35 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

24 Tempat Wisata di Solo

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Solo terkenal akan budayanya yang masih lekat dipegang oleh warga. Kebudayaan tersebut berhasil menarik perhatian wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara.

Jumlah wisatawan yang datang semakin banyak. Melihat peluang tersebut, pemerintah dan pengelola swasta mendirikan berbagai tempat wisata di Solo. Adanya tempat wisata yang beragam akan membuat wisatawan semakin tertarik untuk datang ke Solo.

Meningkatnya jumlah wisatawan akan meningkatkan jumlah pendapatan daerah. Hal ini yang menjadi motivasi sebagian orang untuk membangun tempat wisata baru. Saat ini tempat wisata di Jawa Tengah, utamanya Solo cukup beragam, mulai dari wisata budaya sampai sejarah.

Objek wisata favorit di Solo dapat menjadi alternatif yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Wisatawan bisa mengunjungi Solo bersama teman atau keluarga. Wisatawan dapat menghabiskan waktu di Solo dengan mampir ke berbagai tempat yang ada. Berikut adalah tempat wisata di Solo yang menjadi rekomendasi untuk tempat berlibur.

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Image Credit: Wisatasia.com

Bagi pecinta sejarah, Keraton menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Keraton Kasunanan Surakarta saat ini memiliki struktur kerajaan yang masih berjalan. Di dalamnya terdapat keluarga kerajaan yang tinggal dan mengatur kerajaan tersebut.

Kompleks keraton dibagi menadi beberapa bagian, antara lain Alun-Alun Kidul dan Lor, Kemandungan Kidul dan Lor, Siti Hinggil Kidul dan Lor, Sri Manganti Kidul dan Lor, Kamagangan, Kedaton, dan Sasana Sumewa. Setiap kompleks memiliki fungsi yang berbeda.

Wisatawan dapat mengunjungi Keraton pada Senin sampai Kamis pukul 09.00-14.00 atau Sabtu sampai Minggu pukul 09.00-15.00. Lokasi Keraton ada di Jalan Sidikoro. Wisatawan yang berkunjung dilarang membawa makanan ke dalam, merokok, atau menggunakan pakaian pendek.

Lokasi: Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Image Credit: Youtube.com

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan wisata alam berupa air terjun. Wisatawan yang datang akan dibuat kagum dengan air terjun setinggi 80 meter. Air terjun ini termasuk air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah.

Harga tiket masuk yang dipatok oleh pengelola adalah sebesar Rp20.000 per orang. Lokasinya ada di 37 km dari pusat Solo. Untuk mencapai air terjun, wisatawan perlu berjalan sejauh 1000 anak tangga. Selama berjalan, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dan menyegarkan mata.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Telaga Madirda

Telaga Madirda

Image Credit: Ngargoyoso.com

Wisatawan bisa mengunjungi telaga Madirda jika ingin menikmati suasana alam. Wisatawan dapat menikmati keindahan air telaga yang jernih dan dilengkapi dengan udara sekitar yang sejuk. Pemandangan indah akan wisatawan dapatkan dengan melihat perbukitan hijau yang menarik mata.

Telaga Madirda terletak di Dusun Tlogo. Wisatawan bisa berjalan-jalan di sekitar area untuk menikmati suasana alam yang menyegarkan. Di sekitar telaga Madirda terdapat Candi Sukuh yang bisa dikunjungi setelah menikmati pemandangan alam.

Lokasi: Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Image Credit: Kitamuda.id

Berlibur dengan mengunjungi museum bisa menjadi pilihan tepat, terutama bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih jauh mengenai budaya Indonesia. Wisatawan bisa melihat koleksi kain batik menarik yang jumlahnya mencapai 10.000 dengan motif berbeda.

Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 261. Wisatawan juga bisa sekalian mengunjungi pabrik batik yang terletak di belakang museum ini untuk melihat proses produksi batik cap dan tulis.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Image Credit: Arifsetiawan.com

Hampir setiap kota memiliki THR (Taman Hiburan Rakyat), termasuk Solo. Taman Sriwedari merupakan THR yang ada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi. Taman ini tidak hanya menjadi tempat bersantai bagi para wisatawan, tetapi juga menghadirkan pertunjukan menarik setiap saat.

Di Taman Sriwedari wisatawan bisa menyaksikan hiburan dan atraksi kesenian seperti pentas musik dan wayang orang yang diselenggarakan oleh masyarakat. Di Taman Sriwedari juga tersedia beragam wahana permainan, penjual makanan, dan stan penjual pernak-pernik.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

6. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran

Image Credit: Kekunaan.blogspot.com

Istana Mangkunegaran atau lebih dikenal dengan Pura Mangkunegaran. Istana satu ini merupakan  istana resmi Kadipaten Praja Mangkunagaran yang dibangun tahun 1757. Istana ini dibangun oleh Mangkunegaran I yang mengikuti model seperti di Keraton jika dilihat dari arsitekturnya. Secara pembagian ruang memiliki beberapa ruangan seperti dalam, pendapa, peringitan, pamedan, dan juga keputren yang mirip seperti di Keraton.

Memiliki luas hingga 10 ha, Istana ini tidak hanya menjadi tempat tinggal Sri Paduka Mangkunagara, tetapi juga menjadi tempat wisata Untuk menemukan lokasinya juga tidak sulit karena berada di tengah kota. Di dalam Istana, anda bisa menemukan museum yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan. Belum lagi koleksinya yang sangat beragam dan menarik disambangi. Istana Mangkunegaran menjadi wisata sejarah yang harus dikunjungi di kota Solo.

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

7. Bendung Karet Tirtonadi

Bendung Karet Tirtonadi

Image Credit: Suaramerdeka.com

Bendungan di Solo satu ini tidak hanya berfungsi sebagai penampung air hujan maupun penghalau banjir. Namun juga bisa berfungsi sebagai objek wisata menarik di kota Solo. Sebelumnya kawasan sungai ini tidak terawat, hingga kemudian mengalami renovasi.

Di bendung Karet Tirtonadi, pengunjung bisa memancing sepuasnya. Mengingat pihak terkait sudah menebar banyak bibit ikan yang bisa dipancing secara gratis.

Lokasi: Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

8. Candi Sukuh

Candi Sukuh

Image Credit: Ksmtour.com

Di Solo anda juga bisa mengunjungi candi Hindu yang juga menjadi situs warisan Dunia yang telah diakui oleh WHO dari tahun 1995. Situs candi Sukuh pertama kali ditemukan oleh Johnson di tahun 1815. Dimana pada saat itu Johnson sedang dberikan tugas oleh Thomas Stanford Raffles guna mengumpulkan data untuk buku History of Jawa. Candi satu ini memiliki bentuk yang terbilang sederhana layaknya trapesium dan mirip kuil suku Maya di Meksiko.

BACA:  15 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Hanya saja bentuk bangunan Candi Sukuh terlihat tidak rapi. Bukan hanya bentuknya yang unik, Candi Sukuh juga memiliki relief serta ornamen yang terbilang vulgar. Keunikannya ini tentunya semakin menarik pengunjung untuk melihatnya secara langsung. Untuk menuju candi ini, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum yang bisa digunakan untuk menuju situs candi ini.

Lokasi: Jl. Raya Solo-Tawangmangu No.22, 7, Papahan, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar.

9. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Image Credit: Pegipegi.com

Untuk melihat keindahan air terjun ini, pengunjung harus menuruni 116 anak tangga. Pemandangan yang disajikan bisa membuat anda terpesona dan hilangkan segala penat. Udaranya yang masih sejuk dan asri  akan semakin membuat anda betah berlama lama.

Air Terjun Jumog ini diberikan julukan sebagai surga yang hilang, sebab sebelum ditemukan ditutupi oleh semak belukar. Air terjun Jumog ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dengan air yang bersih dan segar.

Lokasi: Jl. dk Berjo Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

10. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Image Credit: Gounesco.com

Sangiran terkenal menjadi lokasi penemuan barang bersejarah. Obyek wisata ini menjadi destinasi edukasi yang bisa menjadi pertimbangan untuk tempat wisata. Dalam museum ini wisatawan bisa melihat berbagai barang bersejarah seperti fosil manusia purba yang hidup pada 200 ribu sampai 2 juta tahun lalu.

Museum Manusia Purba Sangiran terletak di Desa Kalijambe, Sragen. Museum dengan luas 56 km2 tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga menjadi tempat untuk penelitian arkeologi. UNESCO telah menetapkan museum ini menjadi warisan dunia.

Lokasi: Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

11. Bumi Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan

Image Credit: Infopublik.id

Wisatawan yang ingin menikmati liburan dengan seru bisa mencoba berkemah di Bumi Perkemahan Sekipan. Selain berkemah, wisatawan juga bisa melakukan berbagai kegiatan outbound dan menikmati waterpark.

Jika tidak ingin berkemah, wisatawan bisa menyewa villa yang disediakan. Di lokasi ini juga terdapat Kampung Halloween dan Rumah Papua. Apabila Anda tertarik, Anda dapat mengunjungi Desa Kalisoro untuk menikmati liburan yang seru.

Lokasi: Bumi Perkemahan Sekipan, Desa Kalisoro, Tawangmangu, Area Hutan, Kalisoro, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

12. Pandawa Water World Solo Baru

Foto Pandawa Waterworld 10 Januari 2008

Image Credit: Telusurindonesia.com

Salah satu lokasi wisata baru di Solo adalah Pandawa Water World Solo Baru. Destinasi wisata ini tergolong baru dan modern. Tempat wisata ini menyediakan beragam wahana air yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia, khususnya anak-anak.

Wahana air yang tersedia mulai dari kolam renang, ombak buatan, permainan anak, dan seluncuran. Harga tiket masuk yang dipatok adalah Rp 80.000 per orang saat hari biasa dan Rp 100.000 per orang saat hari libur atau akhir pekan.

Lokasi: Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

13. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Image Credit: Jatengnyamleng.com

Agrowisata Sondokoro awalnya merupakan merupakan pabrik gula. Setelah lama tidak digunakan akhirnya diubah menjadi agrowisata. Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Wisatawan bisa berjalan-jalan dan menikmati buah yang ditanam di agrowisata. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati fasilitas yang ada seperti pijat terapi, kolam renang, flying fox, monumen lokomotif, dan terapi ikan.

Agrowisata Sondokoro sangat cocok menjadi pilihan menghabiskan liburan bersama keluarga. Jam operasional obyek wisata ini adalah mulai 08.00-17.00.

Lokasi: Jl. Mangkunegara, Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah.

14. Taman Balekambang

Taman Balekambang

Image Credit: Pesona.travel

Berjalan-jalan di taman di tengah pepohonan dapat menjadi pilihan untuk berlibur dengan santai. Taman Balekambang dibagi menjadi 2 kompleks, yaitu Partini Tiun berisi perahu-perahu hias dan Partina Bosch berupa rumah berisi tanaman langka.

Taman Balekambang seluas 10 hektar ini mulai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata pada 2008. Tempat ini berada di Jalan A. Yani sebagai tempat wisata botani, edukasi, budaya, dan rekreasi.

Lokasi: Jl. Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

15. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe

Image Credit: Archify.com

De Tjolomadoe sebelumnya merupakan pabrik gula yang sudah ada sejak jaman Hindia Belanda. Setelah dilakukan pemugaran, objek wisata yang terbilang baru ini langsung disambut baik oleh wisatawan. Setiap sudut bangunan begitu cantik dan pas untuk berswafoto.

Mesin mesin bekas pengolahan gula juga masih bisa disaksikan menambah keeksotisan spot foto instagramable di Solo ini. Jika sudah lelah berkeliling bisa mampir di cafenya.

Lokasi: Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar.

16. The Heritage Palace

The Heritage Palace

Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Jika anda ingin mencari tempat dengan nuansa Eropa yang kental, maka the Heritage Palace ini bisa menjadi pilihan.  Baru di buka di pertengahan tahun 2018, wisata satu ini menjadi tempat berburu spot foto yang amat digandrungi.

Dinding bangunan utamanya sangat mirip dengan kastil yang begitu cantik. Di dalamnya banyak hal menarik yang di eksplor, mulai dari museum industri, museum 3D hingga Kids Town lengkap dengan Food Streetnya.

Lokasi: Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

17. Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari

Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Monumen Perjuangan 45 Banjarsari atau Monjari menjadi salah satu monumen yang tidak asing di Kota Solo. Monumen ini sudah ada sejak tahun 1973 dan hingga kini masih berdiri kokoh. Bahkan monumen ini masih menjadi Landmark kota Solo yang begitu menawan. Terdapat taman kota yang bisa dijadikan tempat bersantai di sekitar monumen. Menariknya taman ini sudah bebas dari pedagang kaki lima sehingga bisa bebas bersantai.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Magelang yang Enak & Wajib Anda Coba

Anda bisa menemukan penjual makanan atau jajanan ini di luar pagar dari taman. Sambil bersantai pengunjung masih bisa sambil ngemil. Di Monumen ini, pengunjung juga bisa menikmati layanan wifi gratis. Tanpa registrasi, pengunjung bisa langsung menyambungkan dengan koneksi internetnya. Fasilitas lainnya yang tak kalah menarik yakni adanya taman bermain untuk anak anak yang lucu. Anda bisa berkunjung kapan saja karena memang dibuka selama 24 jam.

Lokasi: Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

18. Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu

Image Credit: Paketwisatajogja75.com

Apabila anda ingin mengulang kenangan atau bernostalgia, Pasar Antik Triwindu di Solo ini bisa menjadi alternatif. Berbagai barang seni atau barang antik bisa anda buru di pasar ini. Pasar yang sudah dibangun dari tahun 1939 ini adalah bentuk dari peringatan 24 tahun pemerintahan dari Mangkunegaran VII. Pasar ini juga telah mengalami renovasi hingga semakin cantik dan menawan, karena sebelumnya terlihat tidak terawat.

Berbagai barang antik mulai dari wayang, patung, senjata hingga perabot kuno bisa ditemukan. Pasar Antik ini berada dekat dengan Ngarsopuro sehingga bisa mudah untuk dijangkau. Pengunjung yang datang ke Pasar Triwindu rata rata adalah pelancong yang memang suka mengoleksi barang antik. Anda bisa berkunjung pada pukul 09.00 hingga 17.00 untuk berburu  aneka barang antik. Mengingat pasar ini menjadi primadona di kalangan kolektor.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

19. Edupark Intan Pari

Edupark Intan Pari

Image Credit: Sukuh.com

Edupark Intan Pari merupakan tempat yang menyimpan pesawat Boeing dan helikopter Bolco asli. Wisatawan bisa menjelajahi keduanya sambil berfoto bersama keluarga atau sahabat. Edupark Intan Pari cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Di dekat pesawat dan helikopter terdapat kolam renang. Wisatawan bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan santai. Edupark Intan Pari ada di Gatot Subroto, Karanganyar.

Lokasi: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

20. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu

Image Credit:Indonesiakaya.com

Pasar Triwindu merupakan tempat yang menyediakan berbagai barang antik yang dapat dibeli. Wisatawan bisa menemukan berbagai barang seperti uang kuno, senjata kuno, wayang, patung, dan barang kuno lainnya.

Pasar Triwindu berada di Jalan Diponegoro. Pasar Triwindu sudah ada sejak 1939. Revitalisasi terus dilakukan oleh pemerintah untuk menghidupkan Pasar Triwindu dan dapat menjadi lokasi wisata.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

21. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

Image Credit: Kitamuda.id

Pura Mangkunegaran berada di Jalan Ronggowarsito. Pura Mangkunegaran dibangun oleh KGPAA Mangkunegara II pada 1757. Keindahan lokasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Saat ini, wisatawan bisa berkunjung dengan membayar tiket masuk sebesar 10.000.

Pura Mangkunegaran merupakan wisata yang menyajikan bangunan bersejarah dan memiliki arsitek indah. Pura Mangkunegaran mengkombinasikan gaya Eropa dan Jawa. Di dalamnya terdapat berbagai barang berseni dan bersejarah. Di sini wisatawan bisa mencoba Mangkunegaran Royal Dinner untuk menikmati menu keraton.

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

22. Tugu Lilin

Tugu Lilin

Image Credit: Nindyatour.com

Tugu Lilin merupakan monumen untuk memperingati kelahiran Boedi Oetomo. Tugu Lilin berada di Jalan Kebangkitan Nasional. Lilin dijadikan sebagai simbol perjuangan dan semangat menggapai kemerdekaan yang tidak pernah padam.

Tugu Lilin sering menjadi lokasi untuk bersantai terutama saat hari libur atau sore hari. Wisatawan bisa berfoto bersama di sekitar lokasi Tugu Lilin. Di sekitar tempat wisata ini ada banyak tempat makan yang bisa dicoba.

Lokasi: Pajang, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

23. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

Image Credit: Youtube.com

Wisata edukasi menjadi wisata yang mengasyikkan bagi keluarga. Wisatawan bisa mengunjungi Agrowisata Amanah bersama anak-anak.

Berbagai fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Wisatawan bisa menikmati fasilitas berupa perkebunan, penginapan, outbound, kolam renang, dan tempat makan. Tempat wisata ini ada di Jalan Tawangmangu, Karanganyar.

Lokasi: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM. 34, RT. 01/03, Karang, Karangpandan, Karang Wetan, Karang, Karangpandan, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

24. Candi Cetho

Candi Cetho

Image Credit: Pegipegi.com

Candi Cetho tidak hanya menjadi salah satu wisata yang menawarkan bangunan candi layaknya di Bali. Namun juga pemandangan dari ketinggian yang begitu mengangumkan. Gapura yang berdiri menjulang menjadi spot yang paling digemari dan seakan menjadi gerbang menuju langit. Berada di ketinggian1496 mdpl dan menjadi salah satu candi tertinggi, Candi Cetho memang sangat mempesona untuk dikunjungi.

Untuk bisa menuju Candi Cetho, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun kendaraannya harus dalam kondisi yang prima mengingat tanjakannya yang begitu mengemaskan. Di samping kanan merupakan jurang yang memang harus berhati hati ketika naik. Namun setelah menaklukkan medan yang menantang, anda akan disajikan panorama yang menawan. Canti Cetho memiliki kawasan candi yang terbilang luas lengkap dengan pelatarannya.

Lokasi: Ceto, RT.01/RW.03, , Gumeng, Jenawi, Kab. Karanganyar.

25. Kebun Strawberry Karanganyar

Kebun Strawberry Karanganyar

Image Credit: Solopos.com

Memetik strawberry secara langsung, merupakan kegiatan yang sangat menarik. Mengunjungi kota Solo, anda bisa memetik strawberry di Kebun Strawberry Karanganyar. Memiliki lahan dengan luas sekitar 2000 meter, menjadikan anda bisa menikmati liburan agrowisata yang seru.

Wisata alam di Solo ini menawarkan udara yang segar lengkap dengan panorama perbukitan yang menawan. Bukan hanya bisa dimakan langsung, buah strawberrynya juga bisa dibawa menjadi oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

26. Bendungan Colo

Bendungan Colo

Image Credit: Jatengdaily.com

Bendungan colo yang berada di Sukoharjo ini juga bisa menjadi alternatif tempat wisata ketika singgah di Solo. Bendungan satu ini memiliki keunikan pada susunan beton yang menjadi pemecah arus dan terlihat cantik.

BACA:  10 Wisata Museum di Semarang yang Paling Favorit Dikunjungi

Bendungan Colo tidak hanya sebagai bendungan, namun juga menawarkan pemandangan yang begitu cantik. Di dekat bendungan terdapat taman dengan pohon rindang. Anda bisa memancing atau hanya sekedar berburu foto keren.

Lokasi: Jetis, Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

27. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market

Image Credit: Sologrhapy.wordpress.com

Wisatawan yang ingin berjalan-jalan sambil mencari suvenir atau makanan bisa mengunjungi Ngarsopuro Night Market. Pasar ini terletak di Jalan Diponegoro. Produk yang ada cukup beragam sehingga wisatawan bisa memilih dengan leluasa. Harga yang ditawarkan oleh setiap penjual sangat terjangkau. Penataan yang rapi juga membuat tempat ini digemari oleh pengunjungnya.

Ngarsopuro Night Market buka pada Sabtu dan Minggu pukul 16.00-23.00. Tentu saja lokasi tersebut akan ramai. Saat mengunjungi Ngarsopuro Night Market, disarankan untuk datang lebih sore agar bisa mendapatkan tempat parkir yang dekat.

Tidak hanya wisatawan yang meramaikan Ngarsopuro Night Market, tetapi juga warga sekitar. Wisatawan juga bisa melihat berbagai kalangan menikmati waktu di tempat ini. Tidak jarang ada beberapa mahasiswa yang memilih menghabiskan waktunya di Ngarsopuro Night Market.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

28. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Image Credit: Jadimandiri.org

Batik Solo menjadi ikon yang khas dari Solo. Wisatawan bisa mendapatkan kain batik berkualitas dan khas di Kampung Batik Kauman. Di kampung ini wisatawan bisa melihat berbagai produk yang ditawarkan dan dapat dibeli mulai dari batik tulis sampai cap dengan motif beragam. Harga produk yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu sampai jutaan.

Awalnya Kampung Batik Kauman merupakan tempat produksi kain batik khusus untuk keluarga keraton. Seiring berjalannya waktu, produksi semakin diperluas dan wisatawan diizinkan membeli kain batik dari Kampung Batik Kauman. Produk kain batik yang diproduksi di sini telah dipasarkan ke luar negeri.

Lokasi: Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

29. Pasar Klewer

Pasar Klewer

Image Credit: Regional.kompas.com

Berbelanja tidak akan pernah lepas dari kegiatan wisata. Wisatawan juga bisa mengunjungi Pasar Klewer untuk mencari oleh-oleh unik untuk keluarga atau membeli produk untuk diri sendiri. Pasar Klewer sudah terkenal hingga ke telinga wisatawan dari berbagai daerah.

Pasar Klewer menjadi tempat dari lebih dari 2000 pedagang yang menjual kain batik dan jenis pakaian lain. Di sini juga terdapat jasa jahit yang menerima permintaan dari wisatawan. Saat berbelanja di Pasar Klewer, wisatawan perlu waspada mengenai barang bawaannya karena lokasi ini rentan terjadi kasus pencopetan.

Lokasi: Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

30. Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas Jebres

Image Credit: Surakarta.go.id

Bagi wisatawan yang ingin mencari tempat wisata murah, bisa datang ke Taman Cerdas. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 2000 m2. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas indoor dan outdoor. Ada beberapa patung wayang dan tokoh nasional yang tersebar di Taman Cerdas. Wisatawan juga bisa menemukan bermacam lukisan di taman ini.

Taman Cerdas berada di Kampung Kedung Belang, Jebres, Solo. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga karena layak untuk menjadi pembelajaran anak-anak. Wisatawan dapat mengunjungi saat hari libur.

Lokasi: Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

31. Galabo Solo

Galabo Solo

Image Credit: Hartonotradecenter.com

Wisatawan pasti ingin merasakan kuliner kota yang dikunjungi. Solo memiliki tempat wisata yang menyediakan beragam kuliner, yaitu Galabo Solo. Berbagai makanan dijual dan dapat dinikmati dengan puas. Galabo Solo terletak di jalan Mayor Sunaryo. Terdapat lebih dari 40 penjual makanan yang ada.

Galaabo Solo mulai beroperasi pukul 17.00-24.00. Menu yang dapat ditemukan di sini antara lain nasi liwet, wedhang, nasi tumpang, dan lain sebagainya. Harga yang dipatok sangat terjangkau. Wisatawan bisa menikmati menu sambil mendengarkan live music.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

32. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Image Credit: Travel.kompas.com

Solo memiliki kebun binatang yang didirikan pada 1939. Kebun Binatang Taru Jurug berada di Jalan Ir Sutami nomor 40. Kebun Binatang Taru Jurug merawat berbagai satwa, antara lain komodo, zebra, macan, gajah, dan lain-lain. Wisatawan juga bisa melihat adanya berbagai tumbuhan seperti cemara, akasia, pinus, dan lain-lain.

Konsep yang diusung sangat cocok apabila keluarga terutama anak-anak mengunjungi Kebun Binatang Taru Jurug. Anak-anak dapat belajar mengenai hewan dan tumbuhan. Di tempat wisata ini juga ada beragam fasilitas bermain dan pementasan kesenian yang bisa ditonton oleh umum. Harga tiket masuk yang dipatok adalah Rp 8.000. Wisatawan bisa berkunjung mulai 07.00-17.00.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

33. Benteng Vastenburg Fort

Benteng Vastenburg Fort

Image Credit: Deskgram.net

Mengenali sejarah dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat tersebut. Di Solo terdapat Benteng Vastenburg Fort. Benteng ini dibangun mulai 1774-1779. Saat itu benteng ini menjadi tempat untuk mengawasi pemerintahan Keraton dan tempat berpesta penjajah.

Benteng Vastenburg Fort ada di Jalan Jenderal Soedirman. Wisatawan bisa berkunjung saat liburan bersama dengan keluarga. Di sini wisatawan bisa melihat betapa besar perjuangan dan semangat yang dimiliki oleh Indonesia untuk mengusir penjajah dari tanah air.

Lokasi: Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

34. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Image Credit: Travel.kompas.com

Museum ini telah didirikan sejak 1890. Pada 1913 museum ini dipindahkan. Wisatawan bisa mengamati beragam benda peninggalan Keraton Mataram seperti gamelan, batu, arca penunggu, buku kuno, dan lain sebagainya.

Wisatawan dapat mengunjungi Museum Radya Pustaka pada pukul 07.00-17.00. Museum Radya Pustaka terletak di Jalan Brigadir Jenderal Slamet Riyadi. Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini sebagai destinasi liburan.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

35. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional

Image Credit: Situsbudaya.id

Monumen Pers Nasional merupakan tempat pertemuan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia dan museum. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi seperti kamera, mesin ketik, koran, dan benda lain yang berhubungan dengan pers.

Di Monumen Pers Nasional sering menjadi tempat untuk mengadakan kegiatan seperti seminar atau kompetisi fotografi. Wisatawan bisa berkunjung ke Jalan Gajah Mada nomor 59 jika ingin tahu bagaimana isi Monumen Pers Nasional.

Berkunjung ke Solo tidak akan lengkap apabila belum mengunjungi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan. Wisatawan bisa memilih destinasi wisata di Solo yang paling menarik untuk dikunjungi bersama.

Lokasi: Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. –