15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Simalungun

Menghabiskan waktu liburan tidak harus dengan wisata ke tempat-tempat yang jauh. Bagi masyarakat Simalungun dan sekitarnya, ada banyak pilihan tempat wisata menarik di daerah ini. Tempat-tempat wisata alam, sejarah, hingga wisata air bertema waterpark ada di Simalungun.

Simalungun sendiri merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang terkenal dengan perkebunannya. Hal inilah yang membuat daerah ini memiliki iklim dan udara yang cukup sejuk. Banyak tempat-tempat wisata yang masih alami dengan pemandangan memesona dan suasana yang begitu tenang.

Selain wisata alam, masyarakat Simalungun juga bisa menikmati berbagai tempat-tempat wisata menarik untuk liburan bersama sahabat dan keluarga. Simalungun menawarkan beberapa tempat wisata keren yang lebih terjangkau dan tentunya dapat memberi kesan.

1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Lokasi: Dolok Marawa, Kec. Silau Kahean, Kab. Simalungun. – Image Credit by Dierysipayung.wordpress.com

Objek wisata ini merupakan salah satu favorit masyarakat untuk berburu foto instagram. Jika Anda ingin menikmati pemandangan kawah putih yang cantik ini sebaiknya datang sebelum tengah hari agar tidak terlalu panas. Pemandangan cantik di tempat ini bahkan mirip seperti kawah putih yang ada di Denizli, Turki.

Kawah putih Tinggi Raja masih berada di kawasan cagar alam. Terdapat sumber air panas di kawasan wisata ini yang suhunya mencapai 90 derajat celcius. Air panas yang mengalir di sekitar kolam air panas ini mengalir seperti salju sehingga masyarakat banyak menyebutnya sebagai salju panas.

2. Pemandian Alam Sejuk

Pemandian Alam Sejuk

Lokasi: Dolok Hataran, Kec. Siantar, Kab.Simalungun. – Image Credit by Youtube.com (J Damanik)

Simalungun merupakan salah satu daerah yang banyak memiliki perkebunan teh. Hal tersebut membuat daerah ini memiliki suhu udara yang cukup sejuk termasuk di objek wisata Pemandian Alam Sejuk atau PAS. Lokasi pemandian ini cukup jauh dari perkotaan sehingga suasananya benar-benar tenang.

Pemandangan yang disuguhkan di tempat ini sangat indah dengan kolam pemandian yang berair jernih kebiru-biruan. Tempat pemandian alami ini dikelilingi banyak pepohonan rindang. Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain seperti flying fox yang lebih menantang.

BACA:  10 Tempat Wisata di Asahan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung

Lokasi: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun. – Image Credit by Dakatour.com

Destinasi wisata di Simalungun ini sangat hits dengan pemandangan Danau Toba yang menjadi daya tarik utamanya. Lokasinya yang berada di ketinggian, membuat bukit Indah ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati pemandangan danau sambil bersantai dengan sahabat.

Pengunjung juga bisa menggunakan berbagai spot menarik untuk berfoto-foto. Bagi Anda yang berencana ke bukit ini sebaiknya kendaraan yang digunakan benar-benar dalam kondisi prima mengingat jalannya yang menanjak dan berliku untuk sampai ke Simarjunjung.

4. Aek Manik

Aek Manik

Lokasi: Ambarisan, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun. – Image Credit by Wartagas.com

Keindahan yang begitu memesona tersaji nyata di pemandian Aek Manik, Simalungun. Kolam alami yang ada memiliki air yang sangat jernih hingga  seperti kaca. Air kolam sangat sejuk sehingga pas untuk membuat badan lebih rileks.

Lokasi pemandian ini sendiri berada di daerah yang memiliki banyak perkebunan teh. Jadi Anda dapat menikmati pemandangan perkebunan dalam perjalanan menuju Aek Manik. Hal tersebut juga yang membuat lokasi pemandian ini memiliki udara yang begitu sejuk.

5. Martoba Waterpark

Martoba Waterpark

Lokasi: Jl. Pendeta J. Wismar Saragih, Tanjung Pinggir, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar. – Image Credit by Travelspromo.com

Destinasi wisata air martoba waterpark ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk pengunjung. Kolam renang yang bersih dan tidak begitu ramai seperti kolam renang milik pribadi. Objek wisata ini biasanya akan ramai pada hari libur atau di akhir pekan.

Pada hari-hari libur, pengelola juga menyediakan hiburan lain seperti konser musik. Setelah berenang, pengunjung bisa bersantai dan menikmati makanan di kantin atau warung makan yang sudah disediakan. Makanan yang dijual di tempat ini cukup terjangkau dan rasanya pun enak.

6. Kebun Teh Bah Butong Sidamanik

Kebun Teh Bah Butong Sidamanik

Lokasi: Bah Butong, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun. – Image Credit by Kota-medan-sumut.blogspot.com

Panorama yang ada di Bah Butong ini tentu saja hamparan kebun teh dengan landscape pegunungan yang menyegarkan mata. Memiliki udara yang sejuk karena berada di ketinggian 890 meter di atas permukaan laut.

BACA:  18 Minuman & Makanan Khas Medan yang Populer

Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap mulai dari warung makan, toilet, mushola, dan area parkir yang luas. Pengunjung bisa melihat petani memetik teh hingga minum teh langsung di kebun Bah Butong ini.

7. Bukit “Gundul” Sipiso-Piso

Bukit “Gundul” Sipiso-Piso

Lokasi: Naga Mariah, Kec. Pematang Silimahut, Kab. Simalungun. – Image Credit by Pariwisatasumut.net

Bukit Gundul Sipiso-piso merupakan salah satu tempat terkenal yang cocok untuk camping dengan sajian pemandangan indah dari Danau Toba. Nama Bukit Gundul terkenal karena memang di lokasi ini pohon-pohon yang tumbuh lebih sedikit dibandingkan di perbukitan lain pada umumnya.

Akses untuk sampai di atas bukit sendiri bisa dikatakan sulit. Pengunjung bisa naik ke atas bukit dengan jalan kaki atau dengan sepeda motor dan mobil.

8. Tangkahan Bah Alip

Tangkahan Bah Alip

Lokasi: Purwosari, Kec. Pematang Bandar, Kab. Simalungun. – Image Credit by Maringetrip.com

Objek wisata ini tergolong hits di kalangan masyarakat Simalungun dan sekitarnya. Pemandangan yang tersaji di tempat ini adalah danau kecil yang dikelilingi pepohonan hijau dan rindang. Air danau sangat jernih dengan warna yang cenderung hijau toscha.

Selain berenang, pengunjung tentu bisa berfoto-foto dengan pemandangan indah dari Tanghakan Bah Alip ini. Lokasi ini bisa dijadikan tempat camping apabila Anda memiliki waktu yang cukup banyak.

9. Air Terjun Sipitu Tikka

Air Terjun Sipitu Tikka

Lokasi: Buntu Turunan, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun. – Image Credit by Pariwisatasumut.net

Sipitu Tikka memiliki arti tujuh tingkatan yang pas untuk menggambarkan landscape di objek wisata air terjun Sipitu Tikka. Airnya mengalir melewati bebatuan dengan ketinggian air terjun sekitar 200 meter.

Debit air terjun Sipitu Tikka tergolong deras dan pengunjung pun bisa mendengar suara airnya saat di perjalanan menuju air terjun. Perjalanan dari Kota Siantar menuju air terjun sendiri membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

10. Air Terjun Katasa

Air Terjun Katasa

Lokasi: Tonduhan, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun. – Image Credit by Jurnalasia.com

Panorama yang alam yang asri dapat Anda nikmati saat berada di air terjun kembar Katasa. Perjalanan untuk sampai ke lokasi air terjun kurang lebih 2 jam dari Pematang Siantar.

BACA:  12 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Terdapat dua aliran air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Selain pemandangan air terjun, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan pulau pasir yang berada di dekat kolam. Anda bisa bersantai di pulau pasir yang berwarna putih dan bersih ini.

11. Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara

Lokasi: Tomuan Holbung, Kec. Bandar Pasir Mandoge, Kab. Asahan. – Image Credit by Phinemo.com

Objek wisata air terjun memang menjadi destinasi liburan murah meriah bagi masyarakat Indonesia. Jika Anda sedang berada di daerah Simalungun, air terjun Jambuara bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Air terjun Jambuara merupakan aliran air dari Sungai Komangin yang berada di perbatasan Simalungun dan Asahan. Pemandangan di sekitar tempat wisata ini masih sangat alami. Cocok untuk Anda yang membutuhkan tempat untuk melepas penat dan stres.

12. Air Terjun Mamabu

Air Terjun Mamabu

Lokasi: Buntu Kode, Saribu Asih, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun. – Image Credit by Tobatabo.com

Wisata alam di Simalungun masih menjadi salah satu yang menarik bagi para traveler, termasuk objek wisata air Terjun Mamabu. Pemandangan yang cantik dan alami tersaji di tempat ini.

Selain menyusuri sekitar air terjun, pengunjung juga bisa berfoto-foto dengan pemandangan eksotis dari air terjun yang memiliki debit air cukup deras ini. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Kota Siantar, Sumatera Utara.

13. Rumah Bolon Pematang Purba

Rumah Bolon Pematang Purba

Lokasi: Pematang Purba, Kec. Purba, Kab. Simalungun. – Image Credit by Harangan-sitora.blogspot.com

Menurut sejarah, rumah Bolon ini merupakan istana yang dibangun pada tahun 1515 dan menjadi kediaman bagi Raja Simalungun pertama. Rumah Bolon yang sudah berusia ratusan tahun ini masih bisa dilihat dengan desain bangunan yang khas dari Simalungun.

Walaupun dibangun hanya menggunakan material kayu hutan, Rumah Bolon masih berdiri kokoh dan menjadi destinasi wisata edukasi di Simalungun. Pada bagian dalam rumah Bolon masih tersimpan tanduk-tanduk hewan yang dulu digunakan pada upacara adat yang dipimpin raja Simalungun.

14. Museum Simalungun

Museum Simalungun

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman P, Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kota Pematang Siantar. – Image Credit by Mistar.id

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tertarik dengan sejarah Simalungun, museum ini sebaiknya masuk dalam daftar destinasi wisata pilihan. Museum ini memiliki bangunan dengan desain yang mirip rumah tradisional Simalungun.

Memiliki lebih dari 900 koleksi seperti benda-benda seni hingga benda sejarah antropologi dari suku asli yang tinggal di daerah Simalungun. Pengunjung yang datang ke museum dapat belajar banyak mengenai sejarah kerajaan dan masyarakat Simalungun pada zaman dahulu.

15. Pemandian Swimbath

Pemandian Swimbath

Lokasi: Naga Soppa, Kec. Bandar Huluan, Kab. Simalungun. – Image Credit by Pusatinfowisata26.blogspot.com

Bagi wisatawan atau masyarakat Simalungun yang ingin bersantai dan relaksasi dengan alam, pemandian Swimbath ini bisa menjadi alternatif pilihannya. Pemandian swimbath biasanya akan ramai pada siang hari hingga sore sekitar jam 5 atau hingga maghrib.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang harganya cukup terjangkau. Bagi Anda yang membawa anak kecil, disediakan juga penyewaan ban untuk berenang anak-anak. Fasilitas lain yang disediakan di tempat wisata ini adalah pondok untuk bersantai dan tempat ganti.

Itulah 15 tempat wisata di Simalungun yang menarik dan wajib dikunjungi saat berlibur. Daerah yang berada di Sumatera Utara ini tentu saja masih memiliki banyak tempat menarik lain, termasuk Danau Toba yang menjadi ikon wisata Sumatera Utara.