15 Tempat Makan Enak di Solo Favorit Wisatawan

Tempat Makan Solo

Solo atau disebut juga Surakarta merupakan salah satu kota wisata yang terkenal dengan kearifan dan lokalitas budayanya. Di kota ini Anda bisa menemukan berbagai sajian kuliner yang menggugah selera, mulai dari hidangan tradisional hingga modern, baik berupa camilan ringan hingga makanan berat.

Ada banyak sentra wisata kuliner di Kota Solo. Beberapa tempat bahkan telah ada sejak puluhan tahun dan menyandang gelar legendaris karena telah dikenal dari generasi ke generasi. Cita rasa masakannya pun lezat tak tertandingi.

Kota yang dikenal sebagai “The Spirit of Java” ini akan membuat Anda betah menjelajah kekayaan kuliner yang dimilikinya. Oleh karena itu, jika berkesempatan mengunjungi Solo Anda wajib merasakan kenikmatan aneka kuliner yang khas kota ini. Berikut 15 rekomendasi tempat makan enak yang terdapat di Kota Solo.

1. Soto Gading Solo

Soto Gading Solo

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Tribunnews.com

Soto Gading Solo merupakan tempat makan legendaris di Solo yang menjadi favorit berbagai kalangan dan telah ada sejak tahun 1874. Cita rasa lezatnya tidak terbantahkan lagi. Lidah Anda akan dimanjakan dengan kenikmatan soto otentik yang dijual dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp 10.000 saja untuk seporsi.

Dalam satu porsi soto gading berisikan nasi putih, suwiran daging ayam, kentang, dan mi sohun, yang dicampur dengan kuah super segar. Anda juga bisa menambahkan beberapa lauk seperti tempe, tahu, ampela, hati, atau sate telur untuk semakin memperlezat rasanya.

2. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Lokasi: Jl. Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Wisata777.blogspot.com

Timlo merupakan kuliner khas Solo yang jika dilihat sekilas tampak menyerupai sup karena sama-sama berkuah dengan kaldu yang bening. Yang membedakan adalah, timlo memiliki irisan berupa daging ayam, ampela, hati, telur, pindang kecap, dan sosis Solo.

Timlo Sastro reputasinya telah melegenda dan dikenal berbagai kalangan. Dengan harga mulai dari Rp 7.000—Rp 19.000 Anda sudah bisa merasakan cita rasa lezat seporsi timlo. Tempat makan yang sudah ada sejak tahun 1952 ini biasanya buka dari pukul 06.00—15.30.

3. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Surakarta.pro

Serabi Notosuman menjadi salah satu tempat kuliner khas Solo yang tertua karena telah ada sejak tahun 1923. Anda bisa mencicipi nikmatnya serabi yang diolah dengan cara sederhana karena masih menggunakan tungku api.

Cita rasa serabi Notosuman terkenal hingga lintas generasi. Serabi ini disajikan dalam bentuk gulungan serta dibungkus dengan daun pisang. Anda pun bisa memesan varian rasa original atau sudah ditambah aneka ragam topping. Harganya berkisar Rp 10.00—Rp 25.000 saja.

4. Tahu Kupat Solihin

Tahu Kupat Solihin

Lokasi: Jl. Adi Sumarmo No.15B, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Gloob-online.com

Tahu Kupat Solichin menyajikan hidangan berupa tahu kupat dengan bakwan, mie kuning, potongan tahu goreng, kol, serta kacang yang dicampur dengan kuah kecap. Tambahan kerupuk gendar yang diolah dari nasi juga semakin menambah cita rasa tahu kupat ini.

Anda bisa merasakan segar dan nikmatnya tahu kupat ini dengan harga terjangkau yaitu mulai dari Rp 9.000—Rp 11.000. Selain enak, tahu kupat ini juga termasuk makanan berat yang bisa mengenyangkan.

5. Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Gabusan, Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo. – Image Credit by Travelingyuk.com

Ayam goreng ini dikenal dan menjadi favorit banyak orang bukan hanya karena ayam gorengnya yang krenyes dan crispy, tetapi juga sambalnya yang mantap, khas, serta beraneka ragam.

Menu unggulan di Ayam Goreng Mbah Karto adalah adalah ayam goreng sambil blondo. Disajikan dengan nasi hangat, ayam goreng ini memberikan rasa gurih pedas yang nikmat. Harga per porsinya mulai dari Rp 20.000 saja.

6. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi

Lokasi: Wisata Kuliner Galabo Solo No.63, Jl. Walikota Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Sangnanang.com

Tengkleng merupakan salah satu kuliner khas Solo yang menyerupai gulai karena berisi tulang kambing yang dicampur dengan kuah encer segar. Tengkleng Bu Edi telah dikelola selama 4 generasi dengan menyajikan cita rasa otentik yang tak terlupakan.

Tengkleng Bu Edi memberikan hasil olahan terbaik dari jeroan kambing dan tulang belualang yang memberikan rasa segar, gurih, serta sedikit pedas. Tempat makan ini buka mulai pukul 14.00 tapi Anda harus siap sebelum jam tersebut karena seringkali antri.

7. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro

Lokasi: Jl. Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Merahputih.com

Tahok Pak Citro yang sudah ada sejak tahun 1928 ini menjadi kecintaan para penikmat kuliner Solo. Terbuat dari sari kacang kedelai kemudian disiram dengan air campuran jahe dan gula membuat lidah dan tubuh Anda terasa hangat ketika menyantapnya.

