Harga Tiket: Rp 60.000, Jam Operasional: 07.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Bukit Golf No.1, Jangli, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berbicara soal tempat wisata di Jawa Tengah maka Water Blaster Semarang akan menjadi salah satu yang difavoritkan. Pasalnya waterpark cantik ini merupakan area bermain air terbesar di Kota Semarang dengan luas lahan mencapai 4 hektar dan didalamnya terdapat kurang lebih 25 wahana permainan yang bisa anda coba.

Dari sekian banyaknya wahana permainan tersebut ada yang gratis namun ada yang berbayar. Setiap wahana permainan juga memiliki keseruannya masing-masing dan dijamin ketika bermain di dalam kawasan wisata buatan ini segala macam permasalahan akan terlupakan karena anda sibuk menikmati keseruannya.

Bagi anda yang memiliki anak kecil jangan khawatir karena waterpark asal Kota Semarang ini juga memiliki area khusus anak kecil, bahkan ada family gazebo juga. Maka dari itu, tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang gemar berlibur ke Water Blaster yang menakjubkan ini baik bersama keluarga, teman-teman, dan pasangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Water Blaster

Daya Tarik yWater Blaster
Image Credit: Google Maps Water Blaster Grha Candi Golf

1. Kolam

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Water Blaster adalah kolam yang terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama ada Wave Pool yang merupakan sebuah kolam ombak dengan kedalaman antara 50 sampai 160 cm. Kemudian ada Pleasure Pool yang merupakan kolam renang orang dewasa dengan kedalaman mencapai 120 cm.

Berikutnya ada Lazy River yang merupakan sebuah kolam dengan beberapa ornamen unik yang cocok digunakan sebagai background foto. Untuk anak kecil sendiri bisa bermain di kolam Kids Play yang tidak hanya terdapat kolam saja namun ada juga wahana permainan khusus anak kecil.

2. Wahana Permainan

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu wahana permainan yang ada di dalam waterpark terbesar di Kota Semarang tersebut. Wahana permainan ini juga ada beberapa seperti Boomerang yang merupakan seluncuran yang memiliki panjang mencapai 20 meter dan sekaligus menjadi wahana paling menantang di Water Blaster.

Berikutnya ada Anaconda yang memiliki 2 seluncuran dengan ketinggian dan jalur lintasan yang berbeda-beda. Seluncuran Anaconda pertama berwarna biru dengan tinggi mencapai 20 meter dan panjang lintasan sekitar 140 meter yang mengharuskan anda untuk menggunakan ban atau pelampung ketika berseluncur.

Sedangkan seluncuran Anaconda kedua berwarna kuning dengan tinggi mencapai 25 meter dan panjang lintasan sekitar 220 meter. Pada Anaconda kuning wisatawan tidak diwajibkan menggunakan ban atau pelampung ketika berseluncur. Wahana permainan selanjutnya yaitu Slide Race yang memiliki 4 lintasan dengan jalur lintasan yang berbeda-beda.

Wahana terakhir yang ada di Water Blaster Semarang adalah Family Slide yang merupakan area bermain keluarga bersama anak kecil. Pada wahana ini terdapat sebuah seluncuran yang memiliki tinggi hanya 3,5 meter saja dengan panjang kurang lebih 18 meter yang akan membuat anak-anak tertawa bahagia.

3. Spot Foto

Daya tarik terakhir yang dimiliki Water Blaster adalah spot foto. Terdapat beberapa titik di dalam tempat wisata populer tersebut yang sangat bagus untuk digunakan sebagai background foto, sebut saja seperti patung beberapa jenis hewan, ornamen-ornamen, hingga jalur seluncuran yang berwarna-warni.

Ada juga area foodcourt yang merupakan tempat makan namun memiliki beberapa hiasan yang bagus jika digunakan untuk tempat berfoto. Maka dari itu, ketika sudah sampai di lokasi wisata cantik ini pastikan berfoto merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan selain bermain air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Water Blaster
Image Credit: Google Maps Bayu Putranto

Lokasi dari Water Blaster berada di Jl. Bukit Candi Golf Nomor 1, Kecamatan Tembalang, Jangli, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk rute perjalanan anda bisa menggunakan Alun-Alun Masjid Agung Kota Semarang sebagai patokan kemudian ambil jalur menuju pertigaan Jl. Pemuda lalu belok kiri.

Terus ikuti Jl. Pemuda sampai anda menemukan Simpang Lima Purwodadi dan terus lurus melewati Jl. MH Thamrin. Tetap di Jl. MH Thamrin sampai tiba di pertigaan Jl. Pandanaran kemudian belok kiri menuju Simpang Lima Park Semarang dan ambil jalur keluar di Jl. Pahlawan atau Jl. Raya Semarang – Surakarta.

