10 Wisata Museum di Semarang yang Paling Favorit Dikunjungi

Wisata Museum Semarang

Berkunjung ke Kota Semarang kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata museumnya. Destinasi wisata untuk mengetahui sejarah dan kebudayaan Jawa.

Berlibur atau berwisata adalah kegiatan yang sering dipilih oleh kebanyakan orang untuk melepaskan rasa bosan dan lelah dalam bekerja. Dalam memilih tempat untuk berwisata tentunya harus mempertimbangkan banyak hal terutama budget. Bagi Anda yang ingin berwisata dengan budget yang murah, Anda bisa coba memilih museum sebagai destinasinya.

Museum adalah sebuah bangunan yang didalamnya memamerkan benda-benda bersejarah. Tempat ini juga memiliki desain ruangan yang keren dan aesthetic. Ketika berkunjung ke museum Anda bisa berwisata sekaligus menambah wawasan dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan.

Salah satu kota yang dikenal memiliki banyak museum adalah kota Semarang. Kota yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini dikenal sebagai kota yang kaya akan kebudayaan jawa. Namun tidak hanya itu saja, Semarang memiliki museum-museum yang menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Berikut ini beberapa museum terkenal yang ada di Semarang.

1. Museum Lawang Sewu

Museum Lawang Sewu

Image Credit: Heritage.kai.id

Wisata museum pertama yang wajib Anda kunjungi adalah museum Lawang Sewu. Nama museum ini berasal dari bahasa Jawa, jika di artikan nama “lawang” berarti pintu, dan “sewu” berarti seribu. Hal ini mengartikan bahwa nama lawang sewu sendiri adalah bangunan yang memiliki 1000 pintu, walaupun pintu yang ada di bangunan ini jumlahnya tidak ada 1000.

Museum ini memiliki bangunan yang cukup luas dengan bentuknya yang khas. Tempat ini tak sekedar menyuguhkan keindahan bangunan masa kolonialnya saja, akan tetapi didalam ruangan museum ini menyimpan dan memajang banyak benda bersejarah.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

2. Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu Nyonya Meneer

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Dilihat dari namanya saja, Anda pasti akan menebak bahwa museum ini dibuat dengan tujuan untuk mengenang dan melestarikan warisan budaya jamu yang terkenal di Indonesia. Tebakan tersebut benar, tetapi selain untuk melestarikan budaya minuman jamu, museum ini juga dibuat untuk dijadikan sebagai sarana edukasi tentang jamu.

Saat berkunjung di Museum ini, Anda akan mendapati gaya bangunan yang khas seperti rumah masyarakat jawa. Bentuknya yang seperti pendopo keraton ditambah ornamen-ornamen yang unik membuat Anda merasa nyaman dan betah berkunjung di tempat ini.

BACA:  15 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Ketika berwisata ke Museum ini, Anda akan melihat patung-patung yang memperagakan proses penyajian dan pembuatan jamu pada jaman dahulu. Selain itu, di tempat ini juga banyak dipamerkan peralatan yang digunakan untuk memproduksi jamu seperti alu, lumpang, dacin, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Km 4, Gg. Macan I, Terboyo Wetan, Kec. Genuk, Kota Semarang.

3. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

Image Credit: Traveloka.com

Bagi Anda yang ingin berwisata ke museum yang kekinian di Semarang, tempat ini sangat cocok. Seperti namanya, museum ini menyediakan koleksi gambar tiga dimensi yang unik dan keren. Tempat ini memiliki kurang lebih 108 koleksi gambar 3D yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto.

Berbicara soal gambar yang ada di Museum ini, gambar-gambar yang tersedia memiliki beragam tema dari mulai tema kartun, film, karakter tokoh terkenal bahkan sampai landmark unik di berbagai belahan dunia pun ada disini. Banyaknya koleksi yang ada, museum ini dipercaya sebagai museum 3D paling besar se-Jawa Tengah.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.26, Old Town, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

4. Museum Palagan Ambarawa

Museum Palagan Ambarawa

Image Credit: Ambarawaheritage.com

Museum sekaligus monumen yang ada di Semarang ini merupakan simbol dan saksi bisu untuk mengenang sejarah peperangan Palagan Ambarawa yang terjadi pada pertengahan bulan Desember 1945. Monumen yang mulanya dibangun pada tahun 1973 ini telah diresmikan oleh presiden ke-2 Indonesia pada tahun 1974.

Jika Anda mengunjungi monumen ini, Anda akan disuguhkan dengan relief-relief yang menggambarkan suasana pertempuran pada waktu itu. Selain itu di tempat ini juga terdapat beberapa benda peninggalan jaman penjajahan Belanda dan Jepang, seperti senjata perang, baju perang, kendaraan perang dan benda-benda perang lain.

Lokasi: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata museum yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Sebelum dijadikan museum, dulunya tempat ini adalah Stasiun Kereta Api pada jaman kolonial. Namun, semenjak tahun 1970 stasiun ini ditutup dan dialih fungsikan menjadi museum pada tahun 1976 oleh Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu.

Museum ini mempunya koleksi berbagai jenis lokomotif jaman dulu. Salah satu lokomotif yang terkenal adalah kereta api uap buatan Maschinenfabriek Esslingen. Selain terdapat lokomotif, di tempat ini Anda juga bisa melihat barang-barang peninggalan yang digunakan pada stasiun tempo dulu.

