Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pasuketan, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Cirebon termasuk salah satu kota tertua di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya bangunan bersejarah di kota tersebut, salah satunya adalah Gedung British American Tobacco atau yang disingkat dengan Gedung BAT. Bukan hanya sekadar bangunan tua, namun gedung tersebut memiliki banyak nilai sejarah yang terkandung di dalamnya. Bagi warga lokal, BAT kerap digunakan sebagai ajang wisata sejarah sambil menikmati keunikan dari bangunannya.

Dari sejarah panjang yang dilalui, gedung yang berada di kecamatan Lemahwungkuk ini menjadi aset bersejarah bagi pemerintah kota Cirebon. Setiap hari banyak didatangi pengunjung, baik ketika pagi hari, senja, dan bahkan malam. Banyaknya pengunjung ternyata bukan hanya ingin menikmati keunikan bangunan gedung, namun juga berbagai alasan lain. Sayangnya, pengunjung tidak bisa masuk kedalam untuk melihat isi gedung, hanya sensasi dari luarnya saja yang didapat.

Meski demikian, mereka tetap puas dengan apa yang disuguhkan dari luar gedung. Bukan tanpa alasan, karena beberapa daya tarik yang memikat di sekitar lokasi sayang untuk dilewatkan. Bagi yang belum pernah mengunjungi atau penasaran dengan apa saja pesona yang diberikan, silahkan simak ulasan lengkap dari kami pada bab selanjutnya.

Daya Tarik Gedung British American Tobacco

Daya Tarik Gedung British American Tobacco
Image Credit: Google Maps Muhammad Iqfha Nurhidayat

Setiap objek patinya mempunyai daya tarik sehingga pengunjung rela mendatanginya. Meski hanya sebuah gedung, dimana tidak bisa disaksikan bagian dalamnya, namun Gedung British American Tobacco masih memikat hati banyak wisatawan. Mulai dari nilai sejarah hingga keunikan bangunan, semuanya menarik untuk disaksikan.

1. Nilai Sejarah

Gedung yang ada di tepi jalan raya ini dibangun pertama kali pada zaman kolonialisme, tepatnya pada tahun 1917 oleh Indo Egyptian Cigarettes Company. Hanya saja, pada tahun 1924 telah direnovasi uang oleh dua arsitek yang bernama Eduard Cuypers dan Hulswit. Selang satu tahun, tepatnya pada tahun 1925, gedung ini telah dibeli oleh perusahaan rokok ternama, PT British American Tobacco. Ada alasan tersendiri kenapa perusahaan tersebut melirik Gedung BAT, salah satunya adalah luas bangunan.

Pada tahun 1930, perusahan rokok dari USA tersebut mencatat rekor yang hingga saat ini masih dipegang. Rekor tersebut yakni dalam produksi rokoknya, sehari dapat memproduksi 17.5 juta batang rokok pada masa kejayaannya. Kemudian pada tahun 1943, kegiatan produksi sempat terhenti, tepatnya ketika perang dunia ke-2. Hal ini dikarenakan Gedung British American Tobacco tersebut diambil alih oleh pemerintahan Jepang.

Tidak berlangsung lama, pada tahun 1949, perusahaan rokok tersebut mulai aktif lagi dengan nama baru, yaitu BAT Manufacture Indonesia Limited. Setelah lama beroperasi dan dikarenakan berbagai faktor, pabrik rokok dari Amerika ini akhirnya berhenti beroperasi pada tahun 2010. Seluruh peralatan produksi dipindahkan sehingga ruangan bagian dalamnya kosong. Dikarenakan sejarah panjang tersebut, pemerintah kota Cirebon menjadikannya salah satu situs bersejarah.

2. Keunikan Bangunan

Daya tarik berikutnya dari bangunan yang cukup unik dengan desain Art Deco. Pengunjung bisa melihat jelas gaya tersebut dari luar gedung. Terdapat tulisan ‘Anno 1924’ di salah satu bagiannya yang menandakan awal mulanya gedung tersebut direnovasi. Luas bangunan sekitar 1 hektar dengan dua tingkat. Sangat jelas gaya klasik nya dari atap yang hingga saat ini masih berupa genting.

Semua dinding dicat dengan warna putih, hanya tulisan ‘Anno 1924’ yang diberi latar belakang hitam dengan tulisan putih. Dengan warna tersebut, siapa sangka jika ketika senja memiliki efek cahaya mengagumkan dari pancaran sinar matahari. Tidak heran jika banyak wisatawan yang lebih banyak menghabiskan waktu mengunjungi Gedung British American Tobacco ketika sore hari.

3. Ketenteraman Suasana

Meskipun berada di pinggir jalan raya, namun bisa dikatakan sepi kendaraan yang lewat. Kesunyian ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi ketika pagi atau sore hari, anda bisa bersantai sambil menunggu matahari tenggelam yang memantulkan sinarnya di dinding.

Trotoar di samping gedung cukup luas, pengunjung bebas dan aman duduk santai di lokasi. Di sebelah trotoar terdapat pot dengan pohon hijau menghiasi. Manfaatnya tentu bukan hanya sebagai hiasan, namun juga menjadikan udara semakin sejuk dan segar. Secara keseluruhan, suasana di Gedung British American Tobacco cukup tenteram dan tenang, cocok dijadikan alternatif wisata relaksasi.

Bukan hanya di pagi dan sore hari, di malam hari juga lumayan ramai pengunjung. Hiasan lampu yang ada di sekitar gedung memiliki daya tarik tersendiri. Susana sejuk dan dingin begitu terasa seketika anda tiba di lokasi. Di tepi jalan banyak penjual makanan dengan berbagai menu lengkap, jadi tidak perlu membawa bekal ketika menuju gedung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gedung British American Tobacco
Image Credit: Google Maps Nadia

Secara administratif, gedung BAT terletak di Jl. Pasuketan, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Lokasinya berada di sebelah Bank Mandiri dan Cirebon Mall, jadi tidak sulit menemukannya. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi untuk menuju lokasi. Keduanya mudah diakses dengan jalan sangat baik, karena berada di jalan raya utama.

