Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Menjelajahi wisata yang ada di Sumatera Utara tidak akan pernah ada habisnya, dikarenakan destinasi wisata yang disuguhkan sangat beraneka ragam. Hal ini membuat wisatawan yang berkunjung di Simalungun, Sumatera Utara tidak merasa bosan. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yaitu wisata Bukit Indah Simarjarunjung.

Wisata bukit ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat eksotis dan mempesona, wisatawan yang berkunjung di wisata ini akan dimanjakan dengan keindahan bukit yang menjulang tinggi disertai adanya pepohonan yang lebat dan terkesan lebih rindang serta sejuk. Selain itu wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian bukit ini.

Selain menikmati destinasi keindahan alam, wisata Bukit Simarjarunjung ini juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana yang sangat seru dan menarik, serta wisata buki ini juga terdapat berbagai macam spot foto yang sangat unik. Sehingga wisata bukit ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati bersama keluarga serta buah hati tercinta.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Indah Simarjarunjung

Daya Tarik Bukit Indah Simarjarunjung
Image Credit: Google Maps Irwansyah Lubis

1. Keindahan dan Kesejukan Bukit

Destinasi pertama yang disuguhkan oleh wisata alam ini yakni adanya bukit yang menjulang tinggi disertai dengan adanya pepohonan yang tinggi dan lebat. Adanya destinasi ini memberikan nilai keindahan dan suasana yang sejuk secara alami, sehingga membuat wisatawan merasakan ketenangan, dan kepuasan tersendiri dalam berkunjung.

Bagi wisatawan pecinta alam, tentunya view yang disuguhkan oleh wisata ini sangat menarik dan memuaskan. Sejauh mata memandang, wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat mempesona menakjubkan. Ditambah suasana angin yang sejuk khas pegunungan dan perbukitan sehingga menambah kenyamanan bagi wisatawan.

Bukit Indah Simarjarunjung ini memiliki ketinggian sekitar 1.160 mdpl (meter diatas permukaan laut). Bukit nan elok ini terdapat pepohonan pinus setinggi 5-7 meter dan adanya padang rumput sehingga menambah nilai kecantikan dan keeksotisan serta menciptakan suasana sejuk dan tenang jika berada di wisata bukit ini.

2. Panorama Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Selain menikmati keindahan bukit yang menjulang tinggi, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan yang berupa Danau Toba yang membentang luas dan cantik ini. Keindahan yang disajikan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung di wisata bukit yang cantik ini.

Menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian bukit ini merupakan salah satu hal yang sangat digemari oleh kebanyakan wisatawan. Duduk bersantai dari atas bukit dengan menikmati keindahan lanskap yang disuguhkan, hal ini masih menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung.

Keindahan yang disuguhkan Bukit Simarjarunjung terlihat sangat jelas jika cuaca lagi cerah, dengan langit biru disertai gerombolan awan sehingga menambah nilai kecantikan yang ada pada wisata ini. Keindahan yang disuguhkan ini tentunya sangat menarik bukan, untuk dikunjungi dan diabadikan melalui jepretan foto bersama orang tercinta.

Selain keindahan yang disuguhkan pada siang hari, dari atas bukit ini wisatawan juga dapat menikmati keindahan matahari terbit maupun terbenam. Melihat keindahan danau toba disertai pancaran sinar orange yang menghiasi langit sehingga menambah nilai keeksotisan yang tidak bisa dibandingkan dengan suasana-suasana yang ada di wisata lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Indah Simarjarunjung
Image Credit: Twitter halak__toba

3. Wahana yang Ekstrim dan Menarik

Selain memanjakan mata dan menyegarkan pandangan dengan melihat keindahan destinasi Bukit Simarjarunjung yang sangat eksotis ini, wisatawan juga dapat menikmati beberapa wahana yang unik dan seru yang terdapat di wisata bukit ini. Salah satu wahana yang harus dicoba sensasinya yaitu bermain ayunan gantung.

Bagi wisatawan yang menyukai hal-hal yang menantang dan ekstrim, maka bermain ayunan gantung ini sangat seru dan wajib untuk dicoba sensasinya. Dimana ayunan bergantung ini berada tepat di atas Danau Toba. Selain itu wisata bukit ini juga terdapat wahana flying fox, wahana ini tentunya sangat menarik dan ekstrim untuk dicoba sensasinya.

4. Banyaknya Spot Foto yang Unik

Spot foto yang disuguhkan di Bukit Simarjarunjung yakni seperti adanya sepeda gantung. Spot foto yang satu ini sangat unik dan menarik, serta juga dapat menguji adrenalin bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasinya. Spot foto ini berupa sepeda yang digantung dari ketinggian dengan dikaitkan pada tali yang membentang, sehingga memberikan keamanan bagi wisatawan.

Selain yang ekstrim dan menguji adrenalin, wisata ini juga terdapat spot foto yang sangat aman bagi siapapun yang ingin menikmatinya. Yakni seperti adanya spot foto yang berupa pohon cinta, rumah pohon, kursi dan meja melayang serta adanya gardu pandang. Semua spot foto ini tergolong sangat aman, namun tetap berada pada ketinggian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Indah Simarunjung
Image Credit: Google Maps darma setiawan sinaga

Wisatawan yang ingin menikmati keeksotisan Bukit Indah Simarjarunjung ini dapat berkunjung di Provinsi Sumatera Utara. Lebih tepatnya berada di Jalan Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun. Wisatawan yang ingin berkunjung di wisata ini dapat menggunakan kendaraan roda dua, roda empat ataupun menggunakan bus.

Wisatawan yang berasal dari arah Kota Medan dapat memulai perjalanan menuju Berastagi, kemudian menuju ke Parapat atau Samosir. Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Simalungun, dan kemudian sampailah di bukit cantik ini. Perjalanan dari Kota Medan menuju wisata bukit ini memerlukan waktu sekitar 3-4 jam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Indah Simarjarunjung
Image Credit: Google Maps Novia Sri

Wisatawan yang ingin berkunjung di wisata bukit ini tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Dikarenakan harga tiket masuk di wisata Bukit Simarjarunjung ini tergolong relatif sangat murah yakni hanya sebesar Rp 5.000. tiap satu orang. Dan jika wisatawan yang datang dengan membawa rombongan menggunakan bus hanya dikenakan harga sebesar Rp 20.000.

Bagi wisatawan yang ingin mengajak liburan serta membahagiakan keluarga tercinta dengan budget yang ramah di kantong, maka berkunjung di wisata bukit ini merupakan solusi utamanya. Harga tiket yang sudah ditentukan, wisatawan dapat menikmati berbagai macam wahana yang disediakan dengan harga yang bervariasi tergantung wahana yang dikehendaki.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Simarjarunjung

Aktivitas di Bukit Simarjarunjung
Image Credit: Google Maps yusup warsito

1. Piknik Bersama Keluarga di Atas Bukit

Kegiatan menarik pertama yang dapat dilakukan di wisata Bukit Indah Simarjarunjung yakni dengan melakukan piknik bersama keluarga tercinta di atas bukit yang menawan ini. Kegiatan piknik di alam terbuka memang terlihat sangat seru dan menarik dengan mengajak keluarga dan buah hati tersayang.

Dengan membawa peralatan piknik seperti tikar atau alas duduk lainnya, kemudian dibentangkan di atas bukit yang cukup datar ini sambil menikmati bekal makanan dari rumah terasa sangat seru dan menarik jika dinikmati di alam bebas seperti di atas bukit ini. Sehingga kegiatan piknik ini dapat memaksimalkan quality time bersama keluarga tercinta.

Melakukan piknik bersama keluarga di atas bukit terasa sangat syahdu dikarenakan menikmati makanan yang dihidangkan sambil memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotis ini. Dari titik piknik yang ditentukan wisatawan dapat menikmati keindahan bukit dan cantiknya danau serta suasana yang sejuk menambah tingkat kepuasan tersendiri.

2. Bermain Wahana Flying Fox

Selain piknik, wisatawan juga dapat menikmati sensasi bermain wahana flying fox dari atas Bukit Simarjarunjung yang cantik ini. Terutama kegiatan ini direkomendasikan untuk wisatawan yang menyukai hal-hal yang menantang, ekstrim, dan memacu adrenalin. Flying fox yang ada di wisata bukit ini juga tergolong yang cukup panjang yakni sekitar 100 meter.

Selama bermain wahana ini wisatawan juga akan dimanjakan oleh pemandangan danau yang sangat luas dan cantik dari ketinggian flying fox. Tentunya flying fox ini memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, dan sensasi yang dirasakan juga tidak bisa ditemui di wahana flying fox lainnya.

Bermain flying fox dari atas bukit ini juga menjadi kegiatan yang paling favorit untuk dinikmati oleh wisatawan. Dikarenakan wahana ini akan memberikan kesan tersendiri baik berupa pemandangan alam, maupun sensasi dan keseruan bermain flying fox dari atas bukit.

3. Befoto Ria di Bukit Simarjarunjung

Selain piknik dan bermain flying fox, wisatawan juga dapat berburu foto di wisata Bukit Indah Simarjarunjung yang indah dan menakjubkan ini. Dikarenakan hampir di semua sudut yang ada di wisata bukit ini memiliki spot foto yang sangat indah dan estetik, dan tentunya sangat instagramable.

Keindahan alam yang disuguhkan tentunya sangat cocok untuk dijadikan latar belakang suatu foto yang sangat cantik dan estetik. Adanya danau yang membentang luas dan pepohonan yang menjulang tinggi, kedua panorama ini tentunya menambah kecantikan suatu foto yang dihasilkan.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi berfoto atau berprofesi sebagai fotografer, tentunya wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Dikarenakan selain memotret keindahan alam wisatawan juga dapat berburu foto pada spot-spot foto yang sudah disediakan.

Spot foto yang disediakan di wisata bukit ini tergolong sangat unik dan menarik, yakni seperti adanya spot foto yang berupa pohon cinta, gardu pandang, rumah pohon, sepeda gantung, hingga meja dan kursi melayang. Adanya berbagai macam spot foto ini juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Indah Simarjarunjung
Image Credit: Twitter Tony

Wisata yang indah dan menakjubkan ini juga dilengkapi dengan adanya berbagai macam fasilitas yang tergolong cukup lengkap dan memadai, yakni seperti adanya fasilitas umum yang berupa area parkir yang luas dan toilet. Kedua fasilitas ini tentunya sangat membantu dan menunjang bagi wisatawan dalam berwisata di Bukit Simarjarunjung.

Selain itu, wisata ini juga dilengkapi dengan adanya tempat berkemah, sehingga bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pagi hingga malam di bukit ini dapat mendirikan tenda pada tempat yang sudah disediakan oleh pengelola wisata bukit ini.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau bahkan luar provinsi, dan menginginkan untuk menghabiskan waktu liburan, maka wisata ini juga sudah dilengkapi dengan adanya penginapan serta café yang cukup mewah dengan menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Demikian gambaran umum mengenai destinasi alam Bukit Indah Simarjarunjung di Kabupaten Simalungun. Dan intinya wisata bukit yang indah dan mempesona ini sangat worth it untuk dinikmati bersama keluarga serta buah hati tercinta. Dikarenakan wahana yang ada di wisata ini juga tergolong sangat aman bagi semua kalangan usia.