Kota Lama, objek wisata untuk menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur bergaya eropa klasik di Semarang. Deretan bangunan bersejarah yang kekinian dengan banyak spot foto yang keren.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.22, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Bangunan-bangunan yang berdiri sejak abad 19 sampai 20-an itu dulunya adalah daerah pusat perdagangan di Semarang. Kutha Lama atau Kota Lama, sebuah destinasi wisata sejarah yang menawarkan keindahan serta keunikan dari gaya bangunan yang ada di kota tersebut.

Struktur bergaya Eropa zaman dahulu ini menjadi ciri khas dan daya tarik bagi kurang lebih 50 bangunan yang ada di kota ini. Keanggunan terpancar dari bangunan mewah yang klasik. Di tempat ini, terdapat sebuah benteng besar bernama Vijhoek yang dulunya berfungsi sebagai tempat persembunyian dan perlindungan warga kota dari serangan musuh.

Kota kecil yang berada di sebelah Utara Kota Semarang ini mempunyai julukan sebagai “Little Netherlands”. Selain karena bangunannya, letak kota yang agak terpisah dengan daerah lainnya seolah menegaskan kalau tempat ini adalah versi mini dari Netherlands atau Belanda. Tidak hanya bangunan, banyak fasilitas di sekitar jalan Kota Lama yang juga merupakan perlengkapan kuno.

Daya Tarik yang Dimiliki Kota Lama Semarang

Daya Tarik Kota Lama Semarang
Image Credit: Twitter.com @harwindrayoga

Terlepas dari jejak sejarah kota yang lumayan panjang, Kota Lama Semarang memiliki panorama unik dan mengesankan. Tiap bangunan yang ada di tempat itu seolah mempunyai kesannya masing-masing dan menarik untuk dikunjungi. Suasana damai dari perkotaan tua akan Anda rasakan begitu tiba di daerah penuh sejarah ini.

1. Polder Air Tawang

Kolam seluas kurang lebih 1 hektar ini adalah Polder Air Tawang yang berfungsi mengunci dan menampung air yang ada di Kota Lama. Anda dapat mengunjungi lokasi ini sebagai tempat jalan-jalan atau berpiknik bersama keluarga. Lingkungan di sekitar danau sangat indah beserta rerumputan hijau dan taman kecil yang ada di pinggirnya.

Di dekat tempat itu terdapat pepohonan dan semak-semak hijau yang semakin menambah keindahan kolam tersebut. Anda dapat melihat orang memancing dengan tenang. Di tiap pinggiran juga terdapat tangga, jadi Anda dapat menyentuh langsung air kolam yang hijau. Tetapi, berhati-hatilah saat berdiri di samping kolam tersebut.

2. Gereja Blenduk

Blenduk atau “Mblendhuk” dalam bahasa Jawa artinya mengembung. Hal tersebut merujuk pada atap kubah gereja yang mengembung. Seperti yang Anda ketahui, tempat ini merupakan area peribadatan yang masih aktif dipakai sampai sekarang. Bangunan beratap mirip masjid ini dibangun pada tahun 1753 dan mengalami total 3 kali renovasi.

Setiap kali direnovasi, kegiatan itu akan dicatat oleh pengelola di atas keramik marmer yang berada di depan gereja.

Dengan gaya bangunannya yang anggun dan klasik, gereja ini memiliki sebuah ruang induk yang terletak di bagian tengah denah octagonal atau segi delapan. Dari depan, Anda dapat melihat sebuah pengiring lagu do’a (organ) berada di atas altar. Tempat ini memiliki suasana yang tenang dan sejuk, cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari kesibukan pekerjaan.

3. Taman Srigunting

Dahulunya tempat ini merupakan lokasi pengumpulan para tentara Belanda. Letaknya berada di Timur Gereja Blenduk, taman yang ada di sampingnya. Tempat ini sangat cocok untuk Anda menghabiskan waktu dengan duduk santai atau berkeliling taman. Lingkungannya juga indah dan mendukung sebagai salah satu spot foto yang populer.

Di sini berisi banyak tanaman hias dan pepohonan yang hijau. Lokasi ini termasuk tempat favorit pengunjung karena terdapat sebuah spot dimana payung-payung bergelantungan menjadi atap. Pemandangan itu memperindah Taman Srigunting menjadi lebih hidup.

Daya Tarik Kota Lama
Image Credit: Facebook.com @seputarsemarang

4. 3D Trick Art Museum

Sebuah museum yang menampilkan kurang lebih 108 jenis karya yang kesemuanya merupakan karya seni tiga dimensi. Terdapat beragam tema yang dapat Anda temui ketika berkunjung kemari. Selain itu, museum seni yang dibuka pada tahun 2006 silam ini, adalah salah satu tempat yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung.

Museum di Kota Lama ini menawarkan banyak keunikan dari karya-karyanya. Beberapa yang terkenal di sini adalah Oemah Kwalik, Pemandangan Semarang, dan Dihadang Harimau. Untuk memasuki museum seni ini, Anda akan dipungut biaya Rp 50.000. setelah itu, Anda dapat sepuasnya mengelilingi tempat dengan banyaknya spot foto yang epik dan keren tersebut.

5. Stasiun Tawang

Tempat ini hampir sama tuanya dengan Stasiun Kota Tua Jakarta, yang berarti di sini merupakan salah satu tempat yang memiliki catatan sejarah yang panjang. Dengan bentuk bangunannya yang kuno serta tetap mempertahankan keasliannya, tempat ini menawarkan spot jalan-jalan santai yang menyenangkan. Di sini sangat jarang sepi, selalu ramai oleh pengunjung yang ingin berkeliling.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Kota Lama

Alamat Wisata Kota Lama
Image Credit: Google Maps (Ardi Yanuar)

Anda dapat menemukan kota kecil ini di wilayah Semarang Utara dan termasuk daerah di Tanjung Emas. Alamatnya ada di Jalan Letjen Suprapto No 22. Kota wisata ini dapat dikunjungi menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Jika Anda memulai perjalanan dari Demak, Anda hanya perlu melewati jalur menuju Terminal Terboyo. Setelah itu, Anda akan mengambil rute menuju Jalan Raden Patah. Dengan jalan yang minim belokan, waktu yang ditempuh untuk sampai ke Kota Lama adalah 35 menit, serta dengan jarak tempuh sekitar 25.6 kilometer.

Sementara, jika Anda memulai rute dari Kota Semarang, Anda hanya perlu berkendara sejauh 5 kilometer dan waktu tempuh hanya 15 menit. Jalur yang harus Anda lewati adalah Jalan Rambutan Raya, lalu belok kiri melewati Jalan Sompok. Anda hanya perlu berkendara lurus sampai ke Jalan Mataram.

Setelah melewati jalan ini, jalur selanjutnya benar-benar lurus, yaitu Jalan MT Haryono. Perjalanan ini akan berakhir ketika Anda menemui belokan ke kiri di Jalan Letjen Suprapto. Perlu beberapa meter lagi ke depan sampai Anda akhirnya tiba di lokasi wisata.

Terdapat rute lain, yaitu jika Anda berangkat ke kota ini dari Bandara Internasional Ahmad Yani. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dan jarak yang harus ditempuh sekitar 8 kilometer. Rute ini akan membawa Anda melewati Jalan Pantura menuju Kota Lama.

Anda harus mengambil arah Barat Laut dan berkendara menuju bundaran. Beberapa ratus meter kemudian, Anda akan melewati Jalan Puri Anjasmoro. Dari sini, Anda akan kembali melewati bundaran dan harus mengarahkan kendaraan Anda menuju Jalan Madukoro Raya.

Setelah itu, Anda harus ke kiri menuju Jalan Raya Pantura, sebelum kemudian beberapa kali belok ke kiri lagi di Jalan Usman Jannatin. Anda akan mengambil rute dari Jalan Komodor Laut Yos Sudarso, lalu melaju terus sampai di Jalan Merak / Jalan Tawang.

Beberapa meter lagi Anda akan sampai di kawasan kota wisata. Anda hanya perlu berbelok ke kanan menuju Jalan Merak, lalu sekali lagi mengambil arah ke kanan setelah melewati patokan sebuah rumah makan. Ketika Anda sudah tiba di titik ini, majulah perlahan, Kota Lama ada di seberang kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Kota Lama Semarang

Harga Tiket Kota Lama Semarang
Image Credit: Google Maps (Anthony Harman)

Ketika Anda memasuki kawasan wisata sejarah ini, Anda akan dimintai biaya tiket masuk sejumlah Rp 15.000 per orang dari segala usia. Dengan biaya yang terjangkau itu, Anda sudah dapat mengakses keindahan bangunan-bangunan bergaya Eropa klasik tersebut.

