12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Muara Enim

Muara Enim merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata menarik. Lokasi Muara Enim memiliki posisi yang cukup strategis. Pasalnya, jalan akses untuk menuju ke sana cukup mudah daripada ke kabupaten-kabupaten lain.

Karena letak geografisnya yang berada di tengah-tengah serta akses mudah, memungkinkan banyak wisatawan untuk melancong ke sana. Sehingga potensi pariwisata Muara Enim cukup terdongkrak karena hal ini.

Muara Enim memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menarik, terutama air terjun. Muara Enim menawarkan wisata alam memukau yang bisa Anda kunjungi, serta tempat wisata lain yang wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Jernihan

Air Terjun Jernihan

Lokasi: Tanjung Enim, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Bukitasamfm.wordpress.com

Lokasi wisata pertama adalah Air Terjun Jernihan. Tempat ini sangat cocok bagi para jiwa-jiwa petualang. Sebab, untuk menuju air terjun ini dibutuhkan waktu setidaknya satu jam untuk tiba di lokasi dengan melewati jalan setapak, kebun, bahkan menyibak hutan, serta menyusuri sungai yang memiliki air jernih.

Meski memiliki jalan yang cukup sulit dan terjal, semua akan terbayar lunas ketika tiba di lokasi air terjun. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang masih asri dan menyegarkan untuk dipandang mata.

2. Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Pedomanbengkulu.com

Destinasi wisata kedua adalah Air Terjun Bedegung. Air terjun ini merupakan tempat wisata andalan di Muara Enim. Dikenal dengan sebutan Curup tenang Bedegung, memiliki air terjun setinggi 99 meter. Meski cukup jauh dari pusat kota, namun jalan akses kendaraan untuk menuju ke tempat ini cukup mudah dijangkau.

Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Diapit oleh dua tebing tinggi penuh pepohonan hijau. Udara di tempat ini pun cukup sejuk dan menyegarkan pikiran. Segarnya air di aliran sungai merupakan tempat yang cocok untuk berendam.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer

3. Air Panas Gemuhak

Air Panas Gemuhak

Lokasi: Penindaian, Kec. Semendo, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Ksmtour.com

Selain air terjun, Muara Enim juga memiliki tempat wisata Air Panas Gemuhak. Wisata air panas ini memiliki temperature air 100 derajat Celsius serta beberapa spot yang sering menyemburkan gletser. Air Panas Gemuhak memiliki ikon yang berupa bunga anggrek yang mirip kalajengking dan kemudian diberi nama Bunga Gemuhak.

Meski untuk mencapai lokasi ini cukup sulit dan dibutuhkan kondisi tubuh dan stamina yang prima, pesona alam yang disuguhkan tidak main-main. Bahkan sejak perjalanan, pemandangan sudah begitu menakjubkan.  Saat berendam di dalamnya, pemandangannya pun begitu mengagumkan.

4. Air Terjun Napal Carik

Air Terjun Napal Carik

Lokasi: Muara Emil, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Ruminpar.muaraenimkab.go.id

Wisata air terjun selanjutnya yang ada di Muara Enim adalah Air Terjun Napal Carik. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, hanya 5 meter saja, namun air terjun ini memiliki pesona lain yang memikat. Di sekitar air terjun terdapat pepohonan rindang yang membuat tempat tersebut semakin eksotis.

Selain itu, di bawah air terjun terdapat beberapa bebatuan yang menjadi titik pancuran bagi para pelancong. Menikmati derasnya air terjun di atas batu undakan tersebut memiliki sensasi yang menyenangkan, apalagi ditambah dengan segarnya air terjun serta udara di kawasan itu.

5. Air Terjun Selingsing

Air Terjun Selingsing

Lokasi: Jl. Talang Abik, Tanjung Karangan, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Twitter.com @Pesonasriwijaya

Air terjun yang satu ini sering dijuluki Niagara Kecil dari Muara Enim. Pasalnya, air terjun ini memiliki sungai yang cukup lebar. Ketinggiannya pun tidak lebih dari 10 meter. Karena kondisi tersebut, banyak wisatawan yang sering memacu adrenalin dengan terjun dari atas air terjun tersebut.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Yang menjadi spot favorit para wisatawan adalah kolam air terjun ini yang cukup lebar dan dalam. Ditambah, akses untuk menuju lokasi wisata ini tidak terlalu sulit.

6. Air Terjun Napal Lintang

Air Terjun Napal Lintang

Lokasi: Lubuk Nipis, Kec. Tanjun, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Muaraenimkab.go.id

Tempat wisata selanjutnya adalah Air Terjun Napal Lintang. Destinasi wisata ini masih tergolong baru di Muara Enim. Oleh karena itu, air terjun ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selanjutnya, hal tersebut menyebabkan air terjun ini masih terjaga pesona alamnya yang asri.

Di sekitar Air Terjun Napal Lintang ini masih banyak terdapat pepohonan liar yang seolah menutupi air terjun itu sendiri. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan yang memungkinkan untuk dinaiki demi mendapatkan sensasi terterpa air dengan suasana yang berbeda.

7. Bukit Kendi

Bukit Kendi

Lokasi: Tanjung Enim Selatan, Darmo, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Travelingyuk.com

Muara Enim rupanya juga memiliki bukit, yakni Bukit Kendi. Jalan untuk menuju lokasi ini satu arah dan bahkan berdekatan dengan Danau Cinta yang akan dibahas pada poin berikutnya.

Bukit Kendi memiliki pesona alam yang begitu indah saat berada di puncaknya. Keindahan Danau Cinta pun akan terlihat memukau dari bukit ini. Banyak para wisatawan yang menggunakan lokasi ini sebagai spot foto.

8. Danau Cinta

Danau Cinta

Lokasi: Tanjung Enim Selatan, Darmo, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Danau Cinta. Dinamakan begitu sebab jika dilihat dari atas danau ini memiliki bentuk mirip seperti bentuk “love”.

Danau Cinta sebenarnya merupakan danau bekas tambang yang kemudian dibuka untuk pariwisata. Lokasinya juga berada di areal pertambangan batu bara. Danau ini menyuguhkan spot yang menarik untuk menikmati keindahannya sambil memancing ikan atau berkemah.

BACA:  10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

9. Arung Jeram Sungai Enim

Arung Jeram Sungai Enim

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Southsumatratourism.com

Destinasi wisata ini cocok bagi Anda pecinta air dan olahraga arung jeram. Muara Enim mempunyai wisata Arung Jeram Sungai Enim yang wajib untuk dicoba, terutama bagi yang telah terlatih berarung jeram.

Pasalnya, Sungai Enim memiliki arus yang cukup deras serta banyak rintangan berupa bebatuan baik di tengah maupun di pinggir sungai. Selain itu, arung jeram juga akan melewati gugusan tebing Bukit Barisan. Bagi pecinta adrenalin, tempat ini sangat cocok untuk Anda.

10. Danau Deduhuk

Danau Deduhuk

Lokasi: Segamit, Kec. Semendo Darat Ulu, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Kabardesa.com

Selain Danau Cinta, Muara Enim juga memiliki Danau Deduhuk. Danau ini luasnya mencapai 12 hektar serta dikelilingi oleh perbukitan hijau. Memang, untuk menuju lokasi ini diperlukan tenaga ekstra sebab akses jalannya sulit.

Akan tetapi semua akan terbayar lunas ketika telah tiba di lokasi. Air Danau Deduhuk yang berwarna biru akan membuat tempat tersebut terlihat menakjubkan. Di sana, ada beberapa kegiatan yang patut dicoba, seperti memancing, berkeliling menggunakan rakit, atau hanya cukup bersantai menikmati indahnya pesona alam.

11. Lubuk Putih

Lubuk Putih

Lokasi: Seleman, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Berita-one.com

Selanjutnya, Muara Enim mempunyai Lubuk Putih. Wisata ini berupa sebuah sungai yang di kanan kirinya berpadu dengan tebing tinggi. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan.

Pesona pemandangan yang disuguhkan Lubuk Putih begitu memesona. Aliran sungainya yang jernih berpadu sempurna dengan kesegaran udaranya. Menjadi salah satu pilihan spot foto yang menarik. Selain itu, lokasi tempat ini juga cukup mudah untuk dijangkau.

12. Desa Wisata Muara Tenang

Desa Wisata Muara Tenang

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Wpagaralam.blogspot.com

Terakhir, selain banyak destinasi wisata berupa air terjun atau yang serupa dengannya, Muara Enim juga memiliki desa wisata. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat kearifan lokal yang terdapat di Muara Enim.

Desa Wisata Muara Tenang ini memiliki suasana yang asri dan kental akan pesona alam khas pedesaan. Adat dan budaya setempat juga masih lestari hingga kini. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya rumah adat yang telah berusia ratusan tahun dan lokasinya mengelilingi muara sumber air.

Demikianlah 12 rekomendasi tempat wisata di Muara Enim yang wajib dikunjungi. Semoga referensi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman liburan yang berkualitas.