Hanya segelintir orang yang tahu akan indahnya objek wisata di Pulau Samosir. Meskipun pulau ini hanya berbentuk bongkahan daratan yang berada di Danau Toba, Pulau Samosir terkenal atas potensi wisata yang ada didalamnya. Terdapat dua rute untuk bisa menuju Pulau Samosir, yaitu dari Pelabuhan Tigaraja dan Pelabuhan Ajibata.

Meskipun Anda memilih salah satu pelabuhan tersebut, masih tetap sama lama durasi untuk mencapai Pulau Samosir yaitu sekitar 40 menit perjalanan. Untuk kendaraan roda empat, sebaliknya memilih rute dari Kabanjahe diteruskan ke Pangururan dan terakhir adalah Pulau Samosir. Patokan yang bisa Anda perhatikan adalah adanya jembatan Panguruan di dekat Pulau Samosir.

Setibanya di Pulau Samosir, Anda bisa memilih bekeliling terlebih dahulu atau langsung berkelana ke objek wisata pilihan. Beragam pilihan wisata bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, untuk lebih baiknya pilih saja wisata dengan pemandangan Danau Toba di belakangnya. Untuk lebih jelasnya, berikut 22 tempat wisata terbaik di Samosir yang patut Anda kunjungi.

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung
Image Credit: Wisatanyasumut.blogspot.com

Ini adalah tempat strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas yaitu Bukit Holbung. Tidak ada aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, namun suasana sejuk disanalah yang membuat wisatawan betah berlama-lama di Bukit Holbung. Lokasi ini tepat sekali bagi Anda yang datang bersama rombongan untuk relaksasi sejenak menikmati keindahan Danau Toba.

Dari atas Bukit Holbung Anda bisa menyaksikan beberapa nelayan yang sedang mencari ikan. Jika Anda datang saat musim kemarau, akan terpampang rerumputan yang hijau segar layaknya bukit teletubies. Sedangkan tarif yang dikenakan hanya Rp5000 saja untuk satu orang ditambah parkir kendaraan sebesar Rp5.000 untuk roda dua dan RP10.000 untuk roda empat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Raja, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

2. Desa Tomok

Desa Tomok
Image Credit: Wikipedia.org

Ketika Anda ingin menikmati Pulau Samosir dari arah Pelabuhan Ajibata, Desa Tamok merupakan pintu gerbangnya. Di Desa Tamok terdapat makam keluarga Raja Sidabutar, Museum Batak, Batu Kursi Tamok, Patung Sigale-gale, Patung Gajah Purba hingga Gereja Tua.

Tempat ini merupakan salah satu situs kebudayaan ternama Indonesia karena Anda Anda akan menemukan benda-benda zaman megalitik jika berkunjung kesana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sematera Utara.

3. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat
Image Credit: Indonesia.go.id

Tidak hanya Jogja dan Bandung yang mempunyai spot instagramable sarang burung. Spot semacam itu bisa Anda temukan di Puncak Sidiangkat Pulau Samosir. Bahkan ini lebih unik lagi karena didukung oleh background Danau Toba. Spot yang sering dijadikan foto adalah duduk didalam sarang burung layaknya seekor burung yang sedang mengerami telur.

Spot populer lain yang ada di Puncak Sidiangkat adalah dekorasi papan gantung berbentuk love. Sedangkan di tengah dekorasi ini terdapat kursi panjang sebagai tempat berpose. Biasanya wisatawan akan berfoto bersama pasangannya ketika foto di spot tersebut. Sudah terbayang bukan, bagaimana romantisnya memiliki foto dengan frame berbentuk love di sekelilingnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ronggur Nihuta, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

4. Desa Lumban Suhi-Suhi

Desa Lumban Suhi-Suhi
Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang paling populer dikalangan wisatawan dengan Komunitas Pengrajin Kain Tenun Ulos. Karena sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin kain tenun..

