21 Wisata Kuliner di Semarang yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Semarang

Wisata kuliner akhir-akhir ini menjadi salah satu jenis yang digemari. Semarang salah satu kota pesisir terbesar di Indonesia dengan padatnya aktivitas bisnis memiliki ragam tujuan wisata yang sangat banyak dan lengkap, tak terkecuali jika Anda “tidak” menyukai wisata kuliner. Memadukan destinasi wisata yang ada di Semarang dengan wisata kuliner rasanya semakin lengkap.

beberapa makanan khas yang bisa dijadikan tujuan wisata kuliner di Kota Semarang. Banyaknya ragam wisata kuliner di Kota Semarang karena pada dasarnya memang Semarang terdiri dari ragam etnis. Masing-masing etnis tentunya memiliki selera tersendiri, tak heran jika akhirnya menjadi awal lahirnya ragam wisata kuliner.

Selain karena ragam etnis yang ada di Semarang, banyaknya wisata kuliner di Semarang karena secara geografis Semarang bisa dikatakan lengkap. Wilayah utara berbatasan dengan laut, wilayah selatan berupa pegunungan, tentu saja menghasilkan sumberdaya alam yang banyak ragamnya hingga tercipta banyak wisata kuliner di Kota Semarang.

Berikut ini daftar Wisata Kuliner di Semarang yang Bisa Anda Nikmati.

1. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Lokasi: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Detik.com

Semarang memang memiliki udaranya sangat panas di siang hari. Kuliner Es Puter Cong Lik sangat cocok Anda kunjung di siang hari. Nama unik Cong Lik sendiri merupakan singkatan dari “kacung cilik” atau pembantu kecil, sejarah dari pemiliknya Sukimin. Saat ini Es Puter Cong Lik dapat ditemukan di 4 cabang di Semarang.

Anda bisa menikmati Es Cong Lik dengan harga antara Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per porsi. Tiap porsi terdiri daru 2 scoop es puter. Varian rasa yang bisa Anda pilih dengan harga Rp 10.000 antara lain coklat, kacang hijau, kelengkeng, leci, sirsak, kopyor. Dua varian rasa yang paling populer yaitu rasa alpukat dan rasa durian dengan harga Rp 12. 000. Cukup murah untuk melepas dahaga di siang yang panas di Semarang.

2. Warung Semawis

Warung Semawis

Lokasi: Kranggan, Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by pesona.travel

Warung Semawis adalah sebuah istilah dari lokasi pasar malam di Semarang, di wilayah Pecinan. Ada banyak warung-warung di sepanjang pasar malam Warung Semawis ini. Uniknya pasar malam ini hanya buka pada malam hari, yaitu muali pukul 21.00.

Bagi Anda yang hobi wisata kuliner malam hari, Warung Semawis jangan sampai dilewatkan. Berbagai ragam menu kuliner bisa Anda temukan. Tidak perlu khawatir Anda akan makan sambil kebingungan duduk di mana, karena tiap warung menyediakan tempat duduk di depan warung masing-masing. Selain makanan, Anda menemukan toko yang menjual pernak-pernik untuk oleh-oleh.

3. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie

Lokasi: Gg. Lombok No.10, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Gotravelly.com Tempatwisataunik.com

Mie sang kie merupakan salah satu menu wajib jika berkunjung ke Semarang. Harga mie sankie tergantung pada jenis toping yang dimasukkan, yaitu antara Rp 14.000 hingga Rp 17. 000. Dengan yang menggoyangkan lidah, rasanya harga tersebut masih cukup terjangkau.

4. Leker Paimo

Leker Paimo

Lokasi: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. – Credit Image by Malesmandi.com

Lekker paimo  istimewa dibanding lekker lain di berbagai daerah yang pernah Anda temui. Lekker paimo dipenuhi dengan topping yang tidak hanya manis tetapi juga asin. Bahkan Anda bisa mencampur aduk semua topping, antara lain keju, coklat, sosis, bahkan telur. Lekker ini adalah lekker primadona yang ada di Kota Semarang sehingga wajib Anda coba.

Harga tiap leker berbeda-beda, tergantung topping apa saja yang Anda inginkan. Harga paling murah yaitu Rp 1.000 untuk topping coklat dan paling mahal Rp 16.000 untuk topping sosis keju mozzarella. Masih sangat terjangkau dengan lekker yang bisa dibilang mewah itu.

5. Babat Gongso

Babat Gongso

Lokasi: Kembangarum, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang. – Credit Image by Travelingyuk.com

Babat Gongso Pak Karmin merupakan salah satu wisata kuliner babat gongso yang dicari. Warung babat gongso Pak Karmin sendiri telah beerdiri sejak tahun 1971. Pantas saja warung babat gongso Pak Karmin dikatakan sebagai warung bebek gongso yang legendaris.

6. Gulai Kambing Bustaman (Pak Sabar)

Gulai Kambing Bustaman (Pak Sabar)

Lokasi: Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang. – Credit Image by Phinemo.com

Anda bisa menemukan Gulau Kambing ini di kawasan pelabuhan Tanjung Emas. Gulai Kambing Bustaman ini termasuk salah satu wisata kuliner Semarang yang paling legendaris. Gula Kambing Bustaman Pak Sabar mulai berdiri sejak tahun 1969 hingga saat ini. Meskipun sudah lama berdiri, Gulai Kambing ini tetap laris manis dikunjungi.

Harga Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar per porsinya Rp 25.000, masih terjangkau untuk ukuran gulai kambing. Sensasi rasa yang melegenda dari gulai kambing ini yaitu kuah yang tidak terlalu kental dengan daging yang telah dibumbui hingga meresap sehingga rasanya gurih. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang legendaris ini buka mulai jam 09.00 pagi.

7. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Lokasi: Jl. Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Bersatoe.com

Sepertinya hampir semua orang tahu kalau lumpia adalah makanan khas Kota Semarang. Isian dari lumpia ynag khas dari Semarang yaitu rebung. Lumpia. Salah satu lumpia yang terkenal di Kota Semarang yaitu Lumpia Gang Lombok.

Lumpia ini bisa Anda nikmati dalam keadaan digoreng kering, maupun basah. Umumnya orang membawa lumpia ini selain untuk dimakan di tempat, juga sebagai oleh-oleh khas dari Semarang.

8. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet

Lokasi: Jl. Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang. – Credit Image by Ksmtour.com

Nasi Gandul banyak ditemukan di Semarang yang aslinya merupakan makanan khas dari Pati Jawa Tengah. Salah satu nasi gandul yang populer di Kota Semarang yaitu Nasi Gandul Pak Mamet.

Nasi gandul khas karena disajikan dengan alas daun pisang. Isi dalam tiap porsinya sendiri terdiri dari nasi hangat dengan kuah santan. Lauknya yang khas yaitu daging sapi dan babat.

9. Mie Kopyok (Mie Lontong) Pak Dhuwur

Mie Kopyok (Mie Lontong) Pak Dhuwur

Lokasi: Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Ranselperi.com

Mie kopyok (Mie Lontong) Pak Dhuwur merupakan salah satu menu kuliner yang berupa mie kuning. Cara penyajian mie kopyok yakni dengan menambahkan tauge yang disiram dengan kuah bawang.

Selanjutnya mie kopyok ditaburi daun bawang. Harganya murah yaitu Rp 7.000,- . Menu yang ringan untuk memulai menjelajahi Kota Semarang.

10. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Credit Image by Ksmtour.com

Soto Bangkong merupakan salah satu tujuan wisata kuliner di Semarang. Namanya sendiri terinspirasi dari lokasi warung yang dulunya banyak ditemukan kodok bangkong dalam istilah daerah.

Rasa yang khas dan autentik dari Soto Bangkong karena kecap yang digunakan adalah kecap produksi pemilik warung sendiri.

11. Tahu Gimbal Pak H.Edy

Tahu Gimbal Pak H.Edy

Lokasi: Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. – Credit Image by Travelingyuk.com

Tahu Gimbal merupakan salah satu jenis kuliner yang banyak Anda temukan di Semarang, namun salah satu yang paling populer yaitu Tahu Gimbal Pak H.Edy Warung ini buka mulai pukul 17.00 sore.

Tahu gimbal sendiri merupakan makanan yang tiap porsinya terdiri dari potongan-potongan tahu, dan yang khas yaitu potongan gimbal udang, dan kembang kol. Selanjutnya makanan yang dipotong-potong tadi disiram dengan bumbu kacang yang dapat diatur kepedasannya sesuai permintaan.

12. Wedang Tahu

Wedang Tahu

Lokasi: Jl. Wotgandul Timur, Kranggan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Pegipegi.com

Wedang tahu merupakan menu wisata kuliner yang ada di Kota Semarang berupa minuman.  Mirip dengan wisata kuliner di Surabaya yang disebut sebagai “tahwa”. Wedang tahu disajikan dengan cara memasukkan kembang tahu di dalam kuah jahe.

Wedang tahu sering ditemui pada malam malam hari. Bagi Anda yang menginginkan wisata kuliner yang menyegarkan tubuh, wedang tahu cocok Anda nikmati.

13. Wingko Babat

Wingko Babat semarang

Lokasi: Jl. Pekunden Tengah No.1110, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Pesona.travel

Wingko babat merupakan salah satu wisata kuliner khas dari Kota Semarang. Wingko ini dibuat dengan menguleni beras ketan dengan kelapa.

Ada rasa gurih dari wingko babat karena setelah adonan jadi, dilanjutkan dengan membakar adonan. Proses tersebut membuat wingko babat ini awet hingga 3-4 hari sehingga biasanya dijadikan menu oleh-oleh para pelancong.

14. Bandeng Presto

Bandeng Presto

Lokasi: Jl. Pandanaran No.67-69, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Credit Image by Seputarsemarang.com

Seperti lumpia rebung, bandeng presto merupakan wisata kuliner Andalan yang ada di Kota Semarang. Semarang yang merupakan kota pantai, maka tentu saja ada menu wisata kuliner dari hasil laut, yaitu bandeng. Proses pengemasan yang steril yaitu dengan plastik kedap udara menjadikan bandeng awet hingga berhari-hari.

15. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Lokasi: Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang. – Credit Image by Wisataku.id

Bebek goring pak Thori merupakan bebek goring yang bisa dibilang sebagai yang paling populer di Kota Semarang. Bebek Thori yang terkenal dan legendaris itu dikenal memiliki daging yang empuk dengan bumbu yang meresap.

Harga perporsi bebek goreng thori yaitu Rp 25.000,- dengan jam buka mulai pukul 08.30 sampai dengan jam 24.00. Karena buka hingga larut malam, Anda tidak perlu ketakutan warung akan tutup.

16. Pesta Keboen

Pesta Keboen

Lokasi: Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang. – Credit Image by Flickr.com @Cynthiaiskandar

Pesta Kebun merupakan rumah makan bergaya vintage yang pertama kali ada di Kota Semarang. ada banyak menu yang ditawarkan di antaranya udang masak bawang, sup bola jamur dan lain-lain. Harga tiap menu makanan antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per porsi tergantung menu yang dipilih.

17. Ayam Goreng Pak Ne Hesna

Ayam Goreng Pak Ne Hesna

Lokasi: Taman Kuliner Ventura, Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Teaforbreak.com

Ayam goreng Pak Ne Hesna merupakan menu ayam goreng dengan daging yang lembut, dengan bumbu yang gurih meresap. Seperti menu kremes pada umumnya, akan sangat cocok menyantap ayam goreng dengan sambal cobek.

18. Asem-asem Koh Lien

Asem-asem Koh Lien

Lokasi: Jl. Karang Anyar No.28- C4, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Reresepan.com

Asem-asem Koh Lien merupakan menu yang ada di Restoran Koh Liem. Asem-asem Koh Lien sendiri merupakan makanan khas dari etnis Cina.

Cara penyajian Asem-asem Koh Lien yaitu dengan daging sapi yang dipotong kemudian disiram dengan kuah asam-manis.

19. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat Pak Taman

Lokasi: Jl. Stadion Selatan, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Okezone.com

Nasi goreng Babat Pak Taman memiliki kekhasan dibanding nasi goreng yang lain. Nasi goreng Babat Pak Taman dimasak dengan memasukkan telur asin dalam proses pembuatannya.

Telur asin tersebut menambah cita rasa amis. Seperti namanya, nasi goreng ini disajikan dengan potongan babat dalam nasi goreng. Warung nasi goreng ini buka mulai pukul 7 sampai dengan jam 16.00 sore.

20. Bakmi Jowo Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak Gareng

Lokasi: Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Bakmijawasemarang.blogspot.com

Warung Bakmi Jowo Pak Gareng merupakan warung legendaris yang ada sejak tahun 1970. Harga per porsi bakmi jowo ini adalah Rp 14.000 dengan jam buka antara jam 11.00 siang hingga jam 23.00 malam.

21. Pisang Plenet

Pisang Plenet

Lokasi: Jl. Pemuda, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Credit Image by Gotravelly.com

Pisang planet memiliki kekhasan dibandingkan menu olahan pisang yang lain. Pisang planet diperoleh dengan membakar pisang hingga pisang menjadi lemas dan kecoklatam. Selanjutnya setelah matang, pisang siplenet.

Harga per bungkus pisang planet yaitu Rp 10.000. Harga pisang planet sendiri ditentukan berdasarkan jenis toping yang Anda pilih. Warung pisang planet mulai buka pukul 13.00 sampai dengan 19.00

Demikian berbagai macam wisata kuliner yang ada di Kota Semarang. Sebanyak 21 opsi wisata kuliner bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Semarang. Jadi, jangan lupa mampir ke beberapa lokasi kuliner diatas, ya!

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak