35 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Pacitan

Pacitan merupakan daerah yang berstatus kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur. Kota ini merupakan kota yang terkenal dengan tempat wisata yang didominasi oleh wisata keindahan alam serta wisata budaya yang sarat akan sejarah.

Wisata keindahan alam yang ditonjolkan oleh daerah Pacitan ini adalah wisata berupa goa-goa yang menakjubkan serta pantai-pantai yang indah. Sementara itu, wisata budaya yang ditonjolkan oleh daerah Pacitan ini diantaranya adalah monumen-monumen serta museum-museum.

Berikut ini ada 35 tempat wisata di Pacitan yang populer dapat Kamu kunjungi saat liburan. Kamu bisa memilih apakah akan mengunjungi tempat wisata dengan keindahan alam atau wisata yang sarat akan sejarah. Kamu juga bisa melakukan kegiatan wisata keduanya sekaligus.

1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Image Credit: Google Maps (Aditya Kurniawani)

Pacitan terkenal memiliki berbagai pantai yang unik. Salah satunya adalah Pantai Karang Bolong. Pantai ini unik karena memiliki karang berlubang yang besar menyerupai mulut goa. Karang ini bisa menjadi spot foto yang sangat cocok untuk kegiatan swafoto. Hasil fotonya pasti menarik untuk diunggah ke media sosial.

Selain terkenal akan karangnya, Pantai Karang Bolong juga memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut. Hal ini juga menambah daya tarik pantai ini. Anda bisa menikmati indahnya karang bolong sekaligus air terjun di sini. Jika Anda pergi ke Pacitan, maka tempat ini wajib didatangi.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karang Bolong, Kendal, Kec. Sendang, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

2. Kawedanan Lorok

Kawedanan Lorok

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Kawedanan lorok adalah salah satu tempat wisata sejarah daerah Pacitan. Kawedanan Lorok saat ini merupakan tempat wisata multifungsi yang saat ini juga dapat digunakan sebagai kantor pemerintahan.

Kawedanan Lorok ini dulunya merupakan bangunan yang ada mulai dari masa penjajahan Belanda. Bangunan ini diperuntukkan sebagai bangunan untuk menjalankan roda pemerintahan.

Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dembo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

3. Pantai Soge

Pantai Soge

Image Credit: Google Maps (Angelica Yulia Pratiwi)

Pantai Soge adalah pantai yang sangat mudah dijangkau. Bagaimana tidak? Pantai ini terletak tepat di tepi jalan raya yang ada di Pacitan. Keindahan pantai Soge yang bisa disaksikan secara mudah membuatnya banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Wisatawan yang datang biasanya adalah masyarakat Pacitan dan para pendatang dari sekitar daerah ini.

Selain lokasinya yang mudah dijangkau, Pantai Soge juga memiliki keunikan tersendiri. Ada air tawar dari muara sungai yang berbatasan langsung dengan air laut. Jadi, Anda bisa bermain di pantai dan langsung mandi di air tawar. Menarik bukan? Datanglah ke sini untuk membuktikan keseruannya.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dondong, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

4. Gua Gong

Gua Gong

Lokasi: Salam, Bomo, Kec. Punung. – Image Credit by Faktualnews.co

Gua ini dinobatkan sebagai goa yang paling indah yang terdapat di Indonesia. Gua Gong merupakan gua yang tercipta dari endapan-endapan batu kapur yang membentuk salah satunya menyerupai kubah yang luas.

Selain itu, jika Kamu memukul salah satu batu yang ada di dalam gua tersebut, maka batu tersebut akan mengeluarkan suara yang menggema ke seluruh penjuru gua. Suara tersebut menyerupai suara gong.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jlubang, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

5. Goa Luweng Ombo

Goa Luweng Ombo

Image Credit: Google Maps (Arif Sasono)

Pacitan terkenal sebagai tempat dengan banyaknya goa sebagai destinasi wisatanya. Salah satunya adalah Goa Luweng Ombo yang memiliki pemandangan unik dan menarik. Anda bisa menikmati berbagai macam batuan kapur yang ada di dalamnya. Ada juga berbagai tumbuhan yang menghiasi bagian dalam goa sehingga menambah daya tariknya.

Fasilitas yang ada di dalam Goa Luweng Ombo terbilang cukup lengkap. Terdapat tempat parkir, rumah makan, gazebo, penginapan, dan toilet umum. Semuanya bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika berencana untuk pergi ke goa ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung, Kalak, kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

6. Gunung Limo

Gunung Limo

Image Credit: Pacitankabmuseumjatim.wordpress.com

Gunung Limo juga merupakan salah satu wisata yang memuat budaya khas bagi daerah Pacitan yang dilakukan dengan membersihkan desa selama setahun sekali. Untuk menjalankan budaya ini, para juru kunci dan bawahan-bawahannya menuruni gunung dan memimpin ritual tersebut.

Untuk memasuki area Gunung Limo, Kamu perlu melewati sebuah gerbang yang berukuran sangat sempit. Kamu harus melewati gerbang dengan cara berjalan menyamping. Jika Kamu sudah sampai di area Gunung Limo, Kamu dapat menikmati suasana pagi hari dengan menikmati matahari terbit dari ketinggian gunung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. RM. Suryo, No. 32, Kedawung, Mentoro, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

7. Curug Gringsing

Curug Gringsing

Image Credit: Google Maps (Kaka Elfykrie)

Selain terkenal akan pantai dan goanya, Pacitan juga memiliki destinasi wisata air terjun yang menarik. Salah satunya adalah Curug Gringsing. Curug Gringsing adalah air terjun yang indah. Panorama air terjun yang jatuh ke sungai menjadikannya daya tarik tersendiri. Bebatuan besar yang ada di belakangnya menambah nuansa eksotis pemandangan tempat ini.

Lokasi Curug Gringsing cukup sulit untuk dijangkau. Walaupun begitu, hal ini justru menjaga keasrian alam yang ada di dalamnya. Fasilitas yang terdapat di sana juga cukup lengkap yaitu toilet dan warung makanan yang dijual dengan harga terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika memutuskan untuk pergi ke sini.

BACA:  13 Wisata Pantai di Tuban Paling Hits Dikunjungi
Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Krajan, Ploso, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

8. Pantai Tawang

Pantai Tawang

Image Credit: Danisetiawanku.com

Tempat wisata di Pacitan selanjutnya yang wajib Kamu kunjungi adalah Pantai Tawang. Pantai ini memiliki daya tarik yang unik bagi para wisatawan untuk berkunjung. Diantara pantai-pantai lainnya, Pantai Tawang digemari para wisatawan untuk melakukan kegiatan memancing. Namun, waktu yang tepat untuk memancing ini biasanya dilakukan pada malam hari.

Berbeda dengan yang lain, Pantai Tawang juga merupakan salah satu pantai yang tidak memiliki pasir yang berwarna putih, melainkan pasir yang berwarna coklat kehitaman. Meski terdengar tidak menarik, tetapi jika Kamu sudah menginjakkan kaki di sana, Kamu akan merasakan keindahan yang tiada duanya.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sumurtimo, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

9. Pantai Srau

Pantai Srau

Image Credit: Google Maps (yan Ekacesia,AMR)

Pantai Srau merupakan pantai di Pacitan yang memiliki ciri khasnya sendiri. Ada 3 bagian yang bisa dijelajahi di sana. Tiga bagian itu adalah: bagian barat untuk melihat matahari terbenam, bagian timur untuk melihat matahari terbit, dan bagian tengah untuk menikmati panorama pantai yang indah.

Lokai Pantai Srau cukup sulit untuk dijangkau. Walaupun begitu, kesulitan ini akan terbayar ketika sudah sampai di sini. Hal ini juga yang menjadikan keasrian alamnya masih terjaga sampai sekarang. Tempat ini juga belum dikenakan biaya masuk sehingga Anda bisa menikmati keindahannya secara gratis.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Pringkuku, Candi, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

10. Sungai Maron

Sungai Maron

Image Credit: Lensanasrul.com

Sungai Maron sepertinya bisa menjadi andalan wisata daerah Pacitan yang tidak hanya bisa bersaing dengan wisata lainnya di Indonesia, tetapi juga dunia.

Sungai ini memiliki air yang begitu jernih sampai berwarna kebiruan. Kamu yang berkunjung ke tempat ini bisa menjelajahi sungai dengan menggunakan perahu dayung. Sepanjang mata memandang.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maron, Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

11. Pantai Wawaran

Pantai Wawaran

Image Credit: Google Maps (Nadiyah Resifah)

Pantai Wawaran adalah pantai yang digunakan nelayan setempat untuk berangkat ke laut mencari ikan. Jadi, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata sambil mencari ikan yang segar. Ikan-ikan ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau karena dibeli langsung dari nelayan yang menangkapnya.

Pemandangan Pantai Wawaran juga sangat indah. Putihnya pasir, hamparan hutan bakau, dan pohon nyiur menjadi ciri khasnya. Jadi, Anda bisa mendapatkan ikan yang berkualitas dengan harga terjangkau dan menikmati panorama pantai yang indah di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wawaran, Sidomulyo, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

12. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Image Credit: Ksmtour.com

Kamu yang sering berkunjung ke daerah pantai biasanya akan menemukan bentuk pantai yang tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya. Basanya yang membedakan adalah bentukan batu karang atau bentuk pasirnya.

Di Pantai Banyu Tibo ini, Kamu akan menemukan pemandangan yang benar-benar berbeda. Yakni, air terjun yang mengarah langsung ke laut. Kamu bahkan bisa menikmati dua fenomena alam yang indah ini sekaligus.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

13. Pantai Nganduk

Pantai Nganduk

Image Credit: Google Maps (Alvian Rizki P)

Jika Anda mencari pantai dengan ciri khas yang unik, maka Pantai Ngandul adalah jawabannya. Tempat ini memiliki ciri khas berupa air terjun kecil yang mengalir langsung ke laut. Air terjun ini bisa dinikmati dan juga bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Di Pantai Nganduk tidak terdapat pasir putih, tetapi adanya sungai dan air terjun justru menjadikannya daya tarik tersendiri. Tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya dengan 5000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati pantai ini sepuasnya.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

14. Wisata Pinus Gemaharjo

Wisata Pinus Gemaharjo

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata hutan pinus memang tidak akan pernah membuat Kamu bosan. Udara yang sejuk serta angin yang menerpa tubuhmu menciptakan adiksi yang membuat Kamu kembali ke tempat yang sama berulang kali.

Di tempat wisata pinus Gemaharjo ini, Kamu akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas penunjang untuk menikmati indahnya hutan pinus. Fasilitas ini antara lain bergantung di hammock, menyusuri jembatan, serta menaiki gardu pandang untuk mengabadikan momen Kamu.

Harga Tiket: 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaligondang, Gemaharjo, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

15. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan

Image Credit: Google Maps (Maswit Konslet)

Pantai Pidakan merupakan pantai yang terkenal akan bebatuannya. Bebatuan yang ada di pantai ini bisa dijadikan sebagai sarana terapi refleksi. Jadi, Anda bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat terapi kesehatan. Tempat ini juga belum dikenakan biaya masuk. Anda bisa masuk ke sini secara gratis untuk menikmati panoramanya.

Keindahan Pantai Pidakan memang menawan. Bebatuan yang berpadu dengan ombak laut menjadi ciri khas tersendiri. Ada juga batu karang raksasa yang elok untuk dipandang. Jadi, segeralah ke sini untuk membuktikan sendiri keindahannya.

Harga Tiket: 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Godeg Wetan, Jetak, Kec. Tulakan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

16. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Image Credit: Primahapsari.com

Goa ini pada zaman dahulu dipercaya sebagai tempat untuk bertapa para leluhur. Ini  menambah nilai-nilai sejarah yang menarik untuk dipelajari.

BACA:  Museum Angkut, Destinasi Wisata Museum Modern di Batu Malang

Goa ini terkenal dengan kesan mistisnya yakni mengeluarkan suara seperti bunyi dari alat musik gamelan yang entah dari mana asalnya. Bunyi suara ini menambah kesan takjub para wisatawan yang berada di dalamnya.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tabuan, Wareng, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

17. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Image Credit: Google Maps (Agus Tjipto Djati)

Jika Anda suka berselancar, maka Pantai Watu Karung di Pacitan adalah tempat yang sangat cocok. Tingginya ombak di sana disertai angin yang kencang tentu akan menjadi daya tarik bagi para peselancar. Anda bisa ke sini pada bulan April hingga Oktober untuk mendapatkan gelombang terbaik sehingga bisa berselancar dengan nyaman.

Selain terkenal akan spot untuk berselancar, Pantai Watu Karung juga memiliki pemandangan yang indah. Garis pantai yang memanjang dan pasir putih membuatnya nyaman untuk bersantai. Harga tiketnya sangat terjangkau, hanya 5000 rupiah per orang untuk sekali masuk.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

18. Museum Buwono Keling

Museum Buwono Keling

Image Credit: Pacitanku.com

Kamu yang menyukai sejarah pasti tidak akan melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Museum, adalah tempat paling favorit bagi penyuka sejarah. Museum yang dapat Kamu kunjungi di Pacitan adalah Museum Buwono Keling.

Namun karena mengalami beberapa kerusakan parah pada bagian gedung, museum ini terpaksa diberhentikan operasinya dan tidak lagi dibuka untuk umum. Padahal, museum ini menyimpan banyak koleksi peninggalan arkeologi yang menarik untuk ditelusuri.

Harga Tiket: 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Krajan Kulon, Mantren, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

19. Pemandian Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget

Image Credit: Google Maps (Ivan Fn)

Pemandian Banyu Anget adalah tempat wisata yang jarang diketahui keberadaannya. Walaupun begitu, tempat ini memiliki ciri khas berupa pemandian air panas yang berasal dari belerang. Di sekitar tempat ini terdapat deretan bukit hijau yang menambah keindahannya.

Fasilitas yang ada di Pemandian Banyu Anget juga terbilang lengkap. Terdapat kamar mandi dan penyewaan pelampung. Ada juga berbagai macam kuliner dan pernak-pernik yang dijual di sekitar tempat ini dengan harga terjangkau.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangrejo, Arjosari, Krajan, Karangrejo, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

20. Monumen Jenderal Soedirman

Monumen Jenderal Soedirman

Image Credit: Tempatwisata.pro

Nama Jenderal Soedirman dipakai hampir di berbagai kota di berbagai fasilitas negara yang salah satunya adalah monumen yang berada di Pacitan. Monumen panglima besar Jenderal Soedirman ini berdiri tegak di antara pilar-pilar dan anak tangga yang bermuara di hadapan patung.

Di monumen ini juga terdapat kalimat mutiara Pangsar Soedirman yang terpampang pada sebuah tembok. Berkunjung kesini tentu akan menambah wawasanmu tentang sejarah negeri ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tempel, Pakisbaru, Kec. Nawangan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

21. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria

Image Credit: Instagram.com @a.rumaya

Pacitan memang terkenal dengan pantainya yang indah, salah satunya adalah Pantai Teleng Ria. Pantai ini memiliki beragam fasilitas dan keindahan yang memukau. Tiap akhir pekan, pantai ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan baik warga lokal maupun pendatang di luar Pacitan.

Anda bisa belajar berselancar atau bermain di waterpark mini Kampoeng Air. Selain itu, Anda juga bisa mengambil spot foto yang instagenic di Kampoeng Cemara. Harga untuk masuk ke sini sangat terjangkau. Untuk hari biasa hanya 5000 rupiah, sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur menjadi 10000 rupiah.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. WR. Supratman, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

22. Gunung Lanang 2

Gunung Lanang 2

Image Credit: Pacitantribunews.blogspot.com

Kamu mungkin pernah mendengar nama gunung ini di beberapa daerah. Namun ternyata, gunung ini juga terdapat di daerah Pacitan. Maka dari itu, gunung ini diberi nama dengan Gunung Lanang 2. Ini dimaksudkan untuk membedakan dengan gunung yang memiliki nama yang sama.

Di Gunung Lanang ini, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas media sosial yang didukung dengan keelokan alam yang terpampang nyata di depan mata. Kamu bisa melihat hamparan desa yang ada di bawah puncak gunung yang hijau dan sejuk.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mantren, Kebonagung, Wates, Mantren, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

23. Pantai Seruni

Pantai Seruni

Image Credit: Google Maps (Ridho Official)

Pantai Seruni adalah salah satu pantai terindah yang ada di Pacitan. Perjalanan ke pantai ini sangat seru karena Anda akan menikmati sungai yang menghijau dengan dereta pohon kelapa. Setelah sampai di sana, Anda bisa menikmati keindahannya secara langsung.

Ombak yang ada di Pantai Seruni tidak begitu besar sehingga bisa digunakan untuk berenang. Ada juga bukit di dekat bibir pantai yang bisa dijadikan tempat bersantai. Fasilitasnya sangat lengkap, dari kamar mandi hingga tempat ibadah karena sudah disediakan warga setempat yang sangat ramah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngobyogan, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

24. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Image Credit: Jejakpiknik.com

Sama seperti pantai lainnya, pantai ini menyajikan fasilitas yang bisa Kamu gunakan seperti surfing, snorkeling, dan sebagainya. Lautnya yang jernih serta masih terjaganya alam bawah laut menjadikannya surga bagi pecinta olahraga laut.

Pantai ini memiliki ikon khas yakni batu karang yang berbentuk menyerupai mahkota yang terhampar di depan pasir pantai. Pengunjung yang tertarik dengan pemandangan seperti ini akan langsung berswafoto.

BACA:  33 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Widoro, Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

27. Goa Song Terus

Goa Song Terus

Image Credit: Instagram.com @inainu.id

Goa Sung Terus merupakan goa yang mengandung nilai sejarah. Terdapat berbagai peninggalan manusia purba di Jawa yang diperkirakan sudah berusia ratusan ribu tahun. Mulai dari tengkorak manusia yang berukuran besar dan juga alat bantu untuk hidup pada masa lalu.

Adanya berbagai peninggalan sejarah di Goa Song Terus membuatnya menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal. Banyak nilai-nilai edukasi yang bisa didapatkan di sini. Untuk ke depannya, pemerintah setempat akan membangun museum di sekitar goa ini agar penelitian tentang zaman purba bisa dikaji secara mendalam.

Harga Tiket: 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wareng, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

28. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Image Credit: Genpinews.com

Pantai Klayar merupakan salah satu wisata pantai yang paling dikenal di daerah Pacitan. Pantai ini berbentuk menyerupai bentuk hati dari atas ke tengah.

Selain itu, pasir yang berbentuk hati ini diapit di ujungnya oleh batu karang. Batu karang ini berdiri tegak di ujung hati seperti sedang menjaga hati tersebut. Kamu yang berkunjung ke pantai ini tidak boleh melewatkan kesempatan untuk sekadar berfoto.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barat pasar, Kec. Punung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

29. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh

Image Credit: Google Maps (Farid Alfianto)

Pantai Kali Uluh sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam. Di pantai ini, kondisinya masih alami dan keasriannya masih terjaga. Banyak orang yang belum mengetahuinya sehingga suasananya masih terasa tenang dan sepi. Jadi, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan ketika sedang berwisata.

Anda akan menikmati hijaunya hutan dan pesawahan dalam perjalanan menuju Pantai Kali Uluh. Anda juga akan menikmati gulungan ombak yang menenangkan di sana. Pantai ini masih belum dikenakan biaya masuk sehingga Anda harus segera ke sini untuk menikmati keindahannya secara gratis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.  Klesem, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

30. Museum Geopark

Museum Geopark

Image Credit: Rudiansyah85.blogspot.com

Di samping museum Buwono Keling yang kehilangan pamornya karena mengalami kerusakan, Museum Geopark adalah museum yang dapat bertahan hingga sekarang. Kamu bisa mengunjungi museum ini untuk sekadar hunting foto atau bahkan mempelajari sejarah.

Museum ini menampilkan beberapa jenis bebatuan yang diantaranya seperti batu karst. Kamu yang ingin menghabiskan waktu liburanmu di museum ini sebaiknya ditemani oleh pemandu museum supaya bisa memahami jenis-jenis bebatuan dengan baik.

Harga Tiket: 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Temon, Ploso, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

31.  Pantai Taman

Pantai Taman

Image Credit: Google Maps (Abid Affandi Wedatama)

Pantai Taman adalah salah satu pantai yang menarik di Pacitan. Bagaimana tidak? Pantai ini menawarkan aktivitas ekstrim flying fox yang sangat jarang ditemukan di pantai lain. Tentu aktivitas flying fox dengan panorama pantai yang indah akan menimbulkan kesan yang menarik dan memacu adrenalin.

Selain wahana flying fox, di Pantai Taman Anda juga bisa menikmati keindahan pantainya. Hijaunya tumbuhan, pasirnya yang kecoklatan, dan suara ombak turut menjadi daya tarik. Harga masuk ke sini sangat terjangkau. Untuk anak-anak hanya 3000 rupiah, sedangkan untuk orang dewasa menjadi 5000 rupiah.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hadiwarno,  Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

32. Rumah Masa Kecil SBY

Rumah Masa Kecil SBY

Image Credit: Jabar.tribunnews.com

Berbicara tentang pemerintahan, tokoh utama yang terbesit pasti adalah seorang presiden. Presiden itu sendiri kini memiliki pamor yang bisa menarik masyarakat di media sosial. Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki pengalaman serupa.

Keeksisan di media sosial ini membawa cerita tentang presiden dari mulai kecil hingga sekarang ini. Maka dari itu,dimunculkanlah pamor salah satunya mengenai rumah masa kecil SBY. Jenis wisata seperti ini tidak biasa dikunjungi banyak orang namun memiliki nilai artistik dan sejarah yang tinggi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barehan, Ploso, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

33. Pantai Kunir

Pantai Kunir

Image Credit: Google Maps (Arif Sasono)

Pantai Kunir merupakan salah satu pantai unik yang terdapat di Pacitan. Keunikan dari pantai ini adalah keberadaan telaga air tawar yang ada didalamnya. Telaga ini sangat indah dan airnya sangat jernih. Anda akan tergoda untuk berenang dan berendam di dalamnya.

Selain telaganya yang indah, Pantai Kunir juga memiliki pesona yang menawan. Pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang menjadi daya tarik tersendiri. Anda akan betah berlama-lama di sini untuk menikmati suasananya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Pagerkidul, Kec. Sudimoro, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

34. Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran

Image Credit: Google Maps (Davin Yoga)

Goa Luweng Jaran merupakan salah satu goa unik yang berada di Pacitan. Bentuknya sangat unik, yaitu berupa goa vertikal dengan kedalaman sekitar 25 kilometer. Dengan jaraknya yang begitu panjang, goa ini dinobatkan sebagai goa terpanjang yang ada di Indonesia. Sampai sekarang, belum pernah ada yang mencapai dasar dari goa ini.

Selain jaraknya yang begitu panjang, Goa Luweng Jaran juga memiliki bebatuan kapur sebagai ciri khasnya. Bebatuan ini terdapat di sepanjang goa dan menghasilkan pemandangan yang unik. Sampai sekarang, goa ini hanya dibuka untuk penjelajah alam dan belum dibuka untuk wisatawan umum. Jadi, goa ini cocok bagi Anda yang gemar berpetualang dan menjelajahi alam sekitar.

Harga Tiket: 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jlubang, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

35. Barong Wetan Candi Pringkuku

Barong Wetan Candi Pringkuku

Image Credit: Indonesia.tripcanvas.co

Hampir sama seperti Sungai Maron, Barong Wetan Candi Pringkuku ini memiliki keeksotisan yang sama. Sungai yang biru kehijauan didukung dengan pepohonan kelapa yang rindang. Pemandangan yang menakjubkan melebihi apapun.

Pada tempat wisata ini, kamu bisa menyusuri sungai dengan cara mendayung perahu berukuran kecil ini dengan tenaga Kamu sendiri. Hal ini akan menambah keseruan berwisata karena perahu tersebut dijalankan dengan tangan Kamu sendiri. Lelah akan terbayarkan dengan keindahan pemandangannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dadapan Watukarung, Kerok Wetan, Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Sekian merupakan ulasan mengenai 35 tempat wisata di Pacitan. Semoga bisa menjadi referensi Kamu untuk melakukan kegiatan liburan ke destinasi wisata terbaik.