41 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

26 Tempat Wisata di Semarang

Semarang, merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Kota yang juga menjadi ibukota Provinsi Jawa Tengah ini menawarkan sejuta pesona dan daya tarik yang mampu mendatangkan wisatawan untuk berkunjung. Disini para wisatawan bisa menemukan berbagai pesona yang berbeda dari daerah lain.

Jika berbicara tentang wisata Semarang tak akan pernah habis untuk diulas. Meskipun terkenal sebagai kota besar yang ada di Indonesia, daya tarik wisata di Semarang pun sangat beragam, mulai dari destinasi wisata alam hingga destinasi wisata kekinian.

Inovasi dan pengembangan pun terus dilakukan untuk menarik semakin banyak wisatawan agar berkunjung ke Semarang. Nah, jika Anda ingin berkunjung ke Semarang, beberapa tempat wisata yang menarik berikut wajib Anda coba.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Image Credit: Travel.kompas.com

Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Semarang pertama adalah Lawang Sewu. Tempat wisata ini adalah sebuah bangunan kuno peninggalan jaman penjajahan dulu. Suasana klasik nan megah khas arsitektur Eropa kuno begitu terasa saat berkunjung kesini.

Yang menarik dari bangunan yang namanya memiliki arti seribu pintu ini adalah cerita-cerita yang berkembang di masyarakat tentang bangunan ini. Cerita mistis yang melingkupi lawang sewu tak lantas membuat wisatawan takut berkunjung, justru membuat semakin banyak pengunjung yang penasaran dengan destinasi ini.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

2. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong

Image Credit: Sportourism.id

Destinasi selanjutnya masih berkaitan dengan bangunan bersejarah di Semarang, yaitu kelenteng Sam Poo Kong. Terletak di sebelah barat daya Kota Semarang, klenteng ini tak hanya dikenal karena bersejarah saja namun juga unik.

Kelenteng yang juga dikenal dengan nama gedung Batu ini terletak di sebuah bukit batu dengan bentuknya berupa gua batu besar. Konon kelenteng ini adalah tempat ini persinggahan pertama dari seorang laksamana dari Tiongkok yang terkenal karena beragam islam, Laksamana Ceng Ho.

Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Kota Lama

Kota Lama

Image Credit: Kissparry.com

Semarang tak pernah mati jika berbicara tentang wisata arsitek tua. Kota Lama menjadi pusat arsitektur kuno khas Eropa yang harus dikunjungi saat ke Semarang. Di kawasan yang berjuluk ‘Little Netherland’ ini Anda bisa menikmati berbagai jenis bangunan kuno khas Eropa yang masih berdiri tegak.

Diantara bangunan-bangunan itu, gereja Blenduk, kantor pos, Stasiun Tawang adalah beberapa contoh bangunan berarsitektur kuno yang masih berdiri tegak dan masih difungsikan hingga saat ini. Di tempat ini Anda bisa mengambil foto layaknya berada di Eropa di jaman dulu.

Lokasi: Jl. Taman Tawang No.1, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Image Credit: Rinransel.blogspot.com

Wisata sejarah Anda bisa dilanjutkan ke Candi Gedong Songo, sebuah peninggalan jaman kerajaan Indonesia. Gedong Songo sendiri berarti sembilan bangunan. Jadi disini Anda bisa melihat 9 buah candi yang masih berdiri kokoh di kompleks candi.

Tak hanya candi, di kawasan wisata Gedong Songo Anda juga bisa menikmati wisata lain seperti hutan pinus yang cantik dan cocok untuk berfoto, serta ada juga mata air dengan kandungan belerang di dalamnya. Dengan mengunjungi satu tempat ini Anda bisa menikmati beragam destinasi wisata sekaligus.

Lokasi: Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

5. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Ambarawa

Image Credit: Wisatajateng.com

Tak jauh dari Kota Semarang, Anda bisa berwisata sekaligus belajar tentang transportasi kereta di Indonesia. Disini Anda bisa belajar sejarah tentang kereta api dan perkembangannya di Indonesia. Berkunjung ke museum ini akan membuat Anda merasa berada di dalam mesin waktu yang membawa Anda ke masa lampau.

Perjalanan waktu ini bisa Anda rasakan dengan menaiki salah satu kereta uap yang memang disediakan untuk pengunjung. Kereta uap ini adalah kereta uap yang masih asli dan masih bisa beroperasi dengan baik. Dengan kereta uap ini Anda akan dibawa berkeliling di kawasan sekitar Ambarawa. Menarik bukan?

Lokasi: Jl. PanjangKidul No.1, PanjangKidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

6. Masjid Kapal Semarang

Masjid Kapal Semarang

Image Credit: Inibaru.id

Tidak hanya menjadi tempat ibadah, Masjid Kapal Semarang ini juga bisa menjadi objek wisata yang terbilang baru. Arsitekturnya yang menyerupai kapal membuat masjid ini begitu unik. Bukan hanya dikunjungi oleh wisawatan lokal, bahkan banyak pelancong dari berbagai daerah yang ingin melihat keunikannya.

Kebanyakan wisatawan yang datang ingin menyaksikan secara langsung dan juga berswafoto. Apalagi ketika fotonya bertebaran di media sosial.

Lokasi: Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang.

7. Taman Bunga Bandungan

Taman Bunga Bandungan

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Taman Bunga Bandungan ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata yang faovrit. Taman yang dimiliki oleh Setya Aji Flower Farm ini menjadi begitu ramai setelah fotonya viral di medsos. Menyuguhkan pemandangan bunga krisan yang sangat cantik dengan penataan taman yang ciamik.

Banyak yang menjadikan Taman Bunga Bandungan ini sebagai tempat hunting foto. Mengunjunginya ketika pagi hari membuat anda bisa menikmati matahari di tengah taman.

Lokasi: Jl. Wisata Gedong Songo Km 05, Darum, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

8. Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Kampung Krisan Clapar

Image Credit: Jalanwisata.id

Hamparan kebun Bunga Krisan dengan suasana pedesaan asri bisa anda dapatkan di Wisata Kampung Krisan Clapar, Semarang ini. Hawanya sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat anda betah berlama lama.

Apalagi untuk masuk hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 10 ribu saja. Banyak yang menjadikan destinasi ini untuk menjadi spot swafoto yang cantik. Ketika berkunjung harus hati hati agar tanaman krisannya tidak rusak.

Lokasi: Clapar ,Duren, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

9. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening

Image Credit: Wikipedia.org

Dana Tawa Pening merupakan danau di Ungaran yang memiliki cerita begitu melegenda. Diambil dari dua kata yakni Rawa dan juga Pening, kata Pening sendiri diambil dari Bening. Danau cantik satu ini memiliki luas sekitar 2.670 ha yang banyak ditumbuhi dengan enceng gondok.

Selain dijadikan tempat untuk bersantai, pengunjung yang ke Danau Rawa Pening juga bisa memancing atau hanya sekedar berburu foto. Ketika sore atau pagi hari merupakan waktu terbaik berkunjung.

Lokasi: Bejalen, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

10. Pantai Marina

Pantai-Marina

Image Credit: Dakatour.com

Kalau Anda suka wisata alam terutama pantai, Semarang juga punya pantai yang sangat cantik dan tak kalah dengan pantai-pantai di daerah lain. Pantai Marina yang lokasinya berada di kawasan perumahan ini biasa menjadi lokasi favorit masyarakat untuk melakukan olahraga seperti jogging atau bersepeda.

Suasana yang sepi dengan banyak pepohonan di sekitar yang membuatnya sejuk bisa menjadi alternatif destinasi wisata keluarga Anda. Tak perlu khawatir karena disini juga tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti kolam renang, taman bermain serta fasilitas permainan air yang lengkap.

Lokasi: Jl. Marina Raya, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

11. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Image Credit: Tianlustiana.com

Destinasi Umbul Sidomukti juga menjadi destinasi wisata keluarga favorit di Semarang. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota serta banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan disini membuat Umbul Sidomukti banyak dikunjungi anak-anak muda maupun keluarga.

Daya tarik utama destinasi ini adalah kolam renangnya yang berada di atas ketinggian 1.200mdpl. Selain kolam renang, disini juga tersedia fasilitas camping hingga flying fox yang bisa Anda coba.

Lokasi: KawasanWisataUmbulSidomukti, Bandungan, Manggung, Semarang, Jawa Tengah.

12. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Image Credit: Wisatakeluargaku.com

Jika mencari destinasi wisata keluarga, Semarang juga tak kalah dengan kota-kota besar lain yang memiliki wahana permainan keluarga lengkap. Saloka Theme Park menjadi tujuan yang harus Anda datangi bersama keluarga.

Dibangun di atas lahan seluas 18 hektar, Saloka Theme Park menyediakan total 20 wahana permainan. Wahana-wahana ini dibagi ke dalam 4 kategori zona yang memiliki fasilitas dan jenis permainan berbeda-beda.

Lokasi: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah.

13. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Image Credit: Klikdieng.com

Tak hanya destinasi wisata sejarah dan arsitektur, wisata alam di Semarang juga tak kalah banyak dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun kali pancur ini. Aur terjun yang terletak di kawasan Kabupaten Semarang ini dijamin akan membuat Anda merasa rileks sekaligus takjub.

Air terjun dengan ketinggian 150m ini berada di kawasan yang sangat cukup sulit dijangkau. Bisa dilihat dari sekitarnya yang masih ditumbuhi pepohonan lebat serta tebing bebatuan tinggi. Untuk mencapai lokasi air terjun saja, Anda harus berjalan melewati kurang lebih 900 anak tangga.

Lokasi: Gejayan, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah.

14. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo

Image Credit: Kabarwisata.com

Kawasan hutan wisata di tengah kota ini bisa juga menjadi destinasi wisata baik sendiri maupun bersama keluarga. Letaknya yang mudah diakses, lokasinya yang asri serta banyaknya fasilitas pendukung yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas menjadikan hutan wisata ini menjadi tujuan wisata favorit warga Semarang.

Aktivitas favorit yang bisa dilakukan disini antara lain berbagai aktivitas luar ruangan seperi flying fox, bird watching bahkan bermain combat game. Di dalam area ini juga terdapat camping ground untuk berkemah. Ada juga spot fotografi menarik untuk Anda yang sekedar ingin menambah koleksi di akun media sosial.

Lokasi: Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

15. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa

Image Credit: Mamikos.com

Kampoeng Rawa sebenarnya adalah rumah makan dengan konsep terapung. Namun karena menyajikan pemandangan yang menawan membuat tempat satu ini juga menjadi destinasi wisata yang hits.

Anda bisa menikmati berbagai menu yang menggoyang lidah dengan panorama sawah serta rawa yang begitu sejukkan mata anda. Bangunannya juga dibuat semenarik mungkin dengan atap Joglo khas Jawa Tengah. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Sarbini Km 03, Ambarawa, Kec. Waduk Rawapening, Kab. Semarang.

16. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Image Credit: Lingkarjateng.com

Monumen Palagan Ambarawa merupakan simbol untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa pada 12 – 15 Desember 1945. Dimana pasukan TKR yang dipimpin oleh Kolonel Soedirman berhasil melucuti tentara Sekutu. Dan pada hari tersebut kini diperingati sebagai Hari Infanteri. Di dalam meseum ini, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi senjata, pakaian, hingga kendaraan tempur yang digunakan saat Pertempuran Ambarawa saat itu.

Pengunjung juga bisa melihat tank kuno, meriam hingga kendaraan angut personel. Menariknya, pengunjung juga bisa melihat pesawat Mustang Belanda yang ditembak jatuh di sekitaran Rawa Pening. Memiliki bangunan dengan konsep joglo menjadi Meseum Palagan Ambarawa sebagai destinasi wisata sejarah yang tak boleh dilewatkan. Berwisata sambil kembali mengingat perjuangan para pahlawan dan juga menimba pengetahuan.

Lokasi: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab.Semarang.

17. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Image Credit: Adeutomo.com

Benteng Pendem juga dikenal dengan nama Benteng Willem I. Benteng peninggalan Belanda ini dibangun pada tahun 1834. Meskipun kini usianya sudah mencapai 1 abad, namun bangunannya masih tetap berdiri kokoh.

Banyak wisatawan yang berkunjung untuk dijadikan spot foto yang menarik. Berada di komplek Lapas Kelas II Ambarawa, anda harus izin terlebih dahulu. Benteng Pendem juga sempat jadi lokasi pengambilan gambar film Soekarno.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

18. Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa

Image Credit: Sintiaastarina.com

Goa Maria satu ini sudah ada sejak tahun 1954 yang hingga kini masih berdiri dengan kokoh dan di rawat dengan baik. Patung Bunda Maria berdiri menjulang dengan ketinggian 42 meter. Selain itu juga terdapat kapel serta perhentian jalan Salib yang banyak digunakan untuk ziarah Umat Katolik.

Taman dengan jalan berbatu begitu cantik, pengunjung juga bisa melihat diorama kisah dari Alkitab. Fasilitas yang ada di Goa Maria Kerep ini juga terbilang lengkap dan memadai.

Lokasi: Jl. Gua Maria Kerep, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

19. Water Blaster Bukit Candi Golf

Water Blaster Bukit Candi Golf

Image Credit: Dolandolen.com

Bermain di wahana permainan air yang menyenangkan ditambah fasilitas yang mengedukasi menjadi daya  tarik utama Water Blaster Bukit Candi Golf ini. Meskipun baru dibuka, wahana permainan air ini sudah menjadi destinasi favorit untuk keluarga di Semarang.

Di area bermain air ini, ada total 8 wahana termasuk yang menjadi daya tarik utama adalah wahana arus luncur yang dibuat dengan ketinggian 25m dengan panjang lintasan mencapai 230m berbentuk lintasan melingkar dan berkelok sebelum akhirnya mencebur ke area kolam.

Lokasi: Jl. Bukit Golf No.1, Jangli, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

20. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Image Credit: Pusvitasari.com

Kalau Anda suka narsis dan berfoto di tempat-tempat yang cantik, Setiya Aji Flower Farm bisa menjadi destinasi alternatif. Seperti namanya, lokasi ini adalah kebun bunga krisan yang instagramable.

Disini Anda bisa berfoto dengan latar belakang bunga krisan berbagai warna. Sebagai tips, kalau Anda ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda harus datang saat pagi hari atau sore hari saat cahaya matahari sedang bagus. Anda juga harus datang saat cuaca cerah.

Lokasi: Jl. Kendalisodo, Bandungan, Piyato, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

21. Wisata Lereng Kelir

Wisata Lereng Kelir

Image Credit: Baabun.com

Destinasi selanjutnya adalah destinasi kekinian yang menjadi favorit anak-anak muda Semarang. Tempat wisata ini adalah kawasan dataran tinggi dengan pemandangan yang sangat mempesona dengan warna hijau sejauh mata memandang.

Tempat favorit dari Lereng Kelir ini adalah sebuah gardu pandang yang banyak dijadikan spot berfoto para pengunjung. Berfoto di menara pandang ini akan membuat hasil jepretan Anda semakin estetik dengan latar belakang pemandangan pegunungan.

Lokasi: Ds Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang, Jawa Tengah.

22. Wisata Eling Bening

Wisata Eling Bening

Image Credit: Hargatiket.net

Eling Bening adalah kawasan wisata outdoor dengan fasilitas lengkap dan kekinian di kawasan Kabupaten Semarang. Lokasinya sangat strategis karena berada di puncak perbukitan di Jalan Lingkar Ambarawa. Karena itu tak heran jika destinasi ini banyak dikunjungi warga Semarang.

Dari atas Eling Bening Anda bisa melihat pemandangan Rawa Pening dan deretan pegunungan membentang di kejauhan. Disini juga sudah tersedia fasilitas pendukung wisata yang cukup lengkap. Ada kolam renang, restoran, camping ground hingga permainan flying fox. Pilihan tepat untuk berwisata bersama keluarga.

Lokasi: Jl. KartiniTambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang, Jawa Tengah.

23. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon

Image Credit: Jadiberita.com

Kalau di daerah lain di Indonesia memiliki destinasi hutan pinus dengan pemandangan yang menakjubkan serta menjadi lokasi foto yang instagramable, maka di Semarang pun ada, yaitu hutan pinus Kayon. Di hutan ini Anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona khas hutan pinus.

Hal lain yang menjadi daya tarik adalah spot-spot foto instagenic yang bisa Anda dapatkan disini. Anda bisa mengambil gambar di lokasi yang fotogenic di kawasan hutan ini.

Lokasi: Jl. Banyu Urip No.7, KupangKrajan, Kec. Sawahan, Salatiga, Jawa Tengah.

24. Jembatan Biru Ambarawa

Jembatan Biru Ambarawa

Image Credit: Asinan.sideka.id

Jembatan Biru Ambarawa atau Sumurup ini menjadi daya tarik wisata baru yang lokasinya dekat dengan danau Rawa Pening. Jembatan ini merupakan yang menggabungkan dua jembatan yang tidak simetris.

Banyak yang berkunjung untuk wisata selfie yang begitu cantik. Lokasinya dekat dengan pelabuhan yang juga bisa sewa perahu untuk memancing. Meskipun baru destinasi satu ini begitu digandrungi.

Lokasi: Sumurup, Asinan Bawen, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

25. Goa Rong View

Goa Rong View

Image Credit: Myimage.id

Penikmat pemandangan di atas ketinggian wajib untuk mengunjungi Goa Rong View. Melihat keindahan Semarang dari ketinggian akan menjadi pelepas penat yang mujarab. Anda bisa melihat dengan jelas Gunung Temoloyo, Sumbing, Unggaran dan Sindoro. Luasnya Danau Rawa Pening juga akan terlihat.

Bukan hanya miliki panorama mempesona, Goa Rong View tak hanya memiliki spot selfie namun juga tersedia area bermain anak dan fasilitas memadai.

Lokasi: Jl. Raya Tuntang – Beringin KM 2, Desa Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

26. Masjid Agung Ungaran

Masjid Agung Ungaran

Image Credit: Kompas.com

Masjid Agung Ungaran merupakan masjid yang dibangun pada tahun 2010 silam. Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, banyak juga yang memanfaatkan sebagai tempat wisata religi.

Masjid Agung ini dibangun menghadap langsung ke alun alun dan di atas tanah seluas 1550 m. Selain bisa berkunjung ke Masjid Agung, anda juga bisa sekalian mampir ke Alun Alun Asmara.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Desa Sidomulyo, Kec. Ungaran Tibur, Kab. Semarang.

27.Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia

Image Credit: Semarangcoret.com

Di kota Semarang selain disuguhkan dengan beragam wisata yang menarik, anda juga bisa berwisata edukasi. Taman Djamoe Indonesia akan menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan jamu. Bagi anda yang memiliki buah hati, sangat mengunjungi destinasi satu ini.

Taman yang dimiliki oleh Taman Djamoe juga sangat cantik, sehingga anda bisa sekalian berburu spot untuk selfie. Suasananya yang asri dan nyaman sangat mendukung tempat wisata satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Semarang Bawen KM. 28,Bergas Kidul, Kec. Bergas, Kab. Semarang.

28. Brown Canyon

Brown Canyon

Image Credit: Vemmedaily.com

Selama ini orang-orang lebih mengenal Gramd Canyon di luar negeri. Jangan salah, di Semarang juga ada bernama Brown Canyon. Bedanya, kalau Grand Canyon memiliki pemandangan serba hijau yang menyejukkan, di Brown Canyon Anda bisa menemukan pemandangan serba coklat yang eksotis.

Kawasan yang merupakan bekas pertambangan ini kini menjadi destinasi kekinian yang menawarkan pesona unik di Semarang. Lokasinya yang didominasi oleh perbukitan batu berwarna coklat menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto yang instagenic.

Lokasi: Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

29. Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang

Image Credit: Jatengtoday.com

Tak hanya Jogja atau Pekalongan saja yang punya kampung batik, di Semarang pun ada kampung dengan serba serbi berbau batik di dalamnya. Terletak di kawasan kota lama Semarang, Kampung Batik ini bisa menjadi destinasi wisata budaya, edukasi serta belanja sekaligus.

Disini Anda bisa belajar tentang batik, berbelanja berbagai benda berbau batik, bahkan Anda juga bisa belajar membuat batik sendiri. Destinasi ini sangat cocok jika Anda ingin mengenalkan budaya asli Indonesia pada anak-anak.

Lokasi: Jl. Batik, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

30. Taman Wisata Puri Maerokoco

Taman Wisata Puri Maerokoco

Image Credit: Notobudiyanto.blogspot.com

Semarang kini semakin mengembangkan berbagai destinasi wisata keluarga untuk warganya. Taman Wisata Puri Maerokoco ini adalah yang paling baru dan sudah banyak diminati warga Semarang. Banyak yang bilang destinasi ini adalah TMII milik Semarang.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena disini Anda bisa melihat miniatur rumah adat Jawa Tengah dari berbagai daerah. Tidak hanya rumah adat, disini Anda juga bisa menemukan miniatur destinasi wisata di Jawa Tengah. Tak heran jika lokasi ini menjadi destinasi wisata edukasi favorit keluarga Semarang.

Lokasi: Tawangsari, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah.

31. La Kana Chapel

La Kana Chapel

Image Credit: Trivindo.com

Nah, untuk para pasangan yang berkunjung ke Semarang dan mencari destinasi yang menawarkan suasana romantis, chapel ini adalah tempat yang harus dituju. Berlokasi di kawasan Bandungan, daya tarik destinasi ini ada pada bangunan kapel berwarna putih yang berdiri tegak disana.

Kapel ini dibuat dengan desain yang sangat menakjubkan dengan warna serba putih. Ditambah dengan panorama yang mempesona do sekitar kapel membuat bangunan ini banyak dijadikan para calon pengantin mengambil foto pra nikahnya.

Lokasi: Piyoto, Bandungan, Ngasem, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

32. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

Image Credit: Bobocantik.com

Museum atau galeri seni 3D memang sedang menjadi trend destinasi wisata di Indonesia, tak terkecuali Semarang. Museum Old City 3D Trick Art ini merupakan destinasi favorit anak-anak muda Semarang yang ingin eksis dengan berbagai bentuk lukisan yang unik.

Pada dasarnya semua tempat wisata berkonsep 3D menawarkan daya tarik yang sama, yaitu membuat hasil jepretan foto Anda menjadi nampak nyata. Dengan berbagai tema lukisan 3D serta staff yang bisa membantu mengarahkan gaya, dijamin hasil jepretan foto Anda akan semakin maksimal.

Lokasi: Jl. LetjenSuprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

33. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran

Image Credit: Klikalkautsar3.blogspot.com

Penikmat Kopi wajib mengunjungi destinasi satu ini, mengingat di dalam kampoeng Kopi anda akan disajikan hamparan perkebunan kopi yang luas. Nantinya wisatawan bisa memanfaatkan kereta wisata untuk berkeliling.

Gugusan gunung turut mempercantik panorama diantara perkebunan kopi ini. Bukan hanya itu, pengunjung juga berkesempatan untuk menikmati kopi murni yang kaya akan cita rasa.

Lokasi: Jl. Raya Bawen – Solo KM 1,5, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

34. Pura Giri Natha

Pura Giri Natha

Image Credit: Inibaru.id

Pura Giri Natha merupakan salah satu destinasi wisata religi yang cukup terkenal di Semarang. Dengan mengunjungi Pura ini, anda bisa berkesempatan untuk menikmati pemandangan pusat kota yang begitu jelas.

Suasana khas Bali yang terasa pekat lengkap dengan ornamen khas Hindu di berbagai sudut membuat anda seperti berada di Bali. Meskipun dibuka untuk wisata, namun tetap ada peraturan peraturan yang harus anda patuhi.

Lokasi: Jl. Sumbing No.12, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

35. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang

Image Credit: Myimage.id

Unggaran yang terkenal dengan udaranya yang lebih dingin juga didukung dengan wisata alamnya yang memukau. Air terjun Semirang menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh anda lewatkan.

Memang air terjun ini belum banyak dikunjungi namun pemandangannya begitu mengagumkan. Airnya yang jernih dan segar akan menjadi pelepas penat mengingat medannya yang terbilang menantang.

Lokasi: Gogik, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

36. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Desa Wisata Lembah Kalipancur

Image Credit: Krjogja.com

Kalipancur beberapa waktu belakangan sedang dikembangkan menjadi sebuah desa wisata. Selain air terjun yang sudah terkenal di kalangan traveler muda, desa wisata lembah Kalipancur beberapa waktu belakangan juga mulai mendapat perhatian wisatawan.

Hal ini tak lepas dari daya tarik wisata berupa bangkai pesawat terbang yang berada tepat di tengah lembah. Bangkai ini rencananya akan dijadikan sebuah cafe berkonsep pesawat. Namun karena masih dalam proses pembangunan, bangkai ini menjadi spot foto favorit pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Kalipancur, Manyaran, Ngaliyan, Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

37. Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran

Image Credit: Beritadunia.net

Destinasi wisata keluarga berkonsep wisata alam dan budaya ini juga tak kalah populer di kalangan warga Semarang. Tempat yang juga dikenal dengan nama kolam renang lerep ini menawarkan daya tarik utama berupa kolam renang terbuka di tengah alam yang asri.

Tak hanya itu saja, di tempat ini juga dibangun joglo-joglo tempat beristirahat pengunjung serta berbagai kolam ikan di dalamnya. Menghabiskan waktu dengan berenang disini akan membuat pikiran Anda kembali segar setelah lelah beraktivitas.

Lokasi: LerepSatu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

38. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Image Credit: Ranseltraveller.com

Sambil beribadah, sambil berwisata. Kiranya itulah yang bisa menggambarkan saat Anda berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini banyak dikunjungi tidak hanya untuk beribadah namun juga untuk mengagumi perpaduan budaya dalam 1 bangunan.

Perpaduan budaya Jawa, Arab dan Italia menjadi dasar dalam desain pembuatan masjid ini. Tak hanya itu saja, jika Anda naik ke puncak tertinggi masjid, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari segala sudut. Sungguh sangat menakjubkan.

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

39. Pasar Semawis

Pasar Semawis

Image Credit: Merdeka.com

Kalau Anda mencari destinasi wisata kuliner, pasar semawis adalah pilihan paling tepat. Kawasan yang juga dikenal dengan kawasan Pecinan ini bisa menjadi tempat jika Anda ingin berwisata kuliner, terutama kuliner oriental.

Tak hanya menu makanan China, Anda juga bisa menemukan berbagai menu masakan dari daerah lain disini. Yang lebih menarik, disini juga bisa ditemukan berbagai penjual pernak-pernik yang lucu, mainan tradisional hingga perhiasan unik.

Lokasi: Kranggan, Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

40. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

Image Credit: Blog.airyrooms.com

Tak hanya di Kota Malang saja, kampung tematik dengan tema warna warni juga bisa ditemukan di Semarang. Kampung Pelangi adalah destinasi kekinian bagi anak muda di Semarang.

Kampung yang awalnya kumuh ini disulap menjadi kampung berwarna warni yang cantik. Pengunjung bisa memilih spot foto favorit di dalam arena kampung ini.

Lokasi: Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

41. Taman Budaya Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh

Image Credit: Rentalmobilsemarang.info

Destinasi terakhir di Semarang yang bisa menjadi rekomendasi adalah taman Budaya Raden Saleh ini. Seperti taman lainnya, disini ada berbagai fasilitas permainan yang menyenangkan dengan pemandangan yang asri.

Bedanya, pada hari-hari tertentu, pengunjung bisa menikmati pertunjukan wayang, drama dan pembacaan puisi yang digelar di area taman ini. Dengan begitu Anda bisa sekaligus belajar lebih banyak tentang kebudayaan Jawa.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Itulah 41 destinasi wisata di Semarang yang harus Anda kunjungi. Dengan referensi di atas, Anda jadi memiliki lebih banyak informasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat ke Semarang.