Tahok Pak Citro buka mulai pukul 06.00—16.00 atau tutup lebih cepat jika telah habis. Anda harus siap antri jika ingin mencoba tahok di tempat ini. Harga satu porsi tahok mulai dari Rp 4.000 saja.

8. Brambang Asem Yu Sum

Brambang Asem Yu Sum

Lokasi: Jl. Garuda Mas Pabelan Kartasura, Nilasari, Gonilan, Kec. Kartasura, Solo. – Image Credit by Travel.kompas.com

Brambang asem merupakan kuliner khas berupa daun ubi yang disajikan dengan sambal Jawa asam sehingga menciptakan cita rasa pedas manis yang lezat. Brambang asem umumnya dihidangkan dengan tempe gembus yang diolah menjadi bacem.

Brambang Asem Yu Sum buka mulai pukul 07.00—14.00. Kuliner ini dijual dengan harga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 4.000.

9. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies

Lokasi: Jl. Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Phinemo.com

Satu porsi Selat Solo Mbak Lies berisikan potongan wortel, daun selada, buncis, acar mentimun, kentang goreng, irisan bawang merah, galantin, telur rebus, dan potongan daging sapi yang dimasak semur. Anda akan merasakan lezat gurih dan gurihnya makanan ini saat menyantapnya.

Disajikan dengan guyuran kuah yang sedap, ditambah mustard dari cuka dan campuran kuning telur akan semakin menambah nikmat cita rasa selat ini. Tempat makan Selat Mbak Lies ini juga ditata dengan elegan yang membuat pengunjung betah berada di sana.

10. Sate Buntel Bu Bejo

Sate Buntel Bu Bejo

Lokasi: Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Mysukmanablog.wordpress.com

Sate Buntel Bu Bejo disebut telah menjadi langganan keluarga Presiden Jokowi dan sudah ada sejak 40 tahun lalu. Sate buntel ini disajikan berupa sate kambing yang dicincang dengan bungkusan lemak daging kambing, kemudian dililit dengan lidi, selanjutnya dibakar.

Satu porsi sate buntel dijual dengan harga mulai dari Rp 37.000. Tempat makan Bu Bejo ini biasanya buka mulai pukul 07.00—16.00 dan menyediakan menu lain juga seperti tengkleng, gulai, dan nasi goreng.

11. Nasi Pecel Grogol

Nasi Pecel Grogol

Lokasi: Jl. Solo-Sukoharjo, Madegondo, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo. – Image Credit by Oppobaca.news

Nasi pecel menjadi kuliner wajib yang tidak boleh Anda tinggalkan jika sedang wisata kuliner di Solo. Ada banyak tempat makan yang menyajikan nasi pecel lezat, salah satunya Nasi Pecel Grogol.

Nasi pecel ini disajikan dengan sayuran segar yang dipadukan bumbu kacang gurih dengan rasa pedas yang nikmat. Tambahan nasi hangat beserta gorengan tempe atau telur akan semakin menambah kelezatan pecel ini. Harganya sekitar Rp 22.000.

12. Gudeg Ceker Mbak Yus

Gudeg Ceker Mbak Yus

Lokasi: Jl. RA Kartini No.12, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Tom-kuu.blogspot.com

Gudeg adalah makanan khas Solo yang berupa nasi, tahu opor, ayam opor, krecek, telur, pindang, dan daun singkong yang ditambahkan ceker atau kaki ayam. Cita rasanya nikmat dan tak terlupakan.

Gudeg Ceker Mbak Yus buka mulai pukul 21.00 dan dijual dengan harga mulai dari Rp 37.000 untuk satu porsi gudeg lengkap.

13. Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi liwet Bu Sarmi disajikan dengan labu siam dan ayam yang diberi siraman sedikit santan sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang lezat. Jika Anda merasa kurang, bisa menambahkan lauk seperti telur atau gorengan tempe agar semakin nikmat.

Nasi liwet ini dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 8.000—Rp 15.000 tergantung lauk dan tambahan menu yang Anda pilih.

14. Bakmi Djawa Radjiman

Bakmi Djawa Radjiman

Lokasi: JL. Dr Rajiman, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Traveloka.com

Ada banyak tempat makan yang menyajikan menu bakmi Jawa di Solo, salah satunya Bakmi Djawa Radjiman. Bakmi ini diolah dengan teknik memasak yang masih sederhana yaitu dengan menggunakan anglo.

Bakmi ini dengan cita rasa yang otentik ini dijual mulai Rp 5.000—Rp 22.000 untuk tiap porsi. Anda bisa merasakan nikmatnya mie bercampur kuah segar yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

15. Gladag Langen Bogan

Gladag Langen Bogan

Lokasi: Geladak Solo Kota, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Tempatwisatadaerah.blogspot.com

Gladag Langen Bogan atau dikenal juga sebagai Galabo merupakan sentra kuliner di Solo yang menyajikan berbagai menu hidangan khas, seperti tengkleng, sate kere, wedang ronde, dan sebagainya.

Di tempat ini juga terdapat fasilitas wifi gratis yang bisa diakses pengunjung. Jika Anda ingin menjelajah beraneka ragam kuliner Solo bisa mendatangi Galabo yang hanya dibuka saat malam hari.

Itulah 15 rekomendasi tempat makan enak yang terdapat di Kota Solo. Selain terkenal dengan wisata bernuansa Jawanya, Solo pun menjadi tujuan destinasi wisata kuliner yang menyenangkan. Apalagi beberapa tempat makan di sana telah secara pribadi direkomendasikan oleh Presiden Jokowi, tentu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak