Harga Tiket: -, Jam Operasional: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Kaligawe, Susukan, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jateng Valley menjadi loka wisata yang terbesar di Jawa Tengah dengan luas hingga 371,88 hektar. Objek wisata ini dirintis sejak 2010, sayangnya pembangunannya terhambat pada tahun 2012. Hutan wisata yang berada di Penggaron ini akhirnya kembali dilanjutkan pembangunannya tepat pada saat hari jadi Provinsi Jawa Tengah ke-70 sebagai hadiah untuk masyarakat.

Rencananya hutan wisata ini akan dibangun dengan 3 tema besar yaitu Futuristic Space, Ecological Sanctuary, dan Sustainable Leisure. Sementara itu setiap tema akan berisi berbagai macam wahana-wahana yang menarik yang sesuai dengan tema serta tetep berbasis edukasi alam. Dengan demikian destinasi wisata ini akan sangat cocok sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga.

Peletakan batu pertama di lima titik area pembangunan kawasan Jateng Valley dilakukan Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jawa Tengah sebagai dukungannya terhadap objek wisata baru ini. Selain itu, diharapkan juga ke depannya destinasi yang mengkolaborasikan wisata dengan edukasi berbasis alam ini dapat meningkatkan potensi pariwisata di Jawa Tengah.

Daya Tarik yang Dimiliki Jateng Valley

Daya Tarik Jateng Valley
Image Credit: Google Maps Masbin Indonesia

Destinasi wisata Jateng Valley dibangun dengan menghabiskan dana lebih dari Rp 2 triliun. Berbagai daya tarik telah direncanakan agar nantinya dapat menarik banyak pengunjung untuk datang dan berwisata edukasi alam. Pengunjung tidak hanya dapat datang berlibur namun juga diharapkan memiliki pengalaman serta pemahaman pentingnya edukasi alam.

1. Wisata Terbesar di Asia Tenggara

Tidak hanya terbesar di Jawa Tengah saja, Jateng Valley juga diklaim sebagai destinasi wisata yang terbesar di Asia Tenggara. Bahkan objek wisata ini juga akan masuk dalam lima terbesar di dunia. Hal ini disampaikan langsung oleh Prijo Handoko Rahardjo sebadai Komisaris Utama dari PT Taman Wisata Jateng dalam sebuah wawancara di salah satu berita.

Dengan lahan seluas 370 hektar, kawasan ini rencananya akan dibangun dengan 7 zona wisata. Selain itu, juga akan ada banyak wahana-wahana baru yang belum ada di tempat wisata lain.

Dengan luasnya lahan yang digunakan serta wahana menarik yang hanya ada di objek wisata baru ini, sudah tentu menjadikannya daya tarik pengunjung untuk datang dan mencoba sendiri keseruannya.

2. Replika Kapal Nabi Nuh

Wahana replika kapal Nabi Nuh merupakan daya tarik andalan yang sangat menarik untuk dikunjungi di destinasi Jateng Valley. tidak hanya replika saja, di dalamnya juga akan tersedia berbagai macam permainan yang disediakan untuk pengunjung. Wanaha ini menjadi andalan karena konsepnya tidak mengadopsi dari destinasi wisata lain sehingga hanya ada di tempat ini.

3. Tema dan Wahana

Dengan lahan yang sangat luas, objek wisata ini memiliki setidaknya 3 tema yang berbeda di dalamnya. Setiap tema memiliki wahana-wahana yang sangat menarik dan mengedukasi. Banyaknya wahana dengan tema yang berbeda tentu saja dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan yang seru dan menyenangkan.

Rencananya sebagian besar akan digunakan sebagai lahan botanical park, luasnya mencapai 80 hektar. Selanjutnya ada Eco Theme Park dengan luas 52 hektar. Lalu ada Eco Safari dengan lahan yang digunakan seluas 51,4 hektar dan juga Eco Housing dengan luas 52 hektar. Sedangkan wahana lainnya seperti Jateng Valley Walk, Eco Water Park, Eco Farm Park, Eco Lake, dan lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Jateng Valley
Image Credit: Google Maps Masbin Indonesia

4. Pengembangan Bagunan Ikonik

Bangunan ikonik merupakan harapan dari Gubernur Jawa Tengah untuk ada di destinasi wisata ini. Bangunan yang ikonik sudah tentu akan membuat banyak pengunjung penasaran dan ingin langsung datang ke kawasan ini. Pengunjung nantinya juga dapat puas berfoto di bangunan yang tidak akan dapat ditemukan di objek wisata lain.

5. Orientasi Lingkungan

Meskipun memiliki banyak wahana baru yang seru, Jogja Valley akan tetap memiliki orientasi lingkungan. Sebab itu dipastikan pembangunannya akan sesedikit menebang pohon yang ada. Dengan mempertahankan keasrian lingkungan, pengunjung dapat menikmati permainan sambil merasakan udara yang bersih dan segar.

Beberapa wahana juga merupakan edukasi lingkungan alam. Dengan begitu, pengunjung akan pulang dengan kesan dan wawasan baru mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Tidak hanya itu, upaya tersebut juga dengan menggunakan kendaraan elektrik dan juga sepeda sebagai akses mengelilingi destinasi wisata ini sehingga tetap bersih dari polusi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Jateng Valley
Image Credit: Instagram Veronika Joan

Jateng Valley merupakan kawasan wisata yang sangat luas, berada di Susukan, Kecamatan Ungaran Timur yang masih masuk dalam administrasi Semarang. Jika Anda dari pusat Kota Semarang, jaraknya hanya sekitar 17 kilometer saja. Perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih hanya sekitar 30 menit lamanya. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Rute sendiri, Anda dapat menggunakan via Jl. Semarang – Surakarta/ Jl. Semarang – Yogyakarta. Anda dapat langsung menuju Jl. Dr. Wahidin untuk menuju Jl. Semarang – Surakarta di Jatingaleh. Lanjutkan perjalanan sejauh 10 kilometer, lalu terus dilanjutkan menuju Desa Susukan untuk sampai di lokasi. Anda dapat menggunakan GoogleMap untuk mempermudah perjalanan Anda.

Kawasan wisata ini masih baru dalam tahap pembangunan, diharapkan dapat menjadi tempat wisata yang dapat dinikmati oleh segala kalangan. Karena itu, meski belum ditentukan harga untuk tiket masuk ke dalam objek wisata ini, namun berkemungkinan tiket masuk yang ditarik oleh pengunjung masih terjangkau sehingga dapat menjadi alternatif wisata keluarga yang memiliki nilai edukasi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Jateng Valley

Aktivitas di Jateng Valley
Image Credit: Instagram Multi Yanti

Jateng Valley telah direncanakan menjadi kawasan wisata yang sangat luas dengan berbagai wahana menarik untuk menarik minat pengunjung. Dengan demikian, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang tentu saja tidak membosankan jika datang ke objek wisata ini. Anda juga akan pulang dengan membawa kesan yang tidak terlupakan.

1. Menikmati Berbagai Wahana

Perencanaan berbagai wahana tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Karena itu, kegiatan ini sudah harus dicoba jika nanti berkunjung di destinasi wisata baru ini. Apalagi beberapa wahana tidak di mengadaptasi dari destinasi wisata manapun, dengan begitu Anda hanya akan dapat menikmati beberapa wahana permainan di kawasan ini saja.

2. Liburan Keluarga

Destinasi ini memang didesain sebagai objek wisata yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Dengan banyaknya wahana juga edukasi sehingga pengunjung terutama anak-anak tidak hanya dapat berlibur dan bersenang-senang, namun juga akan mendapat wawasan dan pengetahuan baru tentang alam dan lingkungan. Dengan begitu liburan keluarga juga akan terasa lebih berkesan.

Aktivitas Menarik di Jateng Valley
Image Credit: Google Maps JAFAR ALDEBARAN

3. Beredukasi

Akan ada tempat untuk bercocok tanam anak-anak yang dapat menjadi salah satu tempat beredukasi. Edukasi ini tidak hanya bercocok tanam namun juga termasuk mengembala kerbau dan lain-lainnya. Dengan adanya edukasi, anak-anak tidak hanya akan berlibur saja namun juga dapat belajar ilmu baru yang tentu tidak akan dapat dilakukan di kota.

4. Menikmati Udara Segar

Dengan sedikit pohon yang ditebang, kawasan Jateng Valley akan menjadi tempat yang asri dan hijau. Karenanya pengunjung juga dapat leluasa menghirup udara segar di kawasan ini. Dengan menghirup udara segar, pengunjung bisa dapat beristirahat sejenak dari aktivitas kota dengan menikmati kesegaran yang ada di kawasan ini.

Apalagi kawasan ini memang telah direncanakan sebagai kawasan yang berwawasan lingkungan. Sehingga meskipun ada banyak permainan yang modern, namun tetap ada pepohonan-pepohonan yang dapat membuat lingkungan asri. Perencanaan ini memang bertujuan agar pengunjung dapat menikmati udara segar sekaligus berlibur di wahana yang seru dan menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Jateng Valley
Image Credit: Instagram Rizal Matulatan

Fasilitas yang akan disediakan untuk pengunjung di Jateng Valley akan sangat memadai. Dari fasilitas umum yang pasti ada di hampir setiap destinasi wisata. Lahan parkir yang dapat digunakan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, kamar mandi, serta tempat sampah untuk tetap menjaga lingkungan yang ada. Juga fasilitas-fasilitas lainnya.

Wahana yang ada dalam rencana pembangunan juga tersedia tidak hanya untuk menarik banyak pengunjung, namun juga untuk memberikan kepuasan. Wahana ini juga memiliki keunikan serta tidak akan ditemukan di destinasi wisata lain. Selain itu juga tersedia lahan untuk berbagai kegiatan seperi track sepeda atau lahan edukasi wisata alam untuk anak.

Nantinya, jalur akses destinasi wisata ini juga akan dibuat ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan elektrik seperti e-bike, e-scooter, juga buggy car dan sepeda. Selain itu, hotel dan resort juga telah direncanakan pembangunannya. Dengan adanya hotel dan resort ini akan sangat membantu para pengunjung terutama bagi yang ingin bermalam.

Pembangunan destinasi wisata Jateng Valley memang sempat terhenti selama beberapa tahun, namun kini kembali dilanjutkan bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jawa Tengah. Dengan mengusulkan wahana yang sangat menarik di lahan seluas 370 hektar, destinasi wisata terbesar di Asia Tenggara ini nantinya menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Jawa Tengah.