Taman Kelinci Tuntang salah satu tempat wisata edukasi dan outbound terbaik di Semarang. Tujuan yang tepat untuk berakhir pekan bersama si kecil dengan beragam wahana pembelajaran dan outbound.

Lokasi: Jl. Raya H. Toeyib Soebadi, Rowoboni, Banyubiru, Cebur, Kalibeji, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Taman Kelinci Tuntang menjadi destinasi favorit para wisatawan karena tidak hanya sebagai tempat rekreasi saja, namun juga sebagai tempat wisata edukatif. Tempat wisata ini tidak hanya dikhususkan untuk anak-anak, semua kalangan masyarakat dari segala penjuru usia juga bisa menikmati wisata satu ini.

Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, serta beranekaragam jenis kelinci dapat Anda temukan di tempat wisata ini. Disini Anda bisa berinteraksi langsung dengan para kelinci yang lucu. Memberi makan bahkan bermain dengan para kelinci pun diperbolehkan. Tersedia paket-paket wisata bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Meskipun baru didirikan pada tahun 2009 silam, tempat wisata ini ramai dipadati wisatawan. Anda sebaiknya mengajak anggota keluarga terutama anak-anak Anda supaya mendapatkan wawasan dan ilmu baru mengenai satwa kelinci. Orang dewasa maupun anak-anak akan sangat betah berkunjung ke tempat wisata ini dengan segala fasilitas dan wahana yang tersedia.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kelinci Tuntang

Daya Tarik Taman Kelinci Tuntang
Image Credit: Google Maps (Budhi Prasetyo)

Wisata satu ini cocok dikunjungi oleh para wisatawan dari segala umur. Disini Anda tidak hanya disuguhkan dengan berbagai jenis kelinci saja, namun tersedia juga wahana-wahana yang menarik. Anda yang membutuhkan destinasi liburan wisata keluarga dengan sarana edukasi yang menyenangkan, tempat wisata ini adalah jawabannya.

1. Wisata Edukatif Dengan Budget Minimalis

Hanya dengan berbekal budget yang tidak begitu banyak, Anda akan mendapatkan berbagai wawasan dan ilmu baru yang mungkin belum pernah Anda dapat sebelumnya. Anak-anak pun juga akan senang ketika berlibur ke tempat wisata ini karena selain mendapatkan hiburan yang menyenangkan, anak-anak akan mendapatkan edukasi yang berguna untuk kehidupannya ke depan, seperti bercocok tanam, membantik, pertenakan dan sebagainya.

2. Wisata Petualangan & Outbound

Pihak pengelola Taman Kelinci Tuntang menyediakan paket khusus bagi Anda yang senang bertualang. Kegiatannya meliputi trabas jeep, mendaki gunung, panjat tebin dan sebagainya. Selain itu, juga tersedia kegiatan outbound yang menarik, seperti fun game, peningkatan keterampilan dan permainan Kerjasama tim.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kelinci Tuntang
Image Credit: Google Maps (Samuel Setiadi)

3. Memiliki Beragam Jenis Kelinci yang Berbeda-Beda

Daya tarik utama tempat wisata keluarga ini adalah koleksi beragam jenis satwa kelinci yang berbeda-beda. Beragam jenis kelinci dengan warna bulunya yang bermacam-macam semuanya ada disini. Apalagi pihak pengelola memang tidak melarang para wisatawan untuk berinteraksi langsung dengan para kelinci tersebut. Tidak usah takut, kelinci disini semuanya bersih dan sangat terawat.

4. Tempat Wisata yang Populer

Para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Semarang tidak akan lupa untuk melepas penat dengan berlibur ke tempat wisata ini bersama keluarga. Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata yang terkenal di Tuntang, Kabupaten Semarang.

Masyarakat sekitar juga sudah sangat familiar dengan tempat wisata ini, sehingga Anda tidak akan kesusahan ketika ingin mengunjungi tempat ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Kelinci Tuntang

Lokasi Taman Kelinci Tuntang
Image Credit: Google Maps (solo hans)

Tempat wisata keluarga ini berada di Jalan Raya H. Toeyib Soebadi atau Jalan Raya Muncul 11, Rowoboni, Banyubiru, Desa Kalibeji, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Taman Wisata Banyubiru. Namun para wisatawan lebih familiar dengan nama Taman Kelinci Tuntang.

Terletak di kawasan Muncul Km 7 Salatiga sehingga akses menuju ke lokasi sangat mudah ditempuh dengan sarana transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Akses jalan juga sudah sangat mulus dan beraspal, Anda tidak perlu takut terhadap jalan berlubang maupun jalan tidak rata.

Apabila menggunakan transportasi umum, Anda dapat berangkat dari arah Semarang maupun Salatiga. Jika dari arah Semarang, Anda dapat naik bus jurusan Semarang-Ambarawa, kemudian turun di Palagan, selanjutnya charter menggunakan angkutan umum jurusan Muncul.

Jika dari arah Salatiga, Anda dapat naik angkutan umum melalui jalan lingkar Salatiga lalu belok ambil jurusan Banyubiru. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat membuka google maps atau waze untuk mengantarkan Anda menuju ke lokasi.

Anda juga dapat bertanya arah menuju ke lokasi pada masyarakat sekitar karena tempat wisata tersebut sudah sangat populer di kalangan masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Kelinci Tuntang

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Kelinci Tuntang
Image Credit: Google Maps (Melati P D)

Sebelum Anda berkunjung kesini, akan lebih baik lagi apabila Anda mengetahui waktu operasional dan tiket masuk tempat wisata ini. Waktu operasional tempat wisata keluarga ini adalah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Namun khusus untuk kafe kelinci buka hingga pukul 22.00 WIB. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 2.000 dan kendaraan roda empat adalah Rp 5.000.

Tiket masuk wisata keluarga ini sangat terjangkau. Anda hanya diharuskan membayar Rp 6.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi dan sebotol minuman dingin. Dengan tiket tersebut Anda bisa menikmati fasilitas berupa beberapa permainan gratis seperti perosotan, mini area outbond, dan taman kelinci.

Untuk Anda yang ingin mencoba berkeliling area tempat wisata dengan naik kuda, Anda perlu membayar tiket Rp 15.000 untuk 2 kali putaran, sudah termasuk pemandu pawang kuda. Kemudian, Anda juga bisa bermain wahana flying fox dan wahana lain dengan harga tiket yang berbeda-beda.

Tersedia juga paket wisata jika Anda berkunjung kesini bersama rombongan. Anda dapat memilih salah satu sesuai kebutuhan Anda. Untuk paket anak-anak, biaya paket wisatanya adalah Rp 75.000 dengan fasilitas wahana edukasi seperti menanam padi, memerah susu sapi, memasak olahan bayam, bahkan melihat proses pembuatan gula kelapa.

Untuk paket remaja, biaya paket wisatanya adalah Rp 125.000 dengan fasilitas outbond khusus untuk remaja dan juga dokumentasi video. Kemudian untuk paket keluarga (ayah, ibu, dan 2 anak), biaya paket wisatanya adalah Rp 350.000 dengan fasilitas berbagai wahana yang dapat melatih kebersamaan keluarga dan juga tambahan beberapa makanan dan snack.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kelinci Semarang

Kegiatan di Taman Kelinci Semarang
Image Credit: Google Maps (Budhi Prasetyo)

1. Bermain dengan para Kelinci yang Imut dan Lucu

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini memiliki beragam jenis satwa kelinci yang berbeda-beda. Mengusung tema olahraga dan alam, tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Disini Anda dapat bermain dengan para kelinci yang imut dan lucu, bahkan bisa berinteraksi langsung dengan memberi mereka makan.

2. Menemani Anak Bermain Wahana Flying Fox

Jika anak Anda senang dengan kegiatan yang melatih adrenalin, wahana flying fox sangat cocok untuk anak Anda. Tidak perlu khawatir dengan keamanan wahana ini karena sudah dilengkapi dengan alat pengaman, helm, dan juga terdapat pemandu-pemandu yang akan dengan sigap membantu anak Anda ketika akan mulai berayun maupun ketika mendarat.

3. Mengajak Anak-Anak Bermain dengan Paket Outbond

Di Taman Kelinci Tuntang tersedia berbagai pilihan paket outbond dengan fasilitator yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan anak-anak Anda. Salah satu paket outbond yang menarik adalah paket Dunia Tani (DUTA). Dengan memilih paket ini, anak-anak Anda akan diajarkan untuk belajar proses menanam padi mulai dari menebar benih padi, mencabut bibit padi hingga membajak sawah.

4. Menemani Anak Berenang

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam renang khusus anak dengan permainan air yang menyenangkan. Di pinggir kolam renang sudah tersedia kamar mandi untuk anak Anda berganti pakaian setelah selesai berenang dan juga tempat duduk untuk Anda yang menemani anak berenang.

Permainan air seperti perosotan dan ember tumpah akan menambah keceriaan anak Anda. Jadi permainan ini cukup menarik untuk dicoba.

Kegiatan Menarik di Taman Kelinci Semarang
Image Credit: Google Maps (Kukuh TA MJP)

5. Berkeliling Area Taman Kelinci dengan Menaiki Kuda

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berkuda, Anda dapat mencoba menaiki kuda dengan membayar Rp 15.000 untuk 2 kali putaran. Anda dapat mengajak anak Anda untuk menaiki kuda ini. Kuda yang Anda tunggangi sudah jinak, maka jangan takut ketika menaikinya. Ada pemandu pawang kuda juga yang akan menemani Anda saat menaiki kuda supaya keamanan Anda terjaga.

6. Melepas Penat dengan Bermain Sepeda Bebek Air

Wahana di tempat wisata ini sangat lengkap. Anda juga dapat bermain wahana sepeda bebek air dengan berkeliling di danau buatan. Anda hanya perlu mengayuh sepeda bebek air tersebut dengan jumlah muatan maksimal 3 orang saja (ayah, ibu, 1 anak). Pemandangan pegunungan dan pepohonan yang teduh serta tiupan angin sepoi-sepoi akan semakin menambah kenyamanan Anda.

7. Menemani Anak Bermain Wahana Fighter Kids

Permainan menembak sasaran merupakan kegiatan yang akan anak Anda lakukan dengan wahana ini. Tujuan wahana ini adalah untuk melatih fokus dan konsentrasi. Anak-anak yang berumur di bawah 12 tahun diwajibkan ditemani oleh pendamping supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Menikmati Sajian Kuliner di Kafe Kelinci

Apabila Anda dan keluarga merasa lapar dan haus, Anda dapat mampir ke Kafe Kelinci yang berada di dalam area wisata untuk mengisi kekosongan perut. Nuansa yang disuguhkan kafe ini sangat tropis karena suasana alamnya sangat kental. Terkadang pengelola kafe mengadakan acara nobar sepak bola, MotoGP dan beragam acara olahraga lainnya.

Kafe ini menawarkan menu-menu hidangan lezat yang beragam. Tersedia menu regular dan menu khusus. Untuk menu regular, terdapat berbagai pilihan makanan ayam, bebek, lele, serta ikan segar seperti nila, kalper, bawal, gurami dengan olahan masakan seperti pecak sambal, panggang kecap, panggang santan, pepes, dan pes moll.

Sedangkan untuk menu khusus, sajian kuliner dengan bahan dasar daging kelinci dapat diolah dengan berbagai macam masakan seperti sate, semur, sup, tongseng, goreng, rica-rica maupun tengkleng. Sajian menu kuliner serba kelinci ini hanya tersedia saat akhir pekan saja. Anda yang ingin mencoba sensasi makan daging kelinci dapat berkunjung kesini saat weekend.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kelinci Tuntang

Fasilitas di Taman Kelinci Tuntang
Image Credit: Google Maps (septiana ade)

Tempat wisata keluarga ini merupakan tempat wisata rekreasi dan edukasi. Ada banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan di tempat wisata ini. Sering sekali sekolah-sekolah mengadakan kegiatan outing class disini untuk berwisata edukasi. Fasilitas yang tersedia antara lain berinteraksi dengan kelinci, kolam renang, permainan sepeda bebek air, permainan menunggangi kuda dan lain sebagainya.

Kemudian untuk fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, tempat bersantai, mushola, dan kafe juga tersedia di tempat wisata ini. Anda pasti akan betah mengunjungi tempat ini karena fasilitas dan wahana yang dimiliki sangat lengkap.

Jika Anda mencari tempat rekreasi keluarga yang sudah sepaket dengan wahana edukasinya, tempat wisata Taman Kelinci Tuntang di Semarang siap menyambut kedatangan Anda dan keluarga. Dengan berbekal budget yang tidak begitu banyak, Anda akan mendapatkan beragam fasilitas dan wahana yang tidak mengecewakan.