26 Wisata Kuliner di Solo yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Solo

Solo atau juga terkenal dengan nama Surakarta menjadi salah satu kota tujuan wisata yang populer dari Jawa Tengah. Di Solo tidak hanya wisata budaya dan sejarah, wisatawan juga bisa merasakan wisata hiburan modern.

Sisi timur Kota Solo dilewati sebuah sungai yang sangat terkenal, diabadikan dalam sebuah lagu bergenre keroncong yaitu Bengawan Solo ciptaan Gesang. Kota yang memiliki slogan rohnya Jawa ini menyajikan wisata kuliner di Solo yang khas dan sayang untuk dilewatkan.

Kota Solo menyimpan beragam kuliner yang enak, lezat pastinya dan murah yang wajib dicoba. Mulai dari tempat wisata lesehan pinggir jalan sampai tempat makan kekinian dan romantis juga Ada.

1. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Limakaki.com

Wisata kuliner pertama di Kota Solo diawali dengan makanan khas yang sudah melegenda dan berdiri sejak tahun 1923. Perpaduan antara adonan santan, tepung beras dan toping dengan tekstur makanan yang renyah di pinggir dan lembut di bagian tengahnya.

Serabi Notosuman ini masih dibuat dengan cara tradisional yaitu menggunakan tungku kecil untuk menjaga cita rasanya.

2. Salat Vien’s Solo

Salat Vien’s Solo

Lokasi: Jl. Hasanudin No No.99 D/E, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Mnews.co.id

Salat Solo merupakan makanan khas dari Solo yang berisikan berbagai macam sayur dan bistik atau daging cincang. Selain salat solo menu yang terkenal dari rumah makan Salat Vien’s Solo adalah sup matahari dan nasi timlo.

Salat Vien’s Solo menyajikan menu selat solo yang terjangkau untuk semua kalangan. Hanya dengan belasan ribu Kamu sudah bisa merasakan nikmatnya seporsi salat solo lengkap.

3. Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Lokasi: JL. Gleges, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung Bu Kis memiliki keunikan yaitu adanya sambal tumpang yang digunakan sebagai kuah pecel. Sambal tumpang memiliki cita rasa yang gurih, pedas dan ada rasa manisnya.

Sambal tumpang adalah hasil dari perpaduan olahan dari tahu, krecek, bumbu rempah-rempah dan bumbu rahasia yaitu tempe busuk.

4. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Lokasi: Jl. Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Phinemo.com

Timlo adalah sup yang terbuat dari kuah bening dengan isian daging ayam suwir, ati ample, potongan telur pindang dan sosis solo. Salah satu tempat makan timlo yang populer di Solo adalah Timlo Sastro sejak 1952.

Harga seporsi timlo Rp 18.000 ditambah nasi Rp 3.000 dan harga minumannya bervariasi mulai dari Rp 1.500. Timlo Sastro buka dari jam 6 pagi sampai jam setengah 4 sore.

5. Gladag Langan Bogan

Gladag Langan Bogan

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Wikipedia.org

Galabo merupakan sebuah jalan yang jika malam hari ditutup untuk dijadikan tempat kuliner. Kuliner paling khas ada sate kere dan cabuk rambak.

Sate kere merupakan sate sapi atau sate gembus yang sudah dibacem kemudian dibakar disajikan dengan bumbu kacang. Cabuk rambak yaitu makanan lontong yang diiring tipis disajikan dengan daun pisang.

6. Sate Buntel bu Hj Bejo

Sate Buntel bu Hj Bejo

Lokasi: Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Tripadvisor.com.ph

Wisata kuliner di Solo belum lengkap rasanya jika belum merasakan nikmatnya rasa sate buntel. Sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing cincang dibuntel atau dibalur dengan lemak daging seperti buntalan.

Sate buntel yang menjadi langganan Bp. Jokowi ketika berada di Solo yaitu sate buntel Ibu Hj Bejo yang buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 4 sore.

7. Bakso Alex

Bakso Alex

Lokasi: Jl. Yosodipuro No.12B, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Tripadvisor.com

Bakso Alex lain dari bakso pada umumnya yang ada di Solo karena memiliki keunggulan yaitu rasa daing yang lebih dominan dari pada rasa tepung pada baksonya.

Varian di Bakso Alex ada bakso tahu, bakso tengkleng, dan bakso campur. Pengunjung juga boleh meminta tambahan rusuk kepada pelayan.

8. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Detik.com

Tempat makan nasi liwet yang paling populer di Solo yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu. Ketika masuk ke dalam rumah makan Kamu bisa melihat seorang ibu yang sedang sibuk melayani pesanan pembeli yang anteri. Nasi Liwet Wongso Lemu ramai di malam hari.

9. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi

Lokasi: Wisata Kuliner Galabo Solo No.63, Jl. Walikota Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by Tribunnews.com

Tengkleng dahulu dikenal sebagai makanan orang miskin karena terbuat dari tulang daging kambing yang menyisakan sedikit daging. Tengkleng dimasak dengan menggunakan dua cara yaitu ada yang pakai santan dan ada yang tidak.

Rasa segar, asam dan gurih bercampur menjadi satu menjadikan cita rasa makanan yang banyak diminati.

10. Soto Gading

Soto Gading

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. – Image Credit by pesona.travel

Soto gading di area Alun-alun Selatan menu sarapan di pagi hari yang wajib dicoba. Soto gading merupakan perpaduan Nasi hangat dengan suwiran ayam, irisan selederi, mie soon dan bawang goreng yang disiram dengan kuah bening yang kaya akan rempah.

Sebagai pelengkap ada sate telur putuh bacem, tempe goreng, sate usus, jeroan sapi, bakwan, perkedel tempe dan lainnya.

11. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Wonderfulsolo.com

Gempol terbuat dari bahan tepung beras yang dibuat memadat lalu dibentuk menjadi pipih. Sementara Pleret merupakan adonan yang dibuat dari campuran gula jawa dan tepung beras.

Gempol dan Pleret dicampur dalam satu wadah lalu disiram dengan saus gula jawa, santan cair dan ditambah es baru untuk membuatnya semakin segar.

12. Gudeng Ceker dari Bu Kersno Margoyudan

Gudeng Ceker dari Bu Kersno Margoyudan

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Beritagar.id

Solo juga memiliki tempat makan gudeg yang khas bernama Gudeg Bu Kasno yang ada di Margoyudan. Menu yang terkenal dari tempat makan ini adalah ceker ayamnya yang nikmat menggugah selera.

Gudeg Margoyudan ini hanya buka dini hari mulai dari jam 1 pagi. Gudeg Bu Kersno terkenal sampai penyanyi setingkat Syahrini pernah makan di tempat ini.

13. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Lokasi: Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Inibaru.id

Lokasinya ada di sekitar Pasar Gede. Hanya dengan harga 5 ribu rupiah saja Kamu sudah bisa menikmati segarnya semangkuk es dawet telasih.

Es Dawet Tlasih Bu Dermi berisikan es, ketan hitam, tape ketan, cendol, biji selasih, bubur sumsum dan santan. Cocok diminum di siang hari saat cuaca panas.

14. Pecel Ndeso di Warung Pecel Solo

Pecel Ndeso di Warung Pecel Solo

Lokasi: Shelter PKL Manahan Solo, Jl. Menteri Supeno, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Utiramadina.wordpress.com

Warung Pecel Solo rumah makan otentik bercita rasa khas Solo. Mulai dari makanan sampai dengan dekorasi ruangan dan suasana di dalamnya yang khas Solo banget.

Menu spesial dari Warung Pecel Solo adalah pecel ndesonya yaitu perpaduan dari nasi merah, daun bayam, keningkir, daun pepaya, jantung pisang, dan daun turi yang disiram dengan sambal pecel.

15. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro

Lokasi: Jl. Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Aengaeng.com

Tahok adalah kuliner Solo yang dibawa oleh pendatang Tionghoa. Tahok terdiri dari dua kata yaitu tao yang berarti kacang kedelai dan hoa artinya lumat.

Tahoak tidak jauh berbeda dengan tahu putih yang selama ini kita kenal. Nikmatnya Tahok dipadu dengan kuah gula jawa dan rempah membuat tubuh menjadi lebih hangat.

16. Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies

Lokasi: Jl. Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Pesona.travel

Selain Salat Vien’s rumah makan selat solo yang juga terkenal di Solo ada Warung Mbak Lies. Keunikan dari warung makan ini terletak pada dekorasinya.

Berbagai ornamen dari keramik bisa Kamu temukan disini. Tidak hanya dekorasi rasa dari Salat Solo Mbak Lies ini sangat enak dan lezat.

17. Wedang Pendopo

Wedang Pendopo

Lokasi: Jl. Srigading I No.7, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Dianravi.com

Ingin bersantai di malam hari Kamu bisa mendatangi Wedang Pendhopo. Tata ruang yang unik dipadukan gaya klasik menjadi tempat yang cozy untuk bersantai.

Secangkir wedang jahe, aneka jajanan tradisional dan makanan angkringan bisa Kamu dapatkan di Wedang Pendhopo.

18. Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas

Lokasi: Jl. Suryopranoto No.1, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Idntimes.com

Aneka variasi warna mie bisa Kamu dapatkan di Mie Gajah Mas. Menu makanan yang dijual seputar olahan dari mie seperti mie ayam, mie ceker, mie bakso dan lainnya.

Variasi warna mie yang ada seperti merah, hijau, orange dan ungu. Warna mie didapatkan dari mencampurkan bahan-bahan yang menghasilkan warna seperti warna orange dari wortel.

19. Harjo Bestik

Harjo Bestik

Lokasi: JL. Dr Rajiman, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. – Image Credit by Lintasdaerah.com

Resto Harjo menjual makanan Lidah goyang, bistik campur, bistik telur, bistik dadar lidah dan lainnya. Menu favoritnya adalah LDG atau lidah goyang.

LDG ini terdiri dari potongan lidah sapi, irisan wortel, kentang, tomat, acar timun dipadukan dengan mayones dan diberi pemanis daun selada.

20. HIK Kebon Kulon

HIK Kebon Kulon

Lokasi: Jl. Wuni Tengah, Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

HIK adalah nama yang terkenal untuk menyebut angkringan di Solo. Pangsa pasar dari HIK Keboen Kulon adalah menengah ke atas sehingga ketika disana Kamu akan menemukan konsep modern.

Minuman dengan tingkat ke higienis yang tinggi bisa Kamu pesan di Hik Keboen Kulon. Meskipun modern namun tetap mengusung konsep rumah tradisional yang kental dengan ornamen berbahan kayu.

21. Susu Shi Jack

Susu Shi Jack

Lokasi: Jl. Honggowongso No.42, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Makanjogja.com

Tempat minum susu yang terkenal dikalangan anak muda Solo sebagai tempat nongkrong. Ada lebih dari 12 cabang Susu Shi Jack ini yang tersebar di seluruh penjuru Kota Solo.

Menu yang ditawarkan beragam tidak hanya olahan susu tetapi juga ada makanan pendampingnya.

22. Soto Seger Mbok Giyem Solo

Soto Seger Mbok Giyem Solo

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Worldinme.blog.uns.ac.id

Potongan daging dengan taburan kecambah yang masih segar beserta irisan daun seledri dan bawang goreng siap menemani pagi Kamu. Soto Segar Mbok Giyem Solo terkenal memiliki cita rasa yang segar dan enak. Semangkuk soto dihargai murah hanya 7 ribu rupiah saja.

23. Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto

Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No.501, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. – Image Credit by Surakarta.go.id

Resto yang hitz dikalangan pemuda Solo. Memiliki konsep desain arsitektur klasik khas Budaya Jawa Roemahkoe Resto ini hadir sebagai resto dengan harga bersahabat.

Menu andalan dari Roemahkoe Resto adalah nasi jemblung. Penyajian nasi jemblung unik karena nasi dibentuk lingkaran dengan bagian tengah bolong untuk isian semur lidah sapi.

24. Roti Orion

Roti Orion

Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Picpanzee.com

Toko roti khas dari Solo yang memilki cita rasa enak dan legit. Terdiri dari 3 varian rasa yaitu original, kismis dan spesial. Toko roti Mandarijn ini sudah terkenal dari zaman dahulu karena rasanya yang nikmat.

25. Sosis Naga Widuran

Sosis Naga Widuran

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.13, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. – Image Credit by Dhikainfo.blogspot.com

Menu favorit di tempat ini adalah sosis dan jagung bakarnya. Uniknya Kamu bisa memilih level pedas sesuai selera yaitu manis, pedas biasa saja dan naga. Sosis naga Widuran memiliki tingkat kepedasan yang sangat pedas. Cocok untuk Kamu yang suka makan pedas.

26. Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.132, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. – Image Credit by Solopos.com

Solo punya toko es krim legendaris yang dibanggakan yaitu Es Krim Tentrem. Toko es krim ini menyediakan es kirim home made yang dibuat sendiri sejak tahun 1952.

Menu andalan yang bisa Kamu pilih antara lain rum, n coffee, tuti fruity, rainbow dan rose. Kedai Es Krim Tentrem buka setiap hari dari jam 10.00-21.00 WIB.

Itu tadi 26 wisata kuliner yang ada di Kota Solo. Jika berlibur ke Solo jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat yang menyajikan makanan enak dan enak banget khas hanya ada di Solo.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak