Harga Tiket: Rp 9.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Gogik, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Semarang dikenal sebagai surganya wisata alam di mata para wisatawan. Ada banyak sekali objek wisata yang bernuansa alam disana. Ungaran termasuk di dalam wilayah Kabupaten Semarang yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah, bahkan ketika weekend dan hari libur tiba. Air Terjun Semirang merupakan salah satu objek wisata alam disana.

Menariknya, Ungaran kerap menghadirkan beragam destinasi wisata baru yang tak pernah mengecewakan ketika dikunjungi. Para wisatawan seolah tak pernah kehabisan ide untuk menghabiskan momen berlibur saat berada di daerah Ungaran. Air Terjun yang diberi nama Semirang termasuk salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan daerah.

Air Terjun Semirang cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati segarnya air terjun dengan pemandangan pepohonan hijau di sekitarnya. Sehingga para wisatawan tak hanya berkerumun di objek wisata populer seperti Taman Bunga Celosia dan Candi Gedong Songo saja, namun mereka memiliki opsi objek wisata lainnya, salah satunya air terjun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Semirang

Daya Tarik Air Terjun Semirang
Image Credit: Google Maps Ila Mufti

Wisata alam yang juga disebut dengan Curug Semirang ini menjadi destinasi favorit para wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar daerah karena memiliki beberapa daya tarik sebagai berikut:

1. Mempunyai Kolam Renang Hijau yang Unik

Salah satu daya tarik air terjun ini adalah adanya kolam renang yang berwarna hijau. Jangan dibayangkan warna airnya hijau karena mengandung banyak lumut, kotor atau mengandung kaporit. Akan tetapi warna hijau pada kolam renang ini berasal dari pantulan cahaya dedaunan dan pepohonan yang terdapat di sekeliling kolam.

Warna air kolam yang terbilang unik tersebut menjadi poin plus di mata para wisatawan pecinta fotografi. Kolam tersebut dibuat dari batu-batuan alami dengan batu muka sebagai komponen utamanya. Selain itu, batu muka juga merupakan item dekorasi sehingga penampilan kolam tampak cantik di tengah rerimbunan hijaunya pepohonan dan dedaunan di sekitarnya.

2. Memiliki Cerita Legenda yang Menarik

Dinamakan Air Terjun Semirang tidak terlepas dari cerita legenda yang melekat. Nama ‘Semirang’ yang disematkan pada air terjun tersebut berasal dari kisah terlepasnya jarik seorang wanita bernama Sari. Berkaitan dengan kisah tersebut, kata ‘Semirang’ diperoleh dari kata ‘wirang’ dengan artian ‘malu’ dalam bahasa Indonesia.

Singkat cerita, ayah Sari yang merupakan seorang resi atau pendeta memberi amanat kepada Sraya yang merupakan suami Sari untuk mencarikannya bunga lanceng putih dan kalakecika. Karena tidak tahu harus mencari kemana, Sraya bersemedi di puncak bukit dan akhirnya menemukan jawaban bahwa bunga tersebut ada di dua air terjun yang berbeda.

Ketika ditinggal suaminya mencari bunga, Sari diganggu Jin Barok. Sari lari dan lolos dari Jin Barok hingga sampai di lereng bukit yang dipisahkan jurang dengan bukit di seberangnya. Namun, kendit atau jarik yang melilit tubuh Sari dilemparkan oleh Jin Barok ke jurang sehingga Sari melarikan diri ke arah air terjun dalam keadaan telanjang sehingga ia sangat malu.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Semirang
Image Credit: Instagram Wana Wisata Semirang

3. Memiliki Mitos yang Beredar di Masyarakat

Selain mempunyai cerita legenda, terdapat mitos mengenai Air Terjun Semirang yang beredar di kalangan masyarakat setempat. Mitosnya adalah apabila para wisatawan mandi di bawah air terjun tersebut, maka para wisatawan akan selalu terlihat awet muda. Tidak sedikit wisatawan yang mempercayai mitos yang beredar sehingga mereka berkunjung kesana.

Mitos ini berkaitan dengan bunga kalakacika dengan belalang di dalamnya yang berhasil ditemukan Sraya, suami Sari. Saat bunga kalakacika mekar, belalang tersebut loncat ke air terjun. Bunga kalakacika memiliki makna bahwa masa indah akan segera datang apabila belalang loncat dari bunga itu. Sehingga tersebarlah mitos ke masyarakat setempat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Semirang
Image Credit: Google Maps Eka Casmiarsih

Curug Semirang terletak di Kabupaten Semarang. Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki mitos dan legenda yang menarik. Selain itu, pemandangan yang disajikan juga tak kalah indahnya dengan curug lainnya yang ada di daerah sekitarnya.

Lokasinya berada di Kecamatan Ungaran, tepatnya di Desa Gogik. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan lokasinya. Untuk menuju ke curug, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hanya saja, lokasi parkirnya berbeda, dimana lokasi parkir untuk mobil lebih jauh sekitar 500 meter dari lokasi parkir motor. Selain itu, akses jalannya cukup ekstrim sehingga para wisatawan lebih direkomendasikan untuk menggunakan motor ketika menuju ke air terjun ini.

Rute yang bisa dilalui ke Air Terjun Semirang bisa dimulai dari terminal bawen atau dari arah Kota Semarang. Jika berangkat dari terminal bawen, para wisatawan akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer. Sedangkan jika berangkat dari arah kota Semarang, para wisatawan bisa memulainya dari Simpang Lima Semarang.

Dari Simpang Lima Semarang, Anda bisa memulai perjalanan dari Jl. Raya Semarang-Surakarta menuju ke daerah Ungaran. Perjalanan yang akan ditempuh adalah kurang lebih 22 kilometer dan jarak tempuh perjalanannya sekitar 1 jam. Selama berada di Jl. Raya Semarang-Surakarta, Anda ikuti jalan saja hingga sampai di pertigaan STIKES Ngudi Waluyo.

Dari pertigaan tersebut, ambil jalur ke arah kanan. Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan bantuan google maps untuk menanyakan petunjuk jalan menuju ke lokasi Air Terjun Semirang. Setelah melewati persawahan, Anda akan menemukan jalanan sempit yang curam dan menanjak. Jalanan tersebut menjadi bukti bahwa Anda telah sampai di kaki gunung Ungaran.

Sesampainya di depan makam yang ada di desa Gogik, para wisatawan bisa memarkirkan mobil di lahan parkir yang dikelola oleh penduduk setempat dan melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter hingga sampai di pintu gerbang Air Terjun Semirang. Untuk yang membawa motor bisa melanjutkan perjalanan sampai depan pintu gerbang.

Akan tetapi para wisatawan harus berhati-hati karena jalanan yang dilalui menuju ke depan pintu gerbang sangat sempit, masih tanah dan licin. Setelah sampai di depan pintu gerbang, para wisatawan harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer melewati jalanan setapak yang menanjak selama sekitar 20 menit untuk menuju ke curug.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Semirang
Image Credit: Instagram INSPIRASI KEINDAHAN INDONESIA

Wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 9.000 per orang untuk menikmati keindahan alam yang tersaji.

Setiap wisatawan yang berkunjung menggunakan kendaraan roda empat harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 per mobil, sedangkan para wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 per motor.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Semirang

Aktivitas di Air Terjun Semirang
Image Credit: Google Maps Diaspungky Setiawan

1. Camping di Area Curug

Jika para wisatawan kurang puas jika hanya berkunjung satu hari saja di kawasan wisata Air Terjun Semirang, mereka bisa mendirikan tenda untuk bermalam disana. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas camping ground di beberapa titik lokasi di area dekat air terjun untuk para wisatawan yang ingin mendirikan tenda parasut.

2. Berenang di Kolam Renang Hijau

Kolam renang hijau yang ada di kawasan curug menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Air kolam sangat bening dan menyegarkan sehingga recommended untuk berenang. Pengalaman berenang di bawah pepohonan hijau yang rindang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan.

3. Bermain Air di Bawah Air Terjun

Air terjun di tempat wisata ini begitu bening dan jernih. Arus airnya deras namun menenangkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa air terjun menjadi magnet utama bagi para wisatawan yang merindukan suasana alam terbuka dengan suara gemericik air dan angin sepoi-sepoi khas pegunungan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Semirang
Image Credit: Google Maps reyhan bagoes

Pihak pengelola wisata Air Terjun Semirang menyediakan berbagai fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Salah satu fasilitasnya adalah lahan parkir yang terletak di depan pintu gerbang masuk kawasan wisata.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan warung makan di dalam area kawasan air terjun, mushola, dan toilet. Terdapat juga kolam renang hijau yang bisa digunakan para wisatawan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Bagi para wisatawan yang ingin bermalam di kawasan wisata air terjun, pihak pengelola menyediakan camping ground di beberapa titik lokasi. Tenda yang biasanya digunakan untuk berkemah disana adalah tenda dari bahan parasut.

Air Terjun Semirang bisa dijadikan alternatif bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah yang ingin melepas penat dari beban pikiran sehari-hari. Fasilitas di area wisata sudah cukup lengkap. Bahkan, para wisatawan juga bisa berenang di kolam renang hijau selain bermain air di bawah air terjun. Sehingga wisata ini recommended untuk dikunjungi.