Bukit Siguntang, Menapaki Paninggalan Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bukit Siguntang, Menapaki Paninggalan Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bukit Siguntang salah satu objek wisata dan bukit bersejarah di Kota Palembang. Bukit yang unik untuk menjejaki peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dalam kawasannya terdapat makam kerajaan dan reruntuhan dari abad ke-6 hingga 13 masehi.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Palembang adalah salah satu kota yang berada di Sumatera Selatan. Palembang juga merupakan ibu kota dari Sumatera Selatan. Kota ini sangat terkenal di masyarakat akan kekayaan yang dimilikinya dan berpotensi terhadap destinasi wisata yang sangat menarik tentunya. Kota ini bisa menjadi salah satu referensi berwisata ketika liburan telah tiba.

Selain terkenal karena makanan khas empek-empeknya, kota ini juga terkenal akan destinasi wisata yang sangat beraga. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata sejarah yang tentunya sangat mengedukasi para wisatawan. Kali ini Anda akan diajak untuk berkelana mengunjungi salah satu destinasi wisata sejarah di Palembang yaitu Bukit Siguntang.

Bagi para wisatawan yang menyukai sejarah, tentu saja objek wisata ini wajib sekali untuk dikunjungi. Banyak hal yang akan didapatkan ketika Anda berkunjung di tempat ini. Tempat ini sangat mengedukasi para wisatawan yang mengunjunginya. Maka, jangan lupa untuk mampir di bukit ini bersama keluarga, sanak saudara, teman maupun orang terkasih.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Siguntang

Daya Tarik Bukit Siguntang

Image Credit: Google Maps (Rahmat Alam Akbar)

1. Bukit yang Sakral dan Suci

Berkunjung ke bukit ini merupakan salah satu pengalaman tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini dikarenakan kondisi dari bukit yang konon katanya sangatlah sakral dan juga suci terlebih ketika masih berada di abad 14 sampai abad 17. Berbagai macam makam kerajaan dapat ditemukan di bukit ini. tidak heran lagi jika wisata ini sebagai wisata edukatif yang berbalut sejarah dan religi.

Makam-makam yang berada di Bukit Siguntang misalnya seperti Puteri Kembang Dadar, Raja Sigentar Alam, Puteri Kembang Selako, Panglima Tuan Tunjungan, Panglima Bagus Kuning Panglima Jago Lawang dan juga Pangeran Raja Batu Api. Raja Sigentar Alam yang disebutkan tadi ternyata masih memiliki darah keturunan dari Iskandar Zulkarnaen.

Di samping terdapat banyaknya makam di atas bukit ini, maka ketika berkunjung ke daerah ini juga akan Anda dapati berbagai acam arca dan prasasti. Arca dan prasasti ini merupakan beberapa peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya beberapa tahun lalu sekitar tahun 1920 an. Arca dan prasasti ini digunakan oleh masyarakat terdahulu tempat pemujaan untuk para dewa dan bangsawan.

BACA:  22 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Akan tetapi ketika Anda berkunjung ke tempat ini maka hanya akan didapatkan makam raja-raja terdahulu. Lalu dimanakah letak arca dan prasasti tersebut berada? Nah, arca dan prasasti ini tentunya sudah disimpan oleh pemerintah dan kini dimuseumkan di Museum Nasional Jakarta dan juga Museum Sejarah Sriwijaya.

Banyak orang berpendapat bahwa cikal bakal orang Melayu yang ada di Asia Tenggara adalah bukit ini. Sehingga bukit ini pun dianggap suci oleh mereka. Karena keberadaannya yang sakral, maka ketika akan menyelenggarakan ritual pun biasa dilakukan di bukit ini.

2. Puncak Bukit Tertinggi

Keberadaan bukit ini sangat terkenal degan puncaknya karena ketinggian yang dimiliki hampir mencapai 29 sampai 30 meter di atas permukaan laut. Selain sebagai wisata yang sangat edukatif, tentu saja para wisatawan dapat menikmati keindahan kota Palembang dari atas bukit ini yang puncaknya memang tinggi.

Bukit ini nampak dari kejauhan sebagai bukit yang sangat rimbun dengan adanya pepohonan yang mendominasinya. Selain itu, di sebelah barat laut dan juga barat daya dari bukit ini Anda akan mendapati adanya rawa yang sangat luas. Dan konon katanya di rawa inilah reruntuhan perahu kuno ditemukan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Bukit Siguntang

Alamat dan Harga Tiket Bukit Siguntang

Image Credit: Google Maps (Mami Jaim)

Bagi Anda yang akan berkelana di bukit ini, pastikan untuk mengetahui alamat dari bukit ini. Keberadaan Bukit Siguntang yaitu di daerah Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaan bukit ini sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan karena jarak dengan pusat kota tidaklah terlalu jauh. Jarak tempuhnya kisaran 6 km saja dari pusat kota maupun bandara.

Karena lokasinya yang berada di tengah kota, maka untuk rute menuju objek wisata bukit ini sangatlah mudah dijangkau. Para wisatawan dapat menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi. Transportasi umum yang biasa digunakan untuk menuju bukit ini yaitu angkutan kota berupa bus. Akan tetapi bus ini tidak masuk sampai lokasi, para wisatawan harus berjalan kaki dahulu sekitar 100 meter.

BACA:  Pulau Kemaro, Pulau Unik yang Melegenda di Sungai Musi

Berbagai halte pun dapat Anda jumpai di sekitar wisata ini. Di antaranya ada Halte Simpang SMA 10 B yang jaraknya hanya 537 meter saja. Ada juga Halte Putri Kembang Dadar yang jaraknya sekitar 1 km, begitu juga dengan Halte SMA N 1 yang jaraknya juga sekitar 1 km.

Hal yang perlu untuk Anda ketahui ketika akan berkunjung ke suatu tempat wisata yaitu harga untuk tiket masuk. Bukit ini sangat direkomendasikan karena harga tiket masuk yang dipatok sangatlah bersahabat dengan kisaran hanya Rp 2.000 sampai Rp 3.000. Untuk anak-anak hanya akan dikenakan Rp 2.000 saja dan untuk dewasa yaitu Rp 3.000. Wisata ini tentu sangat murah dan ramah.

Namun, jangan lupa juga bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini dianjurkan di pagi hari. Karena hawanya yang masih sejuk dibanding ketika siang hari. Tempat ini buka dari pukul 07:00-16:00 WIB selama satu minggu full dari hari Senin hingga Minggu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Siguntang

Kegiatan Menarik di Bukit Siguntang

Image Credit: Google Maps (Nurul Wahjuningsi)

Selain memiliki daya tarik tersendiri, tentu saja sebuah tempat wisata juga memiliki kegiatan yang menarik dan tentunya biasa dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke bukit ini. Dan tentunya kegiatan menarik ini sudah seakan-akan menjadi simbol bagi siapapun yang berkunjung ke tempat ini. Di antara kegiatan tersebut yaitu:

1. Wisata Edukatif

Tujuan utama bagi para wisatawan yang berkunjung di Bukit Siguntang yaitu untuk mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah. Jika terkadang anak-anak cepat bosan dengan apa yang disampaikan guru di sekolahnya, maka dengan mengajak anak-anak berlibur di bukit ini tentu dapat mengubah persepsi mereka. Sehingga diharapkan pembelajaran sejarah menyenangkan anak.

2. Ziarah Makam Raja

Karena keberadaan bukit ini masih terdapat beberapa makam raja yang dahulunya merupakan keluarga dari Kerajaan Sriwijaya, sehingga banyak orang menganggapnya keramat. Bahkan pada jaman dahulu bukit ini dijadikan sebagai tempat ibadah oleh penganut agama Buddha. Dengan alasan tersebut, maka tidak asing lagi jika banyak ditemukan orang berziarah di tempat ini.

3. Pre-Wedding

Bagi yang akan menikah, biasanya pasangan tersebut akan melakukan pre wedding terlebih dahulu. Nah, tempat ini bisa menjadi contoh referensi untuk pre wedding. Jika biasanya pre wedding dilakukan di pantai atau di tempat wisata yang lainnya, maka ketika kali ini dilakukan di atas bukit akan memberikan kesan tersendiri.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba

Sensasi berfoto untuk pre wedding di tempat ini sangatlah berbeda. Pasalnya tempat ini merupakan tempat bersejarah. Jangan salah sangka dahulu, karena tempat ini juga menyajikan panorama alam yang sangat indah. Mengingat bahwa bukit ini berada pada ketinggian tertentu dan dianggap sebagai bukit tertinggi juga.

Kegiatan di Bukit Siguntang

Image Credit: Google Maps (Muhammad Halawani)

4. Refreshing

Ketika liburan telah tiba tentu hal utama yang akan dilakukan adalah refreshing. Para wisatawan tentu ingin melepas penat setelah seminggu bekerja atau setelah menjalani sebuah ujian. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berkunjung ke situs sejarah bukit ini.

Ketika para wisatawan memutuskan untuk refreshing di tempat ini, maka tentunya akan disuguhkan berbagai peninggalan terdahulu dengan ciri khas tersendiri. Keberadaan peninggalan terdahulu ini tentunya dikelola dan juga dilestarikan oleh pengelola setempat.

5. Ritual Waisak

Setiap tahun pasti umat manusia akan merayakan hari raya sesuai kepercayaan masing-masing. Begitu juga dengan umat Buddha yang tentu akan merayakan hari raya Waisak. Karena bukit ini sangat fenomenal dengan makam peninggalan kerajaan terdahulu dan sebagai tempat ibadah sakral umat Buddha juga, maka tiap tahun pun umat Buddha berkunjung ke bukit ini.

Kunjungan umat Buddha tentunya untuk merayakan hari raya Waisak dan sudah pasti tempat ini akan dipenuhi mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Siguntang Palembang

Fasilitas di Bukit Siguntang

Image Credit: Google Maps (Andryan Story)

Hal terakhir yang tentunya sering diperhatikan oleh para wisatawan yaitu fasilitas yang disediakan di tempat ini maupun sekitarnya. Santai saja, Anda tidak perlu khawatir mengenai apa yang dibutuhkan. Karena lokasi wisata ini berada di sekitar pusat kota, maka fasilitas yang disediakan pun dapat dikatakan cukup memadai.

Bagi yang ingin menginap tidak perlu susah-susah mencari penginapan. Anda hanya perlu memilih penginapan mana yang akan disewa karena di sekitar tempat ini terdapat banyak sekali penginapan yang direkomendasikan. Dan bagi yang mudah lapar, jangan khawatir juga. Karena di sekitar sini pun juga dengan mudah ditemukan berbagai rumah makan dengan menu andalannya yang ditawarkan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Bukit Siguntang yang merupakan destinasi wisata sejarah dan edukatif di Palembang. Bagi yang berwisata di kota ini, jangan lupa untuk mampir di bukit yang unik ini.