Pulau Samosir sangat kaya akan kebudayaan dan tradisi Batak, salah satu ciri khasnya adalah Ulos. Biasanya digunakan untuk acara pernikahan, syukuran, atau acara-acara penting lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumban Suhi Suhi Toruan, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

5. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni
Image Credit: Ceritadisana.blogspot.com

Inilah fenomena langka yang terdapat di Pulau Samosir, yaitu adanya tempat wisata danau namun tempatnya berada diatas danau. Itu adalah Danau Sidhoni, memang wisata ini belum setenar dari Danau Toba. Namun, Anda wajib mengunjungi wisata ini karena salah satu wisata dengan sejuta manfaat didalamnya.

Danau tersebut masih dijadikan sumber perairan oleh masyarakat setempat. Sekaligus menjadi sumber pokok ketika Samosir pernah dilanda kekeringan. Tidak ada biaya yang akan dipungut bagi wisatawan yang datang berkunjung, padahal wisata ini memiliki pemandangan yang sejuk dan indah. Danau Sidhoni bisa menjadi opsi liburan Anda apabila terkendala dengan biaya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sabugan Nihuta, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

6. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon
Image Credit: Tribunnews.com

Museum Huta Bolon Simanindo sudah dibuka tahun 1969 untuk umum, sebagai peninggalan Raja Sidauruk. Untuk sampai ke tempat ini Anda bisa menempuh jarak sekitar 50 menit dari Pangunguran.

Bangunan utama milik raja berdiri megah di museum ini. Sedangkan bangunan-bangunan kecil merupakan rumah pengawalnya. Atmosfir zaman dahulu dan magis sangat terasa ketika Anda memasuki kawasan ini. Seperti Raja Sidauruk masih memegang tahta.

Banyak sekali barang koleksi Raja yang dipamerkan disini seperti alat musik, permainan tradisional, alat musik, perlengkapan adat, patung sigale-gale hingga senjata perang. Anda juga bisa melihat pertunjukan tari dan musik tradisional kuno.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun
Image Credit: Tripelaketoba.com

Istilah lain dari objek wisata ini adalah Air Terjun Binangalom, jadi jangan salah pilih destinasi karena banyak destinasi lain yang menyerupai aslinya. Bingalom atau Situmurun diambil dari bahasa Batak yang berarti air yang menyejukkan hati. Memang benar, karena air terjun tersebut terbilang unik terlihat dari pancuran air yang mengalir dari Danau Toba.

Jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, bisa menggunakan bus dengan biaya Rp 30.000 dengan tujuan Air Terjun Situmurun. Atau bisa juga menyewa mobil dari Parapat menuju ke Pelabuhan Ajibata. Jarak tempuh ke lokasi cukup lama sekitar 3 jam perjalanan, jika menggunakan bus malah semakin lama yaitu sekitar 6 jam perjalanan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

8. Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai
Image Credit: Wisatamedansyariah.com

Destinasi wisata ini terletak di Desa Aek Sipitu Dai, tepatnya terletak di bawah pepohonan yang rimbun. Mata air ini memiliki julukan Air Terjun Rasa, Karena berasal dari satu sumber namun rasa dari setiap pancuran berbeda rasa. Mata air ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Menurut legenda Batak, mata air ini berasal dari cerita Ompung Langgat Limbong berusaha mencari sumber mata air. Karena tak kunjung mendapatkan hasil, dia berdoa. Lalu ditancapkan tongkat ke tanah, berharap ada air yang keluar. Namun sampai 7 kali kayu ditancapkan tongkatnya, air tak kunjung keluar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aek Sipitudai, Kec. Sianjur Mula mula, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

9. Pusuk Buhit Samosir

Pusuk Buhit Samosir
Image Credit: Medanwisata.com

Dari awalnya gunung berapi aktif diubahlah lokasi ini menjadi destinasi wisata yaitu Pusuk Buhit Samosir. Masih banyak desa-desa sekitar yang akan Anda temui seperti Desa Sianjur Mula dan Desa Pangururan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Wisata ini terkenal atas cerita unik yang masih dipercaya hingga saat ini.

Mitos itu adalah lahirnya Suku Batak dari daerah sekitaran Pusuk Buhit ketika masa kerajaan Raja Batak. Penduduk setempat meyakini akan hal ini, itu sebabnya Pulau Buhit sangat diagung-agungkan dan dijaga dengan baik. Aktivitas lain yang bisa Anda nikmati adalah mengunjungi Tower Tele yang berlokasi cukup dekat dengan Pusuk Buhit.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pardugul, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Sampuran Efrata

Air Terjun Sampuran
Image Credit: Visitsamosir.com

Wisata ini merupakan tempat yang masih belum populer dikalangan masyarakat, karena jaraknya jauh dari pusat kota sekitar 20 kilometer. Anda bisa melihat keindahan air terjun yang deras dan memiliki tebing seperti dipahat.

Air Terjun Sampuran Efrata dikelilingi rimbunan pepohonan di kawasan hutan, sehingga Anda bisa melihat burung dan beberapa serangga terbang yang hinggap di pepohonan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosor Dolok, Harian, Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

11. Bukit Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung
Image Credit: Dakatour.com

Masih seputar bukit, terdapat destinasi yang menarik lagi berupa Bukit Indah dari Simarjarunjung. Dari namanya saja bukit ini sudah terlihat menarik, dan faktanya memang benar. Ketika berada di ketinggian, Anda mampu menyaksikan penampakan dari Danau Toba. Sebenarnya ini adalah replika dari objek wisata Jogja yaitu kalibiru.

Hampir setiap fasilitas Bukit Simarjanjung menyerupai objek wisata Kalibiru Jogja. Hanya saja, Bukit Simarjanjung lebih indah ditambah lagi adanya pohon cinta yang paling digemari oleh kaum muda. Untuk bisa kesana, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2.000 /orang. Apabila ingin berfoto di lokasi Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000/orang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

12. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele
Image Credit: Kabersimatupang.com

Tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif menikmati indahnya Danau Toba dari ketinggian. Selain itu Anda juga bisa menikmati eksotisme Air Terjun Efrata, Bukit Holbung dan banyak lainnya dari Menara Pandang Tele ini.

Bukan hanya dapat pengalaman melihat alam dari ketinggian, Namun Anda juga bisa melakukan aktivitas wisata disini seperti kuliner ataupun mengenal sejarah.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

13. Museum Batak

Museum Batak
Image Credit: Situsbudaya.id

Siapapun boleh masuk di Museum Batak, mengingat tidak ada tarif yang dikenakan untuk setiap wisatawan alias gratis. Anda akan melihat banyak benda bersejarah mulai dari pakaian adat, alat Batak Kuno, hingga persenjataan tradisional.

Meskipun ini gratis, tapi Anda bisa memberikan sumbangan seikhlasnya di beberapa sudut ruangan. Sedangkan Jam buka Museum Batak sendiri sudah dibuka mulai pukul 08.00 hingga jam 5 sore.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

14. Pemandian Air Panas Rianiate

Pemandian Air Panas Rianiate
Image Credit: Twitter.com @danautoba_ind

Objek wisata ini sudah mulai populer dikalangan masyarakat sekitar Danau Toba. Air hangat kolam ini berasal dari sumber air panas yang digabungkan dengan air segar.

Selain bisa mandi air hangat, Anda juga bisa menikmati makanan khas Danau Toba, seperti Mie Gomak dan teh susu. Tak hanya hanya lezat, tapi harganya juga terjangkau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rianiate, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

15. Pantai Tanjung Unta

Pantai Tanjung Unta
Image Credit: Tripelaketoba.com

Banyak sekali wisata di Pulau Samosir untuk melihat keindahan Danau Toba, salah satunya adalah Pantai Tanjung Unta. Sangat disayangkan sekali karena wisata ini belum dikelola maksimal, terbukti dengan minimnya fasilitas pantai di area tersebut.

