16 Tempat Wisata di Pacitan

Tempat Wisata Pacitan

Pacitan merupakan daerah yang berstatus kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur. Kota ini merupakan kota yang terkenal dengan tempat wisata yang didominasi oleh wisata keindahan alam serta wisata budaya yang sarat akan sejarah.

Wisata keindahan alam yang ditonjolkan oleh daerah Pacitan ini adalah wisata berupa goa-goa yang menakjubkan serta pantai-pantai yang indah. Sementara itu, wisata budaya yang ditonjolkan oleh daerah Pacitan ini diantaranya adalah monumen-monumen serta museum-museum.

Berikut ini ada 16 tempat wisata di Pacitan yang populer dapat Kamu kunjungi saat liburan. Kamu bisa memilih apakah akan mengunjungi tempat wisata dengan keindahan alam atau wisata yang sarat akan sejarah. Kamu juga bisa melakukan kegiatan wisata keduanya sekaligus.

1. Kawedanan Lorok

Kawedanan Lorok

Lokasi: Dembo, Kec. Ngadirojo. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Kawedanan lorok adalah salah satu tempat wisata sejarah daerah Pacitan. Kawedanan Lorok saat ini merupakan tempat wisata multifungsi yang saat ini juga dapat digunakan sebagai kantor pemerintahan.

Kawedanan Lorok ini dulunya merupakan bangunan yang ada mulai dari masa penjajahan Belanda. Bangunan ini diperuntukkan sebagai bangunan untuk menjalankan roda pemerintahan.

2. Gua Gong

Gua Gong

Lokasi: Salam, Bomo, Kec. Punung. – Image Credit by Faktualnews.co

Gua ini dinobatkan sebagai goa yang paling indah yang terdapat di Indonesia. Gua Gong merupakan gua yang tercipta dari endapan-endapan batu kapur yang membentuk salah satunya menyerupai kubah yang luas.

Selain itu, jika Kamu memukul salah satu batu yang ada di dalam gua tersebut, maka batu tersebut akan mengeluarkan suara yang menggema ke seluruh penjuru gua. Suara tersebut menyerupai suara gong.

3. Gunung Limo

Gunung Limo

Lokasi: JL. RM. Suryo, No. 32, Kedawung, Mentoro, Kec. Pacitan. – Image Credit by Pacitankabmuseumjatim.wordpress.com

Gunung Limo juga merupakan salah satu wisata yang memuat budaya khas bagi daerah Pacitan yang dilakukan dengan membersihkan desa selama setahun sekali. Untuk menjalankan budaya ini, para juru kunci dan bawahan-bawahannya menuruni gunung dan memimpin ritual tersebut.

Untuk memasuki area Gunung Limo, Kamu perlu melewati sebuah gerbang yang berukuran sangat sempit. Kamu harus melewati gerbang dengan cara berjalan menyamping. Jika Kamu sudah sampai di area Gunung Limo, Kamu dapat menikmati suasana pagi hari dengan menikmati matahari terbit dari ketinggian gunung.

4. Pantai Tawang

Pantai Tawang

Lokasi: Sumurtimo, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo. – Image Credit by Danisetiawanku.com

Tempat wisata di Pacitan selanjutnya yang wajib Kamu kunjungi adalah Pantai Tawang. Pantai ini memiliki daya tarik yang unik bagi para wisatawan untuk berkunjung. Diantara pantai-pantai lainnya, Pantai Tawang digemari para wisatawan untuk melakukan kegiatan memancing. Namun, waktu yang tepat untuk memancing ini biasanya dilakukan pada malam hari.

Berbeda dengan yang lain, Pantai Tawang juga merupakan salah satu pantai yang tidak memiliki pasir yang berwarna putih, melainkan pasir yang berwarna coklat kehitaman. Meski terdengar tidak menarik, tetapi jika Kamu sudah menginjakkan kaki di sana, Kamu akan merasakan keindahan yang tiada duanya.

5. Sungai Maron

Sungai Maron

Lokasi: Maron, Dersono, Kec. Pringkuku. – Image Credit by Lensanasrul.com

Sungai Maron sepertinya bisa menjadi andalan wisata daerah Pacitan yang tidak hanya bisa bersaing dengan wisata lainnya di Indonesia, tetapi juga dunia.

Sungai ini memiliki air yang begitu jernih sampai berwarna kebiruan. Kamu yang berkunjung ke tempat ini bisa menjelajahi sungai dengan menggunakan perahu dayung. Sepanjang mata memandang.

6. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo. – Image Credit by Ksmtour.com

Kamu yang sering berkunjung ke daerah pantai biasanya akan menemukan bentuk pantai yang tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya. Basanya yang membedakan adalah bentukan batu karang atau bentuk pasirnya.

Di Pantai Banyu Tibo ini, Kamu akan menemukan pemandangan yang benar-benar berbeda. Yakni, air terjun yang mengarah langsung ke laut. Kamu bahkan bisa menikmati dua fenomena alam yang indah ini sekaligus.

7. Wisata Pinus Gemaharjo

Wisata Pinus Gemaharjo

Lokasi: Kaligondang, Gemaharjo, Kec. Tegalombo. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisata hutan pinus memang tidak akan pernah membuat Kamu bosan. Udara yang sejuk serta angin yang menerpa tubuhmu menciptakan adiksi yang membuat Kamu kembali ke tempat yang sama berulang kali.

Di tempat wisata pinus Gemaharjo ini, Kamu akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas penunjang untuk menikmati indahnya hutan pinus. Fasilitas ini antara lain bergantung di hammock, menyusuri jembatan, serta menaiki gardu pandang untuk mengabadikan momen Kamu.

8. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Lokasi: Tabuan, Wareng, Kec. Punung. – Image Credit by Primahapsari.com

Goa ini pada zaman dahulu dipercaya sebagai tempat untuk bertapa para leluhur. Ini  menambah nilai-nilai sejarah yang menarik untuk dipelajari.

Goa ini terkenal dengan kesan mistisnya yakni mengeluarkan suara seperti bunyi dari alat musik gamelan yang entah dari mana asalnya. Bunyi suara ini menambah kesan takjub para wisatawan yang berada di dalamnya.

9. Museum Buwono Keling

Museum Buwono Keling

Lokasi: Krajan Kulon, Mantren, Kec. Pacitan. – Image Credit by Pacitanku.com

Kamu yang menyukai sejarah pasti tidak akan melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Museum, adalah tempat paling favorit bagi penyuka sejarah. Museum yang dapat Kamu kunjungi di Pacitan adalah Museum Buwono Keling.

Namun karena mengalami beberapa kerusakan parah pada bagian gedung, museum ini terpaksa diberhentikan operasinya dan tidak lagi dibuka untuk umum. Padahal, museum ini menyimpan banyak koleksi peninggalan arkeologi yang menarik untuk ditelusuri.

10. Monumen Jenderal Soedirman

Monumen Jenderal Soedirman

Lokasi: Tempel, Pakisbaru, Kec. Nawangan. – Image Credit by Tempatwisata.pro

Nama Jenderal Soedirman dipakai hampir di berbagai kota di berbagai fasilitas negara yang salah satunya adalah monumen yang berada di Pacitan. Monumen panglima besar Jenderal Soedirman ini berdiri tegak di antara pilar-pilar dan anak tangga yang bermuara di hadapan patung.

Di monumen ini juga terdapat kalimat mutiara Pangsar Soedirman yang terpampang pada sebuah tembok. Berkunjung kesini tentu akan menambah wawasanmu tentang sejarah negeri ini.

11. Gunung Lanang 2

Gunung Lanang 2

Lokasi: Mantren, Kebonagung, Wates, Mantren, Kec. Pacitan. – Image Credit by Pacitantribunews.blogspot.com

Kamu mungkin pernah mendengar nama gunung ini di beberapa daerah. Namun ternyata, gunung ini juga terdapat di daerah Pacitan. Maka dari itu, gunung ini diberi nama dengan Gunung Lanang 2. Ini dimaksudkan untuk membedakan dengan gunung yang memiliki nama yang sama.

Di Gunung Lanang ini, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas media sosial yang didukung dengan keelokan alam yang terpampang nyata di depan mata. Kamu bisa melihat hamparan desa yang ada di bawah puncak gunung yang hijau dan sejuk.

12. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Lokasi: Widoro, Bolo, Kalak, Kec. Donorojo. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Sama seperti pantai lainnya, pantai ini menyajikan fasilitas yang bisa Kamu gunakan seperti surfing, snorkeling, dan sebagainya. Lautnya yang jernih serta masih terjaganya alam bawah laut menjadikannya surga bagi pecinta olahraga laut.

Pantai ini memiliki ikon khas yakni batu karang yang berbentuk menyerupai mahkota yang terhampar di depan pasir pantai. Pengunjung yang tertarik dengan pemandangan seperti ini akan langsung berswafoto.

13. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Lokasi: Barat pasar, Kec. Punung. – Image Credit by Genpinews.com

Pantai Klayar merupakan salah satu wisata pantai yang paling dikenal di daerah Pacitan. Pantai ini berbentuk menyerupai bentuk hati dari atas ke tengah.

Selain itu, pasir yang berbentuk hati ini diapit di ujungnya oleh batu karang. Batu karang ini berdiri tegak di ujung hati seperti sedang menjaga hati tersebut. Kamu yang berkunjung ke pantai ini tidak boleh melewatkan kesempatan untuk sekadar berfoto.

14. Museum Geopark

Museum Geopark

Lokasi: Temon, Ploso, Kec. Pacitan. – Image Credit by Rudiansyah85.blogspot.com

Di samping museum Buwono Keling yang kehilangan pamornya karena mengalami kerusakan, Museum Geopark adalah museum yang dapat bertahan hingga sekarang. Kamu bisa mengunjungi museum ini untuk sekadar hunting foto atau bahkan mempelajari sejarah.

Museum ini menampilkan beberapa jenis bebatuan yang diantaranya seperti batu karst. Kamu yang ingin menghabiskan waktu liburanmu di museum ini sebaiknya ditemani oleh pemandu museum supaya bisa memahami jenis-jenis bebatuan dengan baik.

15. Rumah Masa Kecil SBY

Rumah Masa Kecil SBY

Lokasi: Barehan, Ploso, Kec. Pacitan. – Image Credit by Jabar.tribunnews.com

Berbicara tentang pemerintahan, tokoh utama yang terbesit pasti adalah seorang presiden. Presiden itu sendiri kini memiliki pamor yang bisa menarik masyarakat di media sosial. Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki pengalaman serupa.

Keeksisan di media sosial ini membawa cerita tentang presiden dari mulai kecil hingga sekarang ini. Maka dari itu,dimunculkanlah pamor salah satunya mengenai rumah masa kecil SBY. Jenis wisata seperti ini tidak biasa dikunjungi banyak orang namun memiliki nilai artistik dan sejarah yang tinggi.

16. Barong Wetan Candi Pringkuku

Barong Wetan Candi Pringkuku

Lokasi: Jl. Dadapan Watukarung, Kerok Wetan, Candi, Kec. Pringkuku. – Image Credit by Indonesia.tripcanvas.co

Hampir sama seperti Sungai Maron, Barong Wetan Candi Pringkuku ini memiliki keeksotisan yang sama. Sungai yang biru kehijauan didukung dengan pepohonan kelapa yang rindang. Pemandangan yang menakjubkan melebihi apapun.

Pada tempat wisata ini, kamu bisa menyusuri sungai dengan cara mendayung perahu berukuran kecil ini dengan tenaga Kamu sendiri. Hal ini akan menambah keseruan berwisata karena perahu tersebut dijalankan dengan tangan Kamu sendiri. Lelah akan terbayarkan dengan keindahan pemandangannya.

Sekian merupakan ulasan mengenai 16 tempat wisata di Pacitan. Semoga bisa menjadi referensi Kamu untuk melakukan kegiatan liburan ke destinasi wisata terbaik.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak