20 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Paling Hits

20 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Paling Hits

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah Daftar Tempat Wisata Terbarik di Ciwidey, Bandung. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan.

Berwisata di Bandung merupakan pilihan yang tepat karena ibukota Jawa Barat ini penuh dengan tempat wisata menarik, baik wisata alam, wisata keluarga dan lainnya. Salah satu kawasan di Bandung yang populer sebagai tujuan wisata adalah Ciwidey. Ciwidey adalah desa yang terletak di kawasan Bandung Selatan di mana udaranya sejuk dan masih sarat dengan pemandangan alam.

Ciwidey merupakan lokasi yang sangat pas untuk wisata karena pilihan objek wisatanya terbilang komplit. Jika ingin berwisata bersama keluarga, kawasan ini memiliki banyak sekali taman dan perkebunan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain itu, Ciwidey juga penuh dengan tempat wisata alam termasuk perbukitan dan kawah.

Jika ingin berwisata hemat dan tak jauh-jauh dari Bandung, berikut adalah daftar tempat wisata paling populer di Ciwidey. Semuanya layak dikunjungi dan cocok bagi siapa saja yang ingin melepas lelah sejenak dan berlibur bersama keluarga. Daftar tempat wisata di bawah ini semuanya bisa ditemukan dengan mudah di Ciwidey, Bandung Selatan.

1. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Image Credit: Publicinsta.com

Salah satu tempat wisata di Ciwidey yang terbilang cukup hits di Instagram dan juga di kalangan anak-anak muda adalah Kampung Cai Ranca Upas. Di lokasi ini, anak-anak muda memang bisa menemukan spot-spot foto unik dan juga menikmati pemandangan alam yang terbilang cukup indah.

Di lokasi yang ada bumi perkemahannya ini, anak-anak kecil juga bisa berwisata karena di sini terdapat beberapa spot yang cocok untuk anak-anak, salah satunya adalah tempat untuk penangkaran rusa. Jadi, tak perlu ke kota dan datang ke kebun binatang untuk melihat rusa-rusa berlarian bebas karena di Ciwidey pun ada tempat seperti ini.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

2. Bukit Jamur

Bukit Jamur

Image Credit: Dakatour.com

Ada tempat wisata unik di Ciwidey yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan untuk singgah. Namanya bukit jamur. Bukit ini bukan merupakan perkebunan jamur atau tempat wisata kuliner dan pengolahan jamur, ya, tapi benar-benar penuh dengan pohon-pohon cemara yang pendek dan bulat-bulat bentuknya, seperti jamur.

Alhasil, pemandangan di kebun ini terbilang sangat unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Banyak orang yang datang ke Bukit Jamur ini untuk foto-foto dan untuk melakukan pemotretan pre-wedding. Bagi yang ingin datang ke sini, salah satu hambatan terbesarnya adalah akses menuju lokasi yang terbilang masih tidak terlalu mulus jalannya.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Image Credit: Wisatabagus.com

Situ Patenggang merupakan tempat wisata terpopuler di Ciwidey. Tempat wisata ini berupa danau yang pemandangannya masih alami. Di sini, semua orang bisa menikmati indahnya danau biru yang membentang dan siapapun bisa melepas penat dengan melihat pepohonan dan pemandangan alam lainnya.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan di Situ Patenggang adalah dengan menyewa perahu. Ya, wisatawan bisa menyewa perahu dengan harga yang terjangkau dan menggunakannya untuk berkeliling danau. Tenang saja, hal ini aman karena setiap penyewa diberi pelampung dan juga alat pengaman lainnya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Populer

Lokasi: Kec. Ciwidey, Kab. Bandung.

4. Kawah Putih

Kawah Putih

Image Credit: Wia.id

Kawah putih adalah tempat wisata nomor satu di Ciwidey. Tempat ini menyajikan indahnya pemandangan alam yang cocok dinikmati oleh siapa saja. Tempat ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan terbentuk akibat letusan gunung. Lokasi ini cocok untuk foto-foto dan juga untuk menghirup udara yang segar.

Karena terbilang sebagai lokasi wisata yang sangat populer, maka jangan heran jika kawasan Kawah Putih ini selalu ramai wisatawan. Jika ingin menikmati ketenangannya, maka hindari datang ke kawasan ini saat masa-masa liburan. Datang saja di hari-hari biasa karena relatif lebih sepi.

Lokasi: Desa Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

5. Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey

Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Untuk wisata edukasi si kecil, salah satu tempat yang terbilang sangat wajib untuk dikunjungi adalah Taman Kelinci Ciwidey. Sesuai Dengan namanya, sudah jelas jika tempat ini merupakan kawasan penangkaran kelinci dari berbagai jenis. Aneka ragam kelinci dipelihara di tempat ini dan bisa berinteraksi dengan anak-anak kecil.

Taman Kelinci Ciwidey memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk anak-anak dan orang tuanya. Ada toilet yang bersih dan luas dan juga tempat parkir yang memadahi. Selain itu, terdapat pula vendor penjual makanan dan minuman yang tak jauh dari lokasi sehingga memudahkan segala sesuatunya saat piknik di sana.