Dari Jl. Pahlawan atau Jl. Raya Semarang – Surakarta anda akan tiba di perempatan dekat Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, disini silahkan belok kiri menuju Jl. Sriwijaya kemudian melewati Jl. Tegalsari Raya, dan Jl. Talang. Terus ikuti Jl. Talang sampai anda tiba di pertigaan Jl. Sisingamangaraja kemudian belok kiri dan tiba di pertigaan Jl. Dr. Wahid.

Silahkan belok kanan di pertigaan tersebut untuk mengikuti Jl. Dr. Wahid kemudian belok kiri menuju Jl. Jangli Raya dan tiba di perempatan dekat Alfamidi Jangli Raya. Disini anda harus belok kiri dan terus lurus sampai tiba di bundaran, silahkan ambil jalur keluar pertama menuju Jl. Bukit Candi Golf dan anda akan tiba di lokasi tujuan yang berada di kanan jalan.

Panjang rute perjalanan dari Alun-Alun Masjid Agung Kota Semarang menuju Water Blaster diperkirakan sekitar 9,4 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 25 menit. Karena lokasinya yang masih berada di dalam kawasan kota membuat banyak orang yang gemar berlibur ke tempat wisata air tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Water Blaster
Image Credit: Google Maps Samuel A.B Sulistyo

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Water Blaster harus membayar tiket masuk sebesar Rp 60.000 per orang untuk weekday (Selasa sampai Jumat), sedangkan untuk hari libur besar dan weekend (Sabtu dan Minggu) adalah sebesar Rp 80.000 per orang. Perlu diketahui juga bahwa waterpark hits ini buka di hari Selasa sampai Minggu (Senin libur).

Jam bukanya sendiri dari hari Selasa sampai Jumat dimulai dari pukul 10.00 sampai 17.30 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu tempat wisata buatan ini akan buka mulai pukul 07.00 sampai 17.30 WIB. Jika hari libur besar seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru jam buka waterpark populer ini akan mengikuti jam buka weekend (Sabtu dan Minggu).

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Water Blaster

Aktivitas di Water Blaster
Image Credit: Google Maps Saga.276 Jen

1. Bermain Air di Kolam

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di tempat waterpark asal Kota Semarang ini adalah bermain air di kolam. Terdapat beberapa jenis kolam air yang bisa anda coba mulai dari Wave Pool yang memiliki gelombang seperti sedang berada di laut, anda juga bisa menggunakan ban atau pelampung untuk merasakan sensasi bermain air yang lebih seru.

Kolam selanjutnya yang ada di Water Blaster adalah Pleasure Pool yang merupakan sebuah kolam renang orang dewasa dengan ke dalam mencapai 120 cm. Meskipun kolam ini dikhususkan untuk orang dewasa namun anak kecil juga bisa bermain di dalamnya jika bisa berenang atau menggunakan ban.

Terakhir ada Lazy River yang bentuknya mirip sungai namun terdapat beberapa ornamen-ornamen yang sangat bagus jika digunakan sebagai tempat berfoto. Kolam terakhir ini juga sangat cocok jika digunakan sebagai tempat bermain bersama keluarga.

2. Menikmati Wahana Permainan

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yaitu menikmati serunya bermain wahana air yang tersedia di dalam waterpark cantik ini. Kebanyakan wahana yang ada di dalam tempat bermain air buatan terbesar di Kota Semarang ini adalah seluncuran mulai dari Anaconda, Boomerang, sampai seluncuran untuk anak-anak.

3. Berfoto

Anda juga bisa melakukan kegiatan berfoto di Water Blaster, karena terdapat beberapa spot foto yang bagus. Tidak hanya berfoto di spot-spot foto tersebut saja namun anda juga bisa berfoto saat sedang bermain di wahana permainan atau saat sedang berenang di dalam kolam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Water Blaster
Image Credit: Google Maps Agustina DJ7

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yaitu sebuah tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik itu sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata sekalipun bisa memarkirkan kendaraan tersebut di tempat parkir kendaraan Water Blaster ini.

2. Gazebo

Fasilitas selanjutnya yaitu gazebo atau tempat duduk dengan atap. Wisatawan bisa menggunakan fasilitas ini untuk menaruh barang bawaan mereka atau menjadi tempat duduk saat sudah puas bermain air. Gazebo ini juga sering digunakan oleh wisatawan yang membawa bekal untuk makan didalamnya.

3. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Beralih ke fasilitas yang terakhir yaitu kamar mandi dan toilet umum, dimana keduanya dibagi berdasarkan jenis kelamin jadi masalah privasi sudah bisa terjamin. Untuk kamar mandi sendiri bisa digunakan untuk mengganti pakaian dan membersihkan badan dengan air bersih, sedangkan toilet umum bisa digunakan untuk membuang air besar dan kecil.

Demikian review singkat mengenai Water Blaster yang merupakan sebuah waterpark terbesar di Kota Semarang. Karena lokasi tempat wisata buatan ini yang berada di dalam kota membuat anda tidak perlu terlalu repot-repot melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan keseruan bersama keluarga atau orang terdekat.