Danau Rawa Pening memiliki keindahan alam nan eksotis yang menarik dijelajahi di Ambarawa, Semarang. Danau dengan pemandangan pegunungan ini juga sarat cerita legenda yang menarik untuk ditelusuri.

Lokasi: Jl. Lingkar Selatan KM.3, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Rawa Pening, salah satu lokasi yang ada di Smerang ini sangat menarik untuk dikunjungi. Nama danau eksotis ini berasal dari dua kata, yaitu rawa dan pening. Kata pening diambil dari kata bening dikarenakan tempat ini memiliki air yang bening. Danau yang terbentuk secara alami di kaki Gunung Ungaran ini memiliki pesona yang memukau.

Danau yang terbentang luas dengan air yang jernih akan menyambut wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Hal menarik dari destinasi wisata ini yakni panorama pegunungan yang asri dan indah di sekelilingnya. Hamparan sawah hijau ikut serta melengkapi keindahan rawa ini.

Danau Rawa Pening terletak di Ambarawa antara Kota Salatiga dan Kota Semarang ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang eksotis di waktu-waktu tertentu. Wisatawan akan menemukan berbagai hal menarik dan dibuat terpukau oleh keindahan alam yang ada di destinasi wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rawa Pening Semarang

Daya Tarik Rawa Pening
Image Credit: Facebook.com @danielcheongphotography

Rawa Pening merupakan Danau yang Eksotis. Selain pemandangan alam yang indah, rawa ini juga memiliki cerita legenda yang menarik untuk diketahui.

1. Panorama Rawa yang Memukau

Objek wisata yang terletak di sekitar pegunungan dengan pemandangan sawah hijau memberikan suasana alam yang menarik. Danau ini dihiasi oleh banyak eceng gondok dan terdapat banyak ikan yang hidup di rawa ini.

Ketika cuaca sedang cerah wisatawan bisa menyaksikan Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran yang kokoh tidak jauh dari lokasi. Di area ini wisatawan dapat menyaksikan kegiatan nelayan dan barisan keramba-keramba tempat pembudidayaan ikan. Masyarakat sekitar memanfaatkan rawa ini sebagai tempat memancing ikan.

Selain pemandangannya yang menarik rawa ini memiliki kisah legenda yang menarik. Rawa pening kabarnya dahulu adalah sebuah desa yang bernama Desa Malwapati. Desa tersebut mengalami luapan yang begitu besar sehingga menyebabkan wilayah desa menjadi terendam. Konon cerita, luapan air ini berasal dari sebuah lidi.

Lidi yang tertancap tersebut merupakan lidi dari titisan ular naga. Titisan ular naga tersebut memiliki nama Baru Klinting, Baru klinting lahir dari istri Ki Hajar Salonkotoro yang terkenal sakti. Baru Klinting merasa sakit hati karena, saat ia mencari makan penduduk desa seolah tidak menyukainya karena, baunya yang tidak enak. Akhirnya ia pun mengadakan sayembara untuk mencabut lidi tersebut.

2. Sabana Rawa Pening

Ketika musim kemarau rawa ini akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda, yaitu terbentuknya kawasan wisata baru yang memiliki nama Sabana Rawa Pening. Sabana ini merupakan daya tarik baru yang ada di objek wisata ini.

Wisatawan perlu berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 100 meter untuk dapat tiba di tempat ini. Namun, perlu diketahui bila musim hujan datang maka kawasan ini akan terendam oleh air. Jadi, jika ingin melihat sabana Anda harus datang di musim kemarau.

3. Bukit Cinta

Di area ini ada Bukit Cinta yang merupakan sebuah bukit kecil yang sebelumnya digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai Gardu pemantau pertumbuhan eceng gondok di Danau Rawa Pening. Bukit Cinta berada di pinggir danau ini.

Pada zaman dahulu tempat ini dijadikan tempat pacaran oleh sepasang muda-mudi sehingga tempat ini diberi nama Bukit Cinta. Bukit yang berada di ketinggian 1500 mdpl rawa ini, menyuguhkan pesona keindahan perbukitan Ambarawa. Suasana sejuk dan tentram di bukit ini memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang.

Selain itu, ada juga spot Gembok Cinta di Bukit Cinta dengan latar belakang danau. Terdapat banyak spot eksotis di tempat ini. Selain pemandangan, disini tersedia Joglo, ruang pamer ikan, perahu motor, dan toko oleh-oleh khas dari Desa Kebondowo. Dari Bukit Cinta, pengunjung bisa berjalan sampai tepi Rawa Pening untuk menikmati panoramanya.

Daya Tarik Rawa Pening Semarang
Image Credit: Instagram.com @wisatasemarang

4. Kampung Apung

Jika Anda berkunjung ke wisata danau ini, maka Anda akan menjumpai Kampung Rawa. Di area ini terdapat pula rumah makan apung. Tempat makan apung ini dapat menampung 300 kursi wisatawan. Wisatawan akan ditarik dengan menggunakan rakit untuk sampai di lokasi utama.

Bahan makanan yang digunakan di rumah makan ini berasal dari hasil budidaya penduduk sekitar sehingga kondisinya segar dan rasanya lezat. Menikmati hidangan yang dikelilingi pemandangan rawa yang indah tentu bisa jadi pilihan menarik.

5. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Bagi wisatawan yang belum puas dengan hanya mengunjungi satu objek, tidak jauh dari danau ini terdapat objek wisata lain yang menarik. Objek wisata lainnya yang berada di sekitar danau ini antara lain Museum Kereta Api Ambarawa, Candi Gedong Songo, Gua Maria, Saloka Park, dan lain sebagainya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Rawa Pening

Alamat Danau Rawa Pening
Image Credit: Facebook.com @pegipegi

Danau cantik ini terletak di Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 3 Ambarawa. Destinasi ini buka setiap hari. Untuk jam operasional, kawasan ini mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Akses menuju tempat ini cukup mudah karena lokasinya berada di pinggir jalan.

Jalan ini merupakan jalur yang di lewati ketika hendak ke Semarang – Yogyakarta. Lokasi ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi untuk menuju ke tempat wisata ini.

Rute yang harus ditempuh wisatawan untuk tiba di Rawa Pening adalah melalui Jalan Lingkar Selatan Kota Ambarawa. Jika Anda dari Semarang menuju ke Kota Solo menggunakan kendaraan pribadi belok ke arah kanan hingga pertigaan Kota Ambarawa. Kemudian dari pertigaan pilih jalur lingkar selatan.

Adapun rute lain yang dapat dilalui dari Kota Semarang menuju ke lokasi ini memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan jarak tempuh kurang lebih sepanjang 34 Km. Dari arah Semarang wisatawan dapat menuju ke arah Ungaran. Selanjutnya, pilih rute menuju Jogja. Lokasinya tidak jauh setelah wisatawan belok ke arah kanan.

Sedangkan dari arah Salatiga menuju ke wisata Rawa Pening menggunakan kendaraan roda dua memerlukan waktu kurang lebih 25 menit. Jika menggunakan kendaraan roda empat perjalanan dapat ditempuh dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

Wisatawan tidak perlu khawatir merasa bosan karena di sepanjang jalan terdapat latar Gunung Ungaran dan Merbabu serta area persawahan yang terbentang luas.

Harga Tiket Masuk Rawa Pening Ambarawa

Harga Tiket Rawa Pening
Image Credit: Twitter.com @mountainadvent

Tarif masuk ke tempat wisata ini dibagi menjadi dua kategori yaitu ketika hari biasa dan libur. Pada hari biasa wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang. Sedangkan pada hari libur wisatawan akan dikenai tarif Rp 3.500,- per orang.

Lokasi wisata ini menyediakan jasa sewa perahu motor untuk digunakan berkeliling area rawa. Biaya sewa perahu motor dengan kapasitas 6 orang sekitar Rp 80.000,-.

Wisatawan dapat pula menyewa perahu dengan tarif Rp 30.000,- selama 30 menit. Untuk menikmati wahana rekreasi untuk anak-anak maupun dewasa antara lain becak air akan dikenai tarif Rp 15.000,- selama 15 menit.

Sedangkan, biaya untuk Wahana ATV sebesar Rp 30.000,- selama 15 menit dan masih banyak wahana lain dengan harga yang bervariasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Rawa Pening

Kegiatan di Danau Rawa Pening
Image Credit: Instagram.com @munirkwone

1. Mencoba Wahana di Sekitar Rawa dan Mengitari Area Rawa

Objek wisata ini dilengkapi wahana yang dapat digunakan untuk bermain sehingga membuat wisatawan ingin menghabiskan waktu lebih lama. Selain itu, wisatawan dapat mengitari kawasan rawa ini dengan menggunakan perahu.

2. Mengunjungi Objek Wisata Lain Dekat Rawa Pening

Bagi wisatawan yang belum puas berwisata di satu tempat dapat berkunjung ke objek wisata lain di sekitar wisata ini. Adapun objek wisata lain yang dekat dengan area ini seperti Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Apung Kampung Raya, Umbul Ponggok, Candi Gedong Songo, dan sebagainya.

3. Menikmati Pemandangan Sekitar Rawa

Kombinasi menakjubkan antara rawa, area persawahan, dan pegunungan di sekelilingnya membuat tempat wisata ini sangat memukau. Terlebih lagi ketika Anda berkunjung di pagi atau sore hari, pemandangan disini akan semakin indah dengan pancaran cahaya jingga ketika matahari terbit ataupun saat matahari terbenam.

4. Mengunjungi Bukit Cinta

Wisatawan bisa berkunjung ke Bukit Cinta yang berada dekat dengan objek wisata Rawa Pening. Untuk menuju lokasi, Anda harus menyiapkan tenaga untuk berjalan menuju bukit. Tak perlu khawatir karena kerja keras Anda akan terbayarkan setelah sampai di bukit. Keindahan pemandangan rawa dan sekitarnya terlihat jelas dari atas bukit cinta ini.

5. Berburu Kuliner di Rumah Makan Apung

Setelah beraktivitas seharian di tempat wisata ini, berburu kuliner merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar sembari beristirahat. Hal unik dari tempat wisata ini adalah adanya Rumah Makan Apung yang berada di Kampung Rawa.

6. Memancing

Disini terdapat banyak sekali ikan yang diperbolehkan untuk ditangkap. Bagi yang hobi mancing, Anda dapat memanfaatkan tempat ini untuk melakukan kegiatan memancing. Anda bisa membawa perlengkapan memancing dari rumah dan bisa membawa pulang ikan yang didapat. Jika tidak membawa alat pancing, disini juga sudah ada tempat penyewaannya.

7. Berburu Oleh-Oleh

Berkunjung ke lokasi wisata tentu terasa kurang lengkap jika tidak berburu oleh-oleh khasnya. Untuk itu, Anda bisa membeli oleh-oleh di toko souvenir yang ada di area wisata rawa pening. Disini ada banyak cindera mata ataupun oleh-oleh khas Semarang yang cocok dijadikan buah tangan bagi orang-orang di rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Rawa Pening Semarang

Fasilitas di Rawa Pening
Image Credit: Instagram.com @taurean2005

Kawasan wisata ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dikatakan cukup memadai. Fasilitas-fasilitas yang ada diantaranya seperti musala, kamar mandi, tempat istirahat, tempat memancing, dan masih banyak lainnya.

Tersedia wahana permainan yang dapat digunakan oleh wisatawan antara lain, becak mini, perahu karet, ATV, bebek air, dan lain-lain. Untuk menikmati jasa sewa wisatawan akan dikenai biaya tambahan.

Selain itu, di lokasi ini juga menyediakan fasilitas penitipan kendaraan bermotor dan pusat kerajinan tangan. Tentu, dengan adanya fasilitas-fasilitas utama ini maka wisatawan akan merasa nyaman dalam menikmati berwisata di tempat wisata ini.

Rawa Pening memang menjadi salah satu destinasi yang cukup menawan di kota Semarang. Jadi ketika Anda sedang berada di Semarang tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memukau ini.