Tarif di atas belum termasuk biaya sewa beberapa fasilitas di sini, seperti sepeda onthel untuk berkeliling dipasang tarif Rp 20.000 per orang. Tiket sepeda motor vespa seharga Rp 25.000 per sekali keliling kota.

Ada juga beberapa wisata berbayar yang berada di Kota Lama. Salah satunya adalah 3D Trick Art Museum yang memasang tarif Rp 50.000 bagi setiap pengunjung agar bisa menikmati lukisan serta foto yang ada di dalam. Terdapat pula wisata Ice Cream World yang tiket masuknya seharga Rp 30.000.

Di sini juga terdapat jasa guide. Mereka akan memasang tarif mulai dari Rp 75.000. Jam buka tempat ini terhitung selama 24 jam setiap harinya. Dengan kata lain, destinasi wisata ini tidak memiliki hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kota Lama

Kegiatan di Kota Lama
Image Credit: Instagram.com @diaz_mp

1. Mengelilingi Kota Dengan Santai

Kota Lama sendiri memiliki luas 31 hektar dengan banyak bangunan yang berdiri di atasnya. Mengelilingi kawasan ini bukanlah hal sulit, mulai dari berjalan kaki dengan santai dan menikmati pemandangan sekitar. Bagi yang tidak ingin kelelahan, biasanya menyewa sepeda motor vespa atau sepeda onthel.

Dengan harga sewa murah, salah satu dari kedua kendaraan tersebut sudah dapat membawa Anda mengelilingi kota tanpa lelah.

2. Berfoto

Mengabadikan momen berlibur yang berharga merupakan kewajiban tidak tertulis oleh para wisatawan. Di kota ini, terdapat banyak sudut-sudut yang memiliki pemandangan unik dan sayang untuk dilewatkan.

Selain di kota, Anda juga dapat menemukan spot foto di 3D Trick Art Museum. Tempat ini adalah museum khusus untuk penyuka foto yang ingin memotret dirinya bersama karya-karya tiga dimensi yang dipamerkan di sana.

3. Wisata Ice Cream World

Merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk mengunjungi tempat ini, apalagi di tengah cuaca panas Semarang. Tempat yang dijuluki sebagai surganya es krim ini menawarkan kelezatan produk mereka yang terkenal di antara wisatawan. Dengan tiket masuk seharga Rp 30.000, juga beberapa daftar harga es krim di sini. Rp 25.000 untuk eskrim cup dan Rp 30.000 untuk yang cone.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Kota Lama Semarang

Fasilitas di Kota Lama
Image Credit: Google Maps (Imam Ma’arif)

Terdapat banyak fasilitas yang ada di kota kecil di Semarang ini. Beberapa yang termasuk fasilitas pendukung, ialah toilet, musala, tempat duduk di setiap jalan, dan lahan parkir. Di sini juga tersedia jasa tour guide untuk membantu Anda berkeliling dan mengetahui sejarah tempat tertentu.

Fasilitas lain yang memudahkan wisatawan yaitu banyaknya tempat hiburan seperti museum tiga dimensi, taman, kafe dan restoran. Bahkan disana juga terdapat pasar barang antik yang akan memanjakan para wisatawan pecinta barang antik yang berkunjung ke kota ini.

Pasar barang antik ini terletak di galeri industri kreatif di gedung perusahaan perdagangan Indonesia (PPI), tepatnya ada di belakang Gereja Bleduk Kota lLama Semarang. Jika Anda berkunjung kemari, Anda tidak perlu khawatir akan kelelahan, karena terdapat fasilitas penyewaan sepeda dan kendaraan vespa.

Kota Lama Semarang adalah salah satu destinasi wisata yang mengandung sejarah di dalamnya. Wisatawan dapat menikmati waktu liburan sembari belajar tentang masa lalu di Indonesia. Tempat ini menyimpan banyak keindahan serta unsur klasik yang tidak lekang oleh waktu.