17 Tempat Wisata di Jember

Jember merupakan salah satu kota yang terletak di Pulau Jawa, lebih tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Jember menjadi salah satu kabupaten. Daerah yang satu ini memang sangat dikenal karena eksotisme pariwisata yang ditawarkan.

Bila membicarakan mengenai pariwisata, pantai memang menjadi destinasi utama. Ada jajaran pantai yang masing-masingnya memiliki panorama yang sangatlah cantik. Hal ini karena kabupaten ini berbatasan langsung dengan perairan Samudera Indonesia di sebelah selatan.

Namun, bentang alam dan hiburan lainnya juga bisa dijumpai di Jember ini. Bahkan, bisa dikatakan bahwa kabupaten ini bisa menjadi suatu paket liburan lengkap. Menikmati satu hari saja tidak akan cukup untuk merasakan semua keindahan alam dan hiburan lain yang disuguhkan oleh bentang alamnya. Berikut ini daftar Tempat Wisata di Jember sebagai referensi berlibur Anda.

1. Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo Jember

Lokasi: Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Kompas.com

Jember memang istimewa dengan deretan pantainya. Salah satu yang menarik adalah Pantai Watu Ulo. Pemandangan pantai dengan beberapa batuan karang berukuran besar sangatlah terlihat cantik. Lokasi ini sangat tepat untuk Anda gunakan sebagai spot mengambil gambar.

Deburan ombak dan angin pantai yang sangat khas itu akan semakin menyempurnakan pantai yang satu ini. Di sekitaran area pantai, ada deretan pedagang yang sudah siap menjajakan berbagai cendera mata khas dari kabupaten ini.

2. Pantai Pasir Putih Malikan

Pantai Pasir Putih Malikan

Lokasi: Lojejer, Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Sesuai namanya, pantai yang satu ini dikenal karena pantainya yang berpasir putih. Warna putih yang bersih itu membuat pantainya terasa sangat istimewa. Pemandangan indah ini sangatlah pantas untuk dinikmati. Tentu saja, foto selfie juga sangatlah bagus di daerah pantai ini.

Selain pantai berpasir putih, ada juga beberapa pemandangan batu karang yang tidak kalah eksotis.  Di sekitar area pantai ini juga terdapat gua yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Karena keindahannya, akses penginapannya pun cukup banyak, sehingga wisatawan dari berbagai daerah bisa leluasa berwisata di tempat ini.

3. Pantai Puger

Pantai Puger

Lokasi: Jl. Pelabuhan, Puger Wetan, Puger, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Selain dua pantai yang sudah disebutkan di atas, ada juga Pantai Puger. Pantai ini juga tak kalah ramainya. Pantai yang satu ini banyak disukai karena terdapat area pelelangan ikan. Berbagai ikan segar bisa dijumpai di pantai ini dan itu semua merupakan hasil tangkapan para nelayan setempat.

Selain pelelangan ikan tersebut, banyak juga orang yang datang ke pantai ini untuk memancing ikan laut. Ikan yang cukup beragam dan peluang besar untuk mendapatkan pancingan membuat banyak penggemar pancing menghabiskan waktunya di area pantai ini.

4. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

Lokasi: Andongrejo, Tempurejo, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Yukpiknik.com

Masih di wisata pantai Jember. Kali ini ada pantai Bandealit. Bagi para penggemar olah raga air di area pantai, Pantai Bandealit adalah solusinya. Pantai ini menyediakan akses untuk olah raga air, khususnya body surfing. Pengunjung pun tidak perlu membawa peralatannya karena pihak pengelola pantai sudah menyediakan semua peralatan yang diperlukan.

Selain body surfing tersebut, masih ada olah raga air lainnya yang juga tak kalah menarik. Ada speedboat serta kano yang juga sangat populer. Yang juga mengejutkan dari pantai ini adalah banyaknya burung yang menciptakan habitat di sekitar pantai ini. Ini tentu saja menjadi daya tarik tambahan di wisata ini.

5. Pantai Paseban

Pantai Paseban

Lokasi: Paseban, Kencong, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatadiindonesia.com

Rasanya memang tak ada puasnya untuk membicarakan mengenai pantai di Jember. Kabupaten ini memiliki area pantai yang sangatlah bagus pemandangannya. Pantai ini juga memiliki pasir putih. Dipadukan dengan alam sekitarnya, pantai ini bisa menjadi solusi untuk melepas penat.

Yang juga istimewa dari pantai ini adalah ombak yang tidak terlalu besar. Gelombang yang relatif lemah ini menjadi kesempatan tepat bagi Anda dan orang-orang yang ingin bermain air dan berenang di perairan pantai.

6. Pantai Teluk Love

Pantai Teluk Love

Lokasi: Jl. Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Lokalkarya.com

Pantai yang satu ini menawarkan bentuk yang sangat unik. Sesuai namanya, bentuk “love” terlihat dari teluk di pantai ini. Ternyata, pantai unik ini terbentuk secara alami. Pastinya, berswafoto di pantai ini akan sangat terasa istimewa.

Tentu saja, tidak hanya bentuk geografisnya saja yang menarik. Suasana pantai di sebelah selatan Jember ini juga terlihat menarik. Pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Payangan yang tak kalah cantiknya.

7. Taman Botani Jember

Taman Botani Jember

Lokasi: Jl. Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Jika Anda bosan berwisata ke pantai, maka bisa mengunjungi Taman Botani. Taman Botani Jember ini menjadi tempat yang sangat teduh. Berbagai tanaman dan taman yang cukup luas menjadi area hijau yang sangatlah menarik. Ini bisa menjadi tempat untuk mengenalkan anak-anak tentang keberagaman hayati.

Di taman ini, ada beragam jenis tanaman dan binatang. Ada kebun herbal dan berbagai macam kebun lainnya. Lalu, untuk mengenalkan pada hewan, taman ini juga menyediakan area penangkaran hewan. Walau datang sekedar untuk relaksasi saja, taman ini pastinya menjadi pilihan yang tepat.

8. Puncak Rembangan

Puncak Rembangan

Lokasi: Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatajatim.info

Wisata Puncak ternyata tidak hanya ada di daerah Bogor. Ternyata, Jember pun juga memiliki puncaknya sendiri. Puncak ini berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Jarak dari Puncak ini sekitar 15 km dari pusat kota, sehingga suasananya pasti cukup tenang.

Karena ketinggiannya, Anda akan bisa melihat sebagian besar kota Jember dari Puncak ini. Selain itu, area ini juga memiliki tempat dengan kebersihan yang sangat terawat. Beberapa kuliner seperti pisang keju serta teh jahe akan sangat pas untuk menghangatkan badan di daerah Puncak ini.

9. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak

Lokasi: Area Pegunungan Argopuro, Suci, Panti, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Kamerabudaya.com

Jember juga memiliki air terjun yang sangat cantik. Air Terjun Tancak ini berada di area perbukitan yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Jember. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 82 meter dan ini sudah lebih dari cukup untuk memberikan pemandangan yang eksotis.

Area di sekitar air terjun ini masih sangat asri. Karena itu, suasana yang ada di sekitar air terjun sangatlah segar. Bahkan, kesegaran ini sudah sangat terasa sejak dari pintu masuk. Ini tentu akan menjadi tempat yang tepat untuk menarik diri dari semua hiruk pikuk perkotaan.

10. Air Terjun Antrokan

Air Terjun Antrokan

Lokasi: Kali Tengah, Manggisan, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Air Terjun Antrokan bisa ditemukan di Desa Manggisan. Bila ditempuh dari pusat kota kabupaten ini, setidaknya Anda akan memerlukan waktu sekitar satu jam untuk perjalanan. Bila dibandingkan dari ketinggiannya, air terjun ini memang lebih rendah dari Air Terjun Tancak.

Walau demikian, panorama yang ada di sekitar  air terjun ini tak bisa dipandang sebelah mata. Area pepohonan yang asri akan menawarkan  udara yang sangat segar. Layaknya air terjun alami, ada berbagai batu berukuran raksasa di bawah arus air terjun ini.

11. Air Terjun Manggisan

Air Terjun Manggisan

Lokasi: 35 KM Arah Barat Kota Jember, Manggisan, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Tempat.me

Air terjun selanjutnya berada cukup jauh dari pusat kota Jember. Air terjun yang terletak 35 km dari Jember ini menyajikan air terjun yang sangat cantik. Ketinggiannya mencapai 54 meter dengan debit air yang cukup besar.

Yang membuat orang betah berlama-lama menikmati air terjun ini adalah suasana yang sangat tenang dan menyegarkan. Walau memang cukup jauh dari kota, semua rasa lelah akan sangat terbayarkan oleh apa yang disuguhkan oleh wisata air terjun ini.

12. Pemandian Rembangan

Pemandian Rembangan

Lokasi: Jl. Rembangan, Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Ketika Anda mengunjungi Puncak Rembangan, ada destinasi wisata di dekat daerah dataran tinggi ini. Lokasinya merupakan suatu pemandian umum. Lokasinya pun sebenarnya tidak hanya menyediakan pemandian saja.

Di sekitar area puncak dan pemandian ini, terdapat juga perkebunan kopi serta peternakan sapi perah. Ini menjadi suatu agrowisata yang sangatlah menarik. Selain udara yang segar, suasana khas perkebunan bisa menjadi hal yang cocok untuk mengenalkan dunia perkebunan pada anak-anak.

13. Pemandian Oleng Sibutong

Pemandian Oleng Sibutong

Lokasi: Binting Pinggir, Biting, Arjasa, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Tunggadewiproperty.blogspot.com

Pemandian tidak hanya ada di Puncak Rembangan. 10 km dari Kota Jember ini juga terdapat suatu pemandian yang juga tak kalah serunya. Tepatnya, pemandian ini ada di sebelah utara dari pusat kabupaten ini.

Layaknya pemandian pada umumnya, area air yang cukup luas dan segar tersedia di Objek Wisata di Jember ini. Namanya Oleng Sibutong ini sendiri merujuk pada sejenis ikan yang aslinya bernama ikan uling. Ikan ini berbentuk belut yang buntung. Dari dua kata itulah, Oleng Sibutong ini didapatkan.

14. Perkebunan Teh Gunung Gambir

Perkebunan Teh Gunung Gambir

Lokasi: Desa Gelang, Kec. Sumber Baru, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Blusukanjember.web.id

Bagi penikmat suasana pegunungan yang segar dan sejuk, perkebunan teh ini bisa dijadikan destinasi pilihan. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda, sehingga ada juga nilai historis dari kebun teh ini.

Layaknya berwisata ke kebun teh, hamparan tanaman teh akan bisa terlihat dengan sangat jelas. Lebih lagi, ada juga pemetik teh yang juga sedang bekerja. Selain itu, fasilitas seperti kolam renang, taman bermain, serta lapangan tenis juga bisa dijumpai.

15. Kafe Kolong

Kafe Kolong

Lokasi: Bawah Jembatan Jarwo, Jl. Mastrip, Krajan Timur, Kec. Sumbersari, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Minumkopi.com

Bagi para penikmat kuliner unik, kafe ini memiliki tempat yang sangat menarik. Sesuai namanya, kafe ini berada di kolong jembatan. Lokasi unik ini bukan berarti bahwa suasananya akan kotor dan kumuh layaknya kolong jembatan pada umumnya.

Kafe ini sangat bersih dan pastinya tidak ada bau menyengat yang mengganggu. Kopi yang disajikan pun sangat istimewa dan menjadi identitas dari kafe ini. Banyak penikmat kopi yang menikmati suasana unik dari kafe ini.

16. Loko Lori

Loko Lori

Lokasi: 35 KM Arah Barat Kota Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Catatanpribadihafifa.blogspot.com

Bagi para penggemar wisata unik dan berbau sejarah, Loko Lori ini adalah salah satu yang patut dikunjungi. Loko Lori ini adalah suatu lokomotif tua yang dulunya digunakan untuk mengangkut tebu.

Lokomotif ini juga mengarah ke pabrik gula yang juga tak kalah bersejarahnya. Ini menjadi suatu wahana yang menarik karena menjadi museum untuk mempelajari sejarah terkait industri gua pada masa itu.

17. Situs Duplang

Situs Duplang

Lokasi: Duplang, Kamal, Arjasa, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Referensi wisata terakhir adalah Situs Duplang. Ini merupakan situs sejarah dari abad IV Masehi. Ini berlokasi di Desa Kamal. Situs sejarah ini menyajikan bukti-bukti peradaban megalitikum. Menhir, kubur batu, dan peninggalan sejarah lainnya bisa dijumpai.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari situs sejarah ini. Hal yang biasanya hanya ada di buku sejarah, akan bisa dijumpai secara langsung. Semuanya sangatlah terlihat jelas dan beberapa masih memiliki bentuk yang cukup bagus.

Itulah tadi beberapa referensi Destinasi Wisata di Jember yang layak dikunjungi. Semuanya itu menjadi rekomendasi yang sangatlah tepat dan istimewa. Tentunya, satu hari tidak akan pernah cukup untuk menikmati semua keindahan alam dan panorama yang ada.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak