Bukit Gronggong, Tempat Romantis & Favorit di Kota Cirebon

Bukit Gronggong Cirebon

Lokasi: Patapan, Kec. Beber, Kab. Cirebon.
MapCek Lokasi

Untuk para muda-mudi yang ada di daerah Cirebon dan sekitarnya, pasti sudah mengenal Bukit Gronggong dengan baik. Destinasi wisata alam yang menyajikan wisata alam dan wisata malam ini sangat digemari oleh para pasangan yang lagi dimabuk asmara. Tidak hanya pasangan saja tetapi juga digemari oleh keluarga yang suka berwisata ke tempat yang romantis.

Bukit Gronggong terletak di daerah dataran tinggi yang ada di Cirebon, Jawa Barat. Pemandangan yang disajikan sangat indah, membuat mata menjadi berbinar karenanya. Gemerlap lampu dari pemukiman yang ada di sekitarnya membuat suasana di Bukit Gronggong terasa romantis dan bertambah indah karenanya.

Jika dari Anda yang tinggal di sekitar Cirebon atau bahkan Anda yang ada di luar Kota Cirebon merupakan seseorang pemburu fotografi atau artis instagram, sangat diwajibkan Anda untuk datang ke destinasi wisata Bukit Gronggong ini. Dipastikan Anda tidak akan kecewa dengan keindahan alamnya yang sangat indah.

1. Pemandangan Saat Siang dan Malam Hari di Bukit Gronggong

Pemandangan Saat Siang dan Malam Hari di Bukit Gronggong

Image Credit: Patrolinews86.com

Bukit Gronggong memiliki daya tarik utama berupa pemandangnya yang indah. Dimana Anda tidak akan menemukannya di perkotaan. Dimana seluas kita memandang akan diperlihatkan hijaunya rerumputan dan pepohonan yang tumbuh di sana.

Untuk siang hari pun pemandangan yang diperlihatkan tidak kalah menarik. Meskipun kadang teriknya matahari membuat mata silau, akan terbayar dengan sejuknya hembusan angin dan hijaunya pemandangan, selain itu Anda juga dapat melihat pemandangan perkotaan yang ada di depan mata.

Letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat Bukit Gronggong diburu oleh wisatawan dari kota. Suasana dan udara yang seperti di pedesaan membuat mereka semakin betah di Bukit Gronggong. Bahkan mereka juga dapat melihat matahari yang sedang terbenam di sini. Pemandangan yang jarang didapatkan di perkotaan.

Situasi di malam hari pun tidak kalah serunya. Banyaknya pencahayaan dari lampu-lampu yang disediakan oleh pihak pengelola membuat suasana di Bukit Gronggong menjadi semakin romantis. Dari kejauhan pemandangan di siang terlihat seperti kumpulan rumah, jika di malam hari kumpulan rumah tersebut berubah menjadi kristal-kristal lampu yang memukau.

Waktu yang tepat untuk datang ke Bukit Gronggongan disarankan pada waktu malam hari. Karena waktu malam hari suasana pemandangan yang terkesan hanya hijau saja di siang hari, akan berubah menjadi suasana yang sangat romantis dan bagus untuk berfoto.

2. Fasilitas yang Ditawarkan di Bukit Gronggongan

Fasilitas yang Ditawarkan di Bukit Gronggongan

Image Credit: Traveloista.co.id

Tentunya seperti kebanyakan tempat wisata lainnya. Bukit Gronggong juga menyediakan beberapa fasilitas penting untuk para pengunjung. Seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi umum yang bersih, mushola bahkan rumah makan.

Jika Anda datang pada waktu malam hari, Anda juga bisa menikmati lezatnya jagung bakar yang dijual di sekitar tempat wisata untuk menemani Anda melihat pemandangan di sekitar. Selain udaranya yang dingin menikmati jagung bakar yang hangat akan menambah suasana semakin hangat dan romantis.

3. Bukit Bambu Sebagai Wisata Edukasi

Bukit Bambu Sebagai Wisata Edukasi

Image Credit: Travelspromo.com

Bukit Gronggongan baru-baru ini membuka tempat wisata baru sebagai sarana edukasi untuk para wisatawan. Dimana Bukit Bambu menyediakan taman edukasi perihal semua jenis bambu.

Di tempat ini Anda akan diajarkan berbagai jenis bambu yang tumbuh di Indonesia. Selain itu, di sini juga menyediakan tempat oleh-oleh yang bisa dibuat sendiri dari bahan bambu.

4. Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Bukit Gronggong

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Bukit Gronggong

Image Credit: Lamgonnatellyoumystory.com

Untuk jam buka dan jam tutup Bukit Gronggong tidak dibatasi yang artinya Bukit gronggong buka 24 jam. Karena memang rata-rata pengunjung datang pada saat malam hari.

Sehingga pihak pengelola memutuskan untuk buka 24 jam. Tentunya ini dibuat untuk memberi keleluasaan bagi para wisatawan yang ingin melihat pemandangan Bukit Gronggong tanpa dibatasi waktu.

Kabarnya untuk memasuki Kawasan wisata Bukit Gronggongan ini hanya cukup dibayar dengan doa. Yang artinya untuk tiket masuknya sendiri gratis tanpa dipungut biaya. Anda cukup membayar biaya parkir saja. Jika Anda membawa motor Anda hanya ditarik uang sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja, tergantung jenis mobil dan ukurannya.

5. Akses Menuju Bukit Gronggong, Cirebon

Akses Menuju Bukit Gronggong, Cirebo

Image Credit: Wixsite.com

Akses menuju Bukit Gronggong terbilang cukup mudah, jalan yang mulus dan memiliki banyak petunjuk arah akan mempermudah wisatawan yang hendak berwisata ke Bukit Gronggong. Jika Anda wisatawan dari luar kota Anda bisa menggunakan aplikasi google maps untuk mengakses rutenya.

Apabila Anda berlibur seorang diri dari luar kota, Anda tidak perlu merisaukan akses angkutan umum. Karena angkutan umum yang melewati Bukit Gronggong cukup banyak. Jika Anda menggunakan bus Anda cukup turun ke perbatasan tol Kuningan dan dilanjut menaiki mini bus menuju Kuningan. Jika Anda menaiki angkot pilihlah jurusan pasar Cilimus.

Sensasi menaiki kendaraan umum dan pribadi itu memang sangat berbeda. Apalagi jika Anda berwisata dengan kumpulan banyak orang dan menaiki kendaraan umum itu jauh lebih menyenangkan. Anda juga bisa melihat pemandangan rumah-rumah khas Jawa Barat. Tentunya itu juga bisa dijadikan pengalaman yang seru dan bisa diceritakan ulang kelak.

6. Tips Berkunjung ke Bukit Gronggong

Tips Berkunjung ke Bukit Gronggong

Image Credit: Escampur27.tumblr.com

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin berlibur ke Bukit Gronggong yaitu:

  • Jika Anda ingin berlibur ke Bukit Gronggong, Cirebon pastikan Anda mempersiapkan perlengkapan dengan teliti. Sedikit saran bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di Bukit Gronggong, disarankan untuk berangkat waktu sore menjelang petang. Karena pemandangan yang disajikan saat malam cukup bagus dan memukau.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera untuk berfoto. Sayang jika sudah jauh-jauh datang ke Bukit Gronggong ternyata tidak bisa mengabadikan momen. Dan jika perlu siapkan pencahayaan tambahan agar hasil foto terlihat bagus. Bawalah tripod jika memungkinkan. Jika ingin berfoto berdua atau berkelompok dengan teman, Anda tidak perlu merepotkan orang untuk minta tolong.
  • Apabila Anda ingin datang pada waktu malam hari, jangan lupa siapkan jaket dan sarung tangan untuk dibawa. Karena Bukit Gronggong yang terletak di dataran tinggi. Membuat udara yang ada disana sangat dingin. Dan tentunya jangan sampai lupa untuk tidak membawa uang.
  • Untuk berjaga-jaga bawalah power bank, apabila suatu keadaan yang tidak terduga muncul, misalnya baterai Anda habis sebelum Anda sempat berfoto-foto.

Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Bukit Gronggong, tempat wisata romantis di Cirebon. Sedikit tambahan untuk harga parkir tempat wisata Bukit Gronggong sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan dan keputusan pengelola tempat wisata Bukit Gronggong.

Jangan lupa selalu berdoa terlebih dahulu jika ingin berpergian kemanapun. Dan selalu berhati-hati dimanapun Anda berada. Karena kejadian atau kecelakaan akan selalu mengintai kita apabila kita lupa berdoa dan berhati-hati di jalan.