15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Lubuklinggau

Lubuklinggau merupakan kota yang terletak di provinsi di Sumatera Selatan. Kota ini posisinya paling barat di Sumatera Selatan. Kota tersebut merupakan pemekaran dari kabupaten Musi Rawas. Kota Lubuklinggau sangat strategis karena letaknya di antara provinsi Palembang, Jambi dan Bengkulu.

Kota ini menjadi strategis karena sekaligus menjadi jalur penghubung antara pulau Jawa dan Sumatera. Sehingga kota Lubuklinggau banyak  wisatawan maupun pendatang. Sehingga tak heran jika kota ini memiliki banyak tempat wisata.

Lubuklinggau hingga saat ini menjadi daya tarik wisatawan. Setelah ditetapkan oleh pemerintah untuk adanya program Visit Lubuklinggau, daerah ini menjadi tempat yang memiliki destinasi wisata yang bagus dan banyak diminati wisatawan. Penasaran apa aja tempat wisata menarik di Lubuklinggau, berikut ulasan selengkapnya.

1. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam

Lokasi: Air Teman, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Republika.co.id

Air terjun temam menyimpan keindahan yang mirip dengan Niagara Fall di Canada. Akan tetapi, air terjun ini bentuknya kecil, memanjang seperti tirai raksasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan lebar 25 meter serta kedalamannya 4 meter.

Di air terjun ini terdapat batu yang memiliki celah melengkung. Pada sudut tertentu di tempat wisata ini, Anda bisa menemukan pelangi di kaki air terjun. Saat Anda berlibur di Lubuklinggau, tempat ini menjadi tempat yang cocok jika Anda mencari wisata berair.

2. Masjid Agung Darussalam Musi Rawas

Masjid Agung Darussalam Musi Rawas

Lokasi: Muara Beliti Baru, Kec. Muara Beliti, Kab. Musi Rawas. – Image Credit by Suara1996.blogspot.com

Masjid Agung Darussalam Musi Rawas dibangun pada tahun 2009. Masjid ini selain sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat wisata. Masjid ini menjadi kategori masjid besar yang ada di Lubuklinggau.

Jika Anda berlibur ke Lubuklinggau tak ada salahnya jika mampir ke tempat ini sekedar untuk beristirahat atau beribadah bagi yang beragama Islam. Masjid ini bisa juga dijadikan sebagai background foto karena desain arsiteknya yang unik.

3. Masjid Agung As-Salam

Masjid Agung As-Salam

Lokasi: Jl. Garuda, Pasar Permiri, Kec.Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Priority2013.blogspot.com

Masjid Agung As Salam menjadi salah satu ikon di kota Lubuklinggau. Masjid ini menjadi masjid Agung kedua di kota tersebut. Masjid ini letaknya pas di jantung kota Lubuklinggau. Jadi masjid ini berada di pusat kota. Masjid ini tak hanya untuk beribadah umat Muslim, tetapi juga menjadi objek wisata religi di Sumatera Selatan.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan

Jika Anda berlibur di Lubuklinggau, maka tak ada salahnya untuk mampir ke masjid Agung As Salam ini. Di tempat ini Anda akan menikmati fasilitas tempat parkir, taman, tempat penitipan barang, aula untuk Anda beristirahat. Selain itu, Anda dapat menikmati sejuknya AC beberapa kamar mandi yang bersih serta tempat wudhu yang terjaga.

4. Museum Subkoss Garuda

Museum Subkoss Garuda

Lokasi: Jl. Garuda No.1, Bandung Kanan, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Situsbudaya.id

Museum Subkoss Garuda adalah tempat wisata di Lubuklinggau yang menyimpan sejarah kota Lubuklinggau. Di tempat ini Anda dapat menemukan beberapa pohon beringin yang rindang. Museum ini terletak bersebrangan dengan Masjid Agung As Salam. Museum ini berbeda dengan museum pada umumnya.

Namun, mesin ini menjadi destinasi wisata bersejarah. Karena tempat ini dahulu adalah bangunan perjuangan yang mencoba bertahan di era modernisasi. Tempat ini meskipun belum terawat, Anda dianjurkan untuk datang ke sini untuk sekedar melihat-lihat dan berfoto.

5. Air Terjun Takli

Air Terjun Takli

Lokasi: Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Rimbakungku.blogspot.com

Air terjun takli merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun di Lubuklinggau. Air terjun ini berbeda dengan air terjun temam. Air terjun takli memiliki akses yang masih sulit dan penuh perjuangan. Untuk ke sana Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dengan motor.

Selain itu, saat Anda sudah memarkirkan motor, Anda masih harus berjalan selama 1 jam untuk sampai ke air terjun takli ini. Meskipun penuh perjuangan, namun air terjun ini memiliki kelebihan tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Kelebihan air terjun ini di setiap perjalanan selalu dikelilingi dengan pemandangan. Anda juga bisa langsung foto saat perjalanan, indah bukan?

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer

6. Air Terjun Curug Layang

Air Terjun Curug Layang

Lokasi: Bandung Ujung, Kec. Lubuk Linggau Barat I, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Tipswisatamurah.com

Lubuklinggau menjadi kota dengan air terjun yang begitu banyak. Salah satu air terjun tersebut adalah air terjun curug layang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Selain itu, air terjun ini memiliki aliran yang deras dengan warna air yang jernih dan segar.

Di sini Anda akan menikmati pemandangan yang indah berupa pohon rindang yang berada di sekeliling air terjun. Di tempat ini Anda bisa berfoto dengan background air terjun.

7. WaterVang Lubuklinggau

WaterVang Lubuklinggau

Lokasi: Watervang, Kec. Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Wisatazainal.wordpress.com

Watervang Lubuklinggau merupakan tempat wisata berupa air terjun. Di sini air terjun menjadi satu dengan aliran sungai. Air terjun ini sangat ramai pengunjung.

Anda sangat disarankan untuk kesini karena pemandangan yang indah serta air terjunnya yang bagus. Di sini Anda dapat menemukan spot foto sesuai dengan selera Anda.

8. Air Terjun Sando

Air Terjun Sando

Lokasi: Kayu Ara, Kec. Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Yandika7.blogspot.com

Air terjun sando adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Air terjun ini banyak diburu oleh wisatawan karena keindahannya dan memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini sangat deras.

Di sana Anda dapat berenang, karena memiliki permukaan yang luas. Selain itu Anda dapat merasakan suasana yang sejuk dengan dilengkapi pohon-pohon rimbun. Di sini Anda bisa berfoto sepuasnya.

9. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Siring Agung, Kec. Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Gubug-makan-mang-engking-lubuk-linggau.business.site

Tempat ini adalah sejenis warung makan yang menyediakan makanan khas Lubuklinggau. Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Ada berbagai macam hidangan yang disajikan di sana.

BACA:  16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain itu, jika Anda berkunjung ke sini dengan keluarga, akan diberikan diskon yang menarik. Di sini Anda bisa bersantai menikmati beberapa fasilitas yang ada.

10. Makam Bujang Kurap

Makam Bujang Kurap

Lokasi: Ulak Lebar, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Srivijaya.id

Salah satu tempat wisata dengan banyak cerita dapat Anda temukan di tempat ini. Di tempat ini ada legenda tentang pemuda yang budi luhur. Di sini akan ditemukan sebuah makam yang konon merupakan makam pemuda bujang kurap.

Anda tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Banyak sekali sejarah yang perlu dikuak di tempat ini. Selain itu, Anda dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang kota Lubuklinggau.

11. Sungai Siring Agung

Sungai Siring Agung

Lokasi: Siring Agung, Kec. Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Tentangwebsites.blogspot.com

Sungai siring agung adalah jalur irigasi yang memiliki air yang jernih dan bersih. Di sini adalah tempat wisata yang masih berbau mistis. Pasalnya ada yang cerita jika di sini terdapat hantu dengan bulu berwarna hitam.

Namun, jika Anda bukan penduduk asli Lubuklinggau jangan coba-coba untuk berenang di sini. Cukup mengambil foto dengan spot foto yang Anda kehendaki

12. Sungai Kelingi

Sungai Kelingi

Lokasi: Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Mongabay.co.id

Sungai kelingi adalah sungai yang memiliki daya tarik tersendiri di kota Lubuklinggau. Di sana banyak kekayaan hayati yang beranekaragam. Di sungai ini Anda bisa melakukan arung jeram.

Di sungai ini banyak sekali tumbuhan yang mengelilingi di pinggirannya. Jika Anda liburan di tempat ini, Anda perlu mengunjungi tempat ini untuk mendapatkan pengalaman arung jeram yang mengesankan.

13. Bukit Sulap

Bukit Sulap

Lokasi: Jl. Bengawan Solo No.RT 10, Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Infollg.net

Bukit sulap menjadi destinasi wisata yang baru dan kekinian. Bukit ini terletak di Lubuklinggau. Tempat ini sangat strategis dan banyak sekali spot foto.

Jika Anda berlibur di sini, Anda tak boleh melewati tempat ini. Anda dapat menikmati foto yang sudah disediakan spot foto di sana.

14. Jamso Lubuklinggau

Jamso Lubuklinggau

Lokasi: Moneng Sepati, Kec. Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Jamso di Lubuklinggau adalah bangunan bersejarah. Bangunan ini seperti bangunan kerajaan. Di sini banyak spot foto yang sudah di perbaiki.

Jika Anda liburan, tempat ini tak boleh terlewatkan. Selain dapat berfoto Anda juga bisa menikmati corak keindahan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

15. Air Terjun Curug Leko

Air Terjun Curug Leko

Lokasi: Jl. Sudirman, Jukung, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau. – Image Credit by Suara1996.blogspot.com

Air terjun curug leko terletak di kota Lubuklinggau. Air terjun ini tidak begitu tinggi, namun air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri. Di sini Anda bisa menemukan pemandian yang mirip dengan telaga. Selain itu, air terjun curug leko memiliki air yang jernih dan tidak tercemar.

Di sini lingkungannya belum tercemar oleh sampah dan Anda bisa berenang sepuasnya di air terjun ini. Selain bisa berenang Anda bisa mendapatkan spot foto yang menarik berupa pohon yang rindang dengan beberapa burung beterbangan.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Lubuklinggau yang wajib Anda kunjungi. Jika Anda liburan di Lubuklinggau, tempat di atas sangat recommended untuk mendapatkan liburan berkesan.