Pesona Bukit Batu Tjilik Riwut yang Menjadi Unggulan Kabupaten Katingan

Bukit Batu Tjilik Riwut

Pesona Bukit Batu Tjilik Riwut yang menjadi destinasi unggulan Kabupaten Katingan. Objek wisata spiritual (pertapaan) di Kalimantan Tengah dengan adanya 9 batu bertuah.

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan.
Map: Cek Lokasi

Nama bukit batu ini terinspirasi dari nama seorang pahlawan nasional yang sekaligus merupakan putra Dayak. Tjilik Riwut adalah gubernur pertama di Provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkah bukit batu ini merupakan tempat yang kerap dijadikan tempat bertapa oleh Tjilik Riwut. Akan tetapi, asal muasal batu di sini masih diterka-terka sebenarnya berasal dari mana, sebab lokasi bukit ini yang kurang memungkinkan.

Jika dikaitkan dengan material gunung berapi, tidak akan menemukan titik temu, sebab lokasinya yang berjauhan dengan gunung berapi. Apabila diperkirakan dari bebatuan sungai, tidak juga menemukan titik temu. Hal ini dikarenakan tidak ada sungai yang letaknya berdekatan dengan bukit tersebut. Sedangkan berdasarkan legenda, batu yang ada di bukit tersebut merupakan batu dari kahyangan.

Legenda tersebut berawal dari kisah bidadari yang diperisitri seorang manusia. Kemudian mereka memiliki seorang anak. Suatu ketika, bidadari bersama dengan anaknya pulang ke Kahyangan. Akan tetapi, ketika usai sang anak sudah dewasa, maka ia harus kembali lagi ke bumi. Saat penurunan anak tersebut terjadi halilintar yang bergemuruh disertai batu berukuran besar yang juga turun ke bumi.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Batu Tjilik Riwut

Daya Tarik Bukit Batu Tjilik Riwut

Image Credit: Facebook.com @nur.alanwar

1. Bebatuan Dengan Warna yang Menarik

Luas Bukit Batu Tjilik Riwut mencapai setengah dari ukuran lapangan yang digunakan untuk bermain sepak bola. Bukit ini tersusun atas batu berukuran besar dan kecil yang saling bertumpuk-tumpuk. Sebagian besar batu yang ada di bukit memiliki warna abu-abu dan hitam. Di beberapa bagian batu juga terdapat beberapa bagian yang berwarna belang putih dan memiliki bentuk yang menarik.

Ketika memasuki area wisata, Anda akan melihat tulisan “Petehku Isen Mulang, Tjilik Riwut” pada sebuah batu yang berarti “Pesanku Pantang Mundur”. Di bukit ini terdapat 9 buah batu yaitu batu gaib, batu kamiak, batu keramat, batu sial, batu dewa, batu tingkes, batu teras pambelum, batu raja, dan batu darung bawan. Di mana masing-masing batu tersebut dipercaya memiliki sebuah tuah.

BACA:  25 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

2. Batu-Batu yang Bisa Memberikan Manfaat Tertentu

Batu gaib diyakini merupakan batu tempat Tjilik Riwut dahulu melakukan pertapaan. Hal tersebut terlihat dari adanya bekas tapak kaki beliau pada batu tersebut. Sedangkan batu yang lain dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat. Apabila wisatawan yang berkunjung mampu menaiki batu dewa, maka segala cita-cita yang ingin diraihnya bisa terwujud.

Sedangkan batu sial dipercaya dapat membuang sial. Batu ini berada di area tangga masuk ataupun di pintu masuk sebelah kanan. Batu ini memiliki warna belang-belang, sehingga menarik minat para wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang batu sial. Keindahan bukit batu tidak berhenti di sini saja, ketika Anda melalui balai keramat dan pendopo, akan tampak area utama bukit batu Tjilik Riwut ini.

Selanjutnya, jika wisatawan yang berkunjung mampu melalui sempitnya lorong di batu tingkes dan menyeberang sampai sisi luar, diyakini bahwa segala tantangan yang akan dihadapi bisa dilalui dengan mudah. Sedangkan batu teras pambean memiliki makna sebagai batu yang dapat menguatkan hidup. Batu teras pambean ini memiliki bentuk pyramid dengan ukuran yang tidak begitu besar.

Daya Tarik dari Bukit Batu Tjilik Riwut

Image Credit: Twitter.com @dinadlestari

3. Adanya Telaga Bawin Kameloh

Pada bagian barat bukit batu terdapat sumber air yang dikenal dengan sebutan Telaga Bawin Kameloh. Perlu Anda ketahui bahwa telaga ini tak pernah mengering ataupun surut. Air di telaga ini juga diyakini memiliki khasiat awet muda bagi pengunjung yang melempar koin ke dalam telaga kemudian membasuh muka menggunakan air telaga tersebut.

Anda bisa menjumpai telaga ini ketika naik ke bukit, karena Anda pasti akan melewatinya terlebih dahulu. Telaga Bawin Kameloh terletak pada bagian kaki bukit tersebut dan dikelilingi dengan pagar beton serta ada batu belah dengan tinggi berkisar satu meter. Di sekitar telaga ini juga terdapat sesajen berupa bendera kuning yang diikatkan pada sebuah pohon atau dikibarkan memakai tiang.

Di sini juga terdapat pohon beringin yang masih berdiri kokoh. Masyarakat meyakini jika pohon tersebut tumbuh dengan sendirinya dan dipercaya sebagai tempat dihuninya makhluk gaib. Telaga Bawin Kameloh dahulu hanya berupa hutan belantara. Namun, seiring berjalannya waktu, alam mengalami perubahan secara alami, baik disebabkan oleh bencana alam atau hal lain di luar nalar manusia.

BACA:  Taman Nasional Sebangau, Wisata Air Unik Nuansa Gambut

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Batu Tjilik Riwut

Alamat Bukit Batu Tjilik Riwut

Image Credit: Google Maps (Gelael Buntang)

Lokasi wisata Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut berada di wilayah Kasongan Lama. Apabila Anda akan berkunjung dari arah Kota Palangkaraya dengan menggunakan kendaraan bermotor, maka Anda akan sampai dalam kurun waktu satu sampai satu setengah jam. Jalan yang harus dilalui untuk sampai di lokasi cukup mudah untuk diakses, sebab jalannya sudah beraspal dengan begitu mulus.

Jika Anda bertolak dari Kasongan melewati Jalan Pariwisata, maka Anda akan menempuh jarak untuk sampai di lokasi Bukit Batu Tjilik Riwut sejauh 5,1 kilometer. Jika Anda berasal dari luar daerah Palangkaraya, untuk memudahkan perjalanan wisata, Anda bisa menyewa satu unit mobil untuk sampai di lokasi wisata.

Tempat yang menyediakan sewa mobil ini juga cukup mudah untuk ditemukan. Ketika Anda menyewa mobil, Anda akan dikenakan biaya sewa sekitar Rp 600.000 untuk masa satu hari.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Batu Tjilik Riwut

Harga Tiket Bukit Batu Tjilik Riwut

Image Credit: Facebook.com @kresna.ningtias

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona wisata bukit batu ini, maka akan dikenakan tarif sejumlah Rp 3.000 untuk satu orang. Anda bisa datang ke lokasi wisata ini pada hari apapun, sebab tempat ini selalu buka setiap harinya.

Namun, jika wisatawan yang berkunjung juga membawa mobil, maka wajib membayar biaya parkir Rp 2.000. Sedangkan apabila menggunakan sepeda motor sejumlah Rp 1.000. Akan tetapi, tarif parkir tersebut tidaklah paten, melainkan dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut

Kegiatan di Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut

Image Credit: Facebook.com @radnadewi.sartika

1. Berfoto

Batu-batu yang berderet dan tersusun di Bukit Batu Tjilik Riwut dapat menjadi spot foto yang menarik. Gambar yang dihasilkan pun akan memberikan kesan yang unik. Sebab warna dari batu-batu yang ada juga berbeda jika dibandingkan dengan batu pada umumnya. Anda bisa memperindah tampilan beranda media sosial Anda dengan foto wisata di bukit batu ini.

2. Melempar Koin

Aktivitas wisata yang satu ini terbilang cukup menarik. Banyak wisatawan yang tertantang untuk bisa memasukkan koin yang mereka lempar ke dalam Telaga Bawin Kameloh. Tempat wisata ini memang masih kental akan tradisi dan kepercayaan. Namun, Anda bebas untuk mempercayainya atau tidak.

BACA:  15 Tempat Wisata di Palu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Mengusap Muka Dengan Air Telaga

Air yang ada di telaga tempat Anda melempar koin juga menyimpan daya tarik tersendiri. Sebab, diyakini jika air tersebut digunakan untuk mengusap muka, maka bisa berkhasiat supaya selalu awet muda. Benar atau tidak juga tidak ada yang tahu, namun banyak wisatawan yang melakukan kegiatan ini di tempat tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Bukit Batu

Fasilitas di Wisata Bukit Batu

Image Credit: Google Maps (Lilly Diana)

1. Kedai Makan

Ketika Anda melakukan berkeliling bukit batu dan melakukan beragam aktivitas wisata, Anda pasti akan merasa haus dan lapar. Anda tak perlu khawatir, sebab di sekitar lokasi wisata berdiri beberapa kedai yang menjual beragam makanan dan minuman. Adanya kedai ini sangat bermanfaat untuk para pengunjung, karena mereka tak perlu repot membawa bekal makanan.

2. Toilet Umum

Fasilitas toilet juga tersedia di tempat ini. Tak dapat dipungkiri, kebutuhan akan toilet ini juga sangat penting. Karena tidak mungkin wisatawan akan buang air sembarangan. Apalagi tempat wisata ini dikenal keramat oleh masyarakat setempat, sehingga wisatawan tidak boleh sembarangan dalam bertindak.

3. Tempat Bersantai

Di sebuah tempat wisata, pasti Anda juga ingin menikmati suasana santai, karena pasti inilah salah satu tujuan liburan yang Anda inginkan. Di tempat bersantai, Anda juga bisa sembari melihat indah pemandangan alam di sekitar Bukit Batu Tjilik Riwut.

4. Pemandu Wisata

Peran seorang pemandu di tempat ini terbilang cukup penting. Sebab lokasi ini menyimpan banyak cerita. Bahkan setiap batu yang ada juga memiliki filosofi masing-masing. Sehingga informasi yang diberikan oleh pemandu wisata bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi para wisatawan yang berkunjung.

5. Penginapan

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, tentu Anda membutuhkan adanya penginapan untuk sejenak beristirahat. Oleh karena itu, di dekat lokasi wisata ini juga terdapat penginapan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat 2 buah hotel yang tersedia dengan tarif menginap yang berbeda, yaitu Rp 728.000 dan Rp 190.000 untuk satu malam.

Hingga sekarang wisata bukit batu Tjilik Riwut masih memiliki magnet yang kuat untuk menarik wisatawan berdatangan. Sebagian besar dari pengunjung merasa tertarik dengan keunikan bentuk batu-batu yang ada serta legenda yang menyertainya. Bahkan batu-batu tersebut juga dipercaya dapat memberikan khasiat masing-masing. Ditambah dengan telaga yang tak pernah surut juga menjadi daya tarik bukit ini.