Palangkaraya merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini menyimpan seribu pesona wisata yang wajib untuk dikunjungi. Destinasi Kota Palangkaraya akan memikat setiap mata yang melihat pesonanya.

Pesona wisata Palangkaraya terdiri dari beberapa destinasi yang dapat Kamu nikmati, seperti wisata sejarah, wisata kekayaan budaya, pesona alam Palangkaraya, maupun pantai yang sangat indah. Masukanlah Kota Palangkaraya sebagai destinasi wisata liburan Kamu.

Tempat wisata di Palangkaraya memiliki kekhasan tersendiri dan berbeda daripada destinasi wisata lainnya. Untuk mempermudah Kamu mengetahui berbagai objek wisata di Palangkaraya berikut akan di ulas 25 tempat wisata di Palangkaraya yang paling hits dan kekinian.

1. Taman Nasional Tanjung Putting

Taman Nasional Tanjung Puting
Image Credit: Genpi.co

Jika Anda ingin melihat berbagai satwa yang berada di Kalimantan Tengah, silahkan mengunjungi Taman Nasional Tanjung Putting. Tanjung Putting merupakan salah satu tempat wisata yang digunakan untuk melindungi satwa langka supaya tidak punah, dan bisa dikenal sampai anak cucu kita nantinya.

Destinasi wisata Tanjung Putting dapat dijadikan sebagai destinasi untuk pendidikan. Di mana para pelajar dapat mengetahui berbagai jenis satwa yang ada di dalamnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Cabang, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

2. Taman Nasional Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Raya
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata alam ini wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Palangkaraya. Hal tersebut karena Kamu akan disuguhkan hutan lindung alamiah yang tidak akan ditemukan di wilayah lainnya khususnya Pulau Jawa. Di tempat ini berkumpul berbagai hewan endemik khas pulau borneo.

Taman Nasional Bukit Raya ini merupakan salah satu hutan lindung yang berfungsi sebagai rumah beberapa hewan endemik seperti baung adung, beruk sikan seluang, orang utan, dan beberapa satwa lainnya. Berkunjung ke tempat ini Kamu membuat Kamu lebih mencintai satwa liar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rantau Malam, Kec. Serawai, Kab. Sintang, Kalimantan Barat.

3. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang

Rumah Adat Dayak Pasir Panjang
Image Credit: Kaltengpos.co

Salah satu warisan budaya yang ada di Kalimantan Tengah tepatnya di Desa Pasir Panjang adalah Rumah Pasir Panjang. Rumah ini merupakan rumah yang dihuni oleh suku Dayak dengan beberapa keluarga di dalamnya, hingga 100-150 jiwa orang.

Panjang rumah sekitar 10-30 meter dan terdapat pendopo yang berada di bawah rumah tersebut. Wisata Rumah Pasir Panjang ini tidak kalah menariknya dengan wisata lain yang berada di Palangkaraya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Utama Pasir Panjang, Pangkalan Bun, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin, Kalimantan Tengah.

4. Sungai Kahayan

Sungai Kahayan
Image Credit: Djavavista.co.id

Sungai Kahayan merupakan salah satu sungai yang terpanjang di Pulau Kalimantan. Sungai ini sangat luas dan membelah Kota Palangkaraya. Keindahan sungai ini membuatnya menjadi salah satu objek wisata yang cukup diminati oleh para traveler.

Menelusuri Sungai Kahayan Kamu akan disuguhkan pemandangan keindahan alam yang masih asri dan terpelihara. Selain itu Kamu juga dapat melihat kehidupan suku asli pulau borneo yaitu suku dayak yang banyak menghuni kawasan pinggiran Sungai Kahayan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kahayan, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

5. Fantasy Beach

Fantasy Beach
Image Credit: Google Maps (The Mas Empire)

Berbeda dengan wisata lainnya, Fantasy Beach, mungkin menurut Anda tempat wisata ini merupakan wisata pantai, tetapi nyatanya, tempat wisata Fantasy Beach adalah wisata danau buatan bekas penggalian pasir pada masanya.

Banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk mengunjungi Fantasy Beach ini, karena tempatnya yang sejuk dan juga menarik, terdapat beberapa hiburan atau permainan, salah satunya adalah flying fox.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marang, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

6. Danau Tahai

Danau Tahai
Image Credit: Ksmtour.com

Daya tarik utama dari Danau Tahai yaitu danau gambut yang cukup luas dengan warna air yang kemerahan serta rimbunya pepohonan dan akar-akar gambut yang menjalar di perairan. Di lokasi ini juga dapat ditemui beberapa rumah terapung yang cukup menarik.

Rumah terapung yang berada di Danau Tahai dikenal dengan nama “Rumah Lanting”. Rumah ini terkoneksi satu sama lainnya dengan sebuah jembatan kayu. Berjalan di sekitar rumah lanting dan berswafoto si sana akan membuat instagram Kamu kebanjiran like dari para sahabat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tahai, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

7. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau
Image Credit: Ksmtour.com

Taman Nasional Sebangau digunakan untuk menjaga kelestarian hewan langka dan terancam punah. Lokasi TN Sebangau berada di antara 2 sungai besar, yakni sungai Katingan dan sungai Sebangau, Palangkaraya.

Wisata Sebangau tidak akan mengecewakan Anda, ada banyak sekali yang bisa Anda kunjungi di tempat wisata ini. Anda bisa menyusuri sungai dengan menaiki perahu yang telah disediakan dengan harga sewa 450 ribu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

8. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng
Image Credit: Getborneo.com

Nyaru menteng merupakan salah satu objek wisata yang merupakan salah satu penangkaran orang utan di Kota Palangkaraya. Objek wisata ini dikelola oleh yayasan borneo orang utan survival. Tujuanya yaitu untuk melestarikan orang utan yang merupakan satwa dilindungi.

Berkunjung ke tempat ini Kamu akan bertemu dengan kumpulan orang utan yang hidup damai di habitatnya. Walaupun tempat ini sebagai penangkaran namun oleh pengelola di setting agar tempat ini seperti layaknya alam bebas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komplek Arboretum Nyaru Menteng, Jl. Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

9. Pesona Alam Lestari

Pesona Alam Lestari
Image Credit: Google Maps (Aditya Eko Yudhi)

Bagi Anda yang bingung mencari tempat liburan bersama keluarga, silahkan mengunjungi Pesona Alam Lestari yang berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Banyak sekali pemandangan yang bisa Anda saksikan dan fasilitas yang ada di tempat wisata ini juga sudah lengkap.

Salah satu fasilitas yang ada di tempat wisata ini, yakni pondok atau tempat yang digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Ada bantal dan juga karpet yang telah disediakan, dan Anda hanya tinggal menikmati saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kereng Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

10. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling
Image Credit: Ksmtour.com

Di objek wisata Bukit Tangkiling Kamu dapat melakukan kegiatan tracking dengan menjelajahi keindahan alam yang masih perawan. Hijaunya pepohohan yang rimbun membuat suasana menyenangkan selama perjalanan.

Sampai di puncak bukit Kamu dapat melihat wisata rohani yaitu beberapa tempat biara pertampaan. Warga sekitar menyebutnya sebagai bukit doa karmet. Selain itu dapat ditemukan pura kaharingan dan pura paseban yang berdampingan satu sama lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tangkiling, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

11. Rumah Adat Betang Palangkaraya

Rumah Adat Betang Palangkaraya
Image Credit: Google Maps (Giovanni Gilbiyanto)

Terdapat beberapa rumah adat yang berada di Kalimantan dengan struktur rumah panggung dan memanjang. Rumah adat itu terletak di beberapa daerah, di Kalimantan Tengah dinamakan Rumah Adat Betang.

Rumah Betang yang berada di Kalimantan Tengah ini dihuni oleh suku Dayak. Banyak yang bisa dipelajari dan diambil secara filosofi dari rumah adat peninggalan suku Dayak ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

12. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahyahan
Image Credit: Pegipegi.com

Objek wisata ini merupakan sebuah jembatan megah yang berada di Kota Palangkaraya. Jembatan ini memiliki panjang 640 meter yang membelah Sungai Kahayan. Jembatan ini menjadi tulang punggung untuk menyambungkan Kota Palangkaraya.

Berkunjung ke tempat ini disarankan pada malam hari. Hal tersebut karena jembatan ini akan terlihat lebih indah karena dinyalakanya lampu yang berwarna warni oleh dinas setempat. Kamu belum ke Palangkaraya kalau belum berfoto di Jembatan Kahyahan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kapten Piere Tendean, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

13. Bundaran Besar Palangkaraya

Bundaran Besar Palangkaraya
Image Credit: Bloggerkalteng.id

Palangkaraya bisa dikatakan dengan tata letak kota yang strategis. Karena pada masa Presiden Soekarno, Kota Palangkaraya dibangun berdasarkan instruksinya. Salah satunya diawali dengan pembangunan Bundaran Besar Palangkaraya sebagai letak pusat kota dan bundaran ini terhubung dengan enam jalan.

Banyak para pendatang dari luar kota Palangkaraya atau luar Kalimantan yang mengunjungi Bundaran Besar ini. Di area bundaran ini biasanya digunakan untuk berolahraga, bersantai, dan berjualan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

14. Museum Balanga

Museum Balanga
Image Credit: Tirtanindya.weebly.com

Bagi Kamu yang ingin menambah khasanah pengetahuan mengenai pulau borneo dan suku dayak khususnya dapat berkunjung ke museum balanga. Meseum ini menyimpan berbagai jenis barang asli suku dayak dan berbagai teks book mengenai pulau borneo dan suku dayak.

Museum Balanga juga menyimpan berbagai artefak yang sangat langka. Lokasi museum yang tidak jauh dari pusat kota palangkaraya membuat Kamu tidak perlu kesulitan untuk berkunjung ke tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tjilik Riwut, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

15. Masjid Raya Darussalam

Masjid Raya Darussalam
Image Credit: Twitter.com @infoplk

Masjid yang berada di Kota Palangkaraya ini tidak kalah menarik dengan wisata yang lain. Masjid Raya Darussalam termasuk dalam wisata religi yang dikunjungi oleh wisatawan ketika menginjakkan kaki di Kota Palangkaraya.

Masjid ini terbilang unik, karena bangunan masjid tersebut dibangun berdasarkan campuran etnik lokal dan timur tengah, dengan model kubah yang dibentuk tajam dan berlapis tiga. Selain itu, masjid ini terdapat tameng atau perisai yang menyerupai suku asli Kalimantan Tengah, yakni suku Dayak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. G. Obos, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

16. Taman Kum Kum

Taman Kum Kum
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu objek wisata yang wajib untuk Kamu kunjungi apabila pelesiran ke Kota Palangkaraya yaitu Taman Kum Kum. Taman ini merupakan sebuah kebun binatang yang menyuguhkan berbagai satwa khas pulau borneo. Namun, jangan terlalu berekspektasi berlebihan karena satwa yang berada di sini tidak banyak.

Taman Kum Kum bisa dibilang sebagai kebun binatang mini. Kesejukan dan hijaunya alam membuat taman wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Berlibur ke tempat ini akan membuat stress Kamu hilang seketika karena kesejukan dan indahnya pemandangan yang disajikan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wisata No.1, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

17. Agrowisata Nanas

Agrowisata Nanas
Image Credit: Google Maps (Nanas Madu Basarang)

Selain wisata religi dan juga wisata sejarah, terdapat agrowisata yang bisa dikunjungi di Palangkaraya. Banyak sekali kebun nanas yang berderet di kota Palangkaraya.

Agrowisata Nanas tidak hanya menyuguhkan buah nanas saja, Anda bisa belajar cara budidaya nanas sampai memetik nanas itu sendiri. Pemandangan di Agrowisata Nanas tidak kalah juga dengan wisata lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trans Kalimantan No.Km 11, Basarang Jaya, Kec. Basarang, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah.

18. Arboretum Nyaru Menteng

Arboretum Nyaru Menteng
Image Credit: Tantular.com

Tidak jauh dari penangkarang orang utan nyaru menteng Kamu akan dapat menikmati destinasi wisata lainnya yaitu arboterum nyaru menteng. Tempat ini merupakan pusat konservasi flora dan fauna khas pulau borneo.

Kawasan Arboretum Nyaru Menteng ini memiliki luas lokasi hingga mencapai 65 hektare. Di sini Kamu dapat bertemu dengan aneka burung, beruang madu, biawak, monyet, dan beberapa jenis hewan lainnya di alam terbuka. Berkunjung ke tempat ini akan membuat Kamu menikmati suasana yang berbeda dari wisata alam lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

19. Wisata Flamboyan Bawah

Wisata Flamboyan Bawah
Image Credit: Instagram.com @infopky

Wisata Flamboyan merupakan salah satu wisata yang ada di Kota Palangkaraya. Dermaga Flamboyan berada di daerah lingkungan yang padat penduduk.

Tempat wisata ini telah difasilitasi dengan beberapa fasilitas, seperti penginapan atau rumah di dekat Sungai Kahayan, sehingga pengunjung bisa bersantai di penginapan dengan melihat keindahan Sungai Kahayan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langkai, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

20. Taman Kota Palangkaraya

Taman Kota Palangkaraya
Image Credit: Indonesiakaya.com

Bagi Kamu yang ingin bersantai sore hari di Pusat Kota Palangkaraya dapat berkunjung ke taman kota Palangkaraya. Berkunjung ke tempat ini Kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Hal itu karena lokasi ini merupakan fasilitas yang disediakan khusus oleh Pemerintah Daerah Palangkaraya untuk Wisatawan maupun warga sekitar.

Taman Kota Palangkaraya merupakan tempat favorit bagi pemuda dan pemudi Palangkaraya untuk menghabiskan sore hari. Di lokasi ini sangat cocok untuk berswafoto karena pemandanganya sungguh indah untuk dipandang. Terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati seperti tempat ibadah, kamar mandi, patung burung engkrang khas palangkaraya, dan berbagai spot foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

21. Taman Pasuk Kameloh

Taman Pasuk Kameloh
Image Credit: Google Maps (Silvia Indonesia)

Taman Pasuk Kameloh merupakan tempat wisata yang banyak digunakan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga, pasangan, atau teman. Taman Pasuk ini lebih indah jika dikunjungi waktu malam hari, karena dihiasi lampu yang menambah keromantisan tempat ini.

Taman Pasuk Kameloh ini bisa dikatakan sebagai ikon Kota Palangkaraya. Banyak berbagai hiburan di taman ini, salah satunya ada badut dan wahana yang menarik untuk anak-anak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. S. Parman, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

22. Tugu Soekarno Palangkaraya

Tugu Soekarno Palangkaraya
Image Credit: Disbudpar.palangkaraya.go.id

Presiden pertama Negara Indonesia Ir. Soekarno pernah mewacanakan untuk pemindahan ibu kota negara ke Kota Palangkaraya. Peristiwa itu membuat di bangunya tugu Soekarno di Kota Palangkaraya. Tugu ini didirikan pada tanggal 17 Juli tahun 1957.

Tugu ini juga menjadi saksi sejarah terbentuknya ibu kota Kalimantan Tengah yaitu Kota Palangkaraya. Tugu ini berbentuk segi lima yang melambangkan dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila. Para traveller yang berkunjung ke Palangkaraya umumnya menyempatkan diri untuk sejenak berfoto di Tugu Soekarno ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langkai, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

23. Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya merupakan salah satu destinasi yang harus Kamu kunjungi. Aktivitas yang dapat Kamu lakukan di tempat ini yaitu arung jeram, tracking pegunungan, wisata budaya, melihat keindahan sungai, dan melihat berbagai satwa liar.

Taman nasional ini merupakan hutan konservasi yang terdiri dari hutan perbukitan, pegunungan, dataran, serta hutan lumut. Tempat ini akan menyuguhkan pemandangan yang indah dan juga fasilitas yang lengkap seperti akomodasi penginapan dan lain sebagainya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rantau Malam, Kec. Serawai, Kab. Sintang, Kalimantan Barat.

24. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Kamu penikmat sunset dapat berkunjung ke Pantai Ujung Pandaran. Pantai ini merupakan spot terbaik untuk melihat sunset di pinggir pantai. Birunya laut dan suara deburan ombak akan membuat sore hari Kamu sungguh sempurna.

Selain spot terbaik untuk sunset, pantai ini juga merupakan salah satu objek wisata budaya. Pasalnya di pantai ini sering diadakan ritual Simah Laut. Ritual itu dilakukan oleh warga karena dipercaya dapat menolak bala dan malapetaka.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

25. Kalawa Waterpark

Kalawa Waterpark
Image Credit: Youtube.com (Yandi Ugang)

Kalawa Waterpark merupakan salah satu objek wisata yang sempurna untuk bermain air di tengah Kota Palangkaraya. Berbagai fasilitas lengkap dibuat untuk memuaskan para pengunjung. luas wilayah destinasi ini yaitu 3 hektare.

Di tempat ini Kamu dapat bermain dengan berbagai wahana permainan yang diciptakan seperti kiddy pool, lazy river, dan kalawa slide. Ajak anak dan keluarga Kamu ke tempat ini untuk menikmati berbagai destinasi yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Itulah Daftar Tempat Wisata di Palangkaraya yang dapat menjadi pilihan. Berwisata dapat menghilangkan kepenatan dan stress pekerjaan. Sisihkanlah sedikit waktu Kamu dengan mengajak keluarga, teman, dan kerabat untuk berlibur menikmati indahnya Pesona Palangkaraya.