BACA:  12 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Di Museum ini, selain bisa berfoto dengan lokomotif yang dipajang, Anda juga bisa menaiki kereta wisata yang disediakan pengelola tempat ini. Namun, Kereta wisata yang ada disini hanya beroperasi pada hari sabtu dan minggu saja. Rute yang dilewati kereta wisata ini sangatlah memanjakan mata, seperti danau, persawahan dan pemandangan indah lainnya.

Lokasi: Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

6. Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Image Credit: Mapio.net

Masyarakat Jawa Tengah pasti mengenal Masjid Agung Jawa Tengah, masjid yang satu ini memang spesial. Dilihat dari tampilannya saja masjid ini berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, masjid ini merupakan masjid yang bersejarah di Semarang. Bangunan dari masjid ini memang unik karena merupakan perpaduan dari budaya Jawa, Romawi, dan Islam.

Selain dikarenakan tampilan bangunannya yang bersejarah dan unik, yang membuat masjid ini berbeda dengan masjid biasanya, karena masjid ini memiliki museum yaitu Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang berada didalam Menara Al-Husna.

Museum yang berada di lantai 2 dan 3 menara ini memiliki banyak sekali koleksi tentang sejarah perkembangan Islam di Jawa Tengah, seperti koleksi al-Quran yang berukuran cukup besar, berbagai macam jenis wayang, gamelan dan koleksi peninggalan Islam lainnya.

Keunikan dari rumah ibadah ini membuat siapa saja yang berwisata ke Semarang tak lupa untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah ini, terlebih bagi umat muslim. Mereka yang berkunjung ke Masjid ini akan merasakan sensasi wisata religi.

Lokasi: Jl. Gajah Raya No.Kelurahan, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang.

7. Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti

Image Credit: Kompas.com

Indonesia pernah dijajah berabad-abad oleh negara Belanda, akan tetapi bangsa Indonesia berhasil melawan dan akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945. Lalu, bagaimana perjuangan yang dihadapi bangsa ini? Bagi yang tertarik dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan para penjajah, Anda bisa mengunjungi Museum Mandala Bhakti.

Museum ini merupakan museum yang digunakan untuk mengingat dan mengenang perjuangan TNI. Museum yang dulunya digunakan sebagai pengadilan tinggi Eropa ini mempunyai berbagai koleksi bersejarah yang dimiliki TNI, seperti data-data penting dan persenjataan dari TNI.

Lokasi: Jl. Unika Soegijapranata No.1, Barusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jepara yang Enak & Wajib Anda Coba

8. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita

Image Credit: Travelspromo.com

Para penggemar ilmu sejarah wajib mengunjungi museum yang satu ini, bagaimana tidak? Museum yang namanya diambil dari salah satu nama pemuda jawa yang dipercaya Keraton Surakarta ini memiliki sekitar 50 ribu benda yang dikoleksi. Karena banyaknya koleksi yang dimiliki, tak heran jika museum ini terbagi menjadi 4 gedung agar dapat memamerkannya.

Koleksi yang ada di tempat ini sangatlah beragam, Anda bisa menjumpai koleksi mata uang kuno, koleksi geologi, ekologi, biologi dan benda-benda prasejarah lainnya. Sejarah dari berbagai ilmu pengetahuan yang ada di museum ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata, terutama untuk para pelajar atau mahasiswa.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

9. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery

Image Credit: Jatenglive.com

Seperti museum kebanyakan di Semarang, museum yang satu ini juga memiliki desain bangunan khas kolonial Belanda. Museum yang terdiri dari 2 lantai ini memiliki koleksi patung, seni lukisan, dan berbagai jenis karya seni lainnya. Pembaharuan koleksi yang kerap dilakukan menjadikan tempat ini memiliki daya pikat tersendiri.

Ketika mampir ke tempat ini Anda tidak akan rugi karena karya seni yang ada disini unik dan instagramable, sangat cocok untuk Anda abadikan. Tempat ini juga memiliki 2 lantai, sehingga Anda juga tak perlu khawatir jika banyak orang yang mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Jl. Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

10. Museum MURI

Museum MURI

Image Credit: Travelingika.com

Wisata museum di Semarang yang terakhir adalah Museum MURI. Museum yang didirikan pada 27 Januari tahun 1990 ini adalah bentukan Jaya Suprana dan swadaya masyarakat yang bertujuan untuk menghargai berbagai hal membanggakan yang dilakukan masyarakat di seluruh Indonesia.

Museum ini merupakan salah satu museum yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Banyak koleksi anugerah yang diperoleh anak bangsa disimpan dan dipamerkan di tempat ini. Museum ini juga menggratiskan bagi siapa saja yang ingin berkunjung, baik untuk menambah wawasan ataupun hanya sekedar berfoto bersama koleksi-koleksinya.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.

Itulah 10 rekomendasi wisata museum di Semarang yang wajib anda eksplor. Berwisata atau berlibur ke museum tak perlu memiliki budget yang besar karena banyak museum yang dikelola pemerintah setempat sehingga menggratiskan biaya masuk bagi para pengunjungnya. Selain minim budget mengunjungi museum juga dapat menambah banyak ilmu pengetahuan terutama ilmu sejarah.