Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik di Mamuju, Sulawesi Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Mamuju yang menjadi ibukota Sulawesi Barat memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Jika sempat berkunjung, Anda akan disuguhi beragam tempat menarik, mulai dari wisata alam pantai, bukit hingga wisata buatan yang dijamin dapat memanjakan mata. Penasaran apa saja yang menarik dikunjungi? Berikut rekomendasi tempat wisata di Mamuju yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Lombang Lombang

Pantai Lombang Lombang
Image Credit: Twitter.com @radiopls_mks

Pantai Lombang Lombang ini terkenal akan lingkungannya yang bersih. Hal itu dikarenakan pihak pemerintah dan warga bekerjasama untuk menjaga kebersihan pantai. Dengan pesona air lautnya yang biru jernih, pantai ini memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan. Pantai Lombang Lombang memiliki garis pantai terpanjang di Sulawesi Barat, serta hamparan pasir hitam yang luas.

Luas dari daerah berpasir di sini sekitar 50 meter, serta panjangnya kurang lebih 5 kilometer. Anda dapat menikmati pemandangan lautnya yang indah dari gazebo yang tersedia di sana sambil bersantai. Terdapat banyak spot foto yang keren dan bagus disediakan di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinyonyoi, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

2. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra
Image Credit: Facebook.com (Putra Bugis)

Pantai ini sering disebut ‘Losari-nya Kota Mamuju’. Hal itu dikarenakan Pantai Manakarra sangat ramai dikunjungi wisatawan dan warganya. Tempat ini sudah direnovasi sedemikian mungkin untuk mendapatkan pemandangan pantai yang keren. Selain ramai oleh pengunjung, pantai ini juga seperti pasar malam, dimana banyak penjual yang menawarkan dagangan mereka.

Daya tarik tempat ini terletak pada pemandangan senjanya yang menawan. Di sini terdapat anjungan seluas 12 hektar, juga taman dengan tempat duduk alami dari tangga. Banyaknya tempat duduk yang disediakan membuat pengunjung dapat dengan bebas memilik spot bersantai mereka sembari menikmati saat-saat matahari tenggelam.

Julukan lain pantai ini adalah Pantai Tak Berpasir. Tempat ini menawarkan berbagai keindahan dan spot foto yang menarik untuk diabadikan. Pemandangan malamnya pun tidak kalah indah. Anda dapat menyaksikan cahaya merah yang berlalu-lalang menghiasi tempat ini berasal dari kapal yang lewat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Binanga, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

3. Kelapa Tujuh

Kelapa Tujuh
Image Credit: Instagram.com @pyan_147

Anjoro Pitu atau Kelapa Tujuh adalah destinasi wisata yang berada di puncak bukit. Tempat ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan dari ketinggian yang mengagumkan. Perasaan tenang seolah tercipta begitu Anda tiba di lokasi. Pemandangan hamparan pesisir Pantai Manakarra terlihat dari sini.

Ketika malam, Kelapa Tujuh menawarkan keindahan area Kota Mamuju yang gemerlap oleh lampu berbagai macam warna. Selain itu, pemandangan matahari tenggelam juga menarik untuk dilihat. Baik pengunjung maupun warga sekitar berbondong-bondong menyaksikan momen matahari tenggelam sembari bersantai di atas gazebo.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rimuku, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

4. Air Terjun Tammasapi

Air Terjun Tammasapi
Image Credit: Facebook.com (Bang Mand)

Destinasi wisata ini memiliki air terjun yang tinggi dan indah, namanya Air Terjun Tammasapi. Tinggi air terjun ini sekitar 75 meter debit air yang mengalir di sini lumayan deras. Suasana di sekitar sini masih alami dan hijau, ditambah pepohonan yang tumbuh di dekat air terjun menjadikan tempat ini sejuk dan dingin.

Terdapat pula gazebo untuk Anda melihat pemandangan air terjun yang sejuk sembari menikmati buah Durian. Buah beraroma kuat ini tumbuh di kebun dekat lokasi dan dijual oleh petaninya langsung dengan harga murah. Ketika berkunjung kemari, Anda akan merasakan ketenangan yang tercipta dari alaminya lingkungan sekitar air terjun.

Lingkungan sekitar air terjun juga cocok dijadikan sebagai tempat berjalan-jalan. Anda akan menemukan keindahan lain yang ada di sekitar lokasi ini, tetapi untuk sampai di Air Terjun Tammasapi sendiri membutuhkan energi lebih untuk menanjaki jalannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mamunyu, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

5. Mangrove Bebanga

Mangrove Bebanga
Image Credit: Twitter.com @msyahrirrasyid

Mangrove Bebanga merupakan sebuah kawasan hutan bakau dengan pemandangan serba hijau. Kumpulan tanaman mangrove yang ditanam untuk memecah ombak di pinggir pantai ini sangat disukai wisatawan. Keunikan tempat ini berada pada tiap sudut tempat ini yang terdapat sebuah gazebo atau saung dengan petikan kalimat lucu.

Hamparan hijau tumbuhan mangrove di sini menyejukkan mata dan menciptakan suasana tenang. Wisata ini memiliki luas 5 hektar dengan ratusan tumbuhan mangrove yang ditanam. Selain memiliki pemandangan yang eksotis, tempat ini juga memiliki persewaan villa. Banyak kegiatan dapat Anda lakukan selagi berlibur ke Mangrove Bebanga, salah satunya adalah membakar ikan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bebanga, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

6. Bukit Jati Gentungan

Bukit Jati Gentungan
Image Credit: Google Maps (Kazuga)

Sesuai namanya, tempat ini memiliki puluhan pohon jati yang menghiasi kawasannya. Bukit Jati Gentungan merupakan wisata pemandian yang menawarkan keindahan alam yang hijau. Kolam renang di sini berada di luar ruangan dan menyuguhkan pemandangan langsung perbukitan dan pepohonan hijau yang ada di sana.

Tidak hanya itu, destinasi wisata kolam renang ini menyediakan banyak fasilitas. Fasilitas tersebut adalah wahana bermain air, olahraga, hingga hiburan yang dihadirkan khusus untuk wisatawan yang berkunjung. Sembari berenang di sini, Anda juga dapat menikmati suasana alam Mamuju yang menenangkan.

Tempat yang memiliki penginapan pribadi ini juga menawarkan keindahan spot-spot foto yang ada di sini. Tempat-tempat tersebut sangat cocok menjadi latar belakang foto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bebanga, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

7. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang
Image Credit: Twitter.com @kpbwm

Pulau Karampuang, pulau kecil ini memiliki arti ‘Rembulan’ dalam bahasa Indonesia. Pulau ini berada di tengah laut dan butuh beberapa lama untuk menyeberang. Terdapat juga bebatuan karang yang menjadi penghias keindahan pulau. Daya tarik wilayah ini terletak pada kekayaan alam bawah lautnya. Di sini, terdapat banyak jenis ikan dengan terumbu karang berbagai bentuk.

Destinasi Pulau Karampuang juga sering disebut sebagai surganya wisata air. Khusus untuk wisatawan, pihak pengelola menyediakan fasilitas lengkap diving, snorkeling, dan alat lainnya demi menambah kenyamanan bagi pengunjung. Di pulau ini terdapat sebuah spot berenang khusus yang disebut wall site, di sini terdapat sebuah dinding besar yang terbuat dari terumbu karang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karampuang, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

8. Puncak Mamuju City

Puncak Mamuju City
Image Credit: Google Maps (Novrizal Herdananto)

Merupakan sebuah wisata yang berada di puncak bukit. Uniknya, di sisi bukit ini terdapat sebuah landmark ‘MAMUJU CITY’ dengan tinggi 16 meter dan panjangnya 160 meter. Tulisan landmark ini dapat dilihat dari berbagai sudut Kota Mamuju, serta keindahan hijaunya perbukitan seolah menciptakan ketenangan bagi tiap pengunjung.

Di puncak bukit ini terdapat sebuah gazebo tempat pengunjung maupun warga menikmati pemandangan matahari tenggelam. Dari ketinggian tersebut, Anda dapat melihat pemandangan gunung yang hijau serta hamparan laut yang luas. Keindahan tempat ini tentu dapat diabadikan dalam sebuah foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rimuku, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

9. Wisata Pantai Mangrove Ampallas

Wisata Pantai Mangrove Ampallas
Image Credit: Google Maps (Aju Chanel)

Pantai dengan pemandangan yang indah dan hamparan hijau hutan bakau ini merupakan salah satu wisata yang ada di Mamuju. Tempat ini memiliki daya tarik pada deretan pohon mangrove yang ada di sekitar sana. Pantai Mangrove Ampallas juga terkenal akan suasananya yang alami dan menenangkan.

Pemandangan dari pantai ini sangat indah dan direkomendasikan bagi para wisatawan yang menyukai pantai dengan nuansa hijau alam. Birunya perairan di sana dapat Anda nikmati dengan melihatnya dari atas jembatan, atau menaiki sampan yang tersedia di sana. Selain itu, pantai tersebut memiliki pemandangan yang bagus dan cocok sebagai latar belakang foto Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bebanga, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

10. Wisata Pantai Galung

Wisata Pantai Galung
Image Credit: Google Maps (Dion Prahasta)

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan eksotis dari sebuah pantai berpasir putih yang halus. Di tempat ini, terdapat tanaman mangrove dan kelapa yang berada di pinggiran pantai. Suasana hijau dan biru yang menenangkan ini cocok bagi Anda yang ingin bersantai menikmati waktu liburan.

Tempat ini memiliki ombak yang tenang dan cocok sebagai spot berenang atau snorkeling. Terdapat juga banyak pemandangan indah yang akan sangat bagus bila difoto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalukku Barat, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

11. Pantai Tapandullu

Pantai Tapandullu
Image Credit: Facebook.com @dhany.soraya

Pantai ini selalu ramai didatangi pengunjung pada hari apapun. Hal ini dikarenakan pemandangan pantai berpasir putihnya sangat menarik dan memanjakan mata. Ditambah hamparan pepohonan hijau yang menghiasi pinggiran pantai seolah menegaskan keindahan kawasan ini.

Pemandangan yang paling diminati pengunjung di sini adalah saat matahari tenggelam dan matahari terbit. Warna jingga yang muncul di langit saat matahari tenggelam atau pesona fajar dengan langit kemerahannya saat matahari mulai terbit. Anda dapat mengabadikan momen keduanya sembari bersantai di gazebo yang disediakan pihak pengelola.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tapandullu, Kec. Simboro Dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

12. Air Terjun Kalando

Air Terjun Kalando
Image Credit: Facebook.com @rei.naldo

Wisata yang tidak pernah sepi pengunjung ini menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang masih alami. Dengan akses jalan utamanya yang licin dan menanjak, wisata ini cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Selain rute ini, terdapat opsi jalan lain yang dapat Anda pilih, yaitu sebuah tangga batu yang juga akan menuntun Anda menuju lokasi.

Air Terjun Kalandao ini tidak terlalu tinggi dan berada pada kemiringan sekitar 60 derajat. Debit air yang mengalir di sini juga tidak terlalu deras, tetapi tempat ini memiliki daya tarik yang terletak pada lingkungan hijaunya yang masih asri.

Di sini terdapat pepohonan dan tanaman hijau lain yang menambah suasana alamnya yang asri dan sejuk. Anda dapat menikmati keindahan alam ini sambil duduk bersantai bersama sahabat atau keluarga Anda di gazebo atau saung terdekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tabolang, Kec. Topoyo, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

13. Objek Wisata Panorama Mamuju

Objek Wisata Panorama Mamuju
Image Credit: Google Maps (Ince Sofian)

Objek wisata ini dapat melihat pemandangan Karampuang dari sisi yang berbeda. Dengan perbukitan yang ada di sekitarnya, serta embusan angin yang menyejukkan ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dan beristirahat dari kesibukan pekerjaan.

Tempat ini menawarkan pemandangan indah dari air laut yang berwarna biru jernih. Pohon kelapa tinggi menjulang yang ada di pantai ini seolah menambah daya tarik wisata Panorama ini. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang keren.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rangas, Kec. Simboro Dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

14. Tugu Smart

Tugu Smart
Image Credit: Instagram.com @hendra_gunawan_

Banyak yang menyebutkan bahwa destinasi wisata Tugu Smart juga merupakan simbol Kabupaten Pasangkayu. Pemandangan yang menjadi favorit baik pengunjung maupun warganya adalah air mancur yang berada di kawasan ini. Saat malam hari, cahaya terang akan meliputi air terjun sehingga pemandangan ini sangat indah.

Di tempat ini juga terdapat taman melingkar yang terdiri dari rerumputan hijau. Taman itu biasa dijadikan spot foto, joging, atau sekadar berlibur oleh wisatawan dan warga sekitar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Moh. Hatta, Kec. Pasangkayu, Kab. Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

15. Masjid Al Madaniah

Masjid Al Madaniah
Image Credit: Google Maps (Rahmat Tahir)

Masjid Al Madaniah, sebuah tempat peribadatan umat muslim ini sangat unik karena arsitektur bangunannya yang bergaya arab turki. Dengan cat merah dan pola kotak-kotak, keindahan masjid ini ditambah oleh deretan anak tangga yang akan mengantar Anda menuju bagian dalam masjid.

Banyak disebutkan bahwa masjid ini adalah salah satu ikon Pasangkayu. Tempat ini dibangun di atas taman berbentuk bundar yang indah. Terdapat banyak spot foto di bagian luar masjid, seperti di bagian taman dan area luar tempat ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasangkayu, Kab. Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

16. Kampung Nelayan

Kampung Nelayan
Image Credit: Instagram.com @hendra_gunawan_

Kampung Nelayan merupakan sebutan bagi sebuah desa yang bernama Desa Sumare. Seperti namanya, mata pencaharian warga desa ini adalah nelayan di laut.

Di tempat ini terdapat sebuah pantai luas berpasir putih yang indah. Air lautnya biru kehijauan dengan ombak yang sangat tenang. Dengan tenangnya ombak pantai tersebut, maka kawasan itu aman untuk snorkeling dan berenang. Di sisi-sisi pantai juga terdapat pepohonan hijau yang memanjakan mata. Ketenangan dapat Anda rasakan begitu tiba di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumare, Kec. Simboro Dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

17. Bundaran Air Mancur Arteri

Bundaran Air Mancur Arteri
Image Credit: Google Maps (Asdar Munandar)

Bundaran Air Mancur Arteri adalah salah satu ikon daerah setempat. Air mancur ini memiliki ukuran yang lumayan besar dan bundar. Ketika malam, maka pertunjukan air mancur warna-warni akan dimulai.

Tempat ini sangat cocok untuk berfoto bersama sahabat dan keluarga. Dengan latar air mancur berbagai warna, keindahan malam seolah bertambah. Dibantu oleh 25 mesin dan 25 ribu watt listrik, pesona air mancur ini mendapat tempat di hati pengunjungnya. Jalur di sekitar Bundaran Air Mancur Arteri juga bebas hambatan, yang berarti siapapun dapat datang kemari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rangas, Kec. Simboro Dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

18. Masjid Raya Syuhada

Masjid Raya Syuhada
Image Credit: Facebook.com @irhamsamad

Nama lainnya adalah Masjid Syuhada. Tempat yang menjadi destinasi wisata religi ini memiliki menara setinggi 75 meter berjumlah 4. Ikon religi Mamuju ini dibangun pada 20 Oktober 2006 dan arstitekturnya adalah Hasan Yamani.

Masjidnya sendiri memiliki desain yang unik. Pada lantai satu terdapat fasilitas umum dan pendukung seperti tempat wudhu, TPA, dan lain-lain. Desain masjid ini terinspirasi dari pembangunan masjid yang ada di Turki. Daya tarik tempat ini ada pada tangganya. Terdapat tiga tangga berbeda dan kesemuanya memiliki 33 anak tangga. Jumlah akhir 99 merupakan jumlah tasbih Asmaul Husna.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Binanga, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

19. Masjid Jami Nurul Muttahidah

Masjid Jami Nurul Muttahidah
Image Credit: Google Maps (Aris Saga)

Masjid Jami Nurul Muttahidah merupakan wisata religi yang memiliki bangunan megah dan indah. Catnya yang cokelat dengan kubah sewarna seolah menambah daya tarik tempat ini. Berawal dari masjid berukurang 10 x 10 sampai sekarang yaitu 918 meter persegi.

Perlu diketahui, masjid Jami Nurul Muttahidah adalah masjid tertua di Mamuju. Dibangun pada tahun 1928, bangunan ini sudah berdiri kokoh selama 92 tahun. Pembangunan ini diusulkan oleh beberapa tokoh masyarakat terdekat seperti Kasiwa, Binanga, dan Kayulangka.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Binanga, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

20. Masjid Kantor Gubernur

Masjid Kantor Gubernur
Image Credit: Google Maps (Baso Yusuf)

Masjid Kantor Gubernur merupakan sebuah masjid dengan pesona cat biru yang mengagumkan. Untuk dapat ke sini, Anda harus melewati jembatan yang berada tidak jauh di depan bangunan masjid. Di bawah jembatan itu juga terdapat taman bunga dan kolam yang indah.

Masjid ini sering dijadikan destinasi wisata mengingat tempat dan bangunannya sangat indah. Anda dapat menyaksikan pemandangan dari jauh yang mengesankan dari masjid bercat biru dan kubah berwarna kuning emas tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rangas, Kec. Simboro Dan Kepulauan, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

21. Air Terjun Malute

Air Terjun Malute
Image Credit: Facebook.com @turisindocom

Air Terjun Malute merupakan sebuah destinasi wisata yang dikelilingi bukit hijau dan pemandangan yang indah. Air terjun yang mengalir di sini berasal dari mata air yang ada di balik bukit. Suasana hijau yang terdapat di tempat ini memberikan kesan alami dan natural yang menenangkan.

Untuk datang kemari, Anda harus melalui beberapa lama perjalanan. Sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan alam hijau yang indah. Rasa lelah Anda akan terbayar begitu tiba di lokasi tujuan dan merasakan kesejukan air terjun ini.

Memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, debit air yang mengalir juga tidak terlalu besar. Daya tarik tempat ini adalah pemandangan pepohonan yang menawan dan suasana yang cocok bagi para pengunjung yang tidak suka kebisingan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mamunyu, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

Itulah beberapa tempat wisata di Mamuju yang dapat dijadikan referensi liburan Anda selanjutnya. Berkunjung ke ibu kota Sulbar dijamin dapat membuat liburan lebih berkesan.