Jika anda melakukan perjalanan dari gerbang Tol Palimanan, silahkan ambil arah ke jalan Dr. Setiabudi hingga ke jalur Cileunyi-Palimanan. Arahkan kendaraan ke Jalan Tuparev yang melewati Jalan Kartini hingga tiba di Jalan Sisingamangaraja. Selanjutnya, silahkan putar kendaraan ketika anda berada di bundaran Taman Simpang Pelabuhan. Tidak jauh dari titik tersebut, anda akan melintasi Jalan Pasuketan, yang mana merupakan lokasi dari Gedung British American Tobacco.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Gedung British American Tobacco
Image Credit: Twitter 黄慧琳

Meski memiliki berbagai daya tarik dan kelebihan, namun tidak ada akses masuk kedalam gedung, pengunjung hanya menikmati bagian luarnya saja. Artinya, tidak ada biaya retribusi yang harus dikeluarkan, alias gratis. Bukan berarti tidak ada biaya apapun yang dikeluarkan.

Anda tetap diwajibkan membayar biaya parkir sebesar 2.000 rupiah untuk motor, dan untuk mobil dikenakan tarif 5.000 rupiah. Selain itu, ada juga biaya lain jika anda ingin menikmati kuliner atau permainan yang ada di sekitar lokasi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gedung Bersejarah

Aktivitas di Gedung Bersejarah
Image Credit: Google Mpas TOFAN TOFAN

Gedung British American Tobacco menarakan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Tentunya setiap objek wisata juga demikian yang juga mejadi daya tariknya. Aktivitas yang dilakukan kebanyakan pengunjung hampir sama. Bagi anda yang masih bingung dan belum mempunyai gambaran tersebut, ide aktivitas berikut mungkin bisa menjadi pilihan!

1. Menikmati Keunikan Bangunan

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Gedung BAT hampir dipastikan mempunyai tujuan utama untuk menikmati keunikan gedung. Beberapa hal unik yang telah disebutkan diatas mampu memikat sebagian pengunjung. Apalagi jika luasnya sekitar 1 hektar, anda bisa puas menikmati keindahannya sambil berkeliling gedung.

2. Jogging

Ketika anda datang di pagi atau sore hari, banyak pengunjung yang datang hanya sekadar untuk lari santai atau jogging. Lokasi trotoar yang cukup luas sangat memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas ini. Apalagi jika jalanan sekitar Gedung British American Tobacco jarang dilalui kendaraan bermotor, jadi masih tergolong bebas polusi. Di sore hari, ada hal menarik lain yang juga bisa disaksikan sambil berlari santai, yakni menikmati senja yang menyinari dinding gedung.

3. Bersepeda

Aktivitas ini memang tidak bisa dilakukan bagi wisatawan yang datang jauh dari lokasi. Akan tetapi bagi wisatawan lokal, bersepeda termasuk aktivitas wajib ketika weekend tiba. Jalanan sepi menjadi alasan utama bagi mereka untuk tetap mengayuh sepeda dengan aman. Suasana nyaman dan tenteram juga tidak lupa selalu menyertai setiap ayunan sepeda yang di kayuh.

Aktivitas Menarik di Gedung Bersejarah
Image Credit: Google Maps Gilang Primada

4. Berfoto

Aktivitas apa yang wajib dilakukan ketika berwisata? Tentu saja berfoto. Inilah yang juga bisa anda lakukan ketika berada di Gedung British American Tobacco. Bahkan kebanyakan pengunjung memang bertujuan utama untuk menjadikan latar belakang gedung sebagai foto. Sayang sekali jika bangunan gedung yang unik tersebut tidak ditampakkan ketika anda sedang mengunjunginya. Di malam hari, background hiasan lampu yang ada di sekitar gedung juga cantik dan tidak boleh dilewatkan.

5. Wisata Kuliner

Selain aktivitas yang telah disebutkan diatas, anda bisa berburu kuliner nikmat yang ada di Gedung BAT. Bukan hanya makanan khas Cirebon, namun juga berbagai makanan ringan dengan citarasa lezat. Ada juga jenis makanan modern di beberapa warung yang berjejer rapi. Supaya mendapatkan menu lebih lengkap, silahkan datang mulai petang hari hingga malam. Karena pada waktu tersebut, hampir semua warung mulai dibuka dan melakukan aktivitas berjualan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gedung British American Tobacco
Image Credit: Facebook Anang Abudin

Secara teknis, pengunjung tidak mendapatkan fasilitas dari pihak pengelola Gedung BAT. Hanya saja di sekitar lokasi, anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada. Adapun fasilitas yang dimaksud adalah toilet, masjid sebagai tempat beribadah, dan juga tempat parkir.

Hampir di sepanjang jalan lokasi wisata juga terdapat warung makan dan penjual minuman. Bagi yang membawa keluarga, silahkan menikmati fasilitas berupa taman bermain anak. Sebagian besar fasilitas tersebut memang harus mengeluarkan biaya tambahan, namun tidak terlalu mahal dan masih terjangkau.

Lokasinya yang mudah diakses membuat Gedung British American Tobacco selalu ramai dikunjungi. Gedung ini dibuka setiap hari selama 24 jam, namun bagi anda yang suka dengan keramaian, silahkan datang pada saat weekend. Selalu jaga kebersihan dan peraturan yang dibuat demi keamanan dan kenyamanan bersama.