidadari bisa dicapai dengan kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat. Jika sudah sampai di Desa Karang, wisatawan harus berjalan kaki melintasi kebun kopi. Setelahnya masuk ke hutan 30 menit dan sampailah di tempat lokasi.

Lokasi: Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

24. Sungai Gerong

Sungai Gerong

Image Credit: Mapio.net

Sungai Gerong merupakan salah satu tempat wisata terbaik untuk dikunjungi bersama dengan keluarga tersayang. Lokasinya yang berada tepat di tepian sungai Musi, dirasa cocok sebagai tempat bersantai ria ataupun piknik.

Kini tempat wisata alam di Palembang ini pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga, taman olahraga, penangkaran rusa sekaligus kupu kupu. Dijamin rasa penat yang memenuhi kepala, sejenak akan menghilang dan digantikan dengan rasa bahagia.

Lokasi: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kota Palembang.

25. Goa Putri

Goa Putri

Image Credit: Traverse.id

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualangan dan tertarik dengan hal baru, tampaknya berkunjung ke Goa Putri bisa menjadi alternatif terbaik. Goa yang telah berumur sekitar 350 tahunan ini,  memiliki panjang kurang lebih 150 meter.

Saat menelusuri lebih dalam, wisatawan busa menemukan sebuah batu yang diberi nama Batu Putri. Konon batu tersebut merupakan jelmaan dari Putri Balian yang berubah akibat terkena sumpah Si Pahit Lidah.

Lokasi: Padang Bindu, Kec. Semindang Aji, Kab. Ogan Komering Ulu.

26. Danau OPI

Danau OPI

Image Credit: Kabarsriwijaya.com

Saat cuaca terik tengah menyengat, maka berkunjung ke Danau OPI bisa menjadi pilihan terbaik. Danau cantik satu ini, dibuat khusus oleh Pemerintah Kota Palembang untuk pelaksanaan PON cabang olahraga dayung.

Selain digunakan sebagai pelaksaan acara olahraga, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata dengan berbagai aktifitas air. Mulai dari banana boat ataupun sekedar bermain sepeda bebek bisa dilakukan disini.

Lokasi: Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kab. Banyu Asin.

27. Museum Tekstil Palembang

Museum Tekstil Palembang

Image Credit: Flickr.com @Balaputradewa

Senang menjelajahi wisata bersejarah ? Jika memang demikian, maka sempatkan diri untuk melipir ke Museum Tekstil Palembang. Sebagai salah satu bangunan kuno bersejarah, tempat ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan yang jauh jauh penasaran dengan keunikannya. Pasalnya, bangunan ini disematkan dengan gaya arsitektur unik bergaya Eropa yang terjaga dengan baik hingga saat ini.

Lokasi: Jl. Merdeka No.9, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

28. Waterpark Danau Tanah Mas

Waterpark Danau Tanah Mas

Lokasi: Jl. Raya Palembang – Betung KM 14, Sukamoro, Kec. Talang Kelapa, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan. – Image Credit by Danautanahmas.blogspot.com

Namanya adalah Waterpark Danau Tanah Mas. Tempat wisata ini diketahui dulunya dibangun sebagai sarana hiburan saja. Tetapi seiring berjalannya waktu tempat ini beralih fungsi sebagai tempat wisata untuk banyak orang. Bisa dikatakan sebagai tempat favorit banyak orang.

BACA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Wisatawan bisa menikmati fasilitas yang ada seperti waterpark, taman dinosaurus, perahu bebek dan lain sebagainya. Lokasi tempat wisata ini berada di Tanah Mas, Talang Kelapa Sukamoro. Di akhir pekan, tempat wisata tersebut terbilang cukup ramai.

29. Taman Pelangi

Taman Pelangi

Lokasi: Jl. Gub H Bastari, 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan. – Image Credit by Tamanpelangisriwijaya.blogspot.com

Mereka yang ingin melihat keindahan di malam hari maka bisa mengunjungi Taman Pelangi. Namanya adalah Taman Pelangi Sriwijaya yang memiliki luas sekitar 16 hektare. Tempat wisata ini dibuka untuk umum di tanggal 28 September 2014. Dinamakan demikian karena memang taman pelangi ini memiliki permainan yang dipenuhi oleh pancaran cahaya warna warni yang menarik hati.

Ada setidaknya 24 jenis permainan dengan harga tiket kisaran Rp. 5000 sampai dengan Rp. 25.000. Wahana yang tersedia juga sangat diminati. Seperti romantic garden dengan properti yang unik dan penuh warna. Lokasinya berada di Jalan Gub H Bastari, 15 Ulu, Kecamatan Seberang.

30. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung

Image Credit by Wisatania.com

Dengan ketinggian hampir mencapai 80 meter, air terjun ini memang dipuja oleh banyak wisatawan karena keindahannya. Ada yang paling cantik dari air terjun Maung. Yakni adanya aliran air terjun yang terbagi-bagi oleh dinding jurang dan juga rumput yang hijau serta menyejukkan mata.

Air terjun maung berada di Kabupaten Lahat. Tempat wisata ini terbilang cukup ramai karena adanya panorama alam yang indah. Tak sedikit mereka yang datang untuk mencari spot foto di sekitar lokasi.

Lokasi: Desa Rinduhati, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

31. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Image Credit by Kaskus.co.id

Masih dengan wisata air terjun yang ada di Palembang. Namanya adalah Air Terjun Lematang Indah. Wisata ini diketahui menjadi satu objek wisata alam andalan yang ada di Sumatera Selatan. Dengan ketinggian 40 meter dan memiliki panorama yang hijau di sekitar lokasi wisata.

Air terjun ini berlokasi di tepi Kota Pagar Alam yakni tepatnya di antara Kota Lahat dan juga Kota Pagar Alam yang membuatnya mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Ada tangga yang bisa membantu wisatawan untuk naik dan turun. Sementara di sebelah tangga ada tempat untuk istirahat dan juga warung untuk mengisi perut ketika lapar.

Lokasi: Prahu Dipo, Dempo Selatan, Pagar Alam, Sumatera Selatan.

32. Gunung Dempo

Gunung Dempo

Image Credit by Pintokus.blogspot.com

Kali ini tentang tempat wisata bagi para pendaki. Gunung dempo memiliki ketinggian kurang lebih 3159 mdpl yang mana memiliki pemandangan indah dengan adanya kebun teh berhektar-hektar. Uniknya, kawah ini juga bisa berubah warna sewaktu-waktu. Kadang berwarna putih, biru ataupun hijau. Sementara di dekat gunung ini ada juga Kampung Ampat yang kebanyakan warganya adalah suku jawa.

Para wisatawan yang datang bisa juga mempelajari adat atau budaya yang mereka jaga. Tak heran pula bahwa tempat ini menjadi tujuan transmigrasi masyarakat Jawa. Gunung Dempo berada di Dempo Makmur, Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam.

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Pagar Alam, Sumatera Selatan.

33. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Image Credit: Indephedia.com

Sesuai dengan nama yang diberikan, momumen ini didirikan memang untuk mengenang kembali bagaimana perjuangan rakyat Palembang melawan penjajah. Dimana monumen ini seakan mampu sebagai tumpukan cerita, gambaran, serta peralatan yang digunakan ketika perang lima hari lima malam yang telah melibatkan seluruh rakyat Palembang. Hingga saat ini, monumen ini berdiiri kokoh di pusat kota dan berada tak jauh dari Jembatan Ampera.

Lokasi: 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

34. Klenteng Chandra Nadi

Klenteng Chandra Nadi

Image Credit: Palembang.go.id

Selain memiliki masjid bersejarah, ternyata Palembang juga memiliki Klenteng yang tampak menarik untuk dikunjungi. Pasalnya Klenteng Chandra Nadi yang dibangun pada tahun 1733 ini bukanlah sekedar tempat ibadah semata, melainkan sebagai bangunan kuno bersejarah.

Klenteng ini tampak unik, lantaran tampilannya yang eksotis lantaran didominasi oleh warna merah di setiap sudutnya. Siapapun yang melihanya, akan tertegun tiada henti dan ingin mengabadikannya.

Lokasi: Jl. Benteng, 9/10 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang.

35. G Art Studio

G Art Studio

Image Credit: Merahputih.com

Khusus bagi kamu yang hobi berswafoto kekinian, jangan sampai melewatkan tempat wisata unik bernama G Art Studio. Hal yang membuat studio ini tampak menarik, yaitu adanya penawaran berbagai spot keren untuk berfoto tricky eyes tiga dimensi. Ketika berada disana, wisatawan seolah olah masuk ke dalam lukisannya yang mampu menghasilkan kesan ciamik ketika diabadikan.

Lokasi: Jl. Kol. H. Burlian, Karya Baru, Kec. Sukarami, Kota Palembang.

36. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan

Image Credit by Pergiberwisata.com

Kampung Kapitan merupakan salah satu kawasan yang dinilai memiliki sejarah tinggi. Kampung ini merupakan tempat pertama kalinya warga Tionghoa menetap di wilayah Palembang ketika kota tersebut masih ada dalam jajahan Belanda. Rumah di kawasan kampung ini juga mengandung dua pengaruh budaya yaitu budaya Tionghoa dan juga budaya Palembang.

Kampung Kapitan ini berada di Dermaga Jalan KH. Azhari 7 Ulu, Kecamatan Seberang. Wisatawan bisa menikmati adanya pemandangan unik di dalam kampung. Ada rumah khas yang menyerupai limas dengan tiang yang menopang berdirinya rumah. Kampung Kapitan memilki nilai seni dan budaya yang terletak pada struktur bangunan.

Lokasi: Dermaga, Jl. KH. Azhari, 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan.

37. Gelora Sriwijaya

Gelora Sriwijaya

Image Credit by Palembang-tourism.com

Meski hanya sebuah stadion, tetapi warga Palembang bangga karena Gelora Sriwijaya memiliki stadion yang multifungsi. Menjadi yang terbesar ketiga di Indonesia dan sering digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas dan juga tempat tanding sepak bola.

Ada banyak acara yang sudah dilakukan disana karena memang tempatnya cukup luas. Gelora Sriwijaya mampu menampung lebih dari 40 ribu orang. Dilengkapi pula dengan fasilitas senam, landas pacu balap sepeda dan kolam renang. Lokasi Gelora Sriwijaya berada di Jalan Gubernur H. A Bastari, 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu.

Lokasi: Jl. Gubernur H. A Bastari, 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan.

Dari 37 Destinasi Wisata di Palembang ini, beberapa diantaranya memang begitu menarik hati. Ada keindahan dari wisata alam yang ditawarkan. Ada juga wisata buatan yang dikelola dengan baik untuk warga sekitar. Tak heran jika nama Palembang juga dikenal hingga masyarakat luar negeri karena kekayaan alam yang dimilikinya.

Nikmati berlibur bersama keluarga dan orang tersayang dengan perjalanan ke Palembang serta menjelajah tempat-tempat bersejarah yang ada disana.