Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kota Semarang memiliki banyak ikon tempat pariwisata yang dapat digunakan berlibur. Rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi yaitu kampung pelangi Semarang. Awalnya daerah ini merupakan kawasan pemukiman yang dihuni warga. Namun, sekarang wilayah kampung ini sudah dibenahi dengan warna warni lukisan.

Ide awal modifikasinya berasal dari seorang kepala sekolah Slamet Widodo. Bersama dengan para seniman, kampung ini disulap menjadi wisata indah. Tampilannya terinspirasi dari kampung warna warni di Jodipan Malang dan sungai code Yogyakarta. Banyak orang dari mancanegara yang melirik tempat pariwisata ini di sosial media baik dari Instagram maupun facebook.

Pengunjung dapat melihat lukisan dengan gambar berbeda-beda di tiap tembok rumah penduduk. Terdapat sekitar 300 rumah penduduk lokal yang telah diberikan sentuhan lukisan. Aspal jalanan nya juga dihias dengan cat warna warni untuk memperindah kampung pelangi semarang. Masyarakat sekitarnya pun selalu mengadakan kerja bakti berkala untuk memperbaiki cat lukisan yang rusak.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Pelangi

Daya Tarik Kampung Pelangi
Image Credit: Instagram danus mariki

Wisata hits ini memang banyak sekali keunikan tersendiri. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai daya tarik kampung ini. Hal inilah yang membuat betah berada lama-lama disini.

1. Memiliki Banyak Lukisan 3 Dimensi

Kampung Pelangi memang terkenal dengan banyaknya lukisan 3 dimensi. Lukisan dengan corak warna warni terlihat berbeda-beda pada tiap rumah penduduk. Berbagai gambar itulah yang akan memanjakan mata wisatawan. Atap rumah pun juga terlihat bercorak seperti pelangi mulai dari merah, kuning, hijau, hingga biru.

Jembatan dan tempat duduk pengunjung juga dihias dengan warna cerah. Warga sekitar akan mengecat kembali tiap sudut bangunan jika warnanya sudah mulai memudar. Pada saat malam hari akan terlihat sangat indah dengan adanya lampu-lampu jalan yang menerangi. Pengunjung yang datang diharapkan tidak mencoret-coret tiap bangunan kampung ini.

2. Tempat Berlibur yang Nyaman

Salah satu daya tarik destinasi wisata ini yaitu tempatnya yang sangat nyaman untuk bersantai. Penduduk sekitarnya sangat ramah kepada tamu yang datang. Banyak pula yang menemani pengunjung untuk berkeliling kampung dan menjelaskan makna lukisan. Hal tersebut yang membuat wisatawan tidak bosan jika berlibur kesini.

Wisatawan juga bisa duduk santai di area pinggiran sungai sambil menikmati semilirnya angin. Anda akan melihat aktivitas warga yang berlalu lalang meramaikan kampung pelangi. Destinasi unik ini memang menjadi rekomendasi yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.

3. Suasana Wisata yang Artistik

Saat pengunjung berkeliling Kampung Pelangi Semarang akan merasakan suasana artistik. Hal ini dikarenakan terdapat lukisan flora, fauna, tokoh pewayangan yang mempunyai makna tersendiri. Lorong-lorong jalan banyak dihiasi oleh hiasan daur ulang yang unik. Selain bertujuan mempercantik kawasan wisata, juga bisa mengurangi sampah yang ada.

Botol bekas, bola plastik dan kerajinan bambu yang digantung terlihat sangat kreatif dan unik tertata rapi. Pada langit-langit sepanjang jalan juga nampak hiasan payung yang menambah keekstetikan. Spot ini juga banyak digunakan wisatawan untuk mengambil foto. Anda akan dibuat takjub dengan berbagai ornamen di dalamnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Pelangi
Image Credit: Google Maps Regita Dwi Cahyani

Destinasi Kampung Pelangi berada di Jl. DR. Sutomo No. 89, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Akses jalanannya mudah dilalui kendaraan mulai dari sepeda, mobil, ataupun bis. Nampak juga transportasi umum banyak melewati kawasan ini. Letaknya yang di tengah kota membuat wisata tersebut mudah ditemukan.

Bagi pengunjung yang dari arah pasar bunga kalisari, dapat lurus ke arah tugu muda untuk bisa menemukan kampung cantik ini. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun naik angkutan umum. Jaraknya dari terminal bus terboyo hanya 8km dan dapat ditempuh 5 menit saja.

Tak hanya itu, bila dari arah bandara ahmad yani hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Pengunjung dari luar kota juga bisa naik kereta api yang hanya berjarak 4 km dari titik lokasi wisata. Penyewaan travel banyak tersedia di sekitar bandara atau stasiun. Terdapat pula papan penunjuk jalan untuk mempermudah rute perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kampung Pelangi
Image Credit: Google Maps Agustina DJ7

Wisatawan yang ingin berlibur ke Kampung Pelangi tidak perlu khawatir mengenai harganya. Tarif tiketnya sangat murah Rp 3.000 saja per orang. Dengan harga tersebut, tentunya Anda dapat berkeliling tempat wisata ini mulai buka sampai tutup. Tempat pariwisata ini memang masih dikelola oleh warga sekitar, itulah yang membuat harganya murah.

Harga tiket yang dikenai tersebut sebenarnya hanya untuk biaya perawatan dan perbaikan wisata jika mengalami kerusakan. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi hanya dikenai tarif parkir Rp 2.000 untuk sepeda dan Rp 5.000 untuk mobil. Pada hari libur khususnya, terlihat banyak kendaraan yang berjejer.

Mulai wisatawan dari dalam maupun luar negeri nampak berdatangan ingin mengetahui pariwisata ini. Pada area sekitarnya juga ada beberapa pedagang yang menjual jajanan atau makanan berat dengan harga bervariasi. Kampung wisata tersebut memang cocok digunakan sebagai tempat berlibur dengan budget ramah di kantong.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kampung Pelangi

Aktivitas di Kampung Pelangi
Image Credit: Google Maps Yogi Iskandar

1. Berfoto

Kegiatan memotret foto banyak dilakukan pengunjung yang berlibur ke tempat ini. Anda dapat menggunakan background lukisan 3 dimensi untuk mempercantik hasil foto. Pada tembok tiap rumah pun memiliki karakteristik lukisan yang berbeda, ada tema kartun, bunga, dan hewan. Wisatawan juga bisa menggunakan properti bunga yang diambil langsung di pasar bunga kalisari.

2. Mengunjungi Taman Kasmaran

Taman kasmaran menjadi salah satu spot yang tidak boleh terlewatkan. Dinamakan kasmaran karena merupakan singkatan dari kalisari Semarang. Disana terdapat papan siluet bergambar orang berpasangan dengan dihiasi pot-pot bunga. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Kampung Pelangi dari atas ketinggian taman ini

3. Menulis Nama di Gembok Cinta

Hal unik yang tidak kalah serunya yaitu pengunjung dapat membeli gembok di area tempat wisata. Setelah itu menuliskan nama dan menggantungkannya di jembatan. Kabarnya siapa saja yang menuliskan nama diri dan pasangan di gembok ini cintanya akan abadi. Maka dari itu terpampang ratusan gembok cinta yang menghiasi jembatan wisata ini.

4. Jalan Kaki Berkeliling Wisata

Banyaknya rumah warga yang dihiasi dengan cat warna warni dapat dikelilingi dengan berjalan kaki. Wisatawan akan dibuat kagum saat melihat berbagai gambar yang ada di tiap tembok rumah. Hiasan payung juga akan terlihat saat Anda berjalan menuju arah jembatan. Mulai pagi hingga malam akan terlihat banyak orang yang lalu lalang di setiap sudut jalan.

Aktivitas Menarik di Kampung Pelangi
Image Credit: Twitter Natalie Marie | Tily Travels

5. Menikmati Kuliner

Sepanjang jalan Kampung Pelangi, wisatawan akan melihat banyak pedagang yang menjual aneka macam makanan. Mulai dari lumpia khas semarang, nasi soto, es mambo warna-warni dapat Anda nikmati disini. Harganya pun juga tergolong murah hanya mulai Rp 5.000 saja. Banyak pula wisatawan dari mancanegara yang ingin mencicipinya.

6. Membeli Oleh-oleh

Sebelum pulang, pengunjung diharapkan menyempatkan untuk mengunjungi pusat oleh-oleh. Disana menjual berbagai macam souvenir mulai dari gantungan kunci, kaos, hingga celengan warna warni. Oleh-oleh ini kebanyakan dibuat sendiri oleh tangan penduduk sekitar. Bentuknya yang unik akan jarang ditemukan di toko lain.

7. Berkunjung ke Pasar Bunga

Letak pasar bunga kalisari yang tidak jauh dari Kampung Pelangi membuat banyak wisatawan mengunjunginya. Disana terdapat bunga segar seperti mawar, matahari, anggrek, lili, dan masih banyak lagi. Ada yang diletakkan di dalam pot maupun dibentuk menjadi mahkota yang digunakan untuk berfoto. Tidak heran jika sepanjang kampung ini dihias oleh beberapa bunga hidup.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Kampung Pelangi
Image Credit: Instagram Anisa Safwan

Meskipun Kampung Pelangi letaknya di dalam gang sempit namun memiliki fasilitas lengkap. Anda dapat menaruh sepeda atau mobil di lahan parkir area depan yang tersedia. Namun pada hari libur, mulai pagi sering kali tempat parkirnya padat. Jika sudah penuh, wisatawan dapat menitipkan kendaraan pribadi ke daerah rumah warga setempat.

Pengunjung yang ingin sholat dapat menumpang di rumah penduduk atau menuju mushola di area wisata. Gereja dan klenteng juga nampak di area luar jalan tidak jauh dari sini. Fasilitas kamar mandi tersedia di tiap sudut kampung cantik ini. Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 saat menggunakan fasilitasnya.

Tempat duduk berupa kursi kayu banyak berjejer di area wisata agar pengunjung bisa bersantai. Ada pula pedagang keliling yang menjual jajanan khas Semarang yang dapat Anda nikmati. Tempat sampah pun juga disediakan untuk menjaga kebersihan. Wisatawan yang berlibur diharapkan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak semua fasilitas yang ada.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai Kampung Pelangi yang letaknya di tengah kota Semarang. Mulai dari daya tarik, fasilitas, dan harganya pun sangat cocok digunakan sebagai destinasi liburan bersama kerabat atau keluarga. Anda yang datang ke tempat tersebut dijamin akan merasa senang dan betah berada lama-lama disini.