Umbul Sidomukti, Wisata Alam Sejuk & Memesona di Bandungan Semarang

Umbul Sidomukti Semarang

Umbul Sidomukti menawarkan pesona alam eksotis yang menyegarkan di Semarang. Wisata alam yang berada di Lereng Gunung Ungaran yang terkenal dengan pemandangan alamnya, untuk kegiatan berenang, olahraga dan adu nyali.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Blanten Lor, Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Umbul Sidomukti adalah kawasan wisata alam di daerah Kabupaten Semarang yang sangat populer dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Pemandangan dilihat dari tempat ini bahkan tidak kalah indahnya dari pemandangan alam di Bandung dan Bogor yang juga menjadi ikon wisata pegunungan terkenal.

Tempat dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut ini memiliki suhu udara yang dingin dan sangat menyejukan. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata jauh dari keramaian kota dan berbaur dengan alam pegunungan.

Kawasan wisata ini diresmikan 2 Agustus 2007 silam oleh wakil bupati Kabupaten Semarang dan menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi baik di hari biasa maupun di hari libur. Hal ini berkaitan dengan kolam renang 3 tingkatnya yang sangat ikonik, peternakan dan perkebunan, serta wahana-wahana lain yang ditawarkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Umbul Sidomukti

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Image Credit: Twitter.com @ungaran_wisata

Tempat wisata ini sangatlah populer, tidak hanya dikalangan masyarakat sekitar tetapi hingga masyarakat Pulau Jawa, bahkan mancanegara yang kerap terlihat antusias mengunjungi tempat ini.

1. Pemandangan Pegunungan Hijau yang Memukau

Begitu tiba di kawasan wisata ini pengunjung akan langsung disuguhkan dengan indahnya pemandangan dari atas Pegunungan Ungaran. Anda akan melihat hamparan hijau pepohonan di bawah area wisata dan merasakan kesejukan udara serta alamnya yang asri.

2. Kolam Renang Tiga Tingkat yang Ikonik

Untuk para pecinta olahraga berenang, terdapat kolam renang alam tiga tingkat yang sangat ikonik di tempat ini. Kolam ini terbagi menjadi tiga tingkat kedalaman sehingga dari anak kecil hingga orang dewasa dapat menjajal tempat tersebut tanpa perlu berpindah lokasi.

Selain itu kegiatan berenang akan menjadi menyenangkan karena kolam renang di tempat ini menghadap langsung ke area pegunungan yang hijau dan menawan.

3. Little Ranch yang Seru

Wisatawan yang ingin menikmati kegiatan berkebun atau berkuda bisa datang ke area wisata Little Ranch yang ada di kawasan ini. Disini pengunjung bisa langsung mencoba berkebun bersama para petani dan menikmati hasil alamnya. Terdapat juga kuda-kuda yang terlatih dan ramah yang bisa dinaiki untuk berkeliling area peternakan.

4. Goa Buatan Dengan Pemandangan yang Indah

Pengelola menambahkan objek wisata baru bernama Goa Tirta, goa buatan dengan jarak tempuh kurang lebih 135 meter. Pemandangan yang ada di ujung gua sangat memukau mata dan bisanya sering dijadikan sebagai tempat foto prewedding oleh para pasangan.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Solo yang Bikin Betah Nongkrong

5. Tempat Panahan yang Asyik

Untuk Anda yang menyukai olahraga panahan dapat mencoba area panahan yang tersedia di Umbul Sidomukti. Dengan peralatan yang lengkap dan didampingi pemandu profesional Anda tidak perlu khawatir karena keamanannya sangat terjamin.

Daya Tarik dari Umbul Sidomukti

Image Credit: Google Maps (Talki Abidin)

6. Berkemah di Dekat Alam

Selain penginapan dengan desain lucu yang ada di lokasi, untuk wisatawan yang ingin mencoba berkemah bersama keluarga bisa memilih bumi perkemahan di kawasan wisata ini. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah yang hanya di dapat dari area bumi perkemahannya yang dekat dengan alam pegunungan.

7. Kuliner yang Lezat

Berada di area pegunungan yang kaya akan sumber daya alam tentu saja membuat tempat ini memiliki banyak sajian kuliner yang luar biasa lezat. Anda bisa menikmati aneka hidangan dari sayur dan buah segar, serta olahan daging yang lezat. Tempat ini juga memiliki sajian hidangan dengan tatanan piring yang estetik dan sangat indah.

8. Pilihan Wahana Outbond yang Menarik

Pengunjung yang datang beramai-ramai dengan keluarga atau teman tidak perlu takut akan kebosanan karena selain menawarkan pemandangan indah, tempat ini juga memiliki pilihan wahana yang seru dan cukup menegangkan. Wahana tersebut bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk anak-anak bisa datang ke area Taman Berani yang penuh dengan pilihan wahana khusus anak. Selain itu ada Adrenalin Games untuk orang dewasa yang sangat ekstrim. Pengunjung juga bisa menjajal jembatan segitiga, marine bridge, flying fox dan wahana lain yang langsung melintasi area hutan dibawah kawasan Pegunungan Ungaran.

9. Spot Berfoto yang Keren

Terdapat banyak spot berfoto baik buatan maupun pemandangan alam yang luar biasa yang ada di tempat ini. Anda tidak perlu takut kehabisan bahan berfoto ketika berkunjung karena tempatnya sangatlah mempesona.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Umbul Sidomukti

Alamat Umbul Sidomukti

Image Credit: Google Maps (Kharisma Muhammad)

Tempat wisata alam ini berada di lereng Ungaran tempatnya di Jalan Umbul Sidomukti, di kawasan Desa Sidomukti, Bandungan, di Kabupaten Semarang. Meski tempatnya berada di kawasan pegunungan. Untuk pengunjung yang datang dari luar Pulau Jawa bisa mengambil penerbangan ke Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang dan memulai perjalanan langsung dari bandara dengan kendaraan bermotor. Tidak perlu khawatir karena banyak penunjuk arah.

Jika mengambil rute perjalanan Jl. Raya Semarang-Solo, dari Kota Semarang hingga ke lokasi wisata berjarak sekitar 25 km lebih dan memakan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dan jika mengambil rute lewat Tol Ungaran-Bawen perkiraan waktunya akan lebih lama yaitu lebih dari 1 jam karena jaraknya sekitar 50 km.

BACA:  15 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kemudian di Ungaran jika sudah melihat pom bensin Lemah Abang di bagian kiri jalan, langsung saja belok ke gapura bertuliskan Kawasan Wisata Gedong Songo yang ada di bagian kanan jalan setelah melewati pom bensin. Dari gapura tersebut, Anda tinggal mengikuti jalannya saja hingga ke Pasar Jimbaran.

Dari pasar Anda tinggal masuk ke gang bertuliskan Wisata Umbul Sidomukti dan tinggal mengikuti jalannya saja hingga ke area parkir. Kemudian jika datang dari rute lain, Anda juga bisa mengikuti rute dalam Google Maps karena jalur yang ada sudah cukup akurat sehingga Anda tidak akan tersesat.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti Bandungan

Harga Tiket Umbul Sidomukti

Image Credit: Instagram.com @umbul.sidomukti

Kawasan wisata alam ini terbuka untuk pengunjung selama setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Biaya masuk tiket untuk berwisata di tempat ini cukup terjangkau dengan biaya sebesar Rp 5.000,- saja pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mempesonanya.

Selain biaya tiket masuk Anda masih harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,- untuk parkir kendaraan roda empat. Kemudian tiket masuk yang tertera sebelumnya belum termasuk dengan biaya tambahan untuk wahana-wahana yang ditawarkan di kawasan wisata lereng Gunung Ungaran ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Umbul Sidomukti

Aktivitas di Umbul Sidomukti

Image Credit: Instagram.com @destinasisemarang

1. Menikmati Pemandangan Alam

Anda dapat bersantai di tempat duduk atau rerumputan hijau di area wisata sembari memandangi alamnya yang luar biasa megah dari atas pegunungan. Ditambah dengan udara dinginnya yang menyejukan dan tanaman hijaunya yang memberi nuansa segar.

2. Berenang

Hanya di tempat ini Anda dapat merasakan rasanya berenang di kolam tiga tingkat sembari menikmati pemandangan alam dari atas gunung yang sangat menawan. Anda hanya perlu membayar Rp 15.000,- per orang untuk dapat berenang di kolam ini.

3. Berkemah

Untuk pecinta alam yang ingin merasakan tinggal di area Pegunungan Ungaran, Anda bisa berkemah di bumi perkemahan dengan membayar biaya mulai dari Rp 170.000,- hingga sebesar Rp 500.000,-. Dengan biaya tersebut Anda akan mendapatkan paket perkemahan yang lengkap yang sudah disediakan oleh pengelola.

4. Berkebun

Anda dapat menikmati rasanya berkebun bersama para petani di Little Ranch. Untuk memetik tanaman yang ada Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan tanaman serta jumlah yang ingin dibawa dari tempat wisata ini.

5. Menunggang Kuda

Dengan biaya Rp 50.000,- per setengah jamnya, Anda bisa menyewa kuda untuk berkeliling untuk menjangkau lebih banyak spot yang menarik di Umbul Sidomukti.

BACA:  10 Tempat Wisata di Baturaden Banyumas yang Paling Hits

6. Jalan-Jalan dengan ATV

Untuk pengunjung yang ingin berkeliling area pegunungan dengan kendaraan, pengelola menyediakan ATV yang dapat disewa untuk jelajah offroad bersama teman atau keluarga.

Aktivitas di Umbul Sidomukti Semarang

Image Credit: Google Maps (Nafisa Hana)

7. Menjelajah Goa Tirta

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah dari dalam goa yang sangat romantis. Menjelajah goa menjadi kegiatan seru selagi berada di tempat wisata ini.

8. Panahan

Pengelola menyediakan lokasi panahan yang dilengkapi peralatan yang lengkap dan pemandu yang profesional sehingga kegiatan panahan di tempat ini akan terasa semakin menyenangkan.

9. Outbond Bersama Keluarga

Anda dan keluarga dapat mencoba banyak pilihan outbond di tempat ini, mulai dari Taman Berani, kawasan outbond khusus anak-anak yang harus merogoh tiket Rp 10.000,-. Area Adrenalin Games untuk orang dewasa dengan flying fox, marine bridge, jembatan segitiga, dan masih banyak lagi.

10. Berbelanja

Untuk pengunjung yang ingin membeli cinderamata baik berupa kaos, gantungan kunci, atau sayur-sayuran, pengelola menyediakan tempat khusus untuk Anda. Terdapat tempat khusus berbelanja yang sangat lengkap di area ini yang dapat Anda kunjungi, tentu saja dengan pilihan harganya yang masih terjangkau.

11. Menjajal Jajanan Kuliner Ungaran

Penggemar wisata kuliner tidak perlu khawatir karena terdapat cafe dan restoran di bagian dalam kawasan wisata Umbul Sidomukti. Cafe dan restoran yang ada menawarkan berbagai menu olahan dari sayur, buah dan daging dengan harga terjangkau. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan rasanya karena hidangan dari tempat dijamin lezat dan memiliki tatanan yang estetik.

12. Berfoto di Spot-Spot Menarik

Berkunjung ke kawasan wisata ini sangat disayangkan jika belum mencoba berfoto di berbagai lokasinya. Tempat ini selain memiliki spot foto pemandangan alam yang luar biasa, juga memiliki dekorasi yang indah dan sangat instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Umbul Sidomukti Semarang

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Image Credit: Facebook.com @umbulsidomukti

Untuk wisatawan yang ingin berlibur bahkan menghabiskan beberapa hari di area wisata ini tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan tidak perlu bersusah payah mencari penginapan karena di bagian dalam tempat wisata sendiri sudah terdapat beberapa pilihan penginapan seperti homestay, villa dan perkemahan.

Akses jalannya cukup mudah sehingga terdapat banyak pilihan alat transportasi umum. Ada toko cinderamata, tempat kuliner serta toko tanaman dan perkebunan dengan harga terjangkau. Dan terdapat pula toilet umum, tempat parkir khusus dan tempat ibadah yang terjaga kebersihannya. Anda juga tidak perlu takut karena tempat ini terjaga keamanannya.

Umbul Sidomukti sangat cocok untuk pengunjung yang ingin berwisata sambil menikmati panorama alam dari atas gunung yang mempesona. Selain tempatnya yang indah, Anda bahkan disuguhkan fasilitas yang sangat lengkap dengan biaya yang cukup murah. Tempatnya yang menawan sayang dilewatkan saat jalan-jalan di Kabupaten Semarang.