Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sosor Dolok, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Beberapa dari Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Pulau Samosir. Pulau tersebut memang selalu mampu menyajikan tempat wisata alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya yaitu kawasan wisata Danau Toba yang sangat terkenal dan populer di kawasan Asia. Tapi tidak hanya Danau Toba, Anda juga bisa menemukan Air Terjun Efrata di sana.

Air terjun tersebut merupakan tempat wisata Samosir yang begitu indah dan cukup populer, sekalipun disini tidak sepopuler Danau Toba. Air terjun yang mampu menyuguhkan keindahan alam yang begitu menakjubkan hingga membuat Anda terpesona. Itulah alasan kenapa tempat wisata tersebut selalu mampu menarik pengunjung untuk berdatangan.

Anda yang sangat hobi berlibur di tempat wisata Air Terjun Efrata, maka mendatangi air terjun tersebut merupakan keputusan yang sangat tepat. Di sanalah nantinya Anda bisa menemukan keindahan dan keseruan yang pastinya tidak bisa didapatkan di tempat wisata lainnya. Karena itu, saat menjelang liburan, Anda harus segera meluncur ke tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Efrata

Daya Tarik di Air Terjun Efrata
Image Credit: Facebook Suzzy Harahap

1. Memiliki Nama yang Unik

Air Terjun Efrata memang merupakan salah satu air terjun yang memiliki nama unik. Awalnya air terjun ini memiliki nama Sosor Dolok. Warga setempat atau warga lokal memang cenderung lebih familiar dengan nama tersebut.

Jadi untuk Anda yang tengah berada di sana dan bertanya pada masyarakat sekitar, maka Anda perlu menyebut nama Sosor Dolok. Sedangkan untuk nama Efrata itu sendiri adalah nama yang diberikan oleh seorang pengunjung asing yang berasal dari Eropa.

Hingga saat ini nama Efrata memang cenderung lebih dikenal di sosial media. Bahkan oleh karena lokasi dari tempat wisata ini berada dekat dengan Menara Pandang Tele ada juga dari para pengunjung yang menyebutnya Air Terjun Tele.

2. Berada Dekat dengan Pasar

Hal yang menarik lagi dari Air Terjun Efrata yaitu lokasinya yang memang berada dekat dengan Pasar. Untuk menuju air terjun tersebut Anda hanya akan membutuhkan waktu 10 menit saja. Nantinya Anda sudah bisa mendengar suara air terjun yang begitu deras dan cantik tersebut. Selain itu, dinding tebing seolah membuat siapapun merasa terpukau oleh kemegahannya.

Selain dekat dengan pasar, air terjun ini diketahui berada di tengah-tengah rimbunnya area hutan. Karena itulah, Anda jangan heran jika menemukan banyak sekali pepohonan besar tinggi menjulang di sana. Selain itu, tidak susah bagi Anda untuk menemukan berbagai macam satwa liar seperti burung, serangga dan lain sebagainya.

Hal yang tak kalah menarik yaitu suasana air terjun saat menjelang malam hari. Anda yang kebetulan menginap di tempat ini, maka akan melihat pemandangan berupa kunang-kunang yang berkelap-kelip saat malam di sekitaran air terjun.

3. Tebing yang Indah

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan oleh air terjun ini yaitu pemandangan berupa tebing yang indah dan juga airnya yang begitu deras. Debit air yang turun dari air terjun memang sangatlah banyak dan air tersebut berasal dari aliran sungai yang terdapat di atas air terjun. Diketahui bahwa sungai ini memang tidak pernah kering, bahkan sekalipun musim kemarau.

Terlebih lagi saat Anda datang ketika musim penghujan, maka debit air akan menjadi lebih deras berkali-kali lipat hingga membuat suaranya begitu nyaring terdengar. Air dari tebing jatuh melalui celah tebing yang terjal dan sangat curam. Debit Air Terjun Efrata sangatlah deras, sehingga akan membuat sungai yang terdapat di bawahnya jadi penuh.

Ketinggian dari tebing-tebing yang ada di tempat wisata ini mencapai 26 meter. Anda akan bisa melihat dengan jelas kontur dari tebing yang bertingkat-tingkat selain itu juga di dominasi oleh warna hitam sehingga tampak begitu garang.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Efrata
Image Credit: Twitter Fachri Muhammad

4. Terdapat Area Camping

Berlibur ke air terjun yang ada di Pulau Samosir ini memungkinkan bagi Anda untuk melakukan aktivitas camping dan menjelajah alam. Lokasinya yang kebetulan berada di tengah-tengah hutan membuatnya menjadi area yang terisolasi dari dunia luar. Namun ketika Anda ingin melakukan camping, pastikan segala kebutuhan sudah persiapkan sebelumnya.

5. Diapit Oleh Dua Bukit

Hal yang tak kalah menarik lagi dari Air Terjun Efrata yaitu diapit oleh dua perbukitan. Pemandangan tersebut tentu akan membuat air terjun jadi semakin indah. Anda bisa merasakan nuansa sejuk, asri dan juga damai selama berada di sana. Selain itu, pemandangan dari sawah yang berbidang-bidang juga bisa Anda lihat selama perjalanan.

6. Kondisi Air Terjun yang Telah Ditata Begitu Cantik

Kondisi dari air terjun ini memang tampak begitu cantik. Kawasan kolam ditata sedemikian rupa, sehingga membuatnya begitu rapi dan indah. Itulah yang akhirnya membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.

Selain itu, oleh karena air terjun berada dekat dengan menara pandang tele, maka hal itu akhirnya membuat Anda bisa menyaksikan Keindahan Danau Toba dari tempat ini. Mestinya hal tersebut membuat liburan Anda jadi semakin seru dan menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Efrata
Image Credit: Google Maps Jhon Fran A Sidauruk

Untuk Anda yang berencana pergi ke tempat wisata, maka Anda harus segera meluncur ke Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Samosir. Air Terjun Efrata tepatnya berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian.

Jalan untuk menuju ke air terjun ini memang tidaklah sulit seperti ketika Anda ingin menuju ke lokasi air terjun pada umumnya. Jalanan utama untuk menuju ke lokasi tersebut saat ini telah cukup bagus untuk bisa dilalui oleh kendaraan. Selama perjalanan, Anda pun akan dihibur oleh pemandangan berupa pegunungan serta perkebunan yang begitu elok.

Tempat wisata tersebut memang cocok untuk dijadikan sebagai area wisata keluarga. Hal itu dikarenakan akses jalannya yang sudah bagus dan bisa dilalui oleh roda empat maupun roda dua. Jalan menuju air terjun dari lokasi hanya berkisar 10 menit. Tracking pertama dari lokasi nantinya akan melewati jalur yang telah berbentuk tembok dan juga cukup lebar.

Di sisi kanan jalan Anda akan menemukan adanya pembatas jalan yang telah memiliki bentuk serupa tembok. Karena area di bawahnya terdapat aliran air yang begitu deras, sehingga pembatas tersebut merupakan fasilitas yang akan menjaga kenyamanan dan juga keamanan bagi para pengunjung.

Di sisi kiri, Anda akan menemukan lapisan bebatuan yang tersusun begitu rapi dengan warna hitam dan juga merah terdapat di sepanjang lapisan. Orang-orang yang tinggal di area sekitar menyebutnya dengan nama tembok penyangga tebing.

Setelah Anda melalui jalur tersebut, nantinya Anda akan menjumpai lokasi Air Terjun Efrata. Untuk sampai di lokasi kolam air terjun, nantinya para pengunjung akan menuruni tangga yang kokoh ataupun Anda bisa melewati jembatan tembok yang terhubung langsung ke area kolam.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Efrata
Image Credit: Twitter Bonpasnews

Harga tiket untuk bisa menyaksikan keindahan air terjun terbilang cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 10.000 saja untuk tiap orangnya. Namun perlu diketahui bahwasannya harga bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pihak pengelola tempat wisata.

Namun sekalipun terjadi kenaikan harga, pastinya tidak akan jauh-jauh dari harga yang sudah disebutkan di atas. Air Terjun Efrata ini memang termasuk dalam salah satu tempat wisata yang murah meriah. Bagi Anda yang ingin menuju ke tempat ini, maka bisa datang kapan pun Anda mau. Tempat wisata di buka 24 jam penuh.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Efrata

Aktivitas di Air Terjun Efrata
Image Credit: Instagram Widhi Sigalingging

1. Bermain Air

Terdapat banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di Air Terjun Efrata. Salah satu aktivitas itu adalah bermain air. Kegiatan ini pastinya akan membuat siapapun merasa bersemangat. Disanalah nantinya Anda bisa menceburkan kaki ke dalam air, berendam, renang ataupun juga mandi.

2. Menikmati Keindahan Alam

Jika Anda sudah puas bermain air, maka aktivitas berikutnya yaitu bersantai dan menikmati keindahan panorama alam yang tersaji disana. Anda bisa duduk di area pinggiran anak sungai sambil lalu merendam kaki di dalam air. Kesegaran air bisa Anda rasakan melalui kulit kaki Anda ditambah dengan suasana yang begitu damai membuat Anda akan merasa tenang.

3. Tracking

Aktivitas yang satu ini pastinya sangat cocok bagi Anda para pecinta olahraga alam. Air terjun memang menawarkan kegiatan tracking bagi pengunjungnya. Hal itu dikarenakan Air Terjun Efrata tersebut berada di kedalaman hutan, sehingga membuat Anda harus melakukan perjalanan dengan tracking ke area hutan yang begitu lebat.

4. Bercamping

Kegiatan camping bersama dengan teman ataupun sanak famili tentu menjadi aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan bagi Anda yang ingin menginap. Jangan lupa untuk membawa persediaan makanan, sehingga nantinya ketika malam tiba Anda bisa menikmati makanan tersebut sambil menyaksikan keindahan malam hari di area wisata.

5. Berburu Foto

Untuk aktivitas terakhir yaitu berburu foto. Ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa ditemukan selama mengunjungi Air Terjun Efrata. Keindahan alamnya yang begitu mempesona pasti akan menghasilkan jepretan foto yang layak untuk Anda pamerkan di laman instagram.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Efrata
Image Credit: Google Maps Peter chandra Alam

Saat memutuskan untuk berlibur salah satu hal yang menjadi pertimbangan pastinya yaitu fasilitas dari tempat wisata. Air Terjun Efrata merupakan salah satu tempat wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik, karena itu Anda bisa menemukan fasilitas yang terbilang memadai. Di sana telah tersedia tempat parkir yang luas dan juga aman.

Fasilitas umum seperti toilet juga telah tersedia, tapi lokasi dari toilet tersebut memang berada cukup jauh dari air terjun. Jumlah toilet di tempat ini memang masih tidak terlalu banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi toilet sangat bersih.

Bagi Anda yang kebetulan tidak membawa bekal makanan, maka tidak perlu merasa khawatir karena di sana sudah tersedia warung atau rumah makan yang berada di dekat loket. Jarak air terjun dengan loket sendiri kurang lebih 100 meter dan jalur trekking yang harus dilalui tidak terlalu berat.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Air Terjun Efrata yang perlu untuk Anda simak dan ketahui. Air terjun ini memang menawarkan keindahan yang lain dari air terjun pada umumnya. Berkunjung ke tempat tersebut pastinya akan membuat liburan Anda jadi terasa lebih menyenangkan. Karena itu, tak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke tempat ini.