Lokasi: Desa Cikembang, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung.

6. Palalangon Park

Palalangon Park

Image Credit: Camerawisata.com

Bagi yang mencari spot foto warna-warni, tempat yang cocok dikunjungi adalah Palalangon Park ini. Di sini, terdapat kebun bunga dan juga spot-spot foto lain yang tentunya akan sangat menarik bagi anak-anak muda.

Di tempat ini, terdapat aneka fasilitas yang memadahi bagi pengunjung, termasuk juga beberapa bangku untuk duduk dan semacam food court yang menyediakan aneka makanan dan minuman bagi pengunjungnya.

Lokasi: Desa Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

7. Sunan Ibu Sunrise Point

Sunan Ibu Sunrise Point

Image Credit: Bobobox.co.id

Untuk yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbit, tempat terbaik di Ciwidey yang harus dikunjungi adalah di Sunan Ibu Sunrise Point. Meski harus datang pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit, namun semuanya akan terbayar dengan indahnya pemandangan di sini.

Inilah mengapa tempat ini terbilang sangat ramai, terutama menjelang matahari terbit. Siapapun bisa datang ke sini dengan mudah karena lokasinya terbilang mudah ditemukan dan akses jalannya juga mudah dan luas.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

8. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Image Credit: Deko-rumah.web.app

Di kota besar, sudah sangat jarang ditemukan kebun atau lokasi untuk menanam tanaman obat. Namun di Ciwidey, ada lokasi wisata khusus di mana pengunjungnya bisa menikmati hamparan tanaman obat dan herbal yang unik dan menarik. Nama lokasinya adalah Kebun Tanaman Obat Sari Alam.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat langsung aneka jenis tanaman obat, rempah-rempah, dan juga aneka jenis tanaman herbal yang baik khasiatnya bagi kesehatan. Tanaman tersebut mulai dari jahe, temu lawak, dan lain-lainnya. Semuanya ditata rapi sehingga bisa dinikmati pemandangannya oleh pengunjung.

BACA:  8 Air Terjun (Curug) di Purwakarta Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

9. D’Riam Riverside Resort

D’Riam Riverside Resort

Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Untuk para wisatawan yang mencari tempat wisata berupa resort dan letakknya ada di pinggir sungai, tempat yang cocok bagi mereka adalah di D’Riam Riverside Resort. Resort ini terbilang mewah dan memiliki fasilitas lengkap.

Menginap bisa dilakukan di sini dengan menggunakan fasilitas bintang lima. Selain itu, ada juga pemandangan sungai alami yang bisa dilihat dari kamar-kamar resort yang tentunya membuat pengalaman menginap semakin unik.

Lokasi: Jl. Raya Soreang, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

10. Kebun Petik Strawberry

Kebun Petik Strawberry

Image Credit: Daftartempatwisatalengkap.blogspot.com

Sudah bukan rahasia lagi jika Bandung merupakan kawasan yang cocok sekali untuk perkebunan. Hawa dingin kota Bandung, termasuk Ciwidey, memungkinkan wisatawan untuk mengunjungi berhektar-hektar perkebunan, termasuk perkebunan strawberry yang sangat populer di Ciwidey ini.

Di perkebunan strawberry, tentu saja pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan buah-buah strawberry yang terbentang luas sepanjang mata memandang. Selain itu, ada fasilitas petik strawberry di mana pengunjung bisa turun langsung ke perkebunan dan memetik buah strawberry dan membawanya pulang.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

11. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

Image Credit: Wikipedia.org

Selain buah strawberry, Ciwidey juga terkenal dengan perkebunan tehnya. Ya, bukan merupakan hal yang aneh jika di kawasan dataran tinggi seperti Bandung terdapat ratusan perkebunan teh. Salah satu yang paling terkenal adalah perkebunan teh Rancabali. Pemandangan di sini sangat spektakuler dan hawanya luar biasa sejuk.

Inilah mengapa banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk datang ke sini. Selain itu melihat langsung hamparan kebun teh yang membentang luas, mereka juga datang untuk menghirup udara segar dan alami, jauh dari udara penuh polusi yang biasa ada di kota-kota besar. Inilah mengapa datang ke kebun teh Rancabali ini juga baik untuk kesehatan paru-paru.

Lokasi: Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

12. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis

Image Credit: Sanjayatour.com

Kawah Rengganis merupakan wisata alam yang sangat cocok untuk wisatawan lokal dan asing. Tempatnya penuh dengan pemandangan alam yang indah dan menggoda mata.

Siapapun bisa datang ke sini dan melihat indahnya kawah yang asri dan juga masih sangat alami. Tempat ini merupakan salah satu yang paling populer di Ciwidey.

Lokasi: Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

13. Green Hill Park

Green Hill Park

Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Green Hill Park merupakan kawasan tempat bermain yang populer di Bandung. Di lokasi ini, terdapat aneka fasilitas yang komplit juga, termasuk adanya penjual makanan dan minuman yang berderet-deret di sepanjang lokasi wisata.

Jadi, tak perlu khawatir jika setelah bermain pengunjung merasa lapar atau haus, karena sudah tersedia aneka jenis makanan dan minuman untuk dibeli. Pokoknya, fasilitasnya sangat komplit di sini.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

14. Southland Camp

Southland Camp

Image Credit: Facebook.com (Southland Camp Ciwidey)

Southland Camp merupakan tempat perkemahan bagi anak-anak dan dewasa. Di kawasan ini juga terdapat banyak sekali jenis pilihan kuliner yang bisa dicoba.

Aneka makanan khas Sunda dan Bandung lainnya bisa dicoba di lokasi ini. Inilah mengapa tempat ini ini sangat terkenal sebagai lokasi yang sudah komplit untuk wisata kuliner dan liburan keluarga.

BACA:  20 Wisata Pantai di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

15. Happy Farm Ciwidey

Happy Farm Ciwidey

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Satu lagi wisata yang sepertinya cocok untuk wisata bersama keluarga, terutama jika ada anak-anak kecil yang akan ikut piknik. Namanya adalah Happy Farm Ciwidey. Ya, tempat ini merupakan peternakan hewan-hewan lucu yang tentunya akan menghibur dan menambah pengetahuan anak-anak kecil tentang aneka ragam hewan.

Ada beberapa hewan ternak dan juga hewan lucu seperti kelinci yang berkeliaran di Happy Farm Ciwidey ini. Anak-anak bisa berinteraksi langsung dan melakukan aktivitas edukatif seperti memberi makan dan memegang langsung hewan-hewan tersebut. Semua hewan yang ada di sini jinak dan tidak akan membahayakan pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung.

16. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali

Image Credit: Travelspromo.com

Bagi yang ingin lebih dari sekedar foto, Glamping Lakeside Rancabali adalah tempat yang menyediakan banyak fasilitas seperti tenda-tenda yang bisa disewa dan terletak di pinggir danau.

Lokasi ini adalah di mana pengunjung bisa menginap dan menikmati pemandangan alam. Meski bentuknya tenda, jangan salah, fasilitasnya setara dengan hotel, lho.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kab.  Bandung.

17. Sindang Reret Hotel & Restaurant Ciwidey

Sindang Reret Hotel & Restaurant Ciwidey

Image Credit: Traveloka.com

Di Ciwidey memang banyak sekali lokasi untuk berlibur keluarga, salah satunya adalah di Sindang Reret Hotel & Restaurant Ciwidey.

Di lokasi ini, terdapat aneka fasilitas yang terbilang komplit dan memadahi untuk wisata bersama keluarga, termasuk ada kolam renang dan taman bermain anak.

Lokasi: Jl. Raya Provinsi Ciwidey, Tenjolaya, Kab. Bandung.

18. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Salah satu cara paling nikmat untuk melepas lelah adalah dengan berendam atau mandi air panas. Di Ciwidey, hal itu bisa dilakukan di Pemandian Air Panas Ciwalini.

Pemandian ini masih alami dan air panasnya konon berkhasiat bagi kesehatan. Pengunjung bisa berendam di pemandian ini berjam-jam dan melepas penat.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

19. eMTe Highland Resort

eMTe Highland Resort

Image Credit: Datawisata.com

Bagi yang ingin menginap di resort yang terbilang mewah dan pemandangannya sangat wah, cobalah datang ke eMTe Highland Resort. Ya, ada kata “highland” di dalamnya yang menunjukkan jika lokasi ini terletak di kawasan perbukitan dan tentu saja hawa sejuk dan pemandangan indah akan dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Di eMTe Highland Resort ini, fasilitas untuk menginap juga terbilang komplit, laiknya hotel berbintang sehingga selain bisa menikmati pemandangan yang indah, pengunjung bisa sekalian menginap dan menghabiskan waktu melihat-lihat lokasi alam indah di Ciwidey. Kawasan ini benar-benar cocok untuk wisata keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

20. Barusen Hills

Barusen Hills

Image Credit: Wisatakaka.com

Bagi penggemar wisata kekinian, pasti sudah tidak asing lagi dengan Barussen Hills. Ya, tempat ini merupakan salah satu tempat wisata paling digemari oleh anak-anak muda.

Mereka bisa datang ke kawasan Ciwidey ini untuk berfoto ria dengan background danau nan indah. Inilah mengapa lokasi ini terbilang sangat populer di kawasan Bandung Selatan dan sekitarnya.

Lokasi: Gambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung.

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata paling populer yang bisa ditemukan di Ciwidey, Bandung. Semuanya terlihat menarik, bukan? Inilah mengapa warga Jawa Barat, terutama Bandung yang ingin berwisata hemat dan ingin foto-foto tidak perlu mencari objek wisata di kota lain karena di Ciwidey pun, varian lokasi wisatanya terbilang sangat komplit.