Terdapat tiga rute untuk menuju Tanjung Unta, yaitu dari Medan ke Tigaras, kedua dari Medan menuju Sidamanik dan terakhir dari Medan ke Kebun Kelapa Sawit. Sedangkan tiket masuk lokasi akan dikenakan Rp 7.000/ orang belum termasuk parkir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. St. H.H. Damanik, Tigaras, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun,  Sumatera Utara.

16. Bukit Beta

Bukit Beta
Image Credit: Instagram.com @chukiang.xu

Bukit ini sudah sangat populer dengan keindahan alam yang mempesona. Suasana Bukit Beta ini sama seperti pedesaan di Switzerland.

Di kawasan ini juga terdapat deretan tebing yang menjulang tinggi, kokoh dan dikelilingi oleh indahnya air terjun. Selain itu juga terdapat padang savana yang luas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tuk Tuk Danau, Toba, Kec. Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

17. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat Pangururan
Image Credit: Pedomanwisata.com

Ini adalah objek wisata pemandian air panas di sekitar Gunung Pusuk Buhit. Ketika berada di lokasi ini, Anda akan menikmati suasana sejuk dan alami. Keunikan dari pemandian ini adalah terdapatnya warna air berupa putih keabu-abuan.

Jangan panik ketika Anda tidak membawa bekal makanan, Aek Rangat Pangururan sudah menyediakan warung-warung kecil yang menjual aneka ragam makanan. Menu spesial disana adalah ikan mas, Anda harus menyicipi menu tersebut jika berkunjung kesana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aek Rangat, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

18. Tano Ponggol

Tano Ponggol
Image Credit: Instagram.com @heberhebrewibrani_sitanggang

Tano Panggol merupakan satu-satunya jalan yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir. Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah Anda bisa melihat kapal pesiar melewati bawah jembatan.

Tak hanya melihat Anda juga berkesempatan untuk berkeliling Pulau Samosir menggunakan kapal pesiar yang besar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

19. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara
Image Credit: Tourtoba.com

Objek wisata terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Lembah Bakkara yaitu sebuah aliran sungai yang sangat deras. Semua aliran air ini mengarah langsung ke Danau Toba, karena memang sumber utama aliran ini berada di Danau Toba.

Lokasi ini diangkat dari mitos air kehidupan yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Anda bisa membuktikan sendiri, ketika memiliki penyakit cobalah untuk berendam di pemandian air panas Lembah Bakkara.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siunong Unong Julu, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

20. Panatapan Parhallow View Point

Panatapan Parhallow View Point
Image Credit: Google Maps (Cman Finn)

Destinasi wisata ini sangat cocok buat Anda yang ingin berlibur menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Wisata ini juga sudah sangat populer dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Parhallow view poin ini memilik daya tarik pemandangan yang cukup eksotis, yaitu hijaunya alam semesta.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

21. Batu Guru

Batu Guru
Image Credit: Google Maps (Rina Abigael)

Batu Guru merupakan salah satu destinasi pantai terbaik dan sakral di Naiggolan. Ketika berkunjung ke tempat ini Anda akan melihat 3 batu. Namun konon ceritanya batu di tempat ini selalu berpindah tempat, sehingga meresahkan warga.

Selain melihat batu, Anda juga bisa menikmati segarnya air pantai yang seakan-akan bisa menambah energi kamu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sipinggan Lumban Siantar, Kec. Nainggolan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

22. Pantai Sigurgur

Pantai Sigurgur
Image Credit: Facebook.com @jolysulaiman.sitanggang

Pantai Sigurgur merupakan salah satu wisata bahari yang digemari wisatawan karena pantai yang landai dan luas sangat memudahkan pengunjung untuk bermain air.

Tempat ini memiliki ombak yang tenang, jadi sangat aman untuk bermain di pantai bersama keluarga. Anda juga bisa menikmati aktivitas air lainnya seperti ski air dan perahu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simarmata, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Itulah 22 tempat wisata di Pulau Samosir yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Hampir semua lokasi wisata diatas mempunyai biaya masuk yang cukup terjangkau. Ditambah lagi banyaknya fasilitas yang bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan.