Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 08.30-15.30 WIB, Alamat: Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Taman Sungai Mudal merupakan tempat wisata yang memiliki panorama alam indah di Kulon Progo yang dapat membuat siapapun merasa nyaman dan ingin berlama-lama di sini. Maka tidak heran bahwa kawasan wisata ini menjadi salah satu destinasi unggulan yang berada di kabupaten ini.

Keindahan alam yang ditawarkan di kawasan wisata ini salah satunya yaitu terdapat sebuah kolam pemandian alami yang didominasi oleh warna hijau kebiruan. Kolam ini nampak begitu asri dan segar, hal ini tentu saja dapat menggoda pengunjung untuk merasakan kesegaran air dengan menceburkan diri ke kolam.

Kolam pemandian yang ada di sini berasal dari sumber mata air alami, jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa kolam ini memiliki air yang begitu segar. Selain itu, udara yang ada juga sangat sejuk, sehingga membuat tempat wisata ini cocok menjadi pilihan destinasi wisata keluarga.

Daya tarik yang Dimiliki Taman Sungai Mudal

Daya Tarik Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Muhammad Muzhar

1. Keindahan Taman

Daya tarik pertama yang terdapat di kawasan wisata Taman Sungai Mudal ini yaitu keberadaan taman indah yang mengelilingi area kolam. Taman yang dilengkapi dengan bunga bunga cantik ini dapat membuat orang yang melihat taman ini terpesona dengan keindahannya.

Di taman ini juga terdapat jalur trekking yang tersusun begitu rapi. Anda dapat berjalan jalan mengelilingi taman sambil menikmati keindahan yang ada. Dengan berjalan jalan di area taman ini, Anda dapat sejenak merefreskan pikiran dari segala penat yang Anda rasakan. Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat di beberapa gazebo yang tersedia di sekitar kawasan.

2. Berbagai Wahana Seru

Keberadaan berbagai wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung juga menjadi salah satu daya tarik yang ada di kawasan wisata ini. Ragam wahana menyenangkan yang dapat Anda coba di sini yaitu wahana flying fox, camping ground, dan lain lain.

3. Kolam Pemandian Alami

Kolam pemandian alami ini merupakan salah satu daya tarik utama yang terdapat di Taman Sungai Mudal. Kolam ini memiliki keindahan yang begitu menawan dengan memiliki warna air kolam hijau tosca yang begitu. Ketika cuaca sedang cerah, area kolam ini akan terlihat semakin cantik dengan dihiasi pantulan langit biru dan awan awan yang ada di permukaan air.

Terdapat dua kolam di kawasan wisata ini, yaitu kolam yang ditujukan bagi pengunjung dewasa dan juga kolam yang ditujukan bagi pengunjung anak anak. Air di kolam alami ini terasa begitu segar, hal ini disebabkan sumber air kolam ini berasal dari sumber mata air alami.

Bagi Anda yang takut untuk berenang di kolam, Anda bisa menyewa pelampung dari pihak pengelola dan menggunakannya di area kolam. Dengan begitu, Anda tetap dapat menikmati kesegaran air kolam tanpa takut akan kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi.

Daya Tarik Dimiliki Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Ridhwan Al Ma’ruf

4. Mata Air Sungai Mudal

Ketika berwisata ke tempat wisata ini, Anda akan dapat menemukan sebuah sumber mata air yang sudah dikembangkan dengan baik oleh para pengelola, yakni sumber mata air Sungai Mudal. Sumber mata air ini dikembangkan dengan diberi seng dan bambu untuk memudahkan pengunjung menjangkaunya.

Sumber mata air ini berada di sebuah bilik yang mirip dengan kamar mandi. Walaupun memiliki tampilan bilik yang using dan terlihat tua, tetapi kesegaran air dari sumber mata air ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Airnya pun terlihat begitu bersih dan jernih.

5. Air Terjun Cantik

Air terjun yang ada di kawasan wisata ini selalu mengalir dan tidak pernah mengering walaupun tidak sedang musim hujan. Hanya saja jumlah atau debit air yang mengalir tidak begitu deras, hal ini dikarenakan sumber mata air pada air terjun ini berasal dari sumber alami goa yang ada di Perbukitan Menoreh.

Dari air terjun ini jugalah air air dapat mengalir menuju sungai dan kolam yang berada di bawahnya. Batuan berundak yang dialiri air terjun juga semakin memperkuat kesan indah di tempat ini. Batuan berwarna kuning yang berada di balik air terjun pun terlihat begitu jelas sebab air pada air terjun ini memiliki warna yang jernih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Sy Maro

Destinasi wisata dengan keindahan alam yang masih terjaga ini berada di Kecamatan Jati Mulyo, yaitu kecamatan yang masih masuk ke dalam kawasan Kabupaten Kulon Progo. Lokasi Taman Sungai Mudal ini terbilang strategis dan cukup mudah untuk ditemukan oleh Anda yang baru pertama kali ke kawasan wisata ini.

Rute perjalanan untuk menuju lokasi wisata ini dimulai dari perempatan yang terdapat di Tugu Jogja. Dari sini Anda bisa belok ke barat dan menuju arah Jalan Godean sampai melewati Pasar Godean dan Jembatan Sunai Progo. Setelah itu, Anda akan sampai di pertigaan, dari sini Anda bisa belok kanan menuju arah Goa Kiskendo.

Selanjutnya lurus saja dan belok kiri setelah bertemu pertigaan hutan pinus. Kemudian Anda hanya perlu belok kiri menuju arah Kokap dan tinggal mengikuti petunjuk arah yang tersedia hingga sampai pada lokasi tujuan.

Disarankan Anda menggunakan kendaraan sepeda motor untuk menuju lokasi wisata Taman Sungai Mudal ini. Sebab mengingat jalan yang akan Anda lalui cukup terjal dengan medan sempit dan naik turun. Namun bukan berarti tidak dapat menggunakan mobil untuk ke menuju ke kawasan lokasi ini, Anda hanya perlu lebih berhati hati saat mengendarai kendaraan roda empat.

Jarak yang akan Anda tempuh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 38 km. Atau sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan tergantung dengan laju kecepatan kendaraan yang Anda naiki. Di sepanjang perjalanan, Anda tidak akan merasa bosan, sebab akan disuguhkan dengan keindahan alam pedesaan yang masih asri.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Donny Chahaya Dharma

Taman Sungai Mudal yang terkenal dengan keindahan alamnya ini memiliki harga tiket masuk atau biaya masuk yang dapat dikatakan begitu bersahabat. Hal ini tentu saja bisa menjadi keuntungan bagi para pengunjung yang sedang mencari tempat wisata dengan pengeluaran budget yang minim.

Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4000,- per orang. Dengan hanya membayar biaya yang murah ini Anda sudah bisa masuk dan menikmati keindahan yang tersaji di dalam kawasan wisata ini.

Biaya lain yang juga berlaku di kawasan wisata ini adalah biaya parkir kendaraan. Biaya parkir yang berlaku yaitu Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 4000,- untuk kendaraan roda empat. Selain itu, bila ingin menaiki wahana outbound Anda juga akan dikenai biaya, mulai dari Rp 5000,- sampai Rp 15.000,- tergantung wahana apa yang Anda naiki.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Sungai Mudal

Aktivitas Taman Sungai Mudal
Image Credit: Twitter Hay JOGJA / YOGYAKARTA

1. Menyusuri dan Menjelajahi Air Terjun Mudal

Kegiatan menarik pertama yang dapat Anda lakukan di Taman Sungai Mudal yaitu menyusuri area air terjun. Air terjun yang ada di kawasan wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa. Apabila dilihat dari bawah, air terjun ini akan terlihat seperti berundak undak begitu cantik.

Anda dapat turun ke bawah dengan melalui jembatan dan tangga penghubung unik yang terbuat dari batang bambu. Ketika menuruni kawasan ini Anda harus selalu memperhatikan keamanan dengan berhati hati, sebab fasilitas ini berdekatan dengan area air terjun yang membuat tangga dan jembatan ini terciprat air dan membuatnya licin.

2. Berendam dan Berenang di Area Kolam

Jika berwisata ke kawasan wisata ini jangan sampai Anda meninggalkan kegiatan berendam dan berenang di area pemandian kolam alami ini. Sebab Anda dapat merasakan air yang begitu segar ketika berendam atau berenang di area kolam alami ini.

Bagi yang membawa anak-anak, Anda tak perlu khawatir. Sebab terdapat pelampung yang dapat Anda sewa dari pengelola. Selain itu, Anda juga bisa merasakan air terjun yang turun dari area atas dengan menempatkan diri di bawah air terjun. Tak perlu cemas, sebab air terjun di kawasan ini tidak terlalu deras, sehingga aman bagi para pengunjung.

3. Berkemah atau Camping

Anda juga dapat berkemah di area wisata ini, di sini sudah terdapat area khusus bagi para pengunjung yang sengaja datang untuk melakukan kemah. Dengan berkemah di kawasan wisata ini Anda dapat menikmati ketenangan malam ditambah suara gemercik air dari area air terjun yang dapat menenangkan pikiran.

Anda dapat berkemah dengan mengajak keluaga atau teman teman Anda. Kegiatan camping di area wisata Taman Sungai Mudal ini tentu saja dapat menjadi pengalaman menarik yang tidak akan terlupakan bagi Anda.

4. Bersantai di Area Taman

Area taman di kawasan wisata ini dilengkapi dengan beberapa gazebo yang dapat Anda gunakan sebagai tempat bersantai sembari melihat pemandangan indah yang ada. Untuk menambah keseruan, jangan lupa membawa minuman dan makanan ringan untuk melengkapi momen bersantai Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Seru Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Abu Zaid

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Taman Sungai Mudal dapat dibilang sudah cukup lengkap. Kelengkapan fasilitas di suatu kawasan wisata pastinya dapat menunjang berbagai keperluan bagi pengunjung. Semakin lengkap fasilitas suatu kawasan wisata, maka semakin meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Salah satu fasilitas yang ada di sini yaitu tersedianya layanan wifi gratis atau akses internet gratis, fasilitas satu ini pastinya bisa sangat menguntungkan bagi pengunjung, sebab pengunjung dapat menikmati akses internet dengan kecepatan maksimal secara gratis.

Fasilitas lain yang juga terdapat di kawasan ini seperti, tempat ibadah bagi umat muslim atau mushola, warung warung makan, gazebo untuk tempat bersantai, tangga menuju ke bawah, berbagai wahana seru, area khusus perkemahan, tempat parkir luas, dan masih banyak lagi fasilitas fasilitas yang lainnya.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai objek wisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo. Anda dapat berwisata ke sini bersama keluarga atau teman teman Anda. Objek wisata ini tentu saja dapat menambah referensi liburan yang menarik untuk dikunjungi, khususnya di daerah Yogyakarta.