Bukit Bintang Bandung, Pesona Keindahan Alam di Puncak Paris Van Java

Bukit Bintang Bandung

Lokasi: Jl. Cagak No.17, Cimenyan, Kec. Cimenyan, kota Bandung.
MapCek Lokasi

Mendapat julukan sebagai Paris Van Java, Bandung memang memiliki banyak pesona yang menarik para wisatawan datang. Ada banyak atraksi yang ditawarkan di daerah ini. Alam Bandung pun memiliki pesona dan keindahan tersendiri yang siap memikat hati wisatawan.

Ada banyak tempat wisata menarik di daerah Bandung, dan salah satunya yang sedang hits adalah Bukit Bintang Bandung. Lokasi ini menjadi wisata alam yang cukup murah meriah bagi warga Bandung dan sekitarnya. Cocok untuk menjadi destinasi liburan terdekat di akhir pekan.

Suasana yang sejuk dengan pemandangan memukau menjadi daya tarik dan alasan banyak orang mengunjungi Bukit Bintang. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Hal tersebut membuat banyak wisatawan terutama kaum muda yang datang dan menikmati pemandangan Bukit Bintang.

Pengelolaan objek wisata ini cukup baik dengan menyediakan fasilitas yang lengkap. Berikut adalah informasi lengkap mengenai objek wisata Bukit Bintang.

Daya Tarik Bukit Bintang Bandung

Daya Tarik Bukit Bintang Bandung

Image Credit: Pegipegi.com

Setiap tempat wisata di Bandung nyatanya memiliki daya pikat sendiri. Bukit Bintang Bandung pun menawarkan banyak daya tarik untuk para pengunjung atau wisatawan yang datang. Berikut beberapa daya tarik dari objek wisata alam Bukit Bintang, Bandung.

1. Hutan Pinus

Objek wisata ini menawarkan wisata alam berupa hutan pinus. Suasana yang asri dengan beberapa suara satwa yang bisa terdengar pengunjung. Cocok untuk liburan bagi Anda yang ingin ketenangan atau sekedar menyegarkan pikiran.

2. Dermaga

Terdapat sebuah tangga seperti yang ada di dermaga-dermaga. Pengunjung Bukit Bintang dapat berjalan-jalan santai di dermaga bukit. Spot ini merupakan salah satu titik favorit untuk para pengunjung menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

3. Camping

Bagi Anda yang ingin menikmati malam di hutan, camping di puncak Bukit Bintang akan menjadi kegiatan seru yang bisa dicoba. Wisatawan di objek wisata ini dapat menyewa perlengkapan kemah seperti tenda untuk menikmati suasana malam alam Bandung.

Spot Foto Keren di Bukit Bintang

Spot Foto Keren di Bukit Bintang

Image Credit: Brobali.com

Kurang lengkap rasanya apabila Anda yang datang ke Bukit Bintang tidak berfoto-foto. Pemandangan alam dan spot foto keren akan banyak ditemui di tempat wisata ini. Berikut beberapa spot foto favorit bagi para pengunjung Bukit Bintang Bandung.

1. Hutan Pinus

Area hutan pinus yang rindang ini masih menjadi spot menarik untuk berfoto-foto. Pengunjung juga bisa menggunakan hammock untuk foto yang lebih instagramable di area hutan pinus.

2. Dermaga Bintang

Tulisan besar Dermaga Bintang yang berada di puncak bukit banyak menarik rasa penasaran para pengunjung. Spot ini juga menjadi titik favorit untuk wisata mengambil foto.

3. Patahan Lembang

Spot ini adalah titik terbaik untuk bisa mengambil foto dengan pemandangan alam Bandung dari ketinggian. Anda bisa menghadap bukit sehingga pemandangan kota Bandung bisa tertangkap kamera.

4. Area Camping

Area untuk bermalam bagi pengunjung Bukit Bintang ini berada di hutan pinus. Spot ini merupakan titik terbaik untuk mengambil foto hutan di malam hari. Pemandangan hutan dengan lampu-lampu bisa menjadi foto keren untuk mengisi feed instagram.

5. Landscape Perbukitan

Landscape dari perbukitan yang cukup miring bisa menjadi spot terbaik untuk berfoto-foto. Apalagi jika Anda mengambil foto Bukit Bintang saat sore hari. Pemandangan matahari terbenam dapat dinikmati dan untuk latar foto Anda yang keren.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Bintang

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Bintang

Image Credit: Indonesia.tripcanvas.co

Pengelolaan tempat wisata Bukit Bintang dapat dibilang bagus. Pengelola sudah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk wisatawan. Pengunjung pun dapat menikmati Bukit Bintang dengan lebih nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan di objek wisata Bukit Bintang Bandung.

1. Warung Makan

Walaupun tergolong wisata alam yang murah, pengelola sudah menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Tersedia warung makan yang menjual berbagai makanan dan minuman.

2. Penginapan

Pengunjung bisa menggunakan penginapan yang cukup mudah di temukan di sekitar Bukit Bintang. Penginapan cocok untuk Anda yang takut bermalam di udara luar tetapi ingin merasakan suasana malam di perbukitan.

3. Trek Hiking

Jalur trek merupakan fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin jalan-jalan di tengah hutan. Selain dengan jalan kaki, wisatawan bisa menggunakan jalur ini untuk spot foto-foto yang tentunya instagramable.

4. Toilet

Berlibur ke Bukit Bintang tidak perlu khawatir jika ingin buang air. Fasilitas toilet yang bersih juga tersedia untuk pengunjung.

5. Parkir

Kebanyakan wisatawan yang datang ke objek wisata alam ini menggunakan kendaraan pribadi karena memang lebih mudah. Pengunjung bisa menitipkan sepeda motor dan mobil di tempat parkir yang sudah disediakan.

6. Tempat Ibadah

Terdapat mushola kecil atau tempat ibadah yang bisa digunakan wisatawan. Tempatnya cukup bersih dan nyaman untuk beribadah.

Jam Operasional & Harga Tiket Bukit Bintang Bandung

Jam Operasional & Harga Tiket Bukit Bintang Bandung

Image Credit: Dedeevin.blogspot.com

Objek wisata Bukit Bintang ini termasuk salah satu destinasi liburan yang cukup murah meriah. Cocok untuk Anda yang ingin mengisi liburan tanpa khawatir budget. Tiket masuk untuk Pengunjung Bukit Bintang sangat terjangkau.

Pengunjung yang datang dikenai tarif masuk 15 ribu untuk setiap orang. Jika membawa kendaraan pribadi, tarif parkir kendaraannya adalah 5 ribu untuk sepeda motor dan 10 ribu untuk mobil. Jika Anda tertarik untuk melakukan camping di objek wisata ini, pengelola menyediakan paket camping. Biaya untuk kegiatan ini atau untuk sewa tenda adalah 20 ribu untuk setiap orangnya.

Objek wisata Bukit Bintang ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Anda bisa datang kapan saja karena tempat ini buka selama 24 jam. Wisatawan bisa datang pagi, siang, atau sore hari untuk menikmati pemandangan Bukit Bintang.

Lokasi & Rute Menuju Bukit Bintang

Lokasi & Rute Menuju Bukit Bintang

Image Credit: Satulensa.com

Objek wisata bukit di Bandung ini berada di wilayah KPH Bandung Utara tepatnya di Desa Buntis Bongkor. Pengunjung dapat mencapai bukit melalui jalan yang cukup bagus. Banyak petunjuk sehingga pengunjung akan lebih mudah menemukan lokasinya.

Informasi tempat wisata populer di Bandung ini juga banyak di internet. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Bukit Bintang, bisa mencari informasinya langsung di mesin pencari untuk informasi lokasi yang lebih lengkap. Jika masih bingung, Anda bisa bertanya-tanya ke warga sekitar untuk lokasi Bukit Bintang.

Objek wisata hits di Bandung ini memiliki akses yang mudah, terlebih jika Anda membawa kendaraan sendiri. Bukit Bintang dapat dicapai baik dengan sepeda motor maupun mobil. Lokasinya berada di wilayah perhutani Bandung Utara dan bisa diakses melalui Jalan Padasuka rute Cicaheum.

Anda bisa mengambil arah Padasuka sebelum memasuki perempatan Cicaheum yang arah terminal. Rute dari jalan ini mulai menanjak, jadi Anda sebaiknya menggunakan kendaraan yang prima dan selalu berhati-hati.

Jalan menuju Bukit Bintang cukup bagus. Sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan alam Bandung. Perkampungan warga hingga perkebunan-perkebunan menjadi pemandangan yang menemani perjalanan Anda menuju Bukit Bintang, Bandung.

Tips Berwisata ke Bukit Bintang Bandung

Tips Berwisata ke Bukit Bintang Bandung

Image Credit: Wisataidn.com

1. Perhatikan Kondisi Cuaca

Objek wisata alam Bukit Bintang termasuk tempat terbuka, jadi cuaca sangat penting untuk diperhatikan. Hindari datang saat hujan, lebih disarankan untuk datang saat cuaca cerah. Waktu terbaik untuk datang adalah pagi, sore, dan malam, jika Anda tidak ingin terkena terik matahari di siang hari.

2. Gunakan Alas Kaki dan Pakaian yang Nyaman

Wisatawan yang datang ke Bukit Bintang Bandung pastinya akan jalan kaki naik turun bukit. Oleh sebab itu, saat akan datang ke tempat ini sebaiknya menggunakan pakaian santai yang menyerap keringat dan alas kaki yang nyaman.

3. Membawa Topi dan Kacamata

Selain untuk pelengkap fashion, topi dan kacamata perlu dibawa karena bisa menjadi pelindung saat  cuaca terik. Jika perlu, Anda bisa membawa payung untuk berjaga-jaga dari hujan yang tiba-tiba.

4. Membawa Kamera

Kamera adalah perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan ke Bukit Bintang Bandung. Ada banyak spot foto yang kece dan instagramable yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Jika ingin foto yang bagus, sebaiknya Anda juga membawa perlengkapan foto lain seperti tripod.

5. Membawa Bekal Secukupnya

Makanan dan minuman bisa dibawa wisatawan untuk bekal saat berlibur di Bukit Bintang. Namun sebaiknya membawa secukupnya saja agar tidak terlalu berat mengingat nanti Anda harus menaiki tangga menuju puncak tebing dan warung pun sudah tersedia di sana.

Itulah beberapa daya tarik dan fasilitas mengenai Bukit Bintang Bandung yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berkunjung. Siapkan perlengkapan Anda dan nikmati liburan menyenangkan di wisata alam Bukit Bintang.