Bukit Jati Gentungan salah satu objek wisata di Mamuju yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Menawarkan pemandangan yang memukau dan banyak wahana permainan yang menarik.

Lokasi: Bebanga, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju.
Map: Cek Lokasi

Bukit Jati Gentungan merupakan salah satu objek wisata yang patut wisatawan kunjungi ketika berada di Sulawesi Barat. Memiliki area yang luas serta dilengkapi dengan bentang darat dan panorama alam hijau yang melimpah dapat memikat wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.

Keindahan bukit ini tidak hanya itu, Dalam perjalanan menuju objek wisata ini wisatawan akan disambut oleh panorama memukau dari jajaran pohon jati yang menjulang tinggi di sepanjang jalan. Di kawasan wisata ini terdapat pemandian dengan latar pegunungan yang tidak boleh dilewatkan jika memiliki kesempatan untuk berkunjung.

Saat ini objek wisata Bukit Jati Gentungan sangat diminati oleh banyak wisatawan. Hal tersebut, menyebabkan objek wisata ini tidak pernah sepi pengujung dan ketika hari libur jumlah pengujung yang datang akan meningkat. Selain sebagai tempat rekreasi objek wisata ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, pelatihan, dan pendidikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Jati Gentungan

Daya Tarik Bukit Jati Gentungan
Image Credit: Google Maps (Randi Marfitra mahmud)

Bukit Jati Gentungan merupakan salah satu objek wisata perbukitan yang indah dengan fasilitas lengkap dan bervariasi di Mamuju. Perbukitan dan hutan jati dengan panorama yang indah bagai menyelimuti kawasan wisata ini sehingga membuat pengujung yang datang dapat menghabiskan waktu yang cukup lama.

Objek wisata ini memiliki area seluas empat hektar. Sarana yang wajib dicoba ketika berkunjung adalah berenang. Berenang dengan latar panorama alam yang indah, wisatawan akan merasakan cerapan yang berbeda. Objek wisata ini cukup strategis.

1. Bukit dengan Panorama yang Memukau

Udara yang masih segar serta dikepung oleh perbukitan yang hijau dan asri membuat wisatawan yang datang merasakan suasana yang damai dan sejuk. Selain deretan perbukitan di kawasan wisata ini terdapat hutan jati menambah pesona keindahannya. Terdapat aneka jenis bunga yang tumbuh dan menghiasi tempat ini

2. Ketersediaan Fasilitas

Perihal fasilitas objek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas mulai dari fasilitas rekreasi, olahraga, pelatihan dan pendidikan. Wisatawan yang datang tidak hanya akan dimanjakan dengan keindahan alamnya saja tapi akan dibuat nyaman oleh fasilitas yang ada.

3. Berenang dengan Latar Perbukitan

Di Objek wisata ini wisatawan dapat berenang sembari menikmati panorama alam yang terbentang di sekelilingnya. Berenang dengan latar panorama perbukitan hijau yang asri merupakan kesempatan langka. Terdapat dua kolam renang dengan air yang jernih serta dilengkapi dengan wahana permainan air.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Bukit Jati Gentungan

Alamat Bukit Jati Gentungan
Image Credit: Google Maps (Kazuga)

Bukit Jati Getungan terletak di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dengan alamat detailnya di Desa Gentungan, Kalukku. Objek wisata ini berjarak 2 km dari Bandara Tampa Padang dan kurang lebih 24 Km dari pusat kota Mamuju. Akses perjalanan menuju Bukit Jati Gentungan terbilang relatif mudah.

Jika wisatawan akan berkunjung melalui jalur udara, Makassar sudah menyediakan layanan penerbangan menuju Kota Mamuju dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam. Bandar udara yang melayani penerbangan Kota Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat adalah Airport Mamuju (MJU).

Namun, yang perlu diketahui bahwa jadwal penerbangan Makassar-Mamuju tidak sering dan dalam satu hari biasanya hanya satu kali penerbangan. Selain jalur udara, objek wisata ini dapat ditempuh melalui jalur darat. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir lagi perihal transportasi menuju kawasan wisata ini.

Selain jalur udara, objek wisata ini dapat ditempuh melalui jalur darat. Melalui jalur darat terdapat Bus menuju Mamuju dengan rute Makassar-Mamuju dengan waktu tempuh kurang lebih selama 12 jam.

Bus ini dilengkapi fasilitas mulai dari Wi-Fi yang memberikan akses internet gratis, Pendingin ruangan (AC), kursi yang empuk, bantal, selimut, dan televisi. Hal tersebut, membuat wisatawan merasa nyaman dan tidak merasa bosan ditambah terdapat pohon jati yang indah di sepanjang perjalanan.

Opsional transportasi lainnya wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewanya. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Untuk ketersediaan Transportasi umum di kabupaten Mamuju masih sangat terbatas.

Transportasi umum yang dapat Anda temukan di Kabupaten ini diantaranya becak dan ojek. Untuk penyewaan mobil terdapat di area pasar. Waktu tempuh perjalanan dari Mamuju menuju Jati Gentungan di Kalukku dengan menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 10 menit hingga 15 menit.

Harga Tiket Masuk Bukit Jati Gentungan Mamuju

Harga Tiket Jati Gentungan
Image Credit: Facebook.com @tenri.naim

Untuk dapat memasuki dan menikmati suatu objek wisata biasanya akan dikenai biaya masuk. Tarif tiket masuk untuk menikmati liburan seru di Bukit Jati Gentungan cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp. 10.000.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan memancing, di lokasi wisata ini terdapat kolam ikan yang letaknya berada di bagian luar dekat dengan pintu masuk. Untuk memancing wisatawan tidak perlu membayar alias gratis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Jati Gentungan

Kegiatan di Bukit Jati
Image Credit: Facebook.com @tenri.naim

1. Beristirahat dan Bersantai

Suasana damai dan alami yang diberikan Objek wisata Bukit Jati Gentungan dapat membuat rileks wisatawan yang datang. Panorama perbukitan hijau, bunga cantik, dan deretan pohon jati akan memanjakan mata pengunjung. Tidak hanya itu, hawa yang sejuk dengan udara yang masih segar menyempurnakan tempat wisata ini.

2. Menikmati Wahana Permainan

Selain berenang, wisatawan dapat menikmati kegiatan permainan air. Objek wisata ini memiliki wahana air yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersenang-senang.

3. Fotografi dan Videografi

Bagi wisatawan yang gemar fotografi atau videografi panorama perbukitan dan hutan jati yang memesona ini patut didokumentasikan. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu tempat tanpa mengabadikannya dalam sebuah foto atau video.

Keindahannya yang terbentang sangat cocok dijadikan latar belakang dalam pengambilan foto atau pembuatan video. Di kawasan Objek wisata Bukit Jati Gentungan terdapat banyak spot-spot yang bagus untuk diambil gambarnya dan direkam sebagai video.

Adapun hal yang perlu diingat, yaitu selalu menjaga alat yang digunakan untuk mengambil foto atau merekam video agar tidak terkena air. Untuk menghindari kerusakan pada alat tersebut.

4. Berenang

Kegiatan utama yang wajib dilakukan apabila berkunjung ke tempat ini adalah berenang. Objek wisata ini memiliki dua kolam renang yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berenang atau melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air .Berenang dengan latar panorama alam hijau yang memesona memberikan sensasi yang berbeda.

5. Memancing

Di area Bukit Jati Gentungan disediakan kolam ikan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menyalurkan hobi memancingnya.

6. Sarana Edukasi

Selain sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini dapat dijadikan tempat untuk belajar. Bagi yang mungkin bosan dengan suasana belajar biasanya atau ingin mencoba suasana belajar di tempat lain, objek wisata ini dapat menjadi solusi. Disini telah tersedia fasilitas untuk pendidikan.

7. Olahraga

Objek wisata ini dilengkapi oleh sarana olahraga mulai dari lapangan bulu tangkis hingga lapangan futsal terbuka sehingga wisatawan dapat melakukan bermacam-macam kegiatan olahraga.

8. Berjalan Santai

Memiliki area yang luas, pengunjung dapat memanfaatkan area tempat wisata ini untuk berjalan santai meregangkan otot sembari menikmati pemandangan alam sekitar.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Jati Gentungan

Fasilitas di Bukit Jati Gentungan
Image Credit: Google Maps (Arvie Charlie)

Fasilitas yang tersedia di sekitar area wisata Bukit Jati Gentungan diantaranya, fasilitas rekreasi, fasilitas olahraga, fasilitas pelatihan, dan fasilitas pendidikan. Objek wisata ini memiliki kolam renang sebagai sarana rekreasi, pelatihan, dan olahraga.

Terdapat dua kolam renang yang berukuran besar dibagi menjadi kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Kolam renangnya terbuka dan semi waterboom. Selain kolam renang, objek wisata ini memiliki lapangan sebagai sarana olahraga mulai dari lapangan futsal terbuka, lapangan bulu tangkis, dan lapangan tenis.

Sebagai sarana pendidikan objek wisata ini menyediakan aula ruang belajar dilengkapi meja belajar, papan tulis putih, laptop, sound system, LCD dan proyektor dengan kapasitas 100 orang. Sehingga pelajar dapat merasakan suasana belajar yang berbeda dari hari-hari biasanya akan menjadi sangat seru dan menyenangkan.

Bagi yang ingin bermalam, wisatawan dapat menyewa penginapan. Beberapa pilihan penginapan yang dapat wisatawan gunakan diantaranya dua cottage, empat villa, dan satu asrama. Bagi wisatawan yang ingin menginap di hotel terdapat di pusat kota Mamuju. Untuk tarif penginapan bervariasi tergantung pilihannya.

Tidak habis disitu, di kawasan ini terdapat kolam ikan dengan ikan-ikan yang siap tangkap dapat digunakan wisatawan untuk memancing. Kolam ikannya memiliki ukuran yang cukup luas. Selain itu, terdapat sungai dengan air yang cukup jernih dan bagi wisatawan yang gemar bernyanyi disediakan tempat karaoke.

Di kawasan wisata Bukit Jati Gentungan terdapat gazebo atau bale bengong sebagai tempat bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu dengan beristirahat maupun ngobrol santai sambil menikmati alam.

Fasilitas pendukung lainnya yang tersedia di kawasan wisata ini seperti kamar mandi, tempat ibadah, dan tempat menyimpan kendaraan. Ketersediaan fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa puas, nyaman, dan aman ketika berada di lokasi wisata ini.

Itulah beberapa info menarik mengenai daya tarik, fasilitas, alamat, dan rute perjalanan menuju objek wisata Bukit Jati Gentungan. Jika, sedang berada di Mamuju tